Jiu Liu Overlord, Tentang Perempuan Ketua Geng Yang Dicintai 2 Pangeran Tampan

 


Jiu Liu Overload; Tentang Perempuan Ketua Geng Yang Dicintai 2 Pangeran Tampan

Apa yang terbayang  ketika mendengar tentang ketua geng?

Mungkin akan tergambar sosok berangasan, sadis, banyak tato ditubuhnya, serta punya sekumpulan tukang pukul yang bertugas mengamankan sang ketua.

Gambaran yang jauh banget dari Long Ao Yi, dalam drama "Jiu Liu Overlord". Ketua Geng Naga di Kota Yi ini  tomboy, berwajah cantik, tanpa tato dan nggak bisa berkelahi.

Kemampuan berkelahi sebetulnya hanya nilai plus seorang ketua geng. Karena yang terpenting adalah kepercayaan anggota geng atas kemampuan sang ketua mengayomi/melindungi mereka.

Sesuai sejarah awal didirikannya mafia sekitar tahun 1848. Paska revolusi di Italia, para imigran membutuhkan organisasi yang memberi perlindungan pada anggotanya.

Namun praktik geng/mafia ada di mana-mana. Di seluruh pelosok bumi. Mereka muncul sebagai penyelesai masalah, salah satunya menjadi pelindung sekaligus perantara dengan pihak berwajib.

Di Indonesia praktik mereka terpampang jelas. Kasat mata. Contohnya di kawasan kumuh Pasar Ciroyom Kota Bandung. Mereka menarik iuran sampah, sewa menyewa tempat berdagang hingga denda karena melanggar perda K3 Kota Bandung.

Berkat layanan mereka, para pedagang bisa seenaknya berjualan di trotoar. Bahkan usai berdagang, meja-meja dagang PKL Pasar Ciroyom tergeletak begitu saja di trotoar. Sebagian yang lain ‘diparkir’ di taman hasil renovasi Ridwan Kamil semasa menjabat Walikota Bandung.

Satpol PP, Pak Lurah dan Pak Camatnya kemana aje?

Nggak tau tuh.πŸ˜€πŸ˜€

Jadi, daripada menggugat ketidak berdayaan aparat pemerintah, mending dibikin ide drama. Demikian mungkin yang terpikir penulis skenario drama Cina  “Jiu Liu Overlord”.

Saya berusaha mencari kawasan Jiu Liu, apakah ini karangan penulis skenario, atau kawasan slum yang bersejarah dan masih berjaya sampai sekarang? Sayang saya nggak berhasil menemukan.

Ada yang tahu?


Bai Lu/Bai Meng Yan sebagai  Long Ao Yi

Anak angkat pemilik rumah bordil yang menjadi ketua geng /sindikat Naga.

Bertubuh mungil dan tomboy , Long Ao Yi tak memiliki kemampuan bela diri. Dia terpilih sebagai ketua geng karena kemampuannya mengayomi anggota geng Naga.

Salah satunya terhadap penindasan Geng Ular, musuh bebuyutan Geng Naga. Padahal ada garis bisnis yang tegas. Geng Ular menguasai bisnis pencurian, judi dan opium. Sedangkan Geng Naga mengurusi bisnis arak, daging, dukun dan opera/entertaint.

Saat sedang bertaruh dengan Geng Ular, Long Ao Yi berkenalan dengan Li Qing Liu, pemilik perusahaan Jalur Sutera Baru yang kaya raya. Li Qing Liu membantunya mendapatkan monopoli jual beli telur ulat sutera.

Ao Yi juga bertemu Li Zhao, Pangeran ke-3. Menteri Pangan yang tengah menyelidiki kecurangan serta korupsi di Kota Yin, tempat Ao Yi dan Qing Liu berada.

Keduanya, Li Qing Liu dan Li Zhao tertarik dan sering membantu Ao Yi. Sayang, perbedaan kasta mereka terlalu jauh. Tanpa pengharapan, kecuali salah satu pangeran mau menanggalkan statusnya.

Ao Yi juga punya beban tersendiri. Selain melindungi anak buahnya di geng Naga, dia harus mencari penyebab gurunya tewas dibunuh orang tak dikenal.



Leon Lai/ Lai Yi sebagai  Li Qing Liu

Anak angkat keluarga Li yang meneruskan bisnis sutera dibawah bendera “Jalur Sutera Baru”. Dia mempunyai sahabat yang menemaninya sejak kecil, Yan Bin. Serta diam-diam dicintai Du Xiao Xian, teman berbisnis kain sutera.

Li Qing Liu kaya raya, arogan dan ketus. Berkat tangan dinginnya dia berhasil mengembangkan bisnis hingga menjadi pengusaha yang disegani, sekaligus dibenci.

Terlebih sesudah Long Ao Yi menjadi rekan bisnisnya. Ao Yi yang cerdas, bebas dan bersikap terbuka, mampu melihat peluang usaha.

Sayang ada perbedaan strata yang terlalu jauh yang membuat keduanya sulit bersatu. Terlebih setelah latar belakangnya terkuak, Li Qing Liu ternyata anak raja yang berkuasa, penguasa dinasti Tang.



Alen Fang sebagai  Li Zhao

Pangeran ke-3 kerajaan dari Selir De, yang memiliki jabatan sebagai Menteri Pangan.

Lurus, jujur dan berintegritas, Li Zhao mendatangi Kota Yin untuk membongkar jaringan kejahatan, yang terbesar adalah lada.

Tanpa sengaja Li Zhao melihat penampilan Long Ao Yi yang sedang bertaruh dengan Ketua Geng Ular.  Li Zhao terpesona dengan keberanian, kebebasan dan kemampuan Ao Yi memimpin serta menyejahterakan anggota gengnya.

Sehingga tanpa ragu Li Zhao membantu, yang berujung diangkatnya Li Zhao sebagai saudara geng Naga.

Sayang, Li Zhao harus kembali ke Chang An, ibukota negara. Ambisinya membongkar kejahatan harus terhenti. Paman dan ibunya, Selir De menjadi kaki tangan pentolan korupsi yang bermarkas di ibukota negara.

Kansnya menikahi Long Ao Yi juga sangat kecil.

Li Zhao lebih tepat  berpasangan dengan Du Xiao Xian, anak Menteri Militer, yang diam-diam telah mencintai Li Qing Liu.



Sinopsis Jiu Liu Overlord Chinese Drama (2020)

Long Ao Yi, Bos Geng Naga sungguh beruntung. Dua pria tampan mencintainya.

Yang pertama adalah Li Qing Liu, taipan ternama di Kota Yin yang menguasai jaringan kain sutera. Dan yang kedua, Li Zhao, pangeran ketiga yang menjabat sebagai Menteri Pangan dan sedang melakukan sidak secara diam-diam di Kota Yin.

Kedekatan Ao Yi dengan Li Qing Liu berawal dari hilangnya benang emas yang sangat dibutuhkan menyelesaikan suatu pesanan. Untuk membuktikan dirinya tidak bersalah, sekaligus mencari keberadaan barang curian, Ao Yi terpaksa tinggal di wisma “Jalur Sutera Baru”, milik Qing Liu.

Setelah benang emas berhasil ditemukan, hubungan mereka berlanjut. Simbiose mutualisme. Saling membutuhkan kecerdasan, peluang usaha dan networking, kemudian berlanjut saling tertarik.

Sayang, hubungan ini harus berakhir sesudah rahasia jati diri  Li Qing Liu terungkap. Ternyata dia adalah salah seorang anak raja yang berkuasa. Dia diselamatkan nannynya yang kemudian berlindung pada keluarga Li.

Demikian pula hubungan Ao Yi dan Pangeran Li Zhao. Sebagai anak raja, Li Zhao tak mungkin menikahi ketua geng dari daerah slum yang tak berpendidikan dan tak mengenal etika pergaulan kelas atas.



Review  Jiu Liu Overlord Chinese Drama (2020)

Musik dan lagu yang dikenal di Indonesia sebagai pengantar barongsai, menjadi pembuka setiap episode drama “Jiu Liu Overlord" Otomatis membangkitkan mood happy pada penonton.

Berikutnya adalah sajian adegan mengundang tertawa, minimal senyum geli melihat akting heroik Bai Liu sebagai ketua geng Naga. Usai menonton episode 1 dan 2, saya memutuskan menonton drama “Jiu Liu Overlord” atau “Sang Penguasa”.

Apalagi aktor utamanya adalah Leon Lai Yi, si kakak perguruan Bai Qian dalam “Ten Miles of Peach Blossoms” serta pakar medis sekaligus putra mahkota Kerajaan Air Dalam di Legend of Fuyao.

Baca juga:

3 Lives, 3 Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms; Kisah Romeo & Juliet Dalam Mitologi Tiongkok

Legend of Fuyao; Cinta Terganjal Rantai Takdir

Dalam 2 drama yang hanya memplot sebagai support role, rupanya akting Leon Lai Yi mencuri perhatian pegiat drama. Pastinya juga penggemar drama Cina.

Hasilnya memang tidak mengecewakan. Chemistry Leon Lai Yi  bersama pemeran utama perempuan, Bai Lu, bikin penonton ikut jatuh cinta. Leon Lai Yi sebagai Li Qing Liu yang mencintai “perempuan aneh”Long Ao Yi, sungguh bikin meleleh.

Akting Bai Lu lainnya bisa dilihat dalam “Love is Sweet”, drama yang membuatnya beradu akting dengan Leo Luo, salah satu aktor Mandarin  terfavorit.

Baca juga: Love is Sweet, Perjuangan Cinta si Penderita Alergi Air Mata

Sayang, banyak adegan klise mewarnai drama “Jiu Liu Overlord” seperti  “pemeran utama perempuan jatuh dan kebetulan ditangkap main lead/second lead!’.

Plot kisah drama “Jiu Liu Overlord” juga nggak mulus. Apakah itu yang menjadi penyebab jumlah 48 episode dipangkas menjadi 36 episode saja?

Banyak adegan kebetulan dan kisah yang seakan dipaksa masuk dalam rangkaian kisah. Sehingga terasa mengganjal dan mengganggu.

Tapi selebihnya ok, karena berhasil menangkap kisah keseharian penduduk daerah slum. Kemudian disandingkan dengan intrik kaum bangsawan yang haus harta dan kekuasaan, sampai tega menghalalkan segala cara.

Membunuh untuk menutupi kejahatanpun hanya bret…bret….selesai.

Lebih kejam dan tak beradab dibanding para anggota geng dan penduduk daerah slum.

Pesannya keren.πŸ‘πŸ‘

Gannguan lainnya hanya receh. Seperti mimik pemeran antagonis itu lho. Kerap muncul, dengan wajah “rasakan pembalasanku!”. Durasinya lama pula.  Hihihi … serasa menonton sinetron Indonesia.

Maaf, jangan terganggu jika saya mengkritik hasil karya anak negeri ya? Kritik untuk membangun harus dilakukan bukan? Supaya jangan jadi jago kandang.

Drama “Jiu Liu Overlord” bisa dilihat di WeTV dengan judul “Overlord”. Bukan sponsor post lho ya.



Profile (sumbe: mydramalist)

Drama: Jiu Liu Overlord

Native Title: 九桁霸主

Also Known As: Jiu Liu Ba Zhu , Overlord

Genres: Historical, Mystery, Romance, Investigation

Producer Zhang Meng  n Fang Fang

Country: China

Episodes: 36

Aired: Oct 23, 2020 - Nov 11, 2020

Aired On: Wednesday, Thursday, Friday

Original Network: Tencent Video

Duration: 45 min.

Content Rating: 13+ - Teens 13 or older

9 comments

  1. Ibuuu... Saya nyerengeh lalu gakgak ketika baca pas masalah gank di Pasar Ciroyom yang bikin tataran jadi amburadul, ngadu ga bisa akhirnya dibuatkan drama. Heuheu ... Keren memang ya. Kalau punya modal saya juga ingin nih kondisi Cianjur Kidul didramakan semoga banyak yg nonton hahaha...

    ReplyDelete
  2. Mimik pemeran antagonis Kerap muncul, dengan wajah “rasakan pembalasanku!”. Durasinya lama… serasa menonton sinetron Indonesia.

    Wkwkwk, aku auto-ngikik baca paragraf ini MBaaa
    Ternyataaaa draChin juga 'ter-influence' sinetron kita yhaaa

    Tapi kebanyakan DraChin konflik cerita dan kapasitas pemainnya lebih mantaabbb yak.

    ReplyDelete
  3. Uwow...salut banget deh sama Mbak Maria haha udah demen drakor dan dracin, pake dihitung segala jumlah eposidenya hahaha :) Iya deh tuh cewek kayaknya lucu ga bisa diem, melet gitu :) Padahal seru yang ada 2 ketua deng yang mau dia. DI kita mah preman2 geng buanyak, anak buah di pasar2 suka malak kan hihi :D

    ReplyDelete
  4. Bai Lu muncul di drama ini yang ceritanya beda jauh ama Love is Sweet, tapi muka jahilnya tetap ada haha. Aku demen sama gadis satu ini, drama-dramanya jadi enak ditonton karena aktingnya gemesin. Sejak ambu share link tulisan ini di FB, aku langsung tandain di Iqiyi. Tinggal tonton dalam waktu dekat :D

    ReplyDelete
  5. Paling suka deh liat film/drama yang bertemakan "kekuatan perempuan". Bukan hanya soal fisik tapi juga dari kemampuan berpikir dan kepintarannya. Tema yang sesuatu banget.

    Aku pernah nonton film Italia dengan alur cerita yang sama. Anak dari seorang gembong mafia terkenal, punya saudara lelaki, dikelilingi oleh beberapa lelaki hebat, sampai akhirnya terpilih untuk mewariskan jabatan ayahnya. Film lama tapi dah gak inget judulnya. Tapi bener-bener bikin saya terkesan habis.

    ReplyDelete
  6. seruuu.... sebenarnya drama tiongkok mirip ceritanya ama drama indonesia tapi entah mengapa semua berasa pas dan pada tempatnya... nggak terkesan lebay... kalau pun lebay ya lebih karena dimaksud untuk komedi... (*mungkin itu sebabnya aku nggak suka drama indonesia tapi suka banget drama korea dan tiongkok)

    ReplyDelete
  7. Asik banget siiih hidup di dunia drama. Mau drama cina, korea, jepang. Hihihi. Ketua geng bisa ditaksir dua pangeran tampan. Bedanya kalo ketua geng di Cina cakeup cakeup dan bening-bening mukanya ya ambu. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  8. Wah enak banget ya diperebutin dua cowok kaya dan tampan, hahaha apa laglagi keturunan bangsawan gitu. Karakter ceweknya kuat suka deh kalau gini. Entah kapan terakhir nonton drama China...

    ReplyDelete
  9. Waw, diperebutkan sama dua pangeran apa rasanya yaa, sekarang banyak yang nonton dan review drama cina yaa, ternyata gak kalah sama drakor yaa ambu

    ReplyDelete