Munggahan di Moxy Hotel, Destinasi Kekinian di Pusat Kota Bandung

     
maria-g-soemitro.com


Munggahan di Moxy Hotel, Destinasi Kekinian di Pusat Kota Bandung

Munggahan, nama tradisi yang mengakar dalam masyarakat Sunda. Dilakukan pada akhir bulan Sya’ban, satu atau dua hari menjelang bulan Ramadan, biasanya tetangga, kerabat dan keluarga berkumpul untuk makan bersama setelah sebelumnya ziarah kubur, berdoa bersama dan saling bermaafan. 

Begitu bermaknanya tradisi ini, sehingga urang Sunda yang merantau akan pulang kampung untuk melaksanakan munggahan. Seperti penjual sayur langganan saya yang pulang ke Majalengka selama tiga hari, serta beberapa pedagang di pasar. Kebayang deh ramainya suasana kampung mereka. 

Sebagai mahluk sosial, saya juga kangen banget dengan acara munggahan. Sayang, akibat pandemi Covid-19 acara munggahan ditiadakan. Bahkan andai ada penyelenggaraan munggahan, saya gak berani datang. takut ketularan si Covid! 

Beda halnya ketika minggu lalu undangan munggahan muncul di grup. Saya telah mendapat 2 kali vaksin dan herd community nampaknya mulai tercapai, terlihat dari time line yang tidak lagi dipenuhi berita Covid-19. 

Tempat munggahan pun gak kaleng-kaleng: Moxy Hotel.  Saya sering melewati hotel yang nampak cozy ini, saat beredar di sekitar Dago, Bandung. Alamatnya memang Jalan Ir. H. Juanda No.69, urang Bandung selalu menyebut Dago, nama lama sebelum diganti menjadi  jalan Ir. H. Juanda. 

Baca juga:
5 Hal Suka Duka Tinggal di Apartemen Indonesia  

Bolu Nusa Rasa, Karena Oleh Oleh Gak Hanya Martabak!

Daftar Isi:

  • Akhirnya, … Munggahan di Moxy Hotel!
  • Saling Berkisah di Buka Bersama Bandung
  •  Ada Earth Hour di Acara Munggahan Blogger Bdg-Moxy Hotel
  •  Seblak, Mi Ayam dkk,  Kuliner Moxy Hotel yang Nagih
  • Tentang Moxy Hotel

Sempat ragu sebelum mendaftar, karena masih belum fit paska diserang Covid-19 yang disusul kekambuhan epilepsy dan diare, namun rasanya excited banget ketika hari Sabtu tanggal 26 Maret. Terbayang wajah teman-teman kesayangan:  Teh Nchie  Hanie yang geulis, Teh Efi yang mungil serta teman-teman lainnya. 

Duh, kangennn….

  

maria-g-soemitro.com


Saling Berkisah di Buka Bersama Bandung

What a surprise! Hotel-hotel baru yang bermunculan di kota Bandung (dan membuat saya mengunjunginya) gak pernah membuat saya takjub. Setiap hotel berlomba menyajikan keunikan. 

Namun Moxy Hotel, wow! Hotel di Dago Bandung yang penuh kejutan. Penuh ornament. Penuh pojok instagramable. Namun yang paling saya sukai adalah suasananya yang homey. Receptionist gak berdiri kaku di belakang meja, tetapi berada di semacam bar.  

Menurut penjelasan, Moxy Hotel memang dirancang agar pengunjung betah. Di kamar hanya disediakan air mineral, namun mereka bisa ke lobby yang menyediakan mi instan, beragam minuman sambil refreshing dengan beberapa alat permainan yang disediakan. 

Gak punya sparring partner? Karyawan Moxy Hotel siap menemani! 

Bagaimana munggahannya? 

Seru! Diawali dengan berfoto bersama dengan kacamata hitam nan kembar 😀😀 Kang Ali memulai acara dengan perkenalan: “Nama saya … blog saya … media sosial saya … alamat saya …,”, dilanjutkan saling curhat selama pandemi ditutup dengan permainan tali. 

Perkenalan? Kan udah saling kenal? Ya seperti profesi lainnya di muka bumi ini, ada yang menekuni dan ada yang tidak. Ada yang serius ingin menjadi blogger professional, namun ada yang memilih sebagai blogger amatir saja. 

Hal ini berimbas kala pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Merasa takut mati, merasa takut mati sendirian tanpa ada yang tahu, saya memutuskan mengisi hari-hari dengan mengisi blog. Tentunya dengan target, yaitu  200 tulisan per tahun. Hasilnya melenceng sih, kurang dari 200 tulisan. Tapi gak papa, yang penting saya mengisi waktu dan melupakan ketakutan. 

Rafa, pemilik blog rafahlevi.com ternyata juga melakukan hal sama. Alih-alih malas mengisi blog, hari-hari Rafa justru dipenuhi aktivitas sebagai blogger dan influencer. 

  

maria g soemitro


Acara permainan tali menjadi saat yang paling mengundang tawa. 3 pasangan blogger mendapat challenge melepas tali yang mengikat kedua tangan mereka. Semula saya pikir rumit. Ternyata … ini ketrampilan tali temali yang diajarkan sewaktu Pramuka dulu. 

Acara paling heboh sekaligus menyenangkan pastinya saat bagi-bagi hadiah. Ada tiket nonton di Trans Studio Bandung dari Forum Film Bandung (saya dapat nih, asyikkk), ada voucher makanan Korea dari Fat Oppa, ada kitab Al-Qur.'an dari Syaamil Quran serta, last but least: t-shirt Gurita, t-shirt keren yang disponsori Eka pemilik blog ekapunyacerita.com. 

  

maria-g-soemitro.com
sumber: blogger bdg


Ada Earth Hour di Acara Munggahan Blogger Bdg-Moxy Hotel

Sebagai pegiat lingkungan, biasanya saya gak pernah melewatkan acara Earth Hour setiap tahunnya. Minimal mendapat undangan, karena saya bergabung dalam beberapa komunitas lingkungan hidup. 

Lha tahun ini kok lupa. Sebagaimana diketahui Earth Hour adalah event yang digagas World Wide Fund for Nature (WWF) untuk membangkitkan kesadaran melestarikan alam dan mengatasi krisis iklim bersama-sama. Dilaksanakan setiap tahun pada hari Sabtu di  bulan Maret, penduduk bumi diajak untuk mematikan listrik selama sejam. 

Dalam waktu sejam tersebut, kita diajak untuk merenung tentang kezaliman kita terhadap bumi seperti blanja blanji yang berakhir nyampah, nebang pohon dan gak mau menanam gantinya, serta yang paling sering nih: ngambil makanan dan gak mau ngabisin!

     

maria-g-soemitro.com

Seblak, Mi Ayam dkk,  Kuliner Moxy Hotel yang Nagih 

Banyak alasan seseorang ngambil makanan dan gak mau ngabisin. Bisa karena lapar mata, ngambil makanan sebanyak mungkin (dan melupakan temannya mau makan juga) dan ternyata kekenyangan. Bisa juga karena rasa masakan gak cocok dengan lidah. 

Sebetulnya hal tersebut bisa disiasati dengan mengambil sedikit dulu, jika cocok dan kapasitas perut memungkinkan, barulah mengisi piring sesuai kapasitas. 

Gak usah takut kehabisan, karena dapur Moxy Hotel akan mengisi setiap pinggan yang kosong. Mulai dari seblak (ini dimasak di tempat), sate taichan, pecel lele (sate usus, lele, aneka gorengan dll), cilok, gado-gado,bakmi ayam, nasi dan teman-temannya, serta pastinya beragam dessert, appetizer dan minuman seperti infused water, jus buah, kopi/es teh. 

Dan saya pun mulai berpetualang rasa. Mulai dari seblak dan sate taichan. Hihihi akulturasi suka-suka. Seblak, olahan khas Sunda yang menonjol bumbu kencurnya, berpadu dengan sate khas nusantara yang berbumbu bawang merah, bawang putih dan cabai. 

Bagaimana rasanya? 

Sedap endolit!  Bumbu seblak gak terlalu menyengat, cenderung light. Mungkin karena tamu hotel berasal dari semua penjuru dunia ya? Apabila rasa seblak terlalu lekoh, tamu bakal memencet hidung. Dipadu padankan dengan sate taichan, jadilah kudapan yang nagih. 

Bakmi ayam menjadi menu yang diperebutkan. Maklum Bandung sedang hujan. Seberapa banyak pun bakmi dan kondimen yang disediakan, pasti habis. 

Yang saya suka dari menu Moxy Hotel adalah khas nusantara banget. Menu yang bakal mengingatkan pengunjung akan Paris van Java yang ngangenin, yang bakal siapapun ingin kembali ke Bandung. 

Penasaran ingin mencicipi kuliner Moxy Hotel, menikmati fasilitasnya dan berfoto di spotnya yang instagramable? Silakan reservasi di sini ya? 

Karena jangan-jangan kamu betah dan gak mau pulang. Sejak awal masuk area Moxy Hotelo, memasuki lobby, bahkan di dalam lift, semua menarik untuk diabadikan.
Serta pastinya, kuliner Moxy Hotel yang top markotop.  

   

maria-g-soemitro.com
sumber: moxybandung.com

Tentang Moxy Hotel

Moxy Hotel merupakan  Hotel Rooftop Bandung, bagian dari grup Marriot, Moxy Bandung akan menyambut Anda di lingkungan Dago yang semarak dengan desain butik, kenyamanan kontemporer, dan individualitas yang sehat.

Anda akan merasa seperti di rumah sendiri saat Anda melangkah ke lobi hotel kami, dengan tempat duduk yang fleksibel dan suasana yang lapang.

Buat diri Anda nyaman di kamar dan suite modern dengan tempat tidur platform, penyimpanan terbuka, kamar mandi bergaya, dan akses Wi-Fi gratis yang luar biasa cepat. Rasakan sensasi terbakar di gym hotel kami, puaskan selera makan Anda di Lobby Bar & Lounge 24/7untuk minum kopi atau koktail (atau keduanya sekaligus - kami tidak menilai).

Jika pekerjaan membawa Anda ke Dago, empat ruang acara kami menyediakan pengaturan bergaya, dengan tempat duduk ergonomis dan dinding tulisan besar.

Siap Bermain? Kunjungi bar atap kami untuk menikmati minuman, camilan, dan pemandangan Dago yang indah. Hotel kami juga merupakan tempat menginap yang sempurna bagi para tamu yang tertarik untuk mengunjungi Pasar Baru, Factory Outlet Rumah Mode dan atraksi-atraksi terdekat lainnya. Bersiaplah untuk pengalaman menginap yang tak terlupakan di Moxy Bandung.

Baca juga:
Mengungkap Rahasia Resep Asli Sambal Roa

Bandung, dari Lautan Sampah Menuju Bandung Bebas Sampah

   

maria-g-soemitro.com
sumber: blogger bdg



32 comments

  1. Hatur nuhun, Ambu, sudah mau hadir. Semoga gak kapok dan nanti mau datang lagi kalau ada acara kopdar (mungkin) setelah lebaran ^_^

    ReplyDelete
  2. Seruuu ambu, makasih sharingnya pas pandemi, yang selalu semangat .
    Semoga dapat menyemangati kita semua di dunia blogging.

    ReplyDelete
  3. wah seru banget acara munggahan dengan berbagai acara yang sangat menyenangkan. Pasti nanti semua hotel punya kreativitas untuk mengadakan acara seperti itu.

    ReplyDelete
  4. wah sayang banget saya ga sempat hadir di acara munggahan ini karena berhalangan. Mudah2an di acara silaturahim selanjutnya saya bisa datang dan kumpul lai bareng temen2 blogger Bandung. BTW hotel Moxy ini lokasinya strategis banget dan ada rooftopnya ya.

    ReplyDelete
  5. Wah, selamat dapat tiket nonton dari Forum Film Bandung. Acaranya seru, sayang sekali saya tidak bisa ikut.

    Btw, bicara memilih sebagai blogger apa, aku mah blogger hore alias suka-suka saja,

    ReplyDelete
  6. Makasih ambu. Di noted dulu buat nanti pas jalan1 ke Bandung. Bagus buat update story hehehe

    ReplyDelete
  7. Seru banget ya acara Munggahan gini. Apalagi tempatnya juga mendukung banget ya di Hotel Moxy yang ada rooftopnya

    ReplyDelete
  8. Oalah jadi munggahan ini salah satu sebab pasar dan tukang sayur sepi saat jelang Ramadan, aku kira hanya isu hohoho. Dan aku pikir Munggahan itu istilah Jawa soalnya aku tinggal di Jabar namanya cucurukan hehe

    ReplyDelete
  9. wah senengnya bisa menikmati kebersamaan meningkatan imun tubuh kanmbak hehhe sehat2 ya mbak,. wah hotel moxy bagian dari mariot bagus ya

    ReplyDelete
  10. Seru ya, Mbu kalua munggahan bareng temen2. Itu ngumpul semua kah, Mbu blogger Bandung? Dan munggahannya kelas atas banget di hotel Moxy.. Xixixi.. Jadi pengen nyobain juga menginap disana kalau ke Bandung.

    ReplyDelete
  11. Asyik banget nih ruang meetingnya pake bean bag. Bener2 homy ya, suasananya.

    ReplyDelete
  12. Ambu makasih sharingnya, btw aku seneng hotel ini lifestyle dan Fresh banget konsepnya. Sayang aku gak kebagian bakmi ayam tapi sate taichannya endes banget hehe mau kesini lagi insyaallah

    ReplyDelete
  13. Serunya acara munggahan kekiniannya, Ambu. Memang ngumpul sama teman-teman blogger itu ngangenin ya.

    ReplyDelete
  14. Senang banet bisa kumpul bareng di tempat yang nyaman kayak Moxy Hotel ini ya, meetingnya juga keren ya, nggak terlalu formal kek mau ngantor :D

    ReplyDelete
  15. Asyik sekali ya, kalau kumpul gini. Bisa kenalan dengan sesama blogger, bisa kopdar juga, dan yang paling senang adalah keseruan acara. Narablog biasanya lebih ekspresif sehingga makin seru dan seru.

    ReplyDelete
  16. Ah akhirnya bisa ririungan lagi ya Bu... Seru pisan udah tempatnya strategis, lokasinya nyaman, makanan juga enak dan khas semuanya. Pasti betah hehehe

    ReplyDelete
  17. Seru bangeeet acaranya. Pas banget lagi sama nuansa hotelnya. Jadi berasa tempat sendiri ya, teh. Homey dan hangat pisan.

    ReplyDelete
  18. Saya baru dengar kalau ada tradisi Munggahan di Bandung sana...
    Seru ya kumpul-kumpul bareng saudara dan kerabat dekat. Saling memaafkan, ngobrol bareng dan makan bersama... Rasanya dunia terlalu singkat deh...
    Hotelnya juga kelihatannya nyaman dan masakannya bikin ngiler...
    Makasih ya Ambu, ceritanya...

    ReplyDelete
  19. Pengalaman tersendiri kalau bisa mengunjungi banyak hotel baru dan langusng mencoba nya ya kak.

    ReplyDelete
  20. Komplit banget nih acara munggahannya, nggak cuma sekedar makan-makan. Tapi ada mempererat silaturahmi dengan perkenalan dan curhat, permainan tali dan doorprize juga

    ReplyDelete
  21. Wah senangnya bisa Munggahan bareng seperti ini
    Merawat silaturahmi ya Ambu
    Apalagi tempat muggahannya cozy gini

    ReplyDelete
  22. Masya Allah keren banget acaranya Jadi kangen bikin acara seperti ini selama pandemi lebih banyak di rumah aja apalagi menunya bikin penasaran mau coba juga

    ReplyDelete
  23. Seru banget kegiatannya. Apalagi sambil berkenalan ulang ya biar saling mengenal ya bu. Kompak dan happy selalu. Btw liat hotelnya cakep banget

    ReplyDelete
  24. Hotel Moxy Bandung interior dan fasilitasnya oke banget, jadinya acara munggahan lancar

    ReplyDelete
  25. Asiiknya bisa munggahan bareng. Duh kalau saya ikutan kayaknya bakalan ngabisin mie banyak deh. Btw di foto itu yang cowok pake T Shirt - Blogger itu, kang ali muakhir ya? Wajahnya kayaknya beliau

    ReplyDelete
  26. Wahh senangnya bisa ngumpul bareng lagi seperti ini
    Munggahan bersama teman blogger pasti seru ya Ambu
    Apalagi di Moxy Hotel yang nyaman ini

    ReplyDelete
  27. Acara munggahannya seru ya.. Tempatnya asyik banget buat kumpul2 berfaedah kayak gini.. pastinya senang banget ya, Mba..

    ReplyDelete
  28. Silaturahmi jelang Ramadhan yang menyenangkan, apalagi bisa sekalian makan bareng dan ikut earth hour juga

    ReplyDelete
  29. Blogger Bandung suka seru ya kalau udah ketemuan. Kompak pisan, euy! Kangen jalan-jalan ke Dago. Boleh juga tuh nanti menginap di Moxy Hotel

    ReplyDelete
  30. Wiss cantik banget tempatnya! Desainnya itu lho, simpel tapi bikin adem dan makanannya uenak poll ya sepertinya hihi

    ReplyDelete
  31. Hotel Moxy ini kok cakep bener ih..Desainnya unik. Jadi gak berasa kayak di hotel-hotel pada umumnya. BTW, saya terakhir kali ke Bandung tuh tahun 2016, next time kalau ke Bandung pengen ah ke Moxy, penasaran banget gara-gara postingan ini

    ReplyDelete
  32. acaranya seru sekali kalau bikin kegiatan seperti ini bisa makin happy ya bertemu teman-teman. Hotelnya juga keren sekali. Rekomendasi kalau ke Bandung ya.

    ReplyDelete