Red Ballon, Tergoda Selingkuh!

     
maria-g-soemitro.com

 Red Ballon (Drama Korea) Tergoda Selingkuh!

“Menikah itu ibadah seumur hidup, berbeda dengan ibadah lainnya seperti salat dan puasa,” kata Ustaz Aam Amirudin dalam salah satu tausiahnya. 

Gimana jika ada pasutri yang bercerai?

“Berarti pasutri tersebut tak lulus dalam menjalankan ibadahnya,” jawab Ustaz Aam Amirudin. Sayangnya saya mendengar tausiah ini di salah satu tayangan channel YouTube-nya, bukan saat pengajian Kajian Islam Intensif (KII), sehingga saya gak bisa bertanya tentang kasus KDRT. Apakah termasuk kategori gak lulus juga?

Selingkuh, menjadi salah satu penyebab perceraian juga. Dan saya membenci perselingkuhan. Terlebih jika terjadi pada pasutri yang telah menikah. Suami/istri yang selingkuh sangat egois. Mereka tergoda kesenangan sesaat, tidak mau mengerem dan mempertimbangkan perasaan anak-anaknya.

Saking gak sukanya saya dengan perselingkuhan, saya selalu menghindar menonton drama Korea bertema perselingkuhan. Walau akhirnya sering terjebak juga, seperti drama Korea “Penthouse” , drama Korea Marriage “Lyrics and Divorce Music” dan lainnya.

Termasuk drama Korea “Red Ballon”. Semula saya putuskan menonton karena drama ini diperankan Seo Ji-Hye, salah satu aktris Korea berwajah unik dan bertubuh bagus.

Gak taunya kok drama ini sarat perselingkuhan? Kepalang basah, walau tersendat-sendat, saya tuntaskan juga. Dan bersyukur, writer-nim membuat keputusan bagus untuk ending drama Korea “Red Ballon”.

Baca juga:
Penthouse, Kisah Halu yang Penuh Teriak Kemarahan

My Dangerous Wife, Selingkuh (Jangan) Dibayar Selingkuh

   
maria-g-soemitro.com

Seo Ji-Hye sebagai Jo Eun-Gang

Dulu aku tak tahu
Ikan tawar akan mati,  jika merindukan air laut
Hidup Jo Eun-Gang memang bak bumi dan langit dengan Han Ba-Da. Sebagai anak sulung keluarga Go yang miskin, dia harus ikut berjuang menopang kehidupan keluarga.

Ayahnya supir taxi yang gemar berselingkuh. Ibunya mata duitan. Bekerja sebagai tukang masak rumah makan kecil, sang ibu gemar membawa pulang sisa masakan agar bisa menghemat pengeluaran.

Tidak hanya miskin, keluarga Jo Eun-Gang juga riuh dengan pertengkaran. Ibunya selalu meributkan uang dan hanya memperbolehkan anak-anak perempuannya keluar dari rumah jika telah menikah.

Berbeda usia belasan tahun, Jo Eun-Gang sangat akrab dengan adiknya, Jo Eun-San. Sejak adiknya lahir, dialah yang merawat sang adik: mengganti popok, memandikan dan menyuapi. Tak heran hatinya hancur sewaktu mengetahui Jo Eun-San menjadi kekasih Ji Nam-Cheol, menantu keluarga Go.

Beruntung, Jo Eun-Gang punya paman yang sangat menyayangi dan selalu berpihak padanya. Dengan sang paman, Jo Eun-Gang berhasil membalas dendam pada pria yang telah dibiayai selama 4 tahun, tapi malah berselingkuh, dan menikah dengan perempuan lain.

maria-g-soemitro.com

Hong Soo-Hyun sebagai Han Ba-Da

Bak, putri raja, Han Ba-Da lahir dari keluarga kaya raya. Perjalanan hidupnya mulus, terlebih dia mempunyai sahabat, Jo Eun-Gang yang bersedia melakukan apapun kebutuhan Han Ba Da. Hal yang tak bisa dilakukan orang lain, bisa dibereskan  Jo Eun-Gang dengan penuh dedikasi. 

Termasuk saat Han Ba-Da memutuskan berpisah dengan kekasihnya, Shin Ki-Han dan menikah dengan Go Cha-Won.

Han Ba-Da tak menyadari, dia telah “mencuri” cinta pertama Jo Eun-Gang. Hubungan persahabatan 20 tahun mereka memang berat sebelah. Sangat jomplang.

Han Ba-Da tak tahu betapa miskinnya perekonomian keluarga Jo Eun-Gang. Saking miskinnya, Jo Eun-Gang pernah menjual kertas bekas rancangan Han Ba-Da demi membayar biaya operasi ibunya.
 

maria-g-soemitro.com

Lee Sang-Woo sebagai Go Cha-Won

Go Cha-Won, anak laki-laki keluarga Go yang sangat dibanggakan. Klinik kecantikannya sukses. Karir istrinya, Han Ba Da, sebagai perancang perhiasan juga sukses. Anak perempuannya, Go Mi-Poong sehat dan cerdas.

Go Cha-Won merasa hidupnya lurus dan nyaman. Hingga suatu kenyataan menyentaknya. Istrinya tak jujur. Han Ba-Da sibuk berkarir dan mengumpulkan uang untuk membayar utang almarhum ayahnya. Untuk itu pula, Han Ba-Da enggan memiliki anak kedua.

Han Ba-Da juga lebih suka berbagi kesulitan bisnis dengan Shin Ki-Han, mantan kekasihnya.
Sebagai pria dan kepala keluarga, Go Cha-Won merasa gamang.

maria-g-soemitro.com

Lee Sung-Jae sebagai Ji Nam-Cheol     

Aku takut, jika dia kuberi sayap
Maka dia akan terbang
Demikian kata Go Mul-Sang tentang keputusannya mengambil alih keuangan Ji Nam-Cheol, laki-laki berusia 49 tahun, yang dipungutnya sejak usia 17 tahun. Go Mul-Sang menyekolahkan Ji Nam-Cheol hingga lulus fakultas hukum dari universitas terkenal di Seoul.

Ji Nam-Cheol kemudian dinikahkan dengan anak perempuannya, dan mendapat mandat untuk meneruskan perusahaan milik Go Mul-Sang.

Namun, Go Mul-Sang tidak sepenuhnya memberi kuasa, dia tetap memegang hak veto dan menyimpan gaji Ji Nam-Cheol. Akibatnya, untuk melakukan pengeluaran seharusnya seperti membayar implant gigi ayahnya, Ji Nam-Cheol tak berdaya.

Dalam keadaan tertekan dan depresi, hadir Jo Eun-San, perempuan yang terpaut 20 tahun lebih muda. Perempuan yang mengajarinya hidup dalam keceriaan dan kebebasan.

Masalahnya tidak hanya rentang usia 20 tahun, Ji Nam-Cheol tak mungkin bercerai dari istrinya dan keluar dari Go, karena dia adalah tiang keluarga Go.
 

maria-g-soemitro.com

Jung Yoo-Min sebagai Jo Eun-San

Apa orangtua perempuan itu tak tahu?
Mereka harusnya memotong kakinya
Menggundulinya
Semua orang yang berselingkuh harus dipenjara di pulau terpencil

Obrolan tersebut mengemuka saat keluarga Go mengobrol di meja makan.

Marah mendengarnya, Jo Eun-San meninggalkan meja makan sebelum nasinya tandas.

Jo Eun-San marah karena keluarganya sedang membicarakan perselingkuhan. Dan dia, Jo Eun-San sedang berselingkuh dengan Ji Nam-Cheol, pimpinan perusahaan tempat dia bekerja.

 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Red Balloon

Para perempuan yang menggoda pria telah menikah
Karena orangtua mereka tak mendidik anaknya dengan baik
Demikian ucapan Jo Dae-Bong pada teman yang kaya, Go Mul-Sang, kepala keluarga Go.
Jo Dae-Bong tak menduga kata-katanya akan berbalik padanya. Ternyata dialah orangtua dari perempuan yang telah menggoda pria telah menikah.

Putri sulungnya, Jo Eun-Gang selingkuh dengan Go Cha-Won, anak laki-laki keluarga Go. Sedangkan anak bungsunya berselingkuh dengan Ji Nam-Cheol menantu keluarga. Bahkan hampir saja dia menangkap basah Jo Eun-San saat sedang selingkuh.

Jo Dae-Bong merasa merana dan menyesal. Dia menyadari, sebagai kepala keluarga, dia sangat egois. Alih-alih merangkul anaknya, di sela pekerjaannya sebagai supir taxi, dia malah rajin merayu perempuan.

Jo Dae-Bong punya prinsip: “Aku tak mau ambil asuransi. Karena jika aku mati, istriku akan bersenang-senang dengan laki-laki lain dengan uang asuransiku”. Prinsip yang menunjukkan ketidak pedulian terhadap anak-anak perempuannya.

Akibatnya, si sulung Jo Eun-Gang harus menanggung semua beban. Jo Eun-Gang harus bekerja serabutan untuk membiayai keluarga,  sambil belajar agar bisa lulus ujian sertifikasi guru.
Salah satu pekerjaan serabutannya adalah membantu Han Ba-Da, sahabatnya sejak masih SMA yang kaya raya.

Bersahabat selama 20 tahun, Jo Eun-Gang lah yang membereskan mayoritas pekerjaan Han Ba-Da. Mulai dari membantunya di kantor, merawat anak dan ibunya, sampai menjadi bemper ketika Han Ba-Da tidak bisa menghadiri upacara peringatan keluarga suaminya, 

Hal ini membuat Han Ba-Da lengah. Dia menyepelekan keberadaan Jo Eun-Gang. Dia lupa, sudut pandang sahabat perempuannya ini tak selalu sama dengan dirinya.

Selama bersahabat dengan Han Ba-Da, Jo Eun-Gang selalu menahan diri. Sehingga keduanya tidak duduk sejajar seperti seharusnya persahabatan, melainkan seperti atasan dan bawahan. Bak majikan dan pelayannya.

Sehingga ketika terjadi konflik, hati keduanya hancur berkeping-keping.
 

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Red Balloon

Ost drama Korea “Red Ballon” bikin meleleh, hiks.

Andaikan untuk drama romantis yang bukan perselingkuhan, pastinya lebih oke. Karena seperti saya ungkap di atas, saya benci perselingkuhan yang hanya mengutamakan dorongan hormon, egois dan lupa telah menyakiti banyak orang.

Namun dalam drama Korea “Red Ballon”, writer-nim memang sengaja mengeksplorasi perselingkuhan, lengkap dengan alasan-alasannya. Tidak saja perselingkuhan Jo Eun-Gang dengan suami sahabatnya, Han Ba-Da. Juga perselingkuhan yang dilakukan Ji Nam-Cheol dengan adik Jo Eun-Gang. Perselingkuhan yang dibalas oleh istri Ji Nam-Cheol dengan mantan kekasihnya.

Selain mengaduk-aduk emosi penonton dengan perselingkuhan, writer-nim juga membuat penonton deg-degan sekaligus marah. Mulai dari kemarahan melihat Jo Eun-San yang merayu Ji Nam-Cheol untuk berselingkuh, keberanian Jo Eun-Gang memakai jubah mandi Han Ba-Da, sampai aksi Jo Eun-Gang memasukkan semua anggota keluarganya ke dalam lingkaran keluarga Go. 

Maklum drakor makjang, dibuat untuk mengacaukan emosi penonton. Sekaligus memberi umpan pertanyaan yang gak ada jawabnya. Seperti “rahasia” Ji Nam-Cheol yang disimpan Jo Eun-Gang. Rahasia yang membuat Ji Nam-Cheol bersedia mem-PHK admin pembukuan untuk diganti dengan Jo Eun-San, adik Jo Eun-Gang. Herannya “rahasia” tersebut tak diungkap hingga episode akhir. 

Apa boleh buat, harus ada yang dikorbankan demi mencapai keinginan writer-nim dan sutradara. Pengorbanan itu berupa lubang-lubang dalam rangkaian kisah drama Korea “Red Ballon”.

Gak papa bolong-bolong, asalkan penonton suka ketika emosinya bak roller coater, ya? Dari marah, nyukurin, mengutuk, nangis, sedih, kemudian marah lagi, seperti seharusnya opera sabun.

Baca juga:

Cheat On Me if You Can, Takut Mati? Jangan Selingkuh!

Marriage Lyrics and Divorce Music, Tentang 3 Keluarga dan 3 Perselingkuhan

Kairos (Drama Korea), Bukan Hanya Gara Gara Istri Selingkuh

 



Profile

    Drama: Red Balloon
    Revised romanization: Bbalganpoongsun
    Hangul: 빨간풍선
    Director: Jin Hyung-Wook
    Writer: Moon Young-Nam
    Network: TV Chosun
    Episodes: 20
    Release Date: December 17, 2022 - February 26, 2023
    Runtime: Saturday & Sunday 21:00
    Language: Korean
    Country: South Korea

9 comments

  1. Waduh.. duh.. Drakor yang penuh perselingkuhan hehehe. Biasanya, dalam satu drakor hanya satu saja perselingkuhan utama yang jaid benang merahnya. Misalnya Jo Eun-Gang yang berselingkuh dengan suami sahabatnya sendiri Han Ba-Da, karena kecewa. Padahal Jo Eun-Gang sudah berkorban banyak untuk sahabatnya. Namun mungkin itulah, pembeda Red Ballon itu dengan drakor lainnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Drama ini hapening banget
    Tapi aku nggak nonton Ambu, takut kebawa emosi
    Tapi saking penasarannya, aku nonton cuma langsung episode 12 sampai ending
    Hehe

    ReplyDelete
  3. Drakor anyar yang bisa bikin hati terkapar, karena tema yang diangkat sangat membakar.
    Kalau lihat drakor dengan tema tersebut, kebayangnya complicatednya kehidupan perkawinan di sana. Belum lagi jomplang antara si kaya dan si miskin

    ReplyDelete
  4. Drama Red Balloon ini aku gak tau kenapa meski tema besarnya perselingkuhan dan karakternya terbilang lamban dalam berubah, rasanya tetap asik untuk dinikmati. Keliatan banget yang jahat dan baik tuh siapa meski dalam perjalanannya mereka bisa berubah menjadi sebaliknya. Tapi hal tersebut wajar kan dalam hidup?

    Hehhe..bukan, bukan mewajarkan selingkuh.
    Tapi mewajarkan karakter seseorang yang bisa saja berubah tergantung siapa dana apa yang sedang dihadapinya saat itu.

    Memang selalu ada right man in the right place.
    Huhuhu...sedih banget tapi nulis ini.

    ReplyDelete
  5. Tema perselingkuhan memang seru buat dijadikan premis ya Mbak. Apalagi jika dibumbui oleh jahatnya karakter hingga sampai ada pembunuhan dan melibatkan anak-anak seperti Penthouse. Dari semua drama soal selingkuh, favorit saya tuh adalah LOVE, MARRIAGE & DIVORCE. Gak berlebihan jalan ceritanya tapi masuk diakal.

    Saya pengen nih nonton Red Ballon. Kalau baca dari sinopsi singkatnya sih lumayan menarik.

    ReplyDelete
  6. Jujur aku juga skip drama or film yang fokus pada perjalanan perselingkuhan, walau pernah kejebak nonton drama jepang, asalnya kirain bukan perselingkuhan, lama-lama keterusan wkwk, abis lebih banyak romantis manisnya, konfliknya mulai pas episode akhir. Ya tapi abis itu janji gak mau nonton lagi, cukup baca sinopsis aja seperti Red Ballon ini

    ReplyDelete
  7. Aku ngerasa dapat pandangan yang menarik tentang kompleksitas hubungan suami istri yang selingkuh setelah baca review ini, Ambu.

    Seperti yang dikatakan di artikel, selingkuh itu dapat menjadi salah satu alasan mengapa suami dan istri menjadi egois. Ini menunjukkan bahwa menjaga hubungan suami istri yang sehat dan bahagia memerlukan komitmen dan perhatian yang baik dari kedua belah pihak.

    Aku pikir drama ini juga membantu menyebarkan kesadaran tentang pentingnya komunikasi dan pemahaman antara pasangan. Jadi makin penasaran sama dramanya nih.

    ReplyDelete
  8. drama ini masa tayangnya hampir sama dengan the interest of love. pengen banget nonton tapi lihat-lihat spoilernya di tiktok kayaknya saya gak bakalan sanggup nonton full dramanya, takut saya gak bisa ngontrol emosi

    ReplyDelete
  9. Drama perselingkuhan memang bikin greget. Aku juga tidak setuju dengan perselingkuhan, apapun alasannya. Tapi drakor emang nagih sih. Mau apapun drama yang diangkat. Tapi untuk Red Ballon, nggak dulu deh dimasukin ke list. hehe

    ReplyDelete