The Chang'an Youth, Kisah Perawan di Sarang Pelajar Ganteng

       
maria-g-soemitro.com

The Chang'an Youth, Kisah Perawan di Sarang Pelajar Ganteng

Pernah baca kasus Aprilia Manganang?

Itu lho atlit yang juga anggota TNI AD. Aprilia yang semula bergender perempuan di KTP-nya, disahkan sebagai laki-laki. Pimpinannya yaitu Jenderal Andika menegaskan bahwa Serda Aprilia Manganang terlahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia, bukan seorang transgender dan interseks (sumber)

Aprilia pernah curhat di podcast Deddy Corbuzier bahwa dia kerap dibully. Dia juga menceritakan tersiksanya menjadi perempuan hanya karena ‘pipis sambil jongkok, bukan sambil berdiri’

 Beberapa ciri perempuan harus dia pakai, seperti kosmetik dan penutup payudara, padahal payudaranya gak tumbuh alias dia gak punya payudara. Lha wong dia laki-laki. Alhasil, setiap pertandingan Aprilia sering riweuh benerin bra yang merosot akibat gak ada ‘isinya’

Kasus Aprilia ini menjelaskan pada kita bahwa fisik pria beda banget dengan perempuan, demikian pula sebaliknya. Jadi hampir gak mungkin perempuan menyelundup ke sekolah khusus pria, atau pria menyusup ke sekolah khusus perempuan.

Bayangin deh sesosok perempuan diantara sekumpulan taruna AKABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Dari jauh udah ketahuan kan? Bentuk fisiknya beda jauh.

Karena itu saya gak paham dengan kisah-kisah perempuan masuk akademi khusus pria seperti drama Cina ‘The Chang'an Youth’ dan ‘The Heiress’. Apakah tujuannya untuk dramatisasi atau feminitas? 

Bisa jadi pula keduanya, mengingat drama Cina banyak mengangkat peran perempuan. Bahkan cukup menonjol dibanding drama Korea. Hal tersebut nampak dalam drama Cina ‘Meteor Garden’ yang dibesut tahun 2018. 

Dong Shan Cai dalam drama ini mandiri dalam prestasi. Dia juga berhasil meraih kejuaraan memasak, jauh banget dengan drama produksi Korea Selatan dan Taiwan yang menggambarkan Dong Shan Cai harus ditolong pangeran berkuda putih.

Bagaimana peran perempuan dalam drama Cina The Chang'an Youth’

Yuk kita review.

Baca juga:

The Heiress, Kisah Mulan Lainnya

Drama Ni Chang, Tentang Perempuan Cina Perkasa Lainnya

   

maria0g0soemitro.com

Wang Yu Wen sebagai  Shen Yi Yi / Shen Die Yi

Hutang budi membuat Shen Yi Yi harus masuk Akademi Shangyi dengan menyamar sebagai pria. 

Yi Yi berhutang budi pada Shen Die Yi, anak keluarga Shen yang kaya raya, karena tanpa ragu telah mengangkat Yi Yi dari jalanan untuk menjadi saudara angkatnya.

Ternyata Shen Die Yi juga anak angkat keluarga Shen. Sewaktu masih bayi, ibu Shen Die Yi datang ke keluarga Shen untuk minta perlindungan. Ibu Shen Die Yi mati meninggalkan ‘giok sinan’ sebagai pertanda asal usulnya.

Di usia remaja, Shen Die Yi  menyusul ibunya ke alam baka sebelum sempat menyingkap rahasia kelahirannya, Sehingga Yi Yi bertekad, apa pun akan dia lakukan untuk membalas budi baik Shen Die Yi, termasuk tabir asal usulnya.

  

maria-g-soemitro.com

Caesar Wu sebagai Yang Zi An

Yang Zi An putra kedua pembesar Yang yang mendapat tugas khusus dari kaisar. Tugasnya adalah menyingkap kasus korupsi. Kaisar tak bisa menugaskan bawahannya karena  dia curiga pejabat istana, bahkan putra mahkota telah masuk dalam lingkaran korupsi.

Kaisar yakin, Yang Zi An bisa memulai dari Akademi Shangyi. Sayang Langkah Yang Zi An banyak terganjal ulah kakaknya yang arogan, dan kebetulan bekerja sebagai salah seorang guru di Akademi Shangyi

Dengan bantuan Shen Yi Yi, disusul 3 pelajar Akademi Shangyi lainnya, yaitu Tang Jiu Hua, Dugu Mu Xue dan Li Xin Yuan, akhirnya Zi An bisa menyelesaikan tugas tersebut.

  

maria-g-soemitro.com

Xie Bin Bin sebagai  Tang Jiu Hua

Tang Jiu Hua, putra Wakil Menteri Pertahanan yang pandai menari. Sejak kecil dia dijodohkan dengan Shen Die Yi, putri keluarga Shen yang sakit-sakitan.

Betapa bahagianya Tang Jiu Hua ketika akhirnya sang calon istri datang ke rumahnya di kota Chang’an. Walau pernikahannya terganjal. Ayah Tang Jiu Hua memberi syarat: pernikahan baru boleh dilaksanakan 4-5 tahun kemudian, sesudah Tang Jiu Hua lulus Akademi Shangyi.

Tang Jiu Hua tak menyadari bahwa perempuan yang dikiranya Shen Die Yi adalah Yi Yi. Namun keduanya mempunyai tekad yang sama, yaitu menguak tabir rahasia asal usul Shen Die Yi

   

maria-g-soemitro.com

Liu Yi Chang sebagai Dugu Mu Xue

Anak angkat jendral wilayah perbatasan yang telah mangkat. Sebelum meninggal, ayah Dugu Mu Xue memberi tugas untuk mencari saudara seperguruannya, 

Betapa kecewanya Dugu Mu Xue, ketika mengetahui Xin Niang, saudara seperguruan yang dikasihinya ternyata menjadi kaki tangan pejabat Han. Bersama si pejabat, Xin Niang  merencanakan suatu balas dendam, rencana yang membuat tangannya berlumuran darah.

  

maria-g-soemitro.com

Qi Pei Xin sebagai  Li Xin Yuan

Pangeran Li Xin Yuan, putra kedua kaisar yang cerdas. Pandai meramal, menggambar dan mahir matematika. Dengan bantuan seorang jendral, tanpa sepengetahuan kaisar, Li Xin Yuan menyusup sebagai salah seorang pelajar Akademi Shangyi.

Karena kepribadian dan kecerdasannya yang menonjol, Li Xin Yuan akhirnya menjadi putra mahkota, menggantikan kakaknya yang korup.

   

maria-g-soemitro.com

Sinopsis The Chang'an Youth Chinese Drama (2020)

Sepuluh jari masuk ke tanah, tapi tak kena lumpur

Ditutupi cacing, bukan berarti penenun sutera

Betapa bahagianya Yi Yi, sebagai anak yatim piatu yang hidup menggelandang, tiba-tiba didatangi Shen Die Yi. Anak perempuan keluarga Shen yang kaya raya itu tidak hanya mau bermain dengannya, tapi juga mengangkat Yi Yi sebagai saudara perempuan. Sehingga Yi Yi bisa hidup sebagai orang kaya, dan berkesempatan belajar layaknya anak perempuan bangsawan..

Sayang penyakit kronis yang dideritanya membuat Shen Die Yi menghembuskan nafas di usia remaja. Padahal keluarga Shen sudah menjanjikan perjodohan dengan anak keluarga Tang. Bapak Shen juga merasa bersalah karena belum sempat membuka tabir ‘giok sinan’, perhiasan yang ditinggalkan ibu Shen Die Yi pada anaknya..

Merasa berhutang budi pada Shen Die Yi dan keluarga Shen, Yi Yi menyanggupi untuk mengambil alih peran Shen Die Yi. Dia akan berpura-pura menjadi Shen Die Yi dan bertunangan dengan Tang Jiu Hua. Selain itu, kepergian Yi Yi ke kota Chang’an diharapkan bisa memecah rahasia ‘giok sinan’.

Di kota Chang’an, Yi Yi mati-matian berusaha menggagalkan pertunangan. Jalan keluar baru ditemukan sewaktu Tang Jiu Hua mengajak Yi Yi untuk ikut bersekolah di Akademi Shangyi.

Tang Jiu Hua berjanji pada orang tuanya akan menyelesaikan study di Akademi Shangyi sebelum melangkah ke gerbang pernikahan. Sebagai solusi agar selalu berdekatan dengan Yi Yi, dia mengajak tunangannya ikut bersekolah di Akademi Shangyi. Tentunya dengan menyamar sebagai pria karena akademi bentukan Kaisar tersebut hanya dikhususkan bagi laki-laki.

Tak terduga Yi Yi meraih angka tertinggi saat test masuk. Dia juga kerap berprestasi, seperti menemukan tinta dalam kalam menulis, menjadi perwakilan sekolah dalam bidang memasak, hingga menyusun strategi perang yang jitu.

Berbagai kemampuan Yi Yi yang tidak biasa membuat Tang Jiu Hua curiga. Setahunya Shen Die Yi yang dia kenal adalah perempuan lemah yang sakit-sakitan. Shen Die Yi tak mungkin begitu mandiri, mampu membuat strategi perang dan berani menerobos ke sarang musuh.

Yi Yi bersama 4 pelajar Akademi Shangyi lainnya emang sangat menonjol. Mereka adalah Yang Zi An, Tang Jiu Hua, Dugu Mu Xue dan Li Xin Yuan. Tiga diantaranya adalah anak pembesar kerajaan, sedangkan Li Xin Yuan merupakan anak kandung Kaisar, atau Pangeran Kedua. Li Xin Yuan memiliki peluang menjadi putra mahkota andai putra mahkota yang kini bertahta melakukan kejahatan/melanggar  peraturan kerajaan.

Sayangnya, putra mahkota memang tidak amanah. Aktivitas hariannya hanya bersenang-senang dengan perempuan, serta berfoya-foya dari uang korupsi, membuat uang palsu dan melakukan perdagangan anak.

Putra mahkota tidak menyadari bahwa dia masuk perangkap pejabat Han. Pejabat culas ini melakukannya agar bisa menggeser putra mahkota dan mendudukkan Yi Yi sebagai putra mahkota yang baru. Pejabat Han mengira Yi Yi adalah anak laki-laki  putra mahkota yang dulu pernah dilengserkan dan mati dalam pelarian.

  

maria-g-soemitro.com

Review The Chang'an Youth Chinese Drama (2020)

Cemplang!

Mungkin karena saya baru merampungkan drama Korea ‘The Red Sleeve” yang dipenuhi aktor/aktris (pemeran utama maupun pendukung) yang kualitas aktingnya prima. Bahkan akting aktor/aktris ciliknya sangat mempesona.

Demikian pula story dram ‘The Chang'an Youth’. Muter-muter gak karuan dan banyak adegan nyebelin. Salah satunya ada adegan Yi Yi menyelusup ke sarang musuh. Ketika dia ngelihat Yang Zi An ditawan musuh, bukannya masang strategi (kan sedang di sarang musuh), eh Yi Yi  malah teriak: “Zi An!” 

Lha ketahuan musuh atuh. Ngapain sok kenal di depan musuh?

Bego banget, kan?!

Beruntung drama ‘The Chang'an Youth’ mendapuk  Wang Yu Wen sebagai Yi Yi, aktris yang sejak 2008 telah  wara wiri di layar elektronik. Aktris berusia 24 tahun ini sanggup memberi nyawa pada drama ‘The Chang'an Youth’. Walau sayangnya, ya sayang banget, dia gagal membangun chemistry bareng Caesar Wu.

Namun bukan salah Wang Yu Wen, tandemnya Caesar Wu sejak awal emang terasa salah casting. Dari komen yang bersliweran di layar aplikasi WeTV, penonton malah menyukai Dugu Mu Xue yang dingin-dingin ganteng. Li Xin Yuan yang imut, dan Tang Jiu Hua yang tampan.

Padahal Caesar Wu yang berperan sebagai Xi Men Yan dalam drama Cina “Meteor Garden” gak kalah ganteng lho. Ingat gak, Xi Men Yang kan anggota F4 yang paling playboy?

Eniwei baswei, drama ‘The Chang'an Youth’ lebih unggul dibanding   ‘The Heirs’, drama Cina yang juga berkisah tentang petualangan perempuan di ‘sarang’ pria. 

Kekompakan 5 sekawan ini nyenengin untuk dinikmati. Mereka saling berbagi, saling mendukung dan ada beberapa adegan lucu seperti Yi Yi yang mau bikin warung dengan teman2nya sebagai karyawan. Lha gimana bisa pangeran kedua kerajaan jadi karyawan warung tuak?

Oiya satu lagi yang ngeselin. Adegan jatuh kemudian saling bertatapan, malah berciuman!. Enggak banget dan klise banget. Plis deh, kreatif dikit dong bikin bentrokan mata dan sentuhan kulit gak sengajanya yang seharusnya bikin co cweet.😀😀

Baca juga:

Once We Get Married, Kisah Kawin Kontrak Sang Cinderella

Jiu Liu Overload; Tentang Perempuan Ketua Geng Yang Dicintai 2 Pangeran Tampan


Drama: The Chang'an Youth

Native Title: 长安少年行

Also Known As: Chang An Shao Nian Xing , 長安少年行

Director: Nelson Chau

Country: China

Episodes: 24

Aired: Apr 20, 2020 - May 4, 2020

Aired On: Monday, Tuesday

Original Network: Mango TV, Tencent Video

Duration: 45 min.

Genres: Historical, Mystery, Romance, Youth




15 comments

  1. Sejak nonton White Snake Legend, rasanya aku udah gak pernah nonton drama yang tampilan para tokohnya kayak gini :) jika pun nemu, nonton di film lepasan. Jadi kangen juga melihat akting para pemainnya dengan baju khas Tiongkok kayak gitu ya bu. Ceritanya juga menarik, ala-ala Mulan yang nyamar jadi cowok :)

    ReplyDelete
  2. Cerita tipe begini sering dipakai ya ambu. Di Indonesia juga pernah cerita begini. Di drakor juga pernah. Saya tetap suka lo, cerita model ini hehehe. Enggak perlu mikir nontonnya, seru saja sampai akhir. Masukkin ke list tontonan akh

    ReplyDelete
  3. Soal Aprillia itu aku sedih juga bun bacanya. Soalnya pasti mental dia sakit betapa tidak nyamannya bertahun - tahun menjadi bukan dirinya sendiri.

    Ngomongin soal drama cina itu judulnya mirip judul buku ya " Perawan di sarang penyamun" 😂. Aku beberapa kali nonton drama cina, tapi memang seringnya yang aku tonton klau bagian cinta cintaannya kayak sblum adagean kiss gtu itu agak klise. Ga tau kebetulan ga tau kebanyakan drama cina itu memang begitu. Trus episodenya suka panjang panjang ya Bun. Drama yang ini walau si cw jadi cwo tapi keliatan ya cwnya cantik 😍

    ReplyDelete
  4. Suka dengan acting Wang Yu Wen memerankan Shen Yi Yi.Tontonan ini menyita perhatian saya ambu ketika Shen Yi Yi menyamar sebagai pria.Wow,ini benar-benar harus total ya mempelajari gerak gerik pria. Setuju ambu,Wang Yu Wen memberikan nyawa di drama China ini.Actingnya aku acungkan pakai 2 jempol.

    ReplyDelete
  5. seperti cerita mulan, yang masuk serdadu menggantikan sang ayah gitu ya.. iya sih, ngga kepikir juga. sehalus-halusnya laki-laki, dan sekasar-kasarnya perempuan, tetap beda.

    btw, untuk kasus aprilia, salut untuk TNI.

    ReplyDelete
  6. Saya juga nonton tuh podcast nya Deddy Corbuzier yang membahas soal Manganang. Denger uraian ceritanya jadi ikut bergetar. Berjuang mencari jati diri di tengah ketidakpastian, ketakutan dan kebimbangan hingga akhirnya benar-benar menemukan identitas diri yang sesungguhnya. Salut banget.

    Drama "perempuan di sarang penyamun" ini tuh sering banget ditampilkan ya Mbak. Mulai dari tema serius hingga yang menantang, bahkan hingga melibatkan si perempuan dalam lingkaran yang melibatkan banyak pria dan keputusan-keputusan serius.

    ReplyDelete
  7. Pokoknya seru dibalik penyamaran pasti ada adegan bikin deg deg ser The Chang'an Youth’ dan ‘The Heiress’.

    ReplyDelete
  8. Iyaya...dipikir kayak engga mungkin menyelundup jadi cowok. Walaupun bisa berlindung di balik baju model jubah dan panjang. Suara kan engga bohong ya...
    Pengen nonton ah, seneng saya kalo settingnya kuno-kuno gitu

    ReplyDelete
  9. Baca dari awal saya tuh udah serius banget, eh nyampe bagian review malah nggak bisa nahan ketawa. Bayangin juga adegan Yi Yi menyelusup ke sarang musuh tapi malah manggil Zi An, di bagian akhir pun gitu. tapi malah bikin saya penasaran. Saya akan coba nonton..

    ReplyDelete
  10. Closingnya bikin nyengir nih.... adegan itu emang engga banget terlalu klise ya ambu...Filmnya bikin penasaran juga nih..

    ReplyDelete
  11. seru juga ya film drama china Chang'an Youth' dan 'The Heiress" engga nyangka dibalik penyamaran pasti ada adegan deg-degan ketika menyusup ke asarang musuh

    ReplyDelete
  12. Di Drama korea, lumayan banyak yang mengangkat cerita perempuan nyamar jadi laki-laki dan gak ketahuan seperi coffee prince,sungkyunkwan scandal, empress ki . Agak-agak gak percaya sih, kok bisa gak ketahuan, tapi namanya juga drama korea, daripada dipikirin malah bikin stress mending dinikmati aja ceritanya, hehehe

    ReplyDelete
  13. Sepertinya pengantar tulisan di awal menarik disimak secara mendalam di masyarakat, selain itu film genre yang diulas ambu menarik tapi saya masih gagal paham klo tidak melihat visualnya

    ReplyDelete
  14. Kangen banget nonton drama bertema begini, Ya ampun pasti lucu banget ini drama

    ReplyDelete
  15. Well jadi inget moon lovers😂 suka nih cerita begini, bikin susah milih mau si tokoh utama cewek sama siapa😂 Jadi pengen nonton ini deh.

    ReplyDelete