KitaBeli, Cara Mudah Belanja Hemat Dapat Cuan

      
bisnis


KitaBeli, Cara Mudah Belanja Hemat Dapat Cuan

Ingin menjadi orang kaya? 

Pengertian menjadi orang kaya di sini tentunya bukan kaya ala orang kuno yang punya hektaran tanah dan berkarung-karung emas batangan, ya? Melainkan “bebas finansial” atau mampu membeli apapun tanpa memusingkan pendapatan. 

Ternyata ada cara yang mudah, aman dan halal, yaitu dengan menerapkan hidup hemat dan menambah penghasilan! 

Cara mudah yang diucapkan ayah Rebecca Bloomwood dalam novel dan film “Confessions of a Shopaholic” ini merupakan nasehat klasik yang manjur. 

Sayang kerap dilupakan. Kita malah sibuk dengan berbagai jurus finansial yang ruwet dan susah diaplikasikan. Gak heran akhirnya gagal dan kesulitan finansial semakin membelenggu. 

Baca juga:
5 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga di Era Digital 

Mau Bisnis Kuliner Secara Online? Pahami Dulu 5 Manfaat Kemasan Ini

Daftar Isi

  • Bebas Finansial, Definisi Kaya ala Milenial
  • Gaya Hidup Frugal, untuk Raih Bebas Finansial
  • Belanja Hemat dengan KitaBeli
  • Mitra KitaBeli, Cara Mudah Menambah Penghasilan
  • Tentang KitaBeli

Ada cara yang lebih mudah dipraktikkan, yaitu dengan mengubah  gaya hidup dengan gaya hidup frugal, gaya hidup kekinian untuk menggapai bebas finansial.

Apa sih gaya hidup frugal? Ini dia definisinya: 

Gaya hidup frugal/frugal living adalah gaya hidup hemat untuk memenuhi kebutuhan, dan menunda kenangan untuk mempersiapkan rencana masa depan (sumber)

Gaya hidup frugal banyak dilakukan pesohor yang telah memiliki harta melimpah, sebutlah Mark Zuckerberg, Warren Buffett, Ed Sheeran, Lady Gaga, Keanu Reeves serta masih banyak lagi.

Mereka meraih kondisi bebas finansial di usia relatif muda, sehingga bisa melakukan kegiatan yang disukai seperti traveling, kerja sosial bahkan sekadar berleha-leha.

 

bisnis
sumber:metrotvnews.com


Gaya Hidup Frugal, untuk Raih Bebas Finansial

Ingin hidup berkelimpahan harta seperti para pesohor di atas? 

Gak nolak pastinya, tapi jangan lupa, mereka juga memulai dari nol. Untuk mencapai bebas finansial, mereka menetapkan tujuan, fokus dan menerapkan langkah-terukur serta konsisten yang bisa banget kita tiru.

5 langkah mudah gaya hidup frugal sebagai berikut:

Masak Sendiri

Pernah menghitung jumlah pengeluaran masak sendiri vs jajan? 

Dihitung dari sudut manapun, biaya masak sendiri pasti lebih murah dibanding jajan. Karena dalam harga jual suatu produk, selain terkandung biaya bahan dan biaya bahan pembantu, juga ada biaya tenaga kerja langsung, biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya produksi, biaya pemasaran, biaya transportasi serta biaya lainnya. 

Jadi salah banget jika ada yang protes dan bilang: “Masa sih harga sepiring nasi Rp 5.000, kan harga beras seliter cuma Rp 15.000?” 

Hello, emangnya penjualnya sedang kerja sosial? Gak digaji? Termasuk biaya lain-lain (jangan lupa menghitung biaya pembelian kresek/kertas pembungkus makanan) yang pastinya dibebankan ke pembeli.

Naik Transportasi Umum

Pernah lihat orang naik transportasi untuk jarak tempuh yang sangat dekat? 

Banyak banget ya? 

Pelaku gaya hidup frugal tak kan mau melakukannya. Mereka memilih transportasi umum untuk jarak jauh dan jalan kaki untuk jarak dekat. 

Walau memiliki kendaraan pribadi, kalkulasi biaya pemakaiannya jauh lebih mahal dibanding biaya transportasi umum. Tentunya kalkulasi di kota besar yang menyediakan beragam transportasi publik, mulai dari buskota hingga LRT.

Belanja Online Manfaatkan Diskon

Salah satu keuntungan dari kamajuan teknologi digital adalah kemudahan dalam memilih dan memutuskan pembelian. Hanya e-commerce yang menyediakan harga murah yang dipilih pelaku gaya hidup frugal. 

Yup, jika ada yang murah, mengapa harus membeli barang mahal?

Menabung dan Investasi

Kemajuan teknologi digital juga sangat membantu pelaku gaya hidup frugal memilih tabungan online yang kini saling bersaing, menawarkan beragam fasilitas termasuk bebas biaya administrasi. 

Yap, tabungan online membantu bank memangkas banyak biaya seperti debit card, biaya tenaga kerja, biaya sewa gedung dan lainnya.  

Selain menabung, pelaku gaya hidup frugal aktif berinvestasi agar bisa bebas finansial sesuai target. Ada yang menargetkan usia 50 tahun, 40 tahun, bahkan ada yang mematok usia 35 tahun harus sudah bebas finansial. 

Dari 4 langkah gaya hidup frugal, bisa disimpulkan ada 2 kata kunci, yaitu “belanja hemat dan selalu mencari peluang usaha”, Dengan cara ini mereka tidak sekadar berhitung agar penghasilan cukup untuk bulan ini, tapi melompat jauh ke depan, merancang langkah cerdas agar di usia tertentu bisa bebas finansial. 

Karena bebas finansial berarti tidak lagi mengalami ketakutan jobless, bebas memilih pekerjaan, bahkan bisa bebas melakukan hal-hal yang sebelumnya sulit dilakukan, seperti keliling dunia, kerja sosial dan lainnya.

Kita pun bisa banget lho menjadi pelaku gaya hidup frugal. Salah satunya bergabung dengan KitaBeli, suatu platform yang menawarkan belanja hemat sekaligus peluang usaha. 

Launching di Kota Bandung pada Senin, 27 September 2021, saya dan teman-teman Blogger Bandung berkesempatan hadir untuk melihat langsung sekaligus mengobrol dengan GM KitaBeli, Mohamad Rizal.

  

bisnis


Belanja Hemat dengan KitaBeli

Secara spesifik, KitaBeli merupakan e-commerce yang menyediakan kebutuhan harian seperti sembako, sayur, daging serta kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Dengan Belanja Online melalui KitaBeli, maka konsumen/user setia KitaBeli yang mendapat sebutan TemanKita, akan memperoleh manfaat sebagai berikut:

  • Harga termurah
  • Mudah diakses
  • Gratis ongkos kirim sepuasnya.

Gratis ongkir? Yup, pada launching KitaBeli yang bertempat di Jalan Cetarip 26-28 Bandung, kami mendapat kesempatan melihat bagaimana suatu pesanan diproses. 

Setelah menerima oder pembelian melalui aplikasi KitaBeli, karyawan KitaBeli akan menyiapkan pesanan kemudian mengirimkannya. Jadi tidak menggunakan jasa pihak ketiga, baik untuk pengiriman maupun distribusi barang. 

Jadi paham banget ya, mengapa TemanKita bisa membeli dengan harga murah, bahkan gratis ongkos kirim.

 

   



Mitra KitaBeli, Cara Mudah Menambah Penghasilan

Selain belanja hemat, TemanKita menawarkan Peluang Usaha  hingga Rp 5 juta/bulan dengan bergabung sebagai Mitra KitaBeli. Penghasilan tersebut berasal dari: 

  • Komisi jika berhasil mengajak teman/kerabat menjadi user KitaBeli melalui kode referral.
  • Komisi jika berhasil mengajak teman/kerabat berbisnis sebagai Mitra KitaBeli 

Proses mengajak teman/kerabat pastinya mudah ya? Produk yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan tua muda kaya miskin. Setiap orang membutuhkan sembako, sayur, daging serta kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Peluang usaha yang mudah tersebut, ternyata mempunyai syarat dan ketentuan bergabung sebagai Mitra KitaBeli yang mudah pula, yaitu:

  • Perempuan dan laki-laki (pastinya harus udah punya KTP ya 😊😊)
  • Jujur dan bertanggung jawab
  • Tidak memiliki toko kelontong dan warung

Gampang banget ya? Namun keuntungannya banyak lho.

  • Gak perlu modal
  • Dapat komisi setiap minggu
  • Waktu fleksibel 
  • Tidak ada target

Kayanya gak ada peluang usaha yang semudah ini ya? Bisa dikerjakan sambil mengerjakan pekerjaan lain, bahkan pegawai kantoran bisa melakukannya.

Mitra KitaBeli cukup mencari pelanggan (bukan pemilik toko/warung sembako) di dekat tempat tinggal untuk belanja kebutuhan rumah tangga lewat Mitra. 

Alasan “bukan pemilik toko/warung sembako” sangat jelas ya? Harga produk KitaBeli sangat murah, ditujukan untuk membantu TemanKita agar bisa belanja hemat.
Juga untuk membantu TemanKita yang sedang berproses menuju bebas finansial.

Apakah prosesnya sulit? Jangan takut, untuk kelancaran Mitra KitaBeli akan ada staf KitaBeli yang mendampingi. 

Mitra KitaBeli cukup memandu user untuk melakukan langkah berikut:

  • Install aplikasi Mitra KitaBeli di Google Playstore
  • Masukkan nama, nomor HP, kode referal Mitra dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Pilih dan masukkan barang yang diinginkan ke keranjang
  • Klik bayar, pilih alamat pengiriman dan lanjutkan pembayaran   
  • Bayar pesanan ketika barang telah sampai di rumah

   
bisnis


Tentang KitaBeli

Didirikan oleh Prateek Chaturvedi, Ivana Tjandra, Subhash Bishnoi, dan Gopal Singh Rathore pada Maret 2020, KitaBeli merupakan platform yang memfasilitasi pembelian barang kebutuhan pokok, FMCG, dan produk kebutuhan rumah tangga lain. 

Hadir untuk memenuhi kebutuhan belanja hemat penduduk Jabodetabek, Malang, Solo, Kediri, Medan, Yogya, Madiun, Denpasar dan Makasar, KitaBeli mengepakkan sayap bagi kota baru (termasuk Bandung) yang ingin belanja hemat dan mendapat peluang usaha. 

Yang menarik, tersedia fitur Group Buying dalam aplikasi KitaBeli, sehingga TemanKita dapat melakukan gaya belanja interaktif bareng teman, juga bisa memperoleh diskon lebih banyak. 

Jadi, menjadi orang kaya eh bebas finansial di usia muda seperti Mark Zuckerberg, gak sekadar angan ya? Kemajuan teknologi digital sangat memungkinkan  terwujudnya impian setinggi apapun.

Baca juga:
Jangan Lupa, Karyawan adalah Aset! Cegah Turn Over Tinggi dengan Cara Jitu 

Berani Berubah! UMKM Siapkan Dirimu dengan 5 Tips Sukses



35 comments

  1. menarik nih mbu..selain kita bisa beli sembako dengan harga yang lebih murah ternyata Kitabeli juga membuka peluang usaha baru. Semoga bisa jadi sarana buat masyarakat untuk menambah penghasilan

    ReplyDelete
  2. Beneran deh, kemajuan teknologi, inovasi-inovasi dijaman sekarang tuh keren banget. Sangat membantu kita semua.

    ReplyDelete
  3. Caranya sederhana, ya? Untuk memulai agar bisa merdeka finansial. Coba untuk masak sendiri, belanja hemat, dan menabung serta investasi. Apalagi ada aplikasi yang bisa membuat kita belanja hemat. Baiklah aplikasinya bisa dicoba.

    ReplyDelete
  4. Sambil memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil dapat penghasilan tambahan, ya. Itu masak sendiri terasa banget memang lebih hemat.

    ReplyDelete
  5. 2 kata kunci, yaitu “belanja hemat dan selalu mencari peluang usaha”
    Noted banget ini, Ambu.
    Walo dapat duit sebanyak apapun, tapi kalo financial planning berantakan ya sama aja boong yak.
    Ahhh untunglah ada solusi jitu.

    ReplyDelete
  6. Pandemi sebetulnya membuka banyak peluang juga. Saya jadi tau tentang KitaBeli. Menarik banger karena menjadi salah satu jalan untuk membuka pintu rezeki

    ReplyDelete
  7. Wow, KitaBeli keren banget! Buat yang mau jadi mitra KitaBeli syaratnya juga gampang banget dan minim modal ya, Mbak. Semoga KitaBeli suatu saat bisa sampai ke Banjarmasin juga..

    ReplyDelete
  8. Tulisan ambu menambah khasanah literasi seperti kosakata gaya hidup frugal, kedua pemanfaatan aplikasi kitabeli di zaman serba digital manfaatkan referensi salah satunya seperti aplikasi di atas

    ReplyDelete
  9. wah senang ya Ambu
    sekarang makin banyak kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan
    di KitaBeli ini nggak hanya bisa belanja tapi juga jualan

    ReplyDelete
  10. Aplikasi baru yang menarik nih, selain belanja kita malah jadi dapat penghasilan tambahan kaya gini asik juga ya. Tinggal duduk manis aja..

    ReplyDelete
  11. Rencana saya mau coba belanja kebutuhan bulanan di kitabeli, mudah2an saya dapet UX yang bagus dan kemudahan dalam berbelanja di situ.

    ReplyDelete
  12. Oh, begitu maksud gaya hidup frugal? :) Iya lah kalau deket lokasinya, mendingan jalan kaki atau naik motor daripada pakai mobil. Nag untuk meraih kebebasan finansial ini memang ga mudah ya, butuh niat dan konsistensi. By the way, buat kebutuhan kita sekaligus peluang usaha, kita bisa gunakan kitabeli nih, harga hemat sehingga bisa dijual kembali dan dapat untung lebih.

    ReplyDelete
  13. Aku baru tau ada e commerce Kita beli ini semoga kehadirannya bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sambil mendapat penghasilan yaa

    ReplyDelete
  14. Saya sepakat definisi kaya hari ini adalah merdeka finansial, bebas finansial, mampu membeli apapun tanpa memusingkan pendapatan. Bila perlu, tidak berutang. Hehehe.

    KitaBeli ini jadi andalannya Bandung nih ya ambu. Kalo di Surabaya kemarin saya sempat baca ada lagi e-commerce lokalnya. Bukan gak mungkin nanti KitaBeli berekspansi lebih luas lagi di luar Jabar ya.

    BTW< di foto terakhir saya nebak-nebak nih, ada ambu gak di sana?

    ReplyDelete
  15. Hahahaha.... menunda kenangan banget ya kak. Wajar sih. Harta udah melimpah. Tinggal nikmati hidup.

    And thanks for nice article. Baru tahu kalau gaya hidup orang kaya yang katanya "pelit" itu ternyata namanya frugal hehe

    ReplyDelete
  16. Belum lama saya ngobrol tentang gaya hidup frugal ini dengan teman-teman seangkatan/seusia. Dimana sebagian besar dari kami memiliki anak-anak yang memasuki dunia kerja dan harus sudah bisa mandiri secara finansial. Diskusi ternyata menarik sekali, karena nyatanya generasi sekarang banyak dipengaruhi oleh lifestyle yang menuntut mereka lebh boros karena kebutuhan sosialisasi.

    Sampai ada pepatah yang mengatakan "Work Hard Play Hard". Berangkat dari sini obrolan jadi semakin seru. Kalau dibuatkan makalah mungkin bisa jadi 3 Bab sendiri hahahaha.

    BTW, ntar mau ngintip aplikasi KitaBeli nya ah. Anak saya yang bungsu lagi semangat nih pengen bikin usaha sendiri kecil-kecilan. Biar banyak uang jajannya katanya hahahaha

    ReplyDelete
  17. Sya terus terang baru tahu istilah gaya hidup frylugal ini Ambu. Memang jika ada barang murah utk apa harus beli yg mahal jika fungsinya sama. Tapi teman sya yg gengsinya tinggi kadang ga mau beli barang murah. Sya sih cuek aja

    ReplyDelete
  18. Jaman sekarang ya. Kalau kita bisa mencari peluang maka mendapatkan cuan terasa lebih mudah. Contohnya saja, hanya menjadi mitra KitaBeli saja kita bisa mendapatkan penghasilan. Keren sih ini.

    ReplyDelete
  19. Bebas finansial memang impian, bisa kok dicapai ya, karena banyak jalannya, yang penting tekad kuat dan tekun menerapkannya

    ReplyDelete
  20. Wah, jadi tau tentang istilah gaya hidup frugal. Setuju banget, naik alat transportasi umum jelas lebih hemat. Lalu, kalau jalan kaki jadi lebih sehat. Terkadang aneh melihat orang yang bepergian jarak dekat harus pakai alat transportasi padahal dengan berjalan kaki pun cepat sampainya. Lebih banyak bergerak lebih sehat dan hemat pula. Btw, berarti KitaBeli udah ada di Bandung ya, jadi kepo nih sama harga-harganya.

    ReplyDelete
  21. Wah.. Bisa dengan memanfaatkan Marketplace KitaBeli ini ya, mbak buat dapetin diskon belanjanya. Tapi kalau soal poin pertama.. Saya nyerah kalau harus tiap hari masak XD

    ReplyDelete
  22. Mau coba Juga deh.. di aplikasi KitaBeli merupakan platform yang memfasilitasi pembelian barang kebutuhan pokok jadi Lebih lengkap

    ReplyDelete
  23. Jadi makin mudah belanja sekarang ya Ambu. Btw ternyata KitaBeli ini udah hadir dibeberapa kota besar sebelum di Bandung ya. Moga next, Pekanbaru menyusul.

    ReplyDelete
  24. Meredeka finansial nih cita2 banyak orang ya ambu karena tanpa kerja keras kebutuhan terpenuhi katanya heheh mau juga lah saya seperti itu..

    ReplyDelete
  25. dari 4 gaya hidup frugal itu, cuma 1 yg blm, krn angkot gak lewat dpn rumah. jd tinggal tunggu kayanya aja ya, hehe

    ReplyDelete
  26. Aku pun sedang belajar berhemat, nabung biar bisa bebas finansial. Btw soal kendaraan umum, kalau di kota sendiri belum bisa ngelakuin karena bakal makan banyak waktu dan kurang efektif

    ReplyDelete
  27. Keren ya mbak, pandemi memang membuat kita harus membuka diri pada banyak peluang ya... Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  28. Bener banget ya Mba untuk dapat meraih kebebasan finansial bisa diupayakan sendiri, seperti masak sendiri, naik transportasi umum, belanja sesuai kebutuhan, dan menabung. Untuk masak sendiri dan menabung sudah saya usahain. Memang jadinya lebih hemat ya kalau masak sendiri. Seneng banget KitaBeli hadir di Bandung, moga makin banyak
    yang merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  29. Wah aplikasi baru. Cocok banget nich buat ibu2, dan kayaknya harus punya. Ngomong2 untuk wilayah Surabaya belum bisa ya?

    ReplyDelete
  30. Semoga makin banyak dan berkembang aplikasi seperti itu, supaya makin banyak lapangan kerja.

    ReplyDelete
  31. Wah, nambah ilmu baru nih, Gaya Hidup Frugal. Baru launching ya KitaBeli ini. Jadi pensaran deh kepengen nyoba beli. Siapa tahu lebih menarik daripada GrabMart yang selama ini jadi andalanku dalam belanja keperluan sehari-sehari secara online. Cus ke webnya ah. Semoga Soreang juga bisa nih. :D

    ReplyDelete
  32. Pengennya aplikasi kayak gini tersedia di Lamongan juga Ambu, sayangnya belum ada karena Lamongan emang kota kecil jadi belum menjangkau

    ReplyDelete
  33. Kitabeli sangat membantu perekonomian yang ingin menambah penghasilan. Memang zaman sekarang, semua orang bisa berdagang asalkan tahu tempat untuk kulakan dengan harga terbaik.

    ReplyDelete
  34. Saya baru tahu istilah gaya hidup frugal ini, ternyata apa yang saya lakukan selama ini sudah termasuk gaya hidup frugal. Tapi ya belum semuanya sih, masih bertahap. Pengin banget bisa hidup bebas finansial, tak ada yg tak mungkin jika kita mau berusaha dan Allah meridhoinya, aamiin.

    ReplyDelete
  35. Menarik banget penawarannya ya mbak.
    Belanja dengan harga spesial adalah kepuasaan yang HQQ... haha

    Apalagi bisa dijadikan bisnis. Beuh, mantab lah

    ReplyDelete