Garang Asem dan Manisan Belimbing Wuluh yang Top Markotop, Yuk Bikin …

   
manisan belimbing wuluh


Garang Asem dan Manisan Belimbing Wuluh yang Top Markotop, Yuk Bikin …


Juri Master Chef Indonesia (MCI) session 8 menggelengkan kepala. 

Di meja tersaji garang asem ayam yang jadi biang kerok. Seorang peserta MCI session 8 berkreasi, membuat garang asem dengan hanya menggunakan tomat hijau, bukan belimbing wuluh. Atau malah harusnya 2 macam, belimbing wuluh dan tomat hijau agar rasa garang asem lebih nendang.  

(Akhir kisah si peserta MCI bisa dilihat di tayangan episode 1 ya. Gak bakalan nyesel lihatnya, pesertanya oke oke 😀😀)

Rasa asam tomat hijau kalah kuat dengan belimbing wuluh. Saking kuatnya, telapak tangan saya pernah kesakitan dan mengerut, sewaktu mengolah 1 kilogram belimbing wuluh. 

Satu kilogram belimbing wuluh? Banyak banget? Untuk apa?

Baca juga:

Cincau Hijau, Andai Bandung Oppa Tahu

Langsing dan Sehat dengan Sayur Asem Kacang Merah

Daftar Isi

  • Belimbing Wuluh, si Raja Masam
  • Keajaiban Cantik Bersama Belimbing Wuluh
  • Resep Garang Asem ayam
  • Resep Manisan Belimbing Wuluh

Berawal dari pohon belimbing di rumah tetangga yang berbuah lebat, saya pun mencari-cari resep untuk mengolahnya.

Sebentar, di rumah tetangga? Kok?

Hihihi iya, tetangga di depan rumah punya pohon belimbing wuluh yang rajin berbunga dan berbuah. Nggak mengenal musim. Begitu terkena sinar matahari maka muncullah pucuk bunga belimbing wuluh yang berwarna merah. Tumbuh di sepanjang batang pohon, hanya berjarak 20 cm dari tanah hingga ketinggian 3 meter.

Begitu banyaknya buah belimbing wuluh, seolah melambai-lambai minta dipetik. Ditambah pemilik rumah yang sudah sepuh nggak pernah ada di rumah, dia lebih sering beristirahat di rumah anaknya. Maka tetangga kiri kanan dengan leluasa membuka pintu gerbangnya yang nggak pernah dikunci, mengucap kata “punten” dan memanen sesuka hati, sebanyak mungkin. 

Sayang disayang, rasa belimbing wuluh rasanya masam bukan main. Jika tidak, pastilah dengan senang hati banyak yang memanen. Nggak seperti sekarang, sebagian besar belimbing wuluh dibiarkan berjatuhan.

  

kecantikan


Keajaiban Cantik Bersama Belimbing Wuluh

Hasil googling bilang bahwa belimbing wuluh atau belimbing sayur punya banyak manfaat untuk kecantikan. Wow gak nyangka. Berkhasiat untuk kesehatan sih udah pasti ya? Banyak banget flora Indonesia yang merupakan herba. Apalagi belimbing wuluh sarat nutrisi seperti vitamin A, C, B1, dan mineral. Nah, dikutip dari Fimela.com dan Glitzmedia.co, kandungan  flavonoid, sulfur, kalium sitrat, dan glukosa berguna untuk:

Mengatasi Jerawat

Mengandung anti bakteri, masker belimbing wuluh dapat mencegah munculnya jerawat, mengatasi jerawat, karena berfungsi membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit penyebab jerawat. Vitamin C yang dikandung belimbing wuluh dapat menyamarkan noda bekas jerawat.

Mengatasi Tanda Penuaan

Belimbing wuluh mampu mengurangi kerut merut pada wajah berkat kandungan mineral dan vitamin-nya. Sedangkan vitamin C dan A bermanfaat sebagai antioksidan yang bekerja mengatasi radikal bebas. Kulit wajah akan lebih kencang setelah menggunakan masker belimbing wuluh.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker belimbing wuluh berfungsi mengangkat sel kulit mati, mengeksfoliasi kulit wajah dan membuatnya segar serta cerah. Kandungan vitamin C belimbing wuluh menutrisi kulit dari dalam agar kulit menjadi halus dan terhindar dari kulit kusam

Mengatasi Komedo

Blackhead membuat wajah kurang oke? Masker belimbing wuluh sanggup mengatasi. Caranya dengan mengoleskan masker belimbing wuluh, diamkan hingga beberapa waktu sebelum membilasnya. Kandungan asam belimbing wuluh yang tinggi akan mengatasi komedo yang membandel dan mengembalikan tekstur wajah menjadi halus kembali.

Cara Membuat & Memakai Masker Belimbing Wuluh

  1. Siapkan 10 buah belimbing wuluh dan air hangat  secukupnya.
  2. Belimbing wuluh dicuci hingga bersih, kemudian lumatkan. Air hangat berfungsi mengencerkan masker jika terlalu kental.
  3. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah.
  4. Oleskan masker belimbing wuluh merata pada wajah.
  5. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian gosok perlahan agar sel-sel kulit mati terangkat dan wajah menjadi cerah kembali.

   
belimbing wuluh


Garang Asem Ayam (Resep Endang Just Try and Taste)

Sebelum YouTube bisa diakses dengan kuota murah meriah, saya biasa mantengin beberapa blog untuk mencari resep. Dan Just Try and Taste menjadi salah satu blog favorit karena lengkap banget. Foto-foto meracik bumbu, menyiapkan bahan hingga masakan siap santap, diunggah Mbak Endang Indriani, sang pemilik blog.   

Angkat jempol deh, mengingat mbak Endang berkarir sebagai pekerja kantoran yang hanya punya waktu Sabtu Minggu untuk mengeksekusi resep, mengabadikan, mensortir, menulis di blog dan mengunggah hasil foto. Mbak Endang juga rajin membalas pertanyaan di blognya, satu persatu! 

Wuih keren, nggak heran pengunjung blog-nya mencapai 106,175,508!
Banyak banget ya? Proses emang nggak pernah mengkhianati hasil. 

Oke, langsung aja ke resep Mbak Endang yang saya modifikasi sedikit. Salah satunya tomat hijau yang saya hilangkan, sebab gak punya. Saya tambahkan daun kemangi yang kebetulan dibawa tukang sayur.

belimbing wuluh


Garang Asem Ayam a la Kudus (Resep Endang Just Try and Taste)

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam, potong kecil-kecil kurang lebih 15 bagian
  • 90 ml santan kental instan
  • daun pisang untuk membungkus
  • tusuk gigi/lidi untuk menyemat
  • 1 liter air

Bumbu-bumbu A (iris tipis)

  • 10 buah cabai gendot
  • 10 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih (keprak dulu)
  • 3 batang serai (bagian putihnya saja)
  • 10 cm lengkuas muda
  • 2 ruas jari jahe

Bumbu-bumbu (B)

  • 30 buah cabai rawit hijau, biarkan utuh
  • 10 lembar daun salam, sobek kasar
  • 10 lembar daun jeruk purut, sobek kasar
  •  20 buah belimbing sayur, potong setebal 1/2 cm
  • 3 buah tomat merah, iris tipis
  • 1 ½  sendok makan gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Blansir/rebus ayam yang sudah dicuci bersih, buang airnya, sisihkan.
  2. Lap daun pisang dan layukan di atas kompor untuk memudahkan saat membungkus ayam.
  3. Tumis bumbu B dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan ayam, kecilkan api, aduk ayam dengan bumbu hingga berubah warna. Masukkan air dan santan secara bertahap. Terakhir masukkan garam dan gula. Koreksi rasa. Masak hingga ayam empuk.
  4. Siapkan daun pisang. Buat 2-3 lapisan atau bisa diselipkan plastik tahan panas. Bentuk pincuk, tata daun salam dan daun jeruk di bawahnya, disusul potongan belimbing sayur dan tomat, terakhir tata ayam dan kuah garang asem. Bentuk tum, sematkan lidi/tusuk gigi.
  5. Kukus garang asem selama kurang lebih 20 menit.
  6. Garang asem ayam siap disantap.

       
belimbing wuluh


Manisan Belimbing Wuluh (Resep Endang Just Try and Taste)

Masih menggunakan resep Mbak Endang. Saya suka karena manisan ini mirip manisan Cianjur yang berair, bukan manisan kering. Sehingga saya bisa menyajikan dengan manisan kolang kaling, sup buah atau sekadar nata de coco. 

Rasa asamnya kuat banget, jadi harus ditambah air matang sebelum disajikan. Jadi saya selalu menggunakan sarung tangan plastik sewaktu menyuci dan memotong-motong belimbing wuluh. 

Selain itu, saya nggak menggunakan buah kiamboy seperti yang diresepkan Mbak Endang sebab nggak tau harus dibeli di mana tuh kiamboy, manisan buah kering dari buah plum yang memiliki campuran rasa manis, asem dan asin.

Manisan Belimbing Wuluh (Resep Endang Just Try and Taste)

Bahan-bahan:

  • 1 kg buah belimbing wuluh
  • 2 sendok makan garam
  • 400 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Cuci bersih belimbing wuluh, buang bagian pangkal, belah menjadi 4 bagian. Buang bagian tengah yang keras atau berbiji kehitaman.
  2. Siapkan mangkuk plastik besar untuk mengolah manisan belimbing wuluh. Jangan menggunakan panci alumunium sebab  cairan buah yang asam dapat membuat panci berlubang. Campur irisan belimbing wuluh dengan garam, campur rata. Diamkan selama 2 jam atau lebih.
  3. Cuci bersih belimbing wuluh beberapa kali untuk membuang garamnya. Gunakan air matang untuk bilasan air terakhir. Tiriskan dan tuangkan kembali belimbing ke mangkuk.
  4. Campur irisan belimbing wuluh yang telah tiris dengan 400 gram gula pasir. Aduk rata. Masukkan ke lemari es. Diamkan kurang lebih 4 jam sebelum disantap. Manisan beelimbing wuluh akan mengeluarkan cairan yang asam rasanya. Untuk menyantapnya, tambahkan air/air es dan es batu sesuai selera.

Gimana?

Siap mengeksekusi? Kedua resep udah sering saya buat dan hasilnya top markotop.

Baca juga:

Es Mentimun Serut, Pelepas Dahaga di Musim Kemarau 

Bala Bala Mentimun, Why Not?





31 comments

  1. Masyaallah macam-macam sekali manfaat dari belimbing uwuh, ya Mbak. Tidak hanya untuk masakan, tetapi bisa untuk kecantjkan jg. Dl aku catring sering banget menunya si garang asam ini. Karrna pertama kali coba kali, ya. Jadi buatku rasanya berbeda dari masakan-masakan yang aku makan. Tapi, lama-lama karena terbiasa, sekali dha kali coba, rasanya endol marendol, Mbak. Kamu hebat banget bisa bikin begituan, aku mending langsung makannya saja Ambu. Heheheheheheh

    ReplyDelete
  2. Masya Allah Aambuuu...itu garang asem kok meggodaaa segerr blimbung wuluhnya cessssss ahahaaha....aku oengen masak ini jadinya...cuma aku gak jado ngebungkusnya sih....baru tau juga ternyata blimbing wuluh bsa buat manisan yaaa...rasanya dminana asem pasti ya ambu?

    ReplyDelete
  3. nggak kepikiran buat jadiin blimbing wuluh sebagai dasar maskeran
    kalau pas dibuat campuran botok atau garang asem kayak gini seger bangett, astagahhh enak

    ReplyDelete
  4. Saya nonton pas episode si ibu yang masak garang asem kesukaan anaknya, nggak pakai belimbing wuluh tapi tomat hijau.

    Di kantor saya juga ada tanaman belimbing wuluh, kalau pas berbuah lebat banget, nutupi batangnya. Saya suka makan langsung belimbing wuluh yang masih kecil, nggak terlalu asem. Kalau udah besar nggak berani.

    Boleh juga nih resep manisan belimbing wuluhnya di eksekusi

    ReplyDelete
  5. Langsung simpan ini tulisannya, hehehe. Nanti mau nyari akhirnya belimbing dulunya buat maskeran. Baru tahu saya bisa buat masker dan banyak manfaatnya. Saya makan belimbing wuluh ini buat rujak sama lutis saja biasanya.

    ReplyDelete
  6. enak nih manisan belimbing wuluh, asem manis kecut gitu. ngebayanginnya jadi laperr.. jadi kepengen

    ReplyDelete
  7. Ini asli dua2nya seger banget. Aku simpan dulu resepnya, ya. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  8. Kalau bicara soal belimbing wuluh itu sering jadi mainan aku sewaktu kecil, rasanya asem banget agak sepat malah.
    Tapi las menginjak usia dewasa semakin tau klo itu sering diolah jadi pelengkap masakan
    Ternyata garam asam utk menciptakan rasa yg khas juga dari belimbing wuluh

    ReplyDelete
  9. Di tempat sy sini juga masih bnyk nih belimbing wuluh yg rasanya asem babget. bisa dibikin manisan dan kandungan gizi pasti oke. sepengetahuanku nih kak. dibikin manisan bareng nangka juga oke tuh kak belimbing wuluh itu, rasanya makin jossss !

    ReplyDelete
  10. Belimbing wuluh di tempatku sulit dicari, biasanya aku bikin ikan mas bumbu kuning pake belimbing wuluh, enak seger, asyik juga nih ada resep garam asam mau coba ah ...

    ReplyDelete
  11. Garang asamnya bisa dicoba kah ambu? Jadi terngiang masakan dan rasanya disandingkan belimbing wuluh menjadi sajian pelengkap.

    ReplyDelete
  12. Di rumah daku ada pohon belimbing wuluh, jadi idola sama tetangga hihi. Karena manfaatnya dan bisa menambah cita rasa pada masakan memang wajar sih disukai banyak orang

    ReplyDelete
  13. Wiiiiiih... Si kecil luar biasa ya kak. Banyak banget manfaatnya. Ku kira cuma bisa dibikin sayiran, eh bisa untuk komedo dan anti aging juga. Beh,.mantap

    ReplyDelete
  14. Uuu, belimbing wuluh~ Di rumah saya juga ada mba pohonnya, suka diminta sodara dan dimakan gitu aja. Duh, ngebayanginnya aja bikin berliur, hihihi....

    Makasih resepnya mba, oke nih untuk yang manisan belimbing wuluh...

    ReplyDelete
  15. Aku tuh doyan banget sama Garang Asem Mbak Maria. Termasuk beberapa masakan khas Palembang, seperti Pindang, yang juga pakai belimbing wuluh. BTW saya baru tahu nih ternyata belimbing wuluh itu ada efeknya juga buat kecantikan. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  16. hmm aku langsung kemecer begitu baca belimbing wuluh . Emang masakan yang menggunakan belimbing wuluh itu belum bisa digantikan sama yang lain ya, rasanya bakalan beda. Ada yang kurang... Akupun pakai belimbing wuluh kalau masak asem asem ikan...

    ReplyDelete
  17. Mbak baru tahu belimbing wuluh punya banyak manfaat di depan rumah buanyak banget mbak setiap saat nih berbunga Dan berbuah hehehe... Jadi pengen bikin garang asemnya nih

    ReplyDelete
  18. Ibuku jarang pernah bikin sih, soalnya kudu dibungkus daun pisang, haha
    tapi kayaknya ibu pernah bikin garang asem deh, tapi yang kuah-kuah ada blimbingnya itu bukan sih?

    ReplyDelete
  19. Nyam..nyam... auto kemeccer nih lihat belimbing wuluh..pas banget sekarang lagi musim berbuah kayaknya ya.. Jadi pengen cobain manisan belimbing wuluh nih...

    ReplyDelete
  20. Mantap nih, manisan blimbing wuluh Saya pernah berencana bikin karena buah belimbing wuluh milik tetangga berbuah sangat sangat lebat. Trus lupa dan somehow setahun ini buahnya sedikit terus.

    ReplyDelete
  21. Baru sekali cobain garang asem, enak juga ternyata heheh. Kalau manisan belimbing wuluh belum pernah coba.

    ReplyDelete
  22. Aku lihat belimbing wuluhnya mulutku langsung memproduksi air liur mba hehehe tapi kalau disandingkan dengan garang asem kok kayaknya bisalah ya...malah keliatan enak juga

    ReplyDelete
  23. Pasti seger banget rasa garang asemnya ya ambu. Emang paling cocok garang asem tuh pake belimbing wuluh. Kalau pake tomat dan lainnya rasanya jadi rada aneh.

    ReplyDelete
  24. Garang asem, resep tradisional mulai populer di kota saya ketika banyak ulasan kuliner di Televisi. Tapi untuk mencari rasa yg original saat ini susah.

    ReplyDelete
  25. Aku biasanya pakai blimbing wuluh buat pindang. Mungkin manisannya bisa dicoba. Di rumah ada pohonnya. Bisa langsung eksekusi. Bayangin asemnya kaya gimana

    ReplyDelete
  26. Auto pengen coba bikin manisan belimbing wuluhnya aq ambu, soalnya pohon belimbing wuluh punya tetangga juga sedang berbuah lebat2nya sayang kalo gak dimanfaatkan

    ReplyDelete
  27. Garang asem ini makanan khas Solo bukan, Ambu?
    Aku jadi inget pas safar pesan garang asem, mashaAllah~
    Senikmat itu makan makanan yang menggunakan belimbing wuluh. Asemnya pas.

    ReplyDelete
  28. aku kurang bisa masak, jadi ambil resep yg maskernya aja. pas tetangga sebelah juga punya pohon belimbing wuluh yg buahnya melimpah. kudu dipraktikkin nih, hidung kadang gatelnya gak ketulungan gara2 komedo. thanks a lot!

    ReplyDelete
  29. Saya sangat suka Garang Asem. Sebabnya? Karena ada si Belimbing Wuluh. Di dekat Kartasura, ada yang sudah legend. Memang oke banget tastenya. Boleh deh dicoba..

    ReplyDelete
  30. Ini sama persiss sama resep ibukku mbaa. MasyaAllah. Beliau gantiin asem pakai blimbing wuluh karena ada pohonnya di deket rumah heheh. Segerr sih jadinya. Pernah jg dibikin sinom. Hehehe

    ReplyDelete
  31. Ya ampun mbak, auto ngeces saya hahahhaa... Garang Asem nih kesukaan saya banget. Belimbing wuluh biasanya saya makan begitu saja dengan cocolan garam. Duh, auto pingin. Hahaha

    ReplyDelete