Sinotif Learning Method, Mengantar Anak ke Gerbang Sukses

     
Maria g Soemitro

Sinotif Learning Method, Mengantar Anak ke Gerbang Sukses

Alarm berbunyi.

Anak sulung saya mengambil remote control televisi, mematikan tayangan yang belum selesai dan berjalan masuk kamar. Dia belajar lagi.

Seperti itulah cara belajar sulung saya. Dia membuat jadwal belajar yang dibaginya dalam beberapa sesi. Misal dia akan mempelajari matematika dalam 2 jam. Maka sulung saya membagi 4 sesi dengan jeda 5 – 10 menit untuk makan/minum/nonton televisi atau sekadar jalan-jalan keluar kamar.

Hasilnya?

Anak sulung saya selalu menempati 2 besar di kelasnya. Setelah kuliah di Teknik Sipil ITB, IPnya selalu berkisar 4, gak heran dia berhasil lulus S1 dan S2 dengan cumlaude di perguruan tinggi tersebut.

Ganjaran manis, karena anak sulung saya telah mengikuti cara belajar yang disarankan mentornya di bimbingan belajar.

Baca juga:

Doa Terdalam untuk  Anakku, Kekasihku, Pahlawanku

Pilih Mana? Kuliah atau Bekerja?

Daftar Isi:

  • Asal Tahu Caranya, Setiap Anak Bisa Sukses
  • Teknik Pomodoro agar Anak Fokus Belajar
  • Sinotif Learning Method, Kunci Sukses Anak Belajar
  • Keunggulan Sinotif, Bimbel Terbaik di Indonesia

Padahal menurut hasil tes, intelegensi anak saya biasa saja lho. Bukan anak genius. Jumlahnya kurang lebih sama dengan rata-rata anak seusianya. Yang menjadi pembeda, dia bertemu dengan bimbel yang tepat, bimbel yang mempunyai mentor yang dibutuhkan anak saya.

Awal mengenal bimbel ketika anak sulung saya ditunjuk sebagai perwakilan cerdas cermat antar SD. Enggan mengecewakan pihak sekolah, saya memasukkan dia ke salah satu bimbel, dan ternyata dia suka. 

Bimbel merupakan solusi ketika harus mengerjakan tugas PR yang sulit. Di tempat bimbel anak saya juga bisa bertanya tentang materi sekolah yang tak dipahami. Dan yang terpenting, guru-guru di bimbel merespon positif kebutuhan persiapan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester dan persiapan ulangan umum kenaikan kelas.

Belajar melalui bimbel menjadi keharusan anak sulung saya. Setelah tingkat SD, dia meneruskan bimbel tingkat SMP dan SMA. Jejaknya diikuti kemudian oleh adik-adiknya. Karena materi yang diajarkan guru sekolah, sering sulit dipahami. Maklum satu guru mengajar 30-an murid.

  

Maria G Soemitro
sumber: freepik.com

Teknik Pomodoro agar Anak Fokus Belajar

Cara belajar dengan durasi waktu tertentu dengan diselingi istirahat, baru saya ketahui kemudian adalah teknik pomodoro. Sangat membantu anak untuk fokus belajar karena sering terdistraksi hal remeh temeh, seperti bau wangi makanan dari dapur, sampai keinginan main games.

Anak sulung menggunakan teknik pomodoro untuk menaklukan soal-soal matematika, fisika, kimia. Pelajaran eksakta bukan hafalan, anak harus paham konsep sebelum  menyelesaikan soal, mulai dari yang mudah, bertahap hingga soal sulit.

Dengan menggunakan teknik yang ditemukan oleh Francesco Cirillo ini, anak saya bisa menyeimbangkan tugas belajar dan aktivitas hepi hepi.

Caranya mudah, bagi tugas belajar ke dalam interval-interval waktu yang singkat. Misalnya seperti ini:

  1. Buat daftar tugas yang harus dikerjakan. Misalnya pekerjaan rumah dan materi-materi yang diberikan guru pada hari sebelumnya.
  2. Tetapkan waktu belajar, misalnya 25 menit. Selesaikan pekerjaan rumah (PR)  dalam waktu tersebut. Jika PR sudah selesai sebelum waktu 25 menit, gunakan untuk membaca materi yang mau  dipelajari.
  3. Setelah 25 menit, ambil istirahat 5 menit. 
  4. Lanjutkan belajar lagi. Setelah 4 x 25 menit, lakukan istirahat lebih lama, sekitar 15 hingga 20 menit.
  5. Beri check list pada daftar tugas yang telah diselesaikan, dan lakukan evaluasi tentang aktivitas belajar hari ini. Apakah ada gangguan yang membuat aktivitas belajar hari ini tidak sukses?

Pelaksanaan teknik pomodoro pastinya tak mudah. Terlebih di awal pelaksanaan. Dibutuhkan pemicu agar anak mau melakukan. Misalnya hadiah barang idaman sang anak.

Setelah anak terbiasa mempraktikkan cara belajar pomodoro, tanpa iming-iming hadiah pun mereka akan melakukannya. Karena ini hanya cara belajar. Semula masih suka-suka, setelah sering dilakukan akhirnya terbiasa.

Terlebih nilai bagus itu candu. Tak ada anak yang menolak nilai bagus. Cara belajar pomodoro membantu anak memperoleh nilai bagus, yang didapat sesudah anak belajar dengan tekun dan konsisten.

  

Maria G Soemitro
sumber: Sinotif Indonesia

Sinotif Learning Method, Kunci Sukses Anak Belajar

Sayangnya, teknik pomodoro tidak mudah dilakukan. Hanya bisa dipraktikkan untuk tingkat sekolah lanjutan atas dan mahasiswa.

Ketika dipraktikkan pada adiknya, saya kelimpungan. Pelajaran matematika ternyata mengalami kemajuan pesat. Walau nilai pelajaran eksakta saya di SMA lumayan bagus, saya  hanya bisa mendampingi mereka hingga SD saja. Selanjutnya, saya angkat tangan.

Dibutuhkan guru les privat yang memandu mereka menyiapkan tugas belajar yang harus diselesaikan, guru les privat yang akan membantu mereka memecahkan soal.

Masalah bertambah rumit karena pandemi membatasi mobilitas. Andai pun kondisi telah pulih, lalu lintas macet membuat waktu produktif anak menjadi tidak efektif dan efisien.

 

Maria G Soemitro
sumber: Sinotif Indonesia

Sinotif Indonesia hadir memberi solusi.

Setiap anak mempunyai keunikan masing-masing. Sebagai bimbel terbaik, Sinotif Indonesia menggunakan Sinotif Learning Method yang sistematis dan fokus pada kebutuhan siswa, tuntutan sekolahnya dan target belajar yang ingin dicapai.

Berikut keunggulan Sinotif Learning Method:

  • Specialist : bimbel specialist eksakta matematika fisika dan kimia dengan guru2 yang specialist juga
  • Sistematis : modul dan cara pengajaran sistematis
  • personalis : sesuai kebutuhan dan karakter masing2 siswa
  • limitless : dilengkapi media belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun

Sungguh menarik ya? Sinotif Indonesia fokus sebagai bimbel spesialis matematika, fisika, dan kimia (eksakta) terbaik. Dalam hal mata pelajaran eksakta, anak harus paham konsep, sehingga ketika mendapat variasi soal, atau soal dibolak balik, mereka bisa menjawabnya.

Sebagai tempat bimbel terbaik, Sinotif Indonesia menyediakan bimbel secara berjenjang, yaitu:

  • Bimbel SD: Les Matematika
  • Bimbel SMP: Les Matematika dan Fisika
  • Bimbel SMA: Les Matematika, Fisika dan Kimia

Namun tidak semua anak mempunyai cara belajar yang sama. Ada yang tidak keberatan belajar bareng dengan teman-temannya. Ada pula yang mudah terdistraksi melihat ulah temannya, sehingga butuh les privat.

Sinotif Indonesia memahami hal tersebut dengan menyediakan beberapa paket untuk sekolah nasional dan internasional sebagai berikut: 

1. Paket Belajar Diamond

Merupakan paket belajar yang paling eksklusif, siswa pada paket Diamond akan mendapat bimbingan belajar:

  • Live Interaktif
  • Privat (1 siswa)
  • 90 menit
  • Materi mengikuti kebutuhan siswa
  • Tes Penguasaan setiap bab
  • Siswa bisa memilih jadwal
  • Jumlah pertemuan seminggu 2X atau lebih, tanpa biaya tambahan

2. Paket Belajar Platinum

  • Bimbingan belajar yang akan membimbing siswa dengan keunggulan:
  • Live Interaktif
  • Semi Privat (3- 5 siswa )
  • 90 menit
  • Materi mengikuti kebutuhan siswa
  • Tes Penguasaan setiap bab
  • Siswa bisa memilih jadwal

3. Paket Belajar Gold

  • Bimbingan belajar yang akan membimbing siswa dengan keunggulan:
  • Live Interaktif
  • 6-15 siswa
  • 90 menit
  • Materi sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional 2013 revisi
  • Tes Penguasaan setiap bab
  • Siswa mengikuti jadwal yang ada

 

Maria G Soemitro
sumber: Sinotif Indonesia

Keunggulan Sinotif, Bimbel Terbaik di Indonesia

Mengapa memilih Sinotif? Karena merupakan tempat bimbel terbaik dengan keunggulan sebagai berikut:

1. Modul soal lengkap sesuai kebutuhan siswa

7 (tujuh) lapis modul dengan berbagai tingkat kesulitan disiapkan Sinotif. Ini sesuai dengan kisah sulung saya di atas yang menyelesaikan soal-soal secara bertahap, mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit.

Hasilnya, kemampuan anak meningkat. Mereka bisa menjawab berbagai variasi soal.

2. Penanganan secara personal approach & menekankan learning process

Pilih hasil atau proses? Jawabannya pasti pilih proses agar hasilnya memuaskan, bukan?

Setiap anak unik, dibutuhkan pendekatan yang tepat agar proses belajar menghasilkan output maksimal. Tersedianya modul 7 lapis bertujuan untuk memenuhi apapun yang dibutuhkan siswa Sinotif. Juga tersedia prediksi untuk ulangan harian dan ulangan umum (tanpa kerja sama dengan guru sekolah) yang seringkali sangat akurat.

Sinotif senantiasa melakukan riset untuk memperoleh cara-cara terbaru yang memudahkan siswa dalam belajar. Dengan memahami cara belajar terbaik dan cara kerja pikiran, siswa Sinotif dapat menjadi yang terbaik dari dirinya.

3. Lengkap dengan Media Belajar seratusinstitute.com dan Aplikasi Tanya Jawab Soal

Sebagai tempat bimbel terbaik dengan pengalaman kurang lebih 20 tahun, siswa Sinotif bisa belajar dimana saja & kapan saja melalui rekaman pembelajaran matematika, fisika dan kimia dalam bentuk video dengan kualitas bagus. Lengkap dengan ribuan variasi soal dan video pembahasan, yang membuat siswa siap untuk menghadapi bab baru, mengulang penjelasan guru di sekolah, atau menghadapi ulangan dengan berbagai materi. 

Siswa Sinotif juga mendapat nilai dari paket soal yang dikerjakan, baik Ulangan Harian, Ujian Mid Semester atau Try Out Ujian Nasional sehingga siswa bisa melatih kemampuannya mengerjakan berbagai variasi soal.

Siswa juga bisa bertanya soal secara langsung kepada guru2 sinotif melalui aplikasi tanya jawab soal. tinggal difotokan soalnya dan ditunggu jawabannya. simple dan praktis, bisa kapanpun dan dimanapun.

4. Guru-guru tetap dengan standar tinggi yang profesional

Guru merupakan man behind the gun atas proses keberhasilan belajar, karena itu hanya guru berstandar tinggi yang professional yang menjadi guru tetap Sinotif Indonesia

Secara periodik, pakar-pakar pendidikan dan psikologi melatih guru-guru Sinotif agar bisa meningkatkan pelayanan dan kualitas setiap tim yang akan melayani siswa Sinotif.

5. Komunikasi berkala ke orangtua untuk perkembangan belajar anak

Sering bolak balik ke guru untuk menanyakan perkembangan belajar anak?

Orang tua siswa Sinotif tak perlu melakukannya. Sinotif memberikan laporan belajar anak setiap selesai les, dan report progress ke orang tua setiap 3 bulan secara berkala

Sehingga orangtua bisa memantau perkembangan anak dari waktu ke waktu, serta mengetahui cara belajar anak di Sinotif.

6. Garansi Uang Kembali

Paham kebutuhan siswa membuat Sinotif menjadi tempat les anak-anak dari sekolah favorit di Jakarta sejak tahun 2000. Tak heran Sinotif mempunyai program “Garansi Uang Kembali”. 

Tanyakan ke cabang terdekat untuk informasi lebih lengkap tentang program garansi ini.

Bagaimana? Sangat sesuai dengan kebutuhan orang tua bukan?

Ingin mencoba les privat terbaik , juga les matematika terbaik? 

Tersedia kesempatan 1 kali belajar gratis dengan mendaftar di sini

Baca juga:

Sukses itu Soal Rasa. Ini Suksesku Mana Suksesmu?

dr. Lois dan Menghargai Diri dengan Tolak Hoaks



27 comments

  1. Keberadaan bimbel menang membantu anak untuk lebih memahami pelajaran² di sekolah. Apalagi sekarang bimbel pun online ya. Jadi praktis juga selama pandemi.

    ReplyDelete
  2. Pomodoro memang bagus tetapi kadang butuh les tambahan, ya. Sinotif boleh dicoba, nih

    ReplyDelete
  3. Baca tentang sulungnya Ambu, sama kayak adik bungsu saya. Adik bungsu itu sejak SD menentukan sendiri jam belajarnya. Kapan dia belajar, kapan dia main. Kalo lagi istirahat, dia main nitendo, tidak belajar, kapan belajar, dia fokus belajar saja. Dia terapkan sendiri, gak tahu dari mana dia belajar itu, dia belum bimbel saat SD. Sejak TK sampai SMA dia ranking umum dan kemudian masuk ITS, Informatika.

    Btw, Sinotif ini bagus, sistematis dan fokus pada kebutuhan siswa karena tiap anak unik dan tentunya perlu lihat keunikannya untuk memetakan kebutuhannya di masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut bimbel memang penting banget ya, terutama untuk anak-anak yang mungkin masih kurang dalam penguasaan materi saat di sekolah. Karena sifatnya yang lebih fleksibel, bimbel ini sangat menolong anak2 yang kesulitan materi pelajaran terutama yang berbau eksak (fisika, kimia, biologi, matematika). Dan bersykur ada bimbel sinotif ini yang mampu memfasilitasi belajar anak yang kesulitan mapel eksak.

      Delete
  4. Unik banget yah ini Sinotif. BEneran wajib banget dicoba nih SInotif ini supaya neng Marwah bisa sukses juga, aamiin.

    ReplyDelete
  5. Orang cerdas, kalo bekerja, dia akan lebih memilih mentor yang tepat, gak semata-mata gaji besar. Makanya gak heran zaman sekarang banyak yang jadi generasi kutu loncat, gak sepenuhnya salah sih. Soalnya beberapa teman saya yang juga diprediket "kutu loncat" dulu rela pindah kerja, kadang ke perusahaan baru yang mungkin gak sepopuler perusahaan lama, tapi perusahaan baru itu dibangun oleh orang yang dianggapnya bisa menjadi mentor yg baik.
    Sama kayak bimbel ini ya ambu. Saya lebih suka bimbel yang sifatnya personalis, soalnya gaya belajar kita bisa jadi beda dari lainnya. Menarik ya Sinotif Indonesia ini, apalagi fokusnya ke Mafiki, tiga bidang studi yang mungkin momok banget bagi siswa.

    ReplyDelete
  6. Sulung nya Ambu keren banget 👍 Betul banget, di sekolah biasanya banyak siswa yang kesulitan memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Wajar, sih. Karena dalam satu kelas ada banyak siswa yang diajari, jadi mungkin kurang efektif.

    Maka dari itu kita butuh bimbel yang mmemiliki metode belajar dan guru yang cocok dan diperlukan oleh anak. Dulu saya mikirnya anak yang memiliki IQ rata-rata ga bisa meraih nilai tertinggi. Tapi ternyata itu semua bisa diwujudkan dengan menggunakan metode belajar yang cocok dan bagus ya Ambu..

    ReplyDelete
  7. Bagus juga yaa sinotif ini ada garansi uang kembali dan cara belajarnya oke nih, mau coba ah untuk anak aku

    ReplyDelete
  8. Yah rada terlambat nih saya dapat info ini. Anak bungsu saya sempat mengalami down semangat belajar di semester 5 kelas XII. Sepertinya dia kewalahan dengan tugas-tugas on-line yang terlalu banyak menurut saya. Dan itu materinya berat-berat.

    Kalau menilik rincian teknik PODOMORO ini, sepertinya cocok untuk anak saya karena dia super disiplin dan punya tanggungjawab besar. Anaknya juga teratur dan berkomitmen.

    Oia, selamat ya Mbak Maria. Anaknya sulungnya luar biasa. Cumlaude itu butuh perjuangan yang panjang. Dan mendidik anak supaya punya mental mendahulukan akademis tuh gak gampang.

    ReplyDelete
  9. Lokasi bimbel Sinotif dimana?memang belajar perlu pendorong, salah satu pendorongnya ialah bimbel karena asa tentor berkualitas untuk mendampingi putra putri kita. Bimbel Sinotif pilihan referensi bimbel eksakta

    ReplyDelete
  10. Di masa kayak sekarang, belajar anak gak bisa ngandelin sekolah dan mandiri di rumah saja. Gak maksimal hasilnya. Harus ada tambahan intensif yang bisa membuat anak bener-bener paham dengan materi pelajaran. Salah satu yang bisa membantu ya bimbel kayak Sinotif ini. Materinya intensif, para pengajarnya juga profesional.

    ReplyDelete
  11. Wah Bimbel Sinotif Indonesia jadi solusi ya untuk anak seolah tingkat akhir yg mau lanjung ke pendidikan tinggi..kebetulan ponakan saya ga cocok sama bimbel lama nah saya kasih aja info Sinotif ini ya Ambu.semoga bisa cocok nih metode belajarnya buat ponakan saya

    ReplyDelete
  12. Memilih bimbel itu gampang-gampang susah apalagi untuk anak di bawah SMA, menarik kelas diamond yang lebih fokus katena satu anak mendapat full treatment dengan tambahan gratis dua pertemuan dan pilihan waktu yg bebas. Pasti merokok paham sampai ke akar-akarnya itu ilmunya hehe..👍😍

    ReplyDelete
  13. Dari zaman aku sekolah, bimbel ini ngebantu banget buat mempelajari hal yang sulit. searang semakin banyak bimbel online kayak gini, anak-anak sekolah semakin mudah mengaksesnya.

    ReplyDelete
  14. zaman anak2ku gak kenal bimbel kecuali di sekolah, aku ingat zaman sekolah dulu bimbel di luar pulang maghib alhamdulillah sih nilai2 terjaga

    ReplyDelete
  15. Keren mbak, putranya. Bisa lulus dari ITB dengan IPK sempurna..kaitannya dengan pendampingan belajar anak, sepakat banget. Kita butuh yang lebih profesional. Apalagi pelajaran sekarang tambah sulit. Ortu tidak bisa memberi pendampingan sendiri

    ReplyDelete
  16. Anakku yang pertama juga pakai metode Pomodoro ini, btw Anaknya keren nih bisa lulus dari ITB dan IP nya sempurna

    ReplyDelete
  17. Gak rugi aku mampir ke tulisanmu mbak, jadi terinspirasi, hebat anakmu bisa prestasi belajar akademiknya, aku sendiri masih bingung menentukan gaya belajar si kakak. Terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
  18. Keberadaan bimbel sangat penting bagi anak dan orangtua. Orangtua tak mampu dampingi anak karena ilmunya sudah beda. Butuh bimbel yang mentornya sangat menguasai dan tau cara mengajar agar anak mengerti.

    ReplyDelete
  19. Sinotif ini sudah lumayan lama dan cukup punya nama, ya. Anakku kalau sekolah, mau aku ajak les di Sinotif juga ah. Keren metode pengajarannya

    ReplyDelete
  20. Ya karena kurikulum sekolah tidak spesifik untuk setiap siswa, maka adanya bimbel sebagai alternatif agar siswa bisa mendapatkan pendekatan belajar yang sesuai dengan kepribadiannya. Pilihan paket belajar di Sinotif, cukup membantu orangtua untuk memilih mana yang terbaik untuk anaknya.

    ReplyDelete
  21. wah aku baru tau kalo namanya teknik podomoro mba yang belajar dengan acuan waktu ya, kadang aku sendiri pake sistem ini kalau lagi ada DL tugas kuliah numpuk, padahal sambil kerja juga. Ahhhh enak dong nih ya, les bimbel di Sinotif karena emang metodenya bagus dan bahkan ada jaminan uang kembali

    ReplyDelete
  22. Sinotif bisa jadi pilihan anak belajar online ya. Aku jadi pengen lesin anak disini persiapan SMP nanti.

    ReplyDelete
  23. Sinotif ini sudah punya pengalaman selama 20 tahun ya Ambu
    Les disini bisa menggunakan 3 Kurikulum, jadi bisa disesuaikan

    ReplyDelete
  24. ambuu, saya malah salfok dengan cerita ambu loh. anak sulung ambu udah S2? wah ambu senior ternyata tapi aktif blogging ya. keren ambu. btw, saya merasakan juga manfaat bimbel waktu mau ikutan UMPTN, meski gak lolos ke ITB seperti anak sulung ambu tapi saya tetep seneng bisa lolosmasuk UNPAD. sekarang bimbel juga hadir secara daring ya, makin mempermudah aja sih.

    ReplyDelete
  25. Ikut bimbel memang terbukti bisa membantu meningkatkan hasil belajar anak ya mbu. Dan kita perlu bersyukur karena saat ini banyak sekali tersedia pilihan bimbel online seperti Sinotif salah satunya

    ReplyDelete
  26. Masyaallah si sulung keren banget kak. Memang sih ya, usaha yang sungguh-sungguh tidak akan mengkhianati hasil. Btw boleh juga nih bimbel di Sinotif, aku kepoin dulu deh ntar. Makasih kak

    ReplyDelete