The Heiress, Kisah Mulan Lainnya

 


sumber: freepik.com

The Heiress, Kisah Mulan Lainnya

 

Suka “Disney Princess”?

Saya suka banget dengan Putri Aurora dan Rapunzel, si gadis rambut panjang. Walau tetep sih, saya mengoleksi semua buku Disney Princess yang khas. Tulisannya sedikit, gambarnya gede-gede 😀😀

Sehingga saya menyadari,  ada perubahan karakter princess yang dilakukan Disney. Semula sosok princess terkesan rapuh dan sangat menggantungkan diri pada sang pangeran. Melalui Pocahontas (1995) dan Mulan (1998), sosok“Disney Princess” tampil mandiri dan berani mengambil keputusan.

Dari keduanya, saya paling suka Mulan. Hua Mulan mengambil alih kewajiban sang ayah yang sakit-sakitan, untuk ikut wajib militer. Berkali-kali rahasianya hampir ketahuan, akhirnya Mulan berhasil mencapai tingkat teratas pasukan imperial.

Diambil dari sebuah puisi panjang berjudul “The Ballad of Mulan” yang ditulis sekitar abad keenam, Disney meracik kisah Mulan menjadi produk musikal, komedi, dan drama.

Beberapa drama Cina nampaknya terinspirasi kisah Mulan. Salah satunya adalah “The Heiress”yang berkisah tentang Han Yuan Niang yang harus menyamar sebagai saudara kembarnya yang meninggal, Han Shi Yi.

Langkah tersebut diambil Jendral Han, ayah Han Yuan Niang untuk memastikan kekuatan militer Keluarga Han tidak akan terpengaruh karena mereka tidak memiliki ahli waris laki-laki.

Agar sandiwaranya berhasil, Han Yuan Niang selalu didampingi 2 body guard perempuan yang diakuinya sebagai selir-selirnya. Jodoh anak perempuan pejabat, juga disiapkan bagi Han Yuan Niang. Termasuk rencana mengangkat anak.

Hasilnya?

Gadis cantik yang berdandan seperti laki-laki! Hahaha … Una You sebagai Han Shi Yi cantik banget sih. Bodynya juga perempuan banget.

Harus diakui, nggak semua cowok berbadan kekar, banyak juga  cowok tulen yang bertubuh mungil nan gemulai. Jadi nggak terlalu salah memilih Una You sebagai perempuan yang menyamar jadi cowok, dan nggak ketahuan.

Apalagi penonton pastinya menyukai yang bening-bening. Tapi dibanding drama Cina “My General”,  drama “The Heiress” kalah jauh. My General juga berkisah tentang perempuan yang terpaksa menyamar menjadi laki-laki dan harus maju ke medan perang.

Namun,  The Heiress tetap menjadi tontonan yang direkomendasikan, jika yang dibutuhkan adalah hiburan tanpa kudu ribet mikir. Tanpa protes kok begini atau kok begitu. Nikmati saja wajah-wajah cantik dan ganteng yang bersliweran. Termasuk wajah pemeran antagonisnya yang nyebelin. 😀😀

Baca juga: 5Penyebab Drama Cina Disukai di Indonesia, Sineas Indonesia Kemana Aje?



Jiang Chao sebagai  Chen Ting Yi

Putra ke-5  Kaisar Chen Cheng Lan yang menjadi kandidat putra mahkota. Dipundaknya Kaisar meletakkan harapan, karena Pangeran Chen Ting Yi paling kompeten dibanding pangeran lain yang kerap melakukan tipu muslihat.

Pangeran Chen Ting Yi juga merupakan anak dari almarhum permaisuri yang sangat dicintai kaisar.  Sehingga Chen Ting Yi kerap menjadi sasaran perdana menteri yang ingin menjatuhkannya, dan mengganti kedudukan Chen Ting Yi dengan anak kaisar dari Permaisuri Wang.

Pangeran Chen Ting Yi yang dingin mulai berubah ketika Han Shi Yi masuk dalam kehidupannya.  Han Shi Yi usil dan bersikap seenaknya pada Chen Ting Yi yang notabene pangeran yang harus dihormati.

Waktu masih berusia 8 tahun, Chen Ting Yi pernah bertemu Han Shi Yi dan mendapat gelang. Pertemuan tersebut dilupakan Han Shi Yi, tertutup kabut kematian adik kembarnya.



Una You sebagai Han Yuan Niang | Han Shi Yi

Anak perempuan Jendral Han yang harus menyamar sebagai Han Shi Yi, saudara kembarnya yang berkelamin laki-laki. Sebagai jendral penjaga perbatasan, Jendral Han harus memiliki anak laki-laki, agar kekuatan militernya tidak terpengaruh.

Ceria, keras kepala, nakal dan usil, Han Shi Yi menjadi teman belajar putra kaisar, Chen Ting Yi. Dan terjadilah “tresno jalaran seko kulino”, keduanya saling jatuh cinta.

Cinta yang terlarang. Han Shi Yi kadung terdaftar dan diakui sebagai laki-laki dalam lingkungan kerajaan, membongkar kenyataan Han Shi Yi  adalah perempuan akan membuat Jendral Han dihukum penggal karena telah menipu kaisar.



Wang An Yu sebagai  Wang Zhong Yu

Anak Perdana Menteri Wang yang lebih suka menulis buku daripada berperang.

Sejak awal Zhong Yu sudah curiga bahwa Han Shi Yi adalah perempuan bukan laki-laki. Setelah mengetahui kebenarannya, cinta Zhong Yu pada Han Shi Yi menjadi tak terbendung.

Zhong Yu pun siap menanggalkan semua yang dimiliki (kebangsawanan, harta) demi Han Shi Yi. Berbanding terbalik dengan Chen Ting Yi yang harus menanggung beban meneruskan tugas kekaisaran.

Namun sayang, rasa cinta tidak bisa diatur, kemana harus berlabuh.

 


Sinopsis The Heiress

Kisah dibuka dengan keseharian sekolah para bangsawan khusus laki-laki. Selain anak para menteri, juga ada putra perdana menteri dan putra kaisar.

Han Shi Yi, anak jendral Han yang menjaga perbatasan utara kerajaan,  masuk ke dalam jajaran murid atas perintah kaisar. Titah yang mengandung maksud tersembunyi, yaitu untuk mengetahui keberpihakan Jendral Han. Apakah condong ke perdana menteri atau ke kaisar?

Han Shi Yi manut saja sewaktu putra kaisar, Chen Ting Yi menyuruhnya menjadi teman belajar, yang berarti selalu ada disamping Chen Ting Yi. Dia berpegang teguh pada wejangan ayahnya, yaitu bersenang-senang saja selama di ibu kota.

Kekonyolan demi kekonyolan dipertunjukkan Han Shi Yi,  membuat orang mengira Han Shi Yi hanyalah murid bodoh yang tak bertanggungjawab, tak bisa naik kuda, tak mampu ilmu bela diri. Kegiatannya hanya keluar masuk rumah bordil.

Hanya Chen Ting Yi yang tidak bisa ditipu. Dia bisa mengenali gerak refleks Han Shi Yi dalam melindungi diri. Juga garis gambar simetris yang tak mungkin dilakukan murid bodoh.

Hubungan Chen Ting Yi dan Han Shi Yi berubah dari pertemanan menjadi kisah cinta sesudah Chen Ting Yi mengetahui kenyataan bahwa Han Shi Yi adalah perempuan. Bertambah intens setelah keduanya harus melaksanakan tugas kerajaan.

Nasib tragis dan kesalah pahaman membuat pasangan ini harus berpisah. Han Shi Yi mengira,  Chen Ting Yi lah penyebab ayahnya tewas di medan perang, serta 60.000 tentara pasukannya kocar kacir.

sumber: freepik.com


Review The Heiress

Menjadi kaisar ternyata nggak enak. Jika dia lemah, maka akan dipecundangi perdana menteri. Tapi kaisar yang kuat ternyata serba curigaan, dia takut jendral yang ditunjuk menjaga perbatasan akan membelot.

Selain The Heiress, raja yang yang tega menghabisi keluarga jendral penjaga perbatasan adalah Kaisar Wei dalam drama Princess Agents.

Baca juga: PrincessAgents, Hasil Jiplakan yang Sukses Besar

Bedanya, Prince Agents merupakan karya yang bagus banget. Prince Agents meraih beberapa penghargaan, sebagai Drama of the Year  dan pemenang “The First Annual Asian-American TV & Film Festival Golden Oak Award”.

Para pemain Princess Agents juga diganjar beberapa penghargaan. Nonton beberapa kalipun tak akan bosan.

Sedangkan The  Heiress lumayanlah. Penonton akan terhibur sewaktu menonton drama The Heiress, tapi mungkin menolak untuk rewatch.

Padahal pemainnya potensial banget. Rata-rata berusia muda, bahkan Wang An Yu yang berperan sebagai  Wang Zhong Yu, baru berusia 22 tahun. Beda banget dengan Princess Agents yang diisi pemain watak papan atas seperti Zanilia Zhao dan Kenny Lin.

Kurang menggigitnya plot kisah The Heiress menjadi penyebab drama ini kurang sukses. Karakter para pemainpun dibiarkan cemplang, nggak digarap mendalam.

Ibarat makan nasi rendang kurang bumbu, itulah yang saya rasakan ketika menonton The Heiress. Sayangnya berbeda dengan makan mi bakso yang bisa dikecapin dan tambah garam, suguhan nasi Padang mah nggak bisa diapa-apain, kecuali dibenahi bumbunya di dapur.

 

Profile The Heiress

Drama: The Heiress (2020)

Country: China

Episodes : 24

Director:  Patrick Yau, Li Hong Yu

Aired: Aug 13,2020 – Aug 27, 2020

Original Network: Tencent Video

Genres: historical, comedy, romance, potical

14 comments

  1. Sungguh sayang jika tema sudah keren begini tapi enggak digarap lebih dalam lagi, karakter para pemainpun cemplang, plot cerita kurang menggigit...hm penasaran dengan ending kisah Chen Ting Yi dan Han Shi Yi jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh penulis skenario akhirnya dibuat mengambang mbak, silakan tebak :D

      Delete
  2. drama cina ya mba? dulu sempat suka drama klasik cina,,,namun skg drakor membuatku jatuh hati...keknya harus dibagi nih cintanya..drama klasik cina oke oke juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing-masing punya plus minus, buat saya drama Cina benar-benar menghibur

      pas banget dijadiin tontonan santai

      Delete
  3. Sebenernya ide dasarnya menarik ya Ambu.
    Tapi mungkin kreatornya kehabisan ide konflik atau apalah apalah, jadinya cemplang
    Sayang bgt jatuhnya 'kentang' dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yang bagus dibuat based on novel

      duh bisa nonton bolak balik kaya princess agents

      Delete
  4. Sayang ya padahal kisah yang berpotensi kolosal biasanya laku keras terus menerus diulang loh di bioskop juga

    Yaaaa pablebuat kalo begitu kita makan rendangnya sama ayam panggang gimana

    ReplyDelete
  5. Fiuuuhh, reviewnya menarik sekali mbak, kalau karakter di deretan princess Disney sih aku sukanya sama Merida dari Brave. Tapi Mulan jadi karakter princess favorit aku sebelum Merida. Ternyata ada banyak yaaa, yang mengadaptasi ccerita Mulan ini. Dan Una You disini cakep banget ya Allah, keknya jadi cowopun dia tetep keliatan ada cantik-cantiknya yaa mbak.

    ReplyDelete
  6. Awalnya aku pikir malah anak laki beneran krn Kan bintang2 Sana biar laki2 pun cantik mulus suka sama aktingnya Una You sebagai Han Shi Yi cantik banget. Baru separuh jalan aku ngikutin drama ini

    ReplyDelete
  7. Ambu kayanya pencinta film Mulan nih. rata2 menjadi raja itu banyak yg ga enaknya. Aku suka genre kerajaan kaya gini di drakor. kalau di Drama cina belum coba...

    ReplyDelete
  8. Membaca uraian Ambu di awal artikel membuatku ingin segera menonton drama ini deh, secara akutu penggemar kisah2 klasik china movies. Tapi membaca reviewnya, jd pengen nonton Prince Agebts duluan deh!

    Thank you, Ambu. Butuh hiburan nih akyu. Hehe.

    ReplyDelete
  9. Waaah sayang ya Mbak. Ceritanya sudah bagus tapi tidak didukung dengan "penggarapan" penokohan dan acting yang prima. Serialnya jadi hambar meskipun masih dapat dinikmati oleh publik.

    Di KDrama juga banyak ya tokoh-tokoh lelaki yang dimainkan oleh aktris dalam rangka penyamaran. Banyak kelucuan dan kegemasan yang bisa kita nikmati hahahaha.

    ReplyDelete
  10. wah jadi penasaran sama Una You yang meranin Han Shi Yi, kayaknya The Heiress cocok buat tontonanku deh yang kalo nonton ya yang menghibur gak pake banyak mikir hehe. Justru yang cantik dan yang ganteng itulah hiburannya.

    ReplyDelete
  11. Duh saya gak begitu suka ceritaceritanya Disney Princess. Yang suka malahan kakak dan anakanak saya. Makanya mereka kompak banget tuh nonton Frozel dll.

    ReplyDelete