5 Tips Investasi Rumah yang Menguntungkan

   
maria-g-soemitro.com

5 Tips Investasi Rumah yang Menguntungkan

“Mah, saya mau beli rumah.’

Alhamdulilah akhirnya tergerak juga anak saya untuk membeli rumah. Paska mendapat gaji pertama, saya merayunya untuk investasi rumah. Dimulai menabung untuk uang muka rumah, lama-lama terbiasa menyisihkan uang dan gak terasa dia memiliki  sebuah rumah. Bahkan bukan tak mungkin akhirnya dia mempunyai lebih dari satu rumah.

Sayang, dia bergeming. Dia lebih tertarik pada investasi saham, forex dan sejenisnya, yang sedang booming di kalangan milenial. Saya hanya bisa mewanti-wanti agar tidak terjerumus investasi bodong. Investasi harus jelas produknya, harus terdaftar di Bappebti, OJK dan seterusnya. 

Untunglah dia patuh. Dia hanya penasaran dengan apa yang diceritakan teman-temannya. Ketika ternyata ‘trading’ tak semudah membalikkan telapak tangan, dia mundur. Mending investasi yang jelas-jelas aja deh. Gak papa dibully sebagai ‘orang jadul’, yang penting hidup tenteram, gak dibayang-bayangi pergerakan harga saham lagi. Kurang lebih demikian curhatnya.

Baca juga:

Doddy Sudrajat dan Pelajaran Sebagai Orang Tua

Sinotif Learning Method, Mengantar Anak ke Gerbang Sukses

Daftar Isi

  • Mengapa Generasi Milenial harus Investasi Rumah?
  • 3 Keuntungan Investasi Rumah
  • 5 Tips Investasi Rumah
  • Paradise Serpong City, Hunian di Kawasan Sunrise Property

Terlebih jika kelak dia berumah tangga. Pengantin baru bakal menanggung banyak biaya, seperti cicilan biaya resepsi pernikahan. Disusul biaya persalinan anak pertama, biaya dokter anak yang lumayan tinggi dan seterusnya. Akhirnya mereka kesulitan mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Jadi, tepat banget langkah yang diambil anak saya. Mumpung penghasilan full masuk kantong, malah tak tertutup kemungkinan memperoleh income tambahan, memutuskan investasi rumah merupakan langkah cerdas. Terlebih paling tidak ada 3 manfaat investasi rumah.

   

maria-g-soemitro.com

3 Keuntungan Investasi Rumah

Tidak hanya anak saya, data yang dihimpun Kementerian PUPR pada 2019 menyebutkan anak milenial lebih suka membeli/menyicil gawai terbaru dibanding investasi rumah.

“Alasan milenial tidak beli rumah, sebanyak 28,63 persen belum menemukan yang tepat,  24,9 persen belum mampu secara finansial, 17,27 persen belum bisa membayar down payment (DP), 10,49 persen belum mampu membayar cicilan KPR,” kata General Marketing and Commercial Perusahaan Umum Pembangunan Nasional (Perumnas) Ari Kartika,  Sabtu, 17 Oktober 2021.

Uniknya hasil survey menyebutkan pula,  sebanyak 10,44 persen milenial masih mempunyai cicilan, diantaranya cicilan gawai. Sisanya 5,46 persen menyatakan belum memerlukan hunian, dan 2,79 persen milineal menyebut belum terpikir untuk punya hunian.

Andai tahu keuntungan investasi rumah, mungkin mereka akan berpikir berulang kali untuk membeli gadget terbaru.

Berikut 3 manfaat investasi rumah:

Investasi Jangka Panjang

Seorang teman mempunyai kebiasaan yang unik. Dia kerap membeli rumah, merenovasinya kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. Dengan cara ini, dia berhasil mengantongi keuntungan dalam jangka waktu relative pendek.

Tentu saja tidak semua orang bisa melakukannya, tapi tanpa merenovasi harga rumah dipastikan naik hingga 10-15% setiap tahunnya. Penyebabnya ketersediaan lahan yang semakin berkurang serta kenaikan bahan material dan jasa konstruksi setiap tahunnya.

Bisa dibayangkan berapa harga rumah yang dimiliki, 10 tahun kemudian bukan?

Memperoleh Pasive Income

Kepemilikan rumah bisa menjadi modal untuk memperoleh pendapatan pasif, yaitu dengan menyewakannya atau menjadikannya bisnis kos-kosan. 

Malah, jika pemilik cerdik dan cermat, dia bisa menggunakan uang sewa yang diterima tiap tahun atau uang kos per bulan dapat digunakan untuk membayar cicilan rumah.

Bersifat Multiguna

Punya rumah di kawasan strategis? Wah aroma wangi cuan nih, karena rumah/tersebut bisa digunakan untuk tempat usaha seperti cafƩ yang kini marak diburu pengunjung. Juga bisa diberdayakan sebagai ruko, kantor atau aktivitas komersil lainnya.

Tempat service laptop langganan saya berlokasi di suatu perumahan dekat Bandung Trade Center (BTC) Jalan Junjunan Bandung. Kawasan yang sungguh strategis untuk berburu cuan.

  

maria-g-soemitro.com

5 Tips Investasi Rumah 

Kenal Felicia Putri Tjiasaka kan? Itu lho Youtuber cantik yang telah mengantongi Chartered Financial Analyst (CFA®) level 3. Dalam salah satu videonya Felicia menjelaskan bahwa satu-satunya utang yang dimilikinya adalah pembelian property.

Waw, jika Felicia pun investasi rumah, berarti gak salah memilih investasi dong ya?

Investasi rumah emang pilihan tepat, tapi sebaiknya mematuhi kriteria tertentu agar hasilnya maksimal. Paling tidak ada 5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah.

Pilih Rumah dengan Lokasi Strategis

Cukup jalan kaki 5 menit, saya sudah sampai ke Superindo, atau ke sekolah, atau ke puskesmas. Demikian juga bandara, stasiun serta fasilitas publik lainnya, bisa saya tempuh kurang dari setengah jam dengan transportasi publik.

Tapi itu dulu, sewaktu saya masih tinggal di perumahan milik suatu BUMN. Sekarang, sulit banget membeli property di kawasan yang sangat strategis seperti itu. 

Tapi bukan tidak mungkin, Bersama pemerintah, pengembang membangun kota mandiri yang memungkinkan penghuninya menjangkau fasilitas publik yang terjangkau dalam hitungan menit.

Sehingga bisa dipastikan kawasan ini mempunyai 3 keuntungan di atas, yaitu: investasi jangka panjang, bisa menjadi passive income dan bersifat multi guna.

Pilih Rumah dari Pengembang Terpercaya

Pernah mendengar penipuan property? Uang muka sudah dibayar, eh rumah tak kunjung dibangun. Akhirnya hasil tabungan yang berupa uang muka rumah, lenyap tak berbekas.

Karena itu penting banget melakukan riset pengembang/developer dari rumah yang sedang diincar. Cek legalitasnya. Perhatikan juga track recordnya. Pengembang dengan reputasi baik dan professional tak akan mengumbar janji surga. Mereka mempunyai jam terbang tinggi yang membangun property sesuai harapan.

Hunian yang dikembangkan developer besar biasanya akan menjadi hot property yang menjadi incaran banyak orang. Sehingga selain aman, keuntungan investasi rumah akan berlipat

Pilih Rumah di Kawasan Sunrise Property

Telah saya sebutkan di atas bahwa bukan tak mungkin mempunyai rumah yang begitu strategis. Pengembang pusat perniagaan (mall)  kini mengalihkan targetnya dari pusat kota ke kawasan yang sangat potensial dan punya peluang untuk tumbuh serta berkembang. 

Kawasan tersebut dikenal dengan kawasan sunrise property. Suatu kawasan yang telah direncanakan pemerintah setempat untuk menjadi kota mandiri. Sehingga tidak hanya mall, fasilitas lainnya seperti fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan serta fasilitas umum lainnya, berama-ramai membangun dan mengisinya.

Bisa dibayangkan keuntungan yang didapat 10-20 tahun mendatang. Harga property yang kini sangat terjangkau akan berlipat ganda harganya sesudah dikelilingi fasilitas umum.

Sesuaikan dengan Budget

Pernah dengar, “Gunakan uang dingin untuk berinvestasi”?

Financial planner Prita Ghozie kerap mengingatkan untuk memisahkan budget harian (living), budget masa depan (saving), budget hiburan (playing), serta budget untuk dana darurat dan investasi.

Tujuannya agar bisa tetap ‘hidup normal’ selama menyicil rumah. Karena ada lho yang berkorban hanya makan dengan mie instan atau hanya makan nasi kerupuk, demi memiliki rumah. 

Kala masih muda, mungkin mereka merasa sehat-sehat saja. Dampak baru terasa 10-20 tahun kemudian. Rumah lunas tapi tubuh sakit-sakitan.

Atau bisa juga tetap hidup normal dalam masa pembayaran, tapi kesulitan menyicil tiap bulannya, sehingga akhirnya tak bisa membayar dan rumah disita pihak bank.

Pilih Rumah dengan Fasilitas Internal Lengkap

Hunian dengan fasilitas jogging track, system keamanan terpercaya, area bermain anak serta fasilitas internal lain dari sebuah perumahan pastinya jadi impian setiap orang.

Tanpa harus bepergian jauh, penghuni bisa melakukan olah raga, bermain atau sekadar duduk-duduk di taman, karena pengembang menyediakan fasilitas bagi mental health secara gratis.

    

Paradise Serpong City

Paradise Serpong City, Hunian di Kawasan Sunrise Property

The Icon of South Serpong, Paradise Serpong City menjawab kebutuhan 5 tips di atas. Dirancang sebagai kota mandiri, Paradise Serpong City dibangun di atas hamparan lahan seluas 150 Ha di lokasi yang sangat strategis.

Kisah saya yang hanya berjalan kaki 5 menit menuju Superindo Bandung, bisa dinikmati penghuni Paradise Serpong City, bahkan lebih, karena  Paradise Walk berdiri megah hanya berjarak selangkah dari cluster perumahan. 

  

maria-g-soemitro.com

Merupakan pusat gaya hidup, Paradise Walk sangat lengkap, tersedia CGV, Superindo, aneka tempat kuliner, serta Indomaret yang terletak di seberang gerbang cluster Vista, sehingga bisa dijangkau 2 menit saja.

Sebagai kota mandiri, Paradise Serpong City  juga termasuk kawasan sunrise property, terlihat dari beberapa fasilitas sebagai berikut:

  • Fasilitas Pendidikan Global Islamic School  (± 5 menit)
  • SPBU Pertamina (± 5 menit)
  • RSIA Hermina (± 5 menit)
  • Stasiun Commuterline  (± 15 menit)
  • Pintu Tol Serpong BSD - St.Rawabuntu (± 15 menit)
  • Bandara Soekarno hatta  (± 160 menit)

Paradise Serpong City dibangun oleh Progress Group yang memiliki visi “meningkatkan kualitas kehidupan lahir batin manusia secara seimbang beserta lingkungan hidupnya sejalan dengan waktu”

   

maria-g-soemitro.com

Gak heran, selain banyak area olah raga, Paradise Serpong City  juga menyediakan ruang hijau dan area bermain anak di setiap cluster dengan luas 1800 m2.

Area bernama Clubhouse Adventures tersebut menyediakan banyak taman bermain anak dengan fasilitas yang dibedakan dalam bentuk, warna dan ukuran, sehingga dapat disesuaikan dengan umur anak.

Bagaimana dengan keamanannya? Paradise Serpong City menjamin keamanan 24/7 security staff dan CCTV, serta cara masuk memakai private access card.

Sesuai budget gak?

Cukup DP Rp 25 juta (Free BPHTB dan AJB)*, bisa langsung menghuni Paradise Serpong City. Dengan beberapa pilihann sebagai berikut:

Cluster Vista:

Arstone, mulai Rp 1.141.000.000 dengan luas tanah:  60 m², luas bangunan: 57 m², dilengkapi 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi

Valiant, mulai Rp 1.341.000.000 dengan luas tanah: 72 m², luas bangunan: 64 m² dilengkapi kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Cluster Cararra

Clubana, mulai Rp 1.259.000.000, dengan luas tanah: 60 m², luas bangunan: 55 m² dilengkapi 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi,

Cluster Summerland

Solstice, mulai Rp 1.485.000.000 dengan luas tanah : 72 m², luas bangunan: 65 m² dilengkapi 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Bagaimana?

Sangat menguntungkan investor property bukan? Dengan harga bersaing dibanding kawasan lain, Paradise Serpong City menyediakan begitu banyak fasilitas. Harganya akan naik berlipat kali karena banyak yang mengincar rumah di Paradise Serpong City.

Keuntungan juga dinikmati keluarga milenial. Mereka memahami kebutuhan akan fasilitas fisik dan psikis seperti yang disediakan Paradise Serpong City, agar keluarga hidup harmonis, anak-anak bertumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Sungguh harta yang tak terkira.

*) S&K Berlaku

sumber gambar: Paradise Serpong City

Baca juga:

Kail Harapan untuk Pak Budi Sudarno, Penjual Bakso Keliling

5 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM, Agar Siap Menyongsong Industri 5.0


9 comments

  1. Menyesuaikan dengan budget itu harus diperhatikan betul lho. Soalnya pernah ada dari kampung jual ranah rumah. Mau beli di kota eh mana cukup. Setengah harga hunian di kota saja belum sampai. Apalagi hunian strategis dan terkenal. Harus punya budget lebih dulu ya

    ReplyDelete
  2. Wah, Paradise Serpong City ini sangat strategis lokasinya. Dekat ke mana-mana dan lengkap sekali fasilitasnya. Dengan luas 150 Ha dan pilihan hunian, rumah-rumah di sini bisa menjadi dambaan keluarga maupun siapa saja yang ingin punya rumah sendiri yang nyaman. DP terjangkau juga ya ambu, 25 juta. Tentu saja anak2 milenial sekarang mesti lebih diarahkan supaya ga beli gaddet melulu, rumah itu nomor satu :)

    ReplyDelete
  3. wah hebat sekali didikannya untuk selalu rajin menabung, kebutuhan mendatang memang banyak termasuk kebutuhan rumah. saya sendiri baru memulai untuk rutin menabung,

    ReplyDelete
  4. Wah anak mbak umurnya berapa? Takjub lho masih muda sudah bisa beli rumah sendirišŸ˜ omong-omong, menarik juga ya investasi rumah ini

    ReplyDelete
  5. DP rumah pertama kami dulu, kata suami adalah uang rokok. Jadi pas mendiang Mama mertua masih hidup, sempat berpesan, "kalau bisa kurangi rokok, ditabung buat rencana pernikahan."

    Akhirnya beneran stop nggak ngerokok dan uangnya bisa ditabung buat DP rumah kami setelah menikah.

    Rumah itu sekarang sudah dijual dan uangnya untuk modal wirausaha kami yang sekarang berkembang pesat. Investasi beli rumah nggak ada kata rugi, menurut saya benar deh.

    ReplyDelete
  6. Memang gak ada ruginya yaa berinvestasi di properti, apalagi nilainya yang selalu naik dari tahun ke tahun

    ReplyDelete
  7. Investasi rumah itu memang gak pernah lekang waktu, gada pasang surutnya, selalu jadi pilihan investasi yang menggiurkan, apalagi kalo pilihan properti sekelas paradise serpong city ya ambu

    ReplyDelete
  8. makasih tipsnya mbak, masih maju mnudur mau investasi perumahan, tapi memang sepertinya menggiurkan sih

    ReplyDelete
  9. Gimana ya investasi rumah utk milenial? :(

    ReplyDelete