Strangers Again, Tragedi Pengacara Perceraian yang Bercerai

   
maria-g-soemitro

Strangers Again, Tragedi Pengacara Perceraian yang Bercerai

Apa yang terpenting dari suatu pernikahan? Menurut saya sih kesepakatan! Sepakat dalam banyak hal, seperti perlu/tidaknya perjanjian pra nikah, memberi uang/tidak pada orangtua, punya anak/tidak serta sepakat kelak jumlah anak yang dimiliki.

Contohnya seorang teman membuat kesepakatan dengan suaminya. Dengan alasan penghasilan sang teman jauh lebih besar dan mobilitasnya sangat tinggi, keduanya sepakat hanya istri yang bekerja sementara suami mengurus rumah tangga, anak dan mengantar jemput sang istri.

Mereka rukun lho. Mereka saling berbagi waktu memberikan materi pada anak yang ikut home schooling, dan mendampingi anak yang sekolah di institusi formal.

Kasus berbeda terjadi pada tetangga saya. Baru 3 tahun menikah, sang istri pulang ke rumah dengan membawa anak yang masih berusia 1 tahun, dan dalam keadaan mengandung! Sang istri menuntut cerai dengan alasan suaminya diam-diam memberi uang pada keluarganya! Lah?

Sayangnya kita sering enggan membuat kesepakatan dalam pernikahan ya? Lebih sering terbawa perasaan bahwa semua akan baik-baik saja. Bahwa akan ada perubahan setelah dilakukan komunikasi.

Nah sampai di sini, komunikasi menjadi tools atas terjadinya kesepakatan ya? Apakah keluarga akan berlayar di samudera yang tidak selalu tenang, terkadang berombak tinggi dan memporak-poranda apa pun yang dilalui? Atau malah membatalkan keberangkatan?

Renungan tentang pernikahan ini saya temukan setelah menonton drama Korea “Strangers Again” yang berkisah tentang pernikahan yang mengalami gejolak akibat gak ada kesepakatan di awal dan buruknya komunikasi.

Silakan berkomentar jika tidak setuju dengan opini saya ya? 😊😊

Baca juga

Red Ballon, Tergoda Selingkuh!

Divorce Attorney Shin, Tentang Pengacara Jomblo Khusus Perceraian

  

maria-g-soemitro.com

Kang So-Ra sebagai Oh Ha-Ra

Dewi Litigasi, demikian julukan Oh Ha-Ra yang popular sebagai pengacara perceraian sukses.

Sebagai anak tunggal, dia hanya tahu orangtuanya sangat ideal dan menyayanginya. Ayahnya seorang professor yang berhasil dalam karir dan disegani di kampusnya, sehingga selalu sibuk.

Beruntung, ibunya yang sederhana selalu ada untuk menyiapkan kebutuhan anak dan suami. Sang ibu tetap tersenyum walau suaminya kurang memperhatikannya, bahkan tak pernah hadir ketika istrinya ulang tahun dan membuat pesta kecil-kecilan.

Dunia Oh Ha-Ra runtuh setelah tahu ayahnya berselingkuh dan punya anak di luar nikah. Kehidupan pernikahannya pun di persimpangan jalan. Beruntung ibunya sangat bijak dan memberi wejangan:

Orangtua adalah orang-orang yang duduk di kursi penumpang

Kau adalah pengemudi hidupmu

Seberapa keras orangtua membantumu

Kau harus tetap memegang setir dan mendapatkan yang kau inginkan

Meraih tujuan dengan kekuatanmu

  

maria-g-soemitro.com

Jang Seung-Jo sebagai Gu Eun-Beom

Di mana ada darah, uang dan perselingkuhan

Di situlah tempat pengacara sejati

Demikian moto Gu Eun-Beom. Sebagai pengacara khusus perceraian, Gu Eun-Beom cukup sukses, dia cerdas mencari peluang yang menguntungkan clientnya.

Sayang kesuksesan tak berlaku dalam kehidupan pribadinya. Dia bercerai dari istrinya yang cantik, mantan kekasihnya di fakultas hukum, Oh Ha-Ra.

Gu Eun-Beom juga menyimpan luka masa lalu. Ibunya selalu menggunakan uang untuk menghukum. Ketika ibunya kurang berkenan dengan nilai matpel Gu Eun-Beom cilik, dia tega memotong uang makan atau uang transportasi.

Setelah dewasa dan Gu Eun-Beom menyatakan child free,  sang ibu mengiming-imingi property agar Gu Eun-Beom bersedia menjadi seorang ayah. Hal yang tentu saja membuat Gu Eun-Beom sangat marah.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Strangers Again

Setelah 10 tahun berpacaran, pernikahan Oh Ha-Ra dan Gu Eun-Beom harus diakhiri dengan perceraian. Penyebabnya? Gu Eun-Beom selingkuh! Akibatnya pria tersebut harus membayar tunjangan setiap bulan pada Oh Ha-Ra sebesar 3 juta won.

Besarnya tunjangan yang harus dibayar Gu Eun-Beom dan kegagalan membangun firma hukum sendiri, membuat Gu Eun-Beom menyetujui ajakan CEO Seo Han-Gil untuk bergabung dengan firma hukumnya.

Tidak mudah! Oh Ha-Ra juga bekerja di firma hukum tersebut. Dia tentu saja menolak kehadiran mantan suaminya. Baru luluh setelah Gu Eun-Beom membantunya memenangi perkara perceraian selebriti Han Do-Woon yang sangat rumit.

Bukan berarti masalah selesai. Gu Eun-Beom membawa masalah baru dengan menjodohkan Oh Ha-Ra dengan teman baiknya, Min Jae-Gyeom.

Pertimbangan Gu Eun-Beom, jika dia berhasil menjodohkan mantan istri sampai menikah lagi, maka dia akan terbebas dari keharusan membayar uang tunjangan. Isi perjanjian uang tunjangan memang seperti itu. Pembayaran tunjangan baru berakhir apabila Oh Ha-Ra meninggal atau menikah lagi.

Tentu saja Oh Ha-Ra sakit hati dengan kelakuan mantan suaminya. Namun dia berusaha berbesar hati membuka diri terhadap Min Jae-Gyeom, yang tidak keberatan dengan fakta bahwa Oh Ha-Ra mantan istri Gu Eun-Beom.

Ternyata gak sesederhana itu. Min Jae-Gyeom menduga Oh Ha-Ra masih mencintai Gu Eun-Beom.

Dugaan Min Jae-Gyeom gak salah. Jalinan kasih Oh Ha-Ra-Gu Eun-Beom sudah mengakar, sulit dihapus dalam waktu singkat. Terlebih ketika Oh Ha-Ra mengetahui perselingkuhan mantan suaminya hanya akal-akalan agar bisa bercerai.

Sia-sia usaha Oh Ha-Ra melupakan mantan suaminya. Bahkan pernah dalam keadaan mabuk Oh Ha-Ra puluhan kali menelepon Gu Eun-Beom. Tanpa satu kali pun lelaki itu mengangkatnya.

“Haruskah saya memotong tangan saya?” tanya Oh Ha-Ra setelah sadar dari mabuk, sambil memandang lengannya. Oh Ha-Ra kesal, karena tak mampu mengontrol tangannya.

Situasi bertambah rumit kala Oh Ha-Ra mengetahui ayahnya selingkuh dan punya anak diluar nikah. Sementara ibunya, seorang survivor kanker yang rapuh, mendapat serangan dari anak hasil perselingkuhan suaminya.

Meskipun kita hidup dengan membicarakan cinta

Tapi kita tak tahu cara meraihnya

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Strangers Again

Seekor ikan tak akan hidup lagi meski kau memberinya waktu

Ikan tetap akan membusuk dari waktu ke waktu

Sama-sama berkisah tentang pengacara perceraian, auto ngebandingin drama Cina “My Boss” dengan drama Korea “Strangers Again”.

Apa bedanya? Aktris dan aktor drama Cina “My Boss” lebih good looking. Mungkin karena usia Chen Xing Xu dan Zhang Ruo Nan lebih muda, keduanya berusia 27 tahun. Sementara aktris dan actor drama Korea “Strangers Again” lebih “senior”, Kang So-Ra (33 tahun) dan Jang Seung-Jo (42 tahun).

Dampaknya ke kualitas akting. Main lead (ML) dan female lead (FL) dalam drama Cina “My Boss”, berakting aman sebagai pangeran berkuda putih dan Cinderella. Tontonan yang benar-benar menghibur.

Sementara drama Korea “Strangers Again” menampilkan FL yang berkarakter kuat dan mendominasi. Suaminya (ML) yang terbiasa mengalah akhirnya angkat tangan dengan berpura-pura selingkuh agar FL marah dan mau menceraikan. Pilihan mahal yang harus dibayar dengan uang tunjangan berjumlah besar.

Tiap keputusan ada harganya

Jika harganya adalah penyesalan

Tak ada pilihan lain

Selain akting yang berbeda, ramuan kisah drama Cina “My Boss” terasa lebih soft. Baik ML maupun FL melontarkan aturan hukum (termasuk pasal dan ayatnya) secara lengkap dalam adegan menghafal, dan adegan bermain kuis.

Penonton drama Korea “Strangers Again” mendapat sajian kasus yang lebih komprehensif. Aturan hukum dicari celahnya untuk memenangkan kasus. serta aturan hukum terkait, seperti mengumbar kejelekan pasangan/mantan pasangan di media sosial. Untuk saya, tentu saja hal ini lebih menarik, walau hukum Korea Selatan pastinya beda dengan Indonesia.

Selain sukses meracik kasus dan aturan hukumnya, writernim Park Jin-Ree juga berhasil membangun fondasi tokoh utama, dengan berkisah tentang keluarga ML maupun keluarga FL. Jadi anggota keluarga gak ujuk-ujuk muncul untuk menciptakan konflik ML dan FL.

Namun apa pun, alasan saya menonton drama Korea “Strangers Again” karena dibintangi Kang So-Ra. Pasca menikah dan dikaruniai anak 2021 silam, perempuan cantik ini tetap keren. Tinggi langsing dengan pipi chubby yang menggemaskan.

Baca juga:

MyBoss, Kisah Cinta Advokat Perceraian yang Ganteng

Doctor Cha, Hancur karena Selingkuh

Bora! Deborah, Jangan Ragu Ucapkan Cinta!

Profile

Drama: Strangers Again (English title) / Can We Be Strangers (literal title)

Revised romanization: Namyi Dwel Su Yidseulgga

Hangul: 남이 될 수 있을까

Director: Kim Yang-Hee

Writer: Park Jin-Ree

Network: ENA, Genie TV

Episodes: 12

Release Date: January 18 - February 23, 2023

Runtime: Wed. & Thur. 21:00

Language: Korean

Country: South Korea


6 comments

  1. Wah mantap ya cepet banget pulih pasca lahiran, langsung kebut cari duit. Semangat untuk Kang So Ra🥰

    ReplyDelete
  2. Menarik nih ide ceritanya. Romance berbalut hukum, ya. Mana faktor hukumnya cukup kental lagi

    ReplyDelete
  3. pantesan agak laen dari tadi lihat fotonya Kang So-Ra, ternyata memang lebih berisi pipinya hehe.
    keknya bakalan banyak intrik nih kalau udah bahas terkait hukum apalagi pengacara, hemm

    ReplyDelete
  4. Suka banget pas Kang So-Ra dipasangin ama Akang Jang Seung-Jo.
    Karena keduanya in rl adalah sama-sama aktor yang uda menikah dengan pasangannya masing-masing yang non-celeb.
    Jadi sama-sama paham batasan ketika adegan tertentu plus juga mantap mendalami saat konflik rumah tangga terjadi.

    Sukaaa..
    Benci bencin jadi cinta kaaan.. hehehhe~

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu kalo di Korea ga bisa mangkir bayar tunjangan buat mantan istri. Padahal kalo di Indonesia mantan suami istri bisa ga saling kenal. Udah ga pengin ada urusan lagi. Brati drakornya menarik ya

    ReplyDelete
  6. Beberapa kali ini KDrama full tentang drama perceraian dan lika-liku rumah tangga, padahal baru aja namatin Perfect Revenge Married. Semoga semua rumah tangga kita selalu dilindungi dari itu semua.

    ReplyDelete