Langsing dan Sehat Dengan Sayur Asem Kacang Merah


Ih, apa hubungannya langsing dengan sayur asem kacang merah?
Banyak!
Ternyata banyak, teman-teman ...
Gini ceritanya. Sejak remaja, badan saya tuh gampang banget melar. Saking mudahnya menggendut, ketempelan nasi aja rasanya udah bikin timbangan bertambah sekian gram.

Hihihi ....lebay!!
Atuda gimana ngga lebay jika makin tua makin sulit menjaga tubuh ramping. Konon penyebabnya metabolisme yang berubah. Kerja metabolisme semakin selow. Sehingga puasa di bulan Ramadan ngga akan ngaruh sedikitpun. Bahkan mungkin bertambah gemuk.

Beruntung, saya bukan orang yang mudah menyerah. Setelah jatuh bangun diet dengan segala cara dan metode, akhirnya saya putuskan yang paling pas cuma “diet kenyang cara Hughes”. Karena diet ini alami banget. Nggak harus nimbang-nimbang dan pantang-pantang makanan yang bikin stress dan akhirnya malah makan lebih banyak.
Ups sorry, ada pantangan sih. Pantangannya makanan pabrikan. Pelaku diet kenyang ala Hughes hanya boleh mengonsumsi raw food. Ngga boleh junk food, makanan instan, terlebih makanan kalengan.

Kenapa?
Hehehe ...  nanti saya bikin tulisan tersendiri ya. Ntar kepanjangan jika semua dibahas disini. Yang kita bahas sekarang adalah kacang-kacangan yang dianjurkan Hughes dalam banyak ulasannya. Karena mengonsumsi kacang-kacangan bikin perut kenyang, sekaligus menjaga agar tubuh tidak obesitas.

Salah satu kacang-kacangan yang sudah saya tulis manfaatnya bisa dibaca di:

Red beans atau kacang merah, merupakan alternatif lain yang kaya gizi, banyak manfaat juga mengenyangkan perut. Sehingga terhindar dari godaan makanan miskin gizi yang bikin badan gemuk.

Caranya, nah ini dia, saya ngga bisa makan kacang-kacangan tanpa bumbu. Jadi kacang merah saya buat sayur asem khas Sunda yang raos pisan. Adanya bumbu asam jawa/ tamarind yang berkhasiat memperlancar metabolisme tubuh,  membuat sayur asem kacang merah menjadi double manfaat.
Khasiat buah asam jawa bagi kesehatan selengkapnya adalah:

It’s good for digestion
Ada 2 manfaat asam jawa bagi sistem  pencernaan. Yaitu (1) sebagai pencahar yang baik, yang berarti  merangsang gerakan usus dan ekskresi. Usai minum kunyit asem, perut saya langsung mules. Rupanya asam jawa sedang bekerja sesuai kompetensinya.
Yang kedua adalah serat makanan tinggi yang dikandung asam jawa. Membantu meningkatkan feses, membuatnya lebih mudah untuk bergerak. Sehingga sistem pencernaan tetap bersih.  Pencernaan yang sehat dan BAB teratur membuat  organ-organ pencernaan, khususnya empedu tidak bekerja berat  untuk memecah makanan. Lapisan perutpun terlindungi.

It is great for diabetics
Ketika dicerna, karbohidrat  berubah menjadi gula atau lemak. Asam membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Diabetes pun  terkendali.

Membantu penurunan berat badan
Asam jawa merupakan pengobatan alami terbaik dan kerap dipromosikan sebagai penurun berat badan alami.  Asam Jawa kaya akan asam hidroksisitrat (HCA), yang diketahui menghambat enzim dalam tubuh yang menyimpan semua lemak.  Juga membantu  menekan nafsu makan karena meningkatnya jumlah serotonin.

It’s good for your heart

Serat makanan yang terdapat dalam asam dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Sehingga membantu membuang semua kolesterol LDL berlebih di pembuluh darah dan arteri Anda. Serta mencegah jantung bekerja  terlalu banyak bekerja. Selain itu, asam mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Mengonsumsi asam jawa secara teratur mambantu terhindar dari penyakit jantung.

It boosts immunity
Asam Jawa mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi  yang dikenal sebagai antioksidan. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dalam sistem tubuh. Membuat  sistem kekebalan tubuh  bebas dari gempuran infeksi dan penyakit lain karena meningkatnya  kekebalan  secara keseluruhan. Radikal bebas juga kerap menyebabkan jenis kanker tertentu. Mengonsumsi asam jawa membuat tubuh terhindar dari kanker.

It’s good for circulation
Asam Jawa sangat baik dalam merangsang sirkulasi darah. Kaya akan zat besi, mereka yang mengonsusmi asam jawa secara teratur akan  cukup sel darah merah dalam tubuh yang membantu semua organ dan otot  berfungsi dengan baik. Memiliki cukup zat besi dalam sistem tubuh juga membantu melawan anemia dan semua gejala yang menyertainya seperti sakit kepala, kelemahan, kelelahan, gangguan kognitif, dan masalah perut.

Membantu  fungsi saraf
Asam jawa sangat kaya akan vitamin B kompleks dan mengandung banyak thiamine. Tiamin adalah nutrisi penting bagi tubuh yang membantu merangsang fungsi saraf dan juga dapat meningkatkan perkembangan otot. Sehingga frekuensi  aktivitas tubuh bertambah, memiliki refleks yang kuat, dan memiliki cukup energi untuk waktu yang lama.

Bersifat anti-inflamasi
Jika digunakan dalam bentuk minyak esensial, asam jawa dapat membantu mengurangi rasa sakit pada persendian, nyeri radang sendi, asam urat, bahkan ngilu akibat rematik.
Juga membantu mengurangi iritasi pada mata,  infeksi mata seperti konjungtivitis atau mata merah muda. Karena sifat anti-inflamasinya, asam jawa sering dimasukkan dalam banyak pengobatan herbal untuk peradangan.

Membantu melawan infeksi
Asam Jawa memiliki sifat antimikroba yang  dapat membantu melindungi dari infeksi mikroba dan jamur.  Memiliki sifat antiseptik dan karenanya dapat mengurangi jumlah parasit dalam tubuh Anda. Selain itu, asam juga merupakan obat yang baik untuk cacingan, terutama pada anak kecil.
(sumber: lybrate.com)

Sedangkan manfaat kacang merah sebagai berikut:

Mencegah kanker
Kacang merah sarat dengan mangan yang bertindak sebagai antioksidan. Menyebabkan berkurangnya radikal bebas  di mitokondria akibat  pertahanan antioksidan. Kacang juga mengandung vitamin K  yang sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif. Kanker usus besar dapat dicegah dengan mengonsumsi kacang merah  secara teratur.

Meningkatkan kontrol gula darah
Kadar gula darah yang tinggi  dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti serangan jantung dapat meningkat. Dengan mengonsumsi kacang merah, kadar  gula darah dapat dipertahankan karena indeks glikemiknya rendah dan dapat menurunkan risiko penderita diabetes.

Menurunkan  berat badan
Kacang diketahui kaya akan protein, karbohidrat kompleks dan serat yang  membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes dan mereka yang  resisten terhadap insulin, disarankan untuk mengkonsumsi kacang merah. Karena kacang-kacangan menstabilkan kadar gula darah. Penyimpanan lemak dalam tubuh terkontrol,  dan berat badan yang sehat dapat  dipertahankan

Anti penuaan
Kacang merah tidak hanya kaya akan protein dan karbohidrat, tetapi juga kaya akan antioksidan. Mengonsumsi kacang merah akan membantu sel terhindar dari kerusakan memiliki umur panjang sehingga kacang merah kerap disebut memiliki sifat anti penuaan..

Menyembuhkan Jerawat
Merupakan sumber seng yang baik, mengonsumsi  kacang merah secara teratur akan membantu menjaga kulit yang sehat. Peningkatan aktivitas kelenjar sebaceous yang bertanggung jawab memproduksi keringat penyebab jerawat  dapat dinormalkan dengan seng, yang hadir dalam kacang-kacangan.
Asam folat yang ada dalam kacang merah juga bermanfaat membantu pembentukan sel-sel kulit secara teratur. Sel-sel kulit baru yang dihasilkan sangat berguna untuk mengurangi jerawat dan membersihkan pori-pori pada kulit. Semangkuk penuh kacang merah yang dikonsumsi setiap hari juga sangat berguna bagi kesehatan mata karena merupakan sumber seng yang baik.

Menurunkan Tekanan Darah
Tingkat kolesterol darah dalam tubuh dapat diturunkan dengan mudah dengan asupan serat makanan secara teratur dalam makanan. Kandungan serat dalam  kacang merah  dengan asam empedu dalam usus sangat bermanfaat untuk sintesis kolesterol. Sehingga, mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Membantu mencegah Osteoporosis
Sistem kekebalan tubuh dapat dipertahankan dengan asupan kacang merah secara teratur. Karena tidak hanya kaya akan serat larut, kacang merah juga merupakan protein tanpa lemak, kalium, seng dan magnesium. Tekanan darah seseorang dapat dipertahankan, juga membantu mencegah osteoporosis.

Kulit sehat
Metabolisme asam amino, asam lemak, sintesis neurotransmitter, glukoneogenesis, sintesis histamin, sintesis hemoglobin  dipertahankan oleh kacang merah. Dengan demikian konsumsi kacang merah sangat bermanfaat dalam menjaga kulit sehat dan bercahaya. Nutrisi lengkap dapat diperoleh dengan asupan teratur kacang  merah yang sarat dengan serat dan protein.

Meningkatkan Daya Memori
Kaya akan sumber Vitamin B1, kacang merah membantu sintesis asetilkolin, serta  memastikan fungsi otak bekerja dengan tepat. Juga berperan penting dalam fungsi intelektual yang sehat,  berguna dalam meningkatkan daya memori serta tingkat konsentrasi. Penyakit Demensia dan Alzheimer juga berkurang dengan memasukkan kacang merah ke dalam makanan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kacang merah kaya akan zat besi, mangan, magnesium, vitamin, protein dan kandungan serat. Kehadiran mangan dalam kacang merah bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh dan menjamin kebutuhan  nutrisi dalam tubuh serta menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh.

Healthy Option for Diabetic patients
Indeks glikemik dalam kacang merah sangat rendah karena kadar gula darah dalam tubuh seimbang. Risiko terkena diabetes berkurang dengan mengonsumsi kacang merah secara teratur.

Baik untuk Asma
Magnesium yang terkandung dalam kacang merah memiliki efek bronkodilator dan memastikan jalan udara masuk dan keluar paru-paru lancar. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan asma.
(sumber: lybrate.com)

Ternyata banyak banget manfaat mengonsumsi sayur asem kacang merah ya? Jadi ngga usah ragu ketika ke pasar dan melihat kacang merah. Cuzz aja beli. Di supermarketpun ada ya? Bisa juga menggunakan kacang merah kering. Rendam semalam sebelum dimasak.

Sedangkan resep sayur asem kacang merah andalan saya sebagai berikut:

Resep Sayur Asam Kacang Merah
Bahan:
250 gram kacang merah, rebus hingga empuk, tiriskan
5 siung bawang merah, iris-iris tipis
3 siung bawang putih, geprek, cincang halus
2 buah tomat sayur, potong kasar
5 buah cabai rawit merah, iris menyerong (boleh diskip)
5 buah cabai merah, buang bijinya, iris menyerong
2 sendok makan air asam jawa
1 sendok teh garam
gula merah secukupnya
laja/laos dan 3 lembar daun salam
10 batang daun bawang, rajang potongan medium
Cara membuat:
1.        Tumis irisan bawang merah dan bawang putih dengan 1 sendok makan minyak goreng hingga harum dan berwarna kekuningan. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, tumis sebentar hingga layu. Sisihkan.
2.       Masak 1 liter air dalam panci. Jika sudah mendidih masukkan kacang merah rebus, tumisan bawang dan cabai, bumbu-bumbu (garam, gula), tomat dan rempah-rempah (laja, daun salam).
3.       Jika sayur asam sudah mendidih, masukkan rajangan daun bawang. Cicipi. Koreksi rasa.

Saya biasa berbuka  dan sahur dengan mengonsumsi sayur asem kacang merah tanpa nasi. Sangat mengenyangkan kok. Soal merasa belum makan jika belum makan nasi kan hanya sugesti. Diet kenyang ala Hughes mengenyahkan sugesti tersebut. Dan percayalah kamu nggak akan lemas tak berdaya hanya gara-gara nggak makan nasi. Sumber karbohidrat nggak hanya nasi dan telah terpenuhi ketika menyantap makanan lain, pisang misalnya.

Comments

Dyah said…
Kesimpulannya, sayur asem baik banget untuk kesehatan ya. Untung saya juga penggemar sayur asem.