Love is Sweet, Perjuangan Cinta si Penderita Alergi Air Mata

 


Love is Sweet, Perjuangan Cinta  Penderita Alergi Air Mata

Alergi air mata? Bagaimana mungkin? Nggak boleh nangis dong?

Yup, nama penyakitnya Aquagenic Urticaria, sangat jarang ditemukan di dunia. Salah satu penderitanya Lindsey Coubray (19 tahun) yang mengalami gatal-gatal begitu bersentuhan dengan air, berapapun suhunya.

Alergi air (urtikaria aquagenik) yaitu kondisi saat kulit mengalami reaksi alergi, berupa ruam kemerahan dan gatal, setelah kontak dengan air. (sumber: alodokter.com)

Lindsey harus selalu siap sedia obat Antihistamines, agar bisa beraktivitas normal. Sebab terkena sedikit saja tetesan air, dia akan mengalami sesak napas dan bersin-bersin.

Menurut para ahli, reaksi alergi sebagai bentuk perlawanan, ada kemungkinan disebabkan interaksi antara air dan zat pada kulit, menghasilkan materi yang dianggap tubuh berbahaya.

Apapun itu, jenis alergi unik ini memberi ide pada novelis Qizi untuk menulis “Love is Sweet”, yang kemudian diadaptasi secara longgar dalam bentuk drama Love is Sweet (China: 半 是 蜜糖 半 是 伤; pinyin: Ban Shi Mitang Ban Shi Shang).

Sayangnya penderitaan alergi air mata hanya dijadikan kisah masa kecil gadis Jiang Jun. penderitaan yang membuat ayahnya menitipkan Jiang Jun di bawah perlindungan Yuan Shuai.

Sesudah mereka dewasa, kisah alergi lenyap tak berbekas. Entah kemana. Padahal seperti yang dituturkan Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes., Konsultan Alergi dan Imunologi Anak dalam salah satu seminarnya, alergi tak bisa disembuhkan, hanya bisa dihindari pemicunya.

Baca juga: Stop Mitos, 9 Hal Penting Tentang Alergi Ini Kamu Harus Tahu!



Leo Luo sebagai  Yuan Shuai

Mendapat julukan Dewa Perang tak terkalahkan dari MH Securities Analyst, Yuan Shuai juga terkenal sebagai serigala yang tega mem-PHK bawahannya.

Yuan Shuai  ternyata adalah teman kecil Jiang Jun. Beda usia 2 tahun, membuat ayah Jiang Jun pernah menitipkan anaknya untuk dilindungi Yuan Shuai kecil dengan upah 10 yuan per bulan.

Tak dinyana, Yuan Shuai melakukan sejumlah tindakan yang bertujuan agar Jiang Jun imun terhadap alergi. Perbuatan yang disalah artikan Jiang Jun sebagai “ngerjain” dirinya.

Klimaks terjadi saat Yuan Shuai tanpa sengaja mengambil naskah pidato Jiang Jun. Tanpa naskah, Jiang Jun “ngeblank” di podium, menangis dan pingsan.

Peristiwa yang membuat  orang tua Jiang Jun memindahkan sekolahnya, bertepatan dengan kepindahan Yuan Shuai untuk sekolah di luar negeri.

Sepuluh tahun kemudian mereka bertemu di perusahaan MH sebagai atasan dan bawahan.




Bai Lu sebagai  Jiang Jun

Cantik namun naif dan polos, Jiang Jun merupakan anak tunggal keluarga Jiang. Jiang Jun mengidap alergi air mata, sehingga Yuan Shuai menjulukinya sebagai “gadis cengeng”.

Yuan Shuai pula yang melarang Jiang Jun bergabung dengan MH Securities Analyst. Pertimbangannya, sebagai pengidap Aquagenic Urticaria dan juga penganut Motisme墨家 atau anti perang, Jiang Jun tidak cocok dengan iklim kerja yang penuh persaingan.

Namun Jiang Jun keukeuh melamar dan menggunakan berbagai cara agar bisa diterima di MH Securities Analyst. Jiang Jun ingin menyibak tabir penyebab ayahnya yang meninggal setelah berkenalan dengan perusahaan ini.



Kido Gao sebagai  Du Lei

Anak angkat keluarga Du yang cerdas, dan  diam-diam ditaksir kakak angkatnya, Du Ling/Linda.

Sayang, Du Lei jatuh cinta pada Jiang Jun, gadis manis dan polos yang semula tak mengira Du Lei sebagai expert di perbankan investasi, dan menjadi saingan Yuan Shuai.

Hubungan mereka semakin dekat setelah Du Lei menjadi investor aplikasi Xiao Chuan, pemuda yang ditaksir Xu Li, sahabat Jiang Jun.

Du Lei jugalah yang bareng Yuan Shuai menyibak kasus meninggalnya ayah Jiang Jun.



Sinopsis Love is Sweet

Paska lulus kuliah, Jiang Jun melamar kerja di MH Securities Analyst. Dia mencium ada yang janggal yang menjadi penyebab kematian ayahnya.

Sebagai pemilik perusahaan mie beras bermerk “Yixianqian” dan berpegang teguh pada resep tradisional, harusnya sang ayah tak perlu bersentuhan dengan MH Securities Analyst, dan berujung kematian.

Sayang  Jiang Jun gagal diterima di MH Securities Analyst.  Yuan Shuai menghalanginya masuk.

Yuan Shuai, teman kecil Jiang Jun, sangat paham kelemahan Jiang Jun yang mengidap alergi air mata. Dinamika kerja perusahaan perbankan investasi membutuhkan fisik dan pribadi kuat. Jiang Jun tidak termasuk dalam klasifikasi tersebut.

Jiang Jun tidak sependapat. Dia yakin dia mampu. Tak terduga, Lin Tai Mo, Vice President MH Securities Analyst membantunya lolos masuk sebagai karyawan.

Jiang Jun tidak tahu bahwa Li Tai Mo lah penyebab ayahnya menjemput kematian. Demi menutupi kejahatan,  Lin Tai Mo mencegah ayah Jiang Jun minum obat sakit jantung sehingga sang ayah meregang nyawa.

Jiang Jun beruntung. Yuan Shuai dan Du Lei, bersepakat membuka tabir kematian ayah Jian Jun. Agar mendapat kepercayaan Lin Tai Mo, Yuan Shuai memasang strategi agar  ditendang keluar perusahaan.

Kemudian, Du Lei sebagai mantan Direktur Eksekutif GE masuk ke MH Securities Analyst, menggantikan posisi Yuan Shuai.

Taktik keduanya berhasil.  Du Lei sukses membuka brankas Li Tai Mo, dan mengambil arsip bukti kejahatan Li Tai Mo terhadap ayah Jiang Jun.

Kesuksesan yang menimbulkan konsekuensi berikutnya. Du Lei sebagai atasan Jiang Jun kini leluasa menggunakan pengaruh dan otoritasnya untuk mendekati Jiang Jun, perempuan yang dicintainya.



Review Love is Sweet

Ganteng,  bertubuh kerempeng, dan berwajah tirus, Leo Luo seolah menjadi antitesis tokoh utama yang kerap diperankan aktor - aktor bertubuh jangkung, perut six pack, dan gambaran laki-laki macho lainnya.

Leo Luo sebagai Yuan Shuai nampak begitu ringkih. Sebagai pangeran berkuda putih, mampukah dia mengggendong Cinderella-nya?  Ternyata mampu lho. 😀😀

Bukan hanya pilihan Leo Luo sebagai pemeran utama,  yang membuat drama “Love is Sweet.”terasa menarik dan berbeda. Juga perbankan investasi sebagai latar belakang drama ini.

Generasi milenial akrab berinvestasi saham, tapi bagaimana proses di belakang layar? Nggak semua tahu. Walau “Love is Sweet” tidak bercerita dengan detail, tapi cukup memberi gambaran betapa complicatednya perusahaan yang ingin go public.

Contoh kasus,  saat ada perusahaan yang ingin menjual obligasi untuk kebutuhan membangun pabrik baru, maka MH Securities Analyst akan membantu mengaudit laporan keuangan. Kemudian membantu mencari pembeli, menangani urusan administrasi, lengkap dengan bantuan tim pengacara dan akuntan.

Selain perbankan investasi, drama “Love is Sweet”  juga berkisah tentang  Li Xiao Chuan, pengusaha start up, pembuat aplikasi perjodohan West World.

Diperankan oleh Riley Wang, aktor ganteng yang nampaknya bakal jadi main role di drama berikutnya, Xiao Chuan yang belum pernah pacaran, membuat aplikasi perjodohan hanya mengandalkan kalkulasi logaritma.

Bisa dibayangkan betapa bingungnya Xiao Chuan, saat mendapati dirinya jatuh cinta pada Xu Li yang menurut algoritma, cuma punya tingkat keberhasilan 1 %. Hubungan baru lancar sesudah hormon feromon, adrenalin dan hormon lainnya diperhitungkan.

He he he aya-aya wae ya?

Jika mau dicari bolongnya, banyak banget bolong drama “Love is Sweet.”Namun secara keseluruhan, drama ini  recommended banget untuk hiburan.

Saya selalu ingin tahu bagaimana Tiongkok  berubah dari negara yang “menjemukan”menjadi negara yang diprediksi bakal menggeser negara adidaya, Amerika Serikat.

Jujur, saya iri pada strategi dan etos kerja mereka.

Baca juga: Boss & Me, Ribetnya Pacaran Dengan Cinderella

Profile

Drama: Love Is Sweet

Native Title: 半是蜜糖半是伤

Also Known As: Ban shi mi tang ban shi shang , 半是蜜糖半是傷 , Half Honey and Half Hurt

Director: Yu Zhong Zhong, Wu Jian Xin

Screenwriter: Wang Wen Tong

Country: China

Episodes: 36

Aired: Sep 27, 2020 - Oct 27, 2020

Aired On: Monday, Tuesday, Sunday

Original Network: iQiyi, iQiyi

Duration: 45 min.

Content Rating: 13+ - Teens 13 or older

14 comments

  1. wah unik juga ceritanya ya ambu..
    btw skrg ambu beralih ke drama cina ya,, hehe biasanya klo mampir kesini baca nya tulisan drakor

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mood mbak Dee, saya nonton drama untuk hiburan

      murah meriah :D

      Delete
  2. Kusuka banget drama ini ambu. Sangat menghibur. Ga ada yang harus dipikir berat, ceritan mengalir lancar dengan jenaka dan manis. Ini jadi drama Cina pertama yg aku suka. Dan aku jadi bucin Leo. Pas abis nonton ini langsung liatin segala info ttg dia di IG haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha sama, saya juga si kerempeng Leo

      saya nonton Love is sweet juga gara gara Leo :D :D

      Ini drama ke-3 Leo yang saya tonton

      Delete
  3. Wah udah masuk list tontonan Aku nih, karena kebetulan banyak yg rekomen. Semoga ga menjemukan dgn jumlah episodenya
    Makin dibuat penasaran sih sama review dari Ambu jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngga terlalu rekomen sih,

      nonton love is sweet karena Leo dicasting sebagai main lead :D

      Delete
  4. Saya awal-awal sering ketawa waktu nonton episod awal dracin ini. Ada-ada aja dengan ide unik alergi airmata. Dan beneran itu saya baru tau memang ada dari tulisan ini. Kapan-kapan mau saya terusin nontonnya ah

    ReplyDelete
  5. Kayaknya menarik ini plot nya mbak. Saya juga sering nonton drama mandarin.bisa dijadiin list tontonan berikutnya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. topik dan plot drama Cina lebih cair mbak Fida

      khusus drama Love is sweet saya ngga terlalu rekomen ya

      Karena cuma suka Leo sebagai main lead dan latar belakang kemajuan ekonomi Cina

      Delete
  6. Wah Mbaknya juga penggemar dracin yaa? Saya juga penggemar dracin, tapi serial dinasti, China-china kuno gitu. Oh iya, saya baru tahu ada alergi air mata, duh kasian banget.

    ReplyDelete
  7. Untuk drama sudah sukses menggeser korea ya mbak, nggak tahu nih pada oplas atau asli tapi cantik dan gantengnya pada nggak ketulungan...

    Aku belum nonton sampai akhir pas masih on going rasanya nyesek aja digantung nonton drama ini

    ReplyDelete
  8. Ini drama koreannya sudah selesai tayang di negaranya kah Ibu?
    Kalo iya aku mau langsuung nonton deh. Mumpung belum ada drakor terbaru lagi.

    ReplyDelete
  9. Aku baru nonton sampai eps 16 dan sejauh ini memang ceritanya menarik dibanding dracin lainnya. Btw kisah alergi pas dewasa sempet muncul sehabis pesta BUI dimana Jiang Jun pingsan habis dibully sm yuan shuai.

    Saya bingung kenapa ya plot cerita dracin gak sekuat drakor. Kebanyakan bolongnya. Tp so far aku belum nemu banget sih. Mungkin nanti biasanya menjelang antiklimaks dan tamat suka dicepetin dan jd bolong rasanya.

    ReplyDelete