Marriage Lyrics and Divorce Music, Tentang 3 Keluarga dan 3 Perselingkuhan

 


Love (ft. Marriage & Divorce) Tentang 3 Keluarga dan 3 Perselingkuhan


“Pernikahan adalah medan pengorbanan. Terkadang istri harus lebih banyak berkorban, kali lainnya timbangan berpindah pada sang suami yang berkorban lebih banyak.”

Kalimat tentang pernikahan tersebut dilontarkan oleh Nancy Reagan, istri tercinta dari Presiden Amerika Serikat ke-40 (1981-1989), Ronald Reagan. Menikah tahun 1952, Nancy merawat suaminya yang mengidap Alzheimer pada 1994 – 2004, atau hingga Ronald Reagan menghembuskan nafas terakhir. Nancy menyusul suaminya pada 2016.

Mungkin kisah cinta “hanya maut yang memisahkan” seperti sejoli Nancy – Ronald Reagan, bikin bete ya? Karena terkesan adem ayem, nggak ada perjalanan bak naik roller coaster yang membuat penumpangnya berteriak, menangis dan tertawa.

Seperti pasangan dr. Shin Ki-Rim yang selalu nampak mesra pada drama Korea Love (ft. Marriage & Divorce)/ Marriage Lyrics and Divorce Music.

Berbeda usia 20 tahunan, si istri ternyata selalu terganggu dengan bunyi ngorok dr. Shin Ki-Rim yang telah berumur 80 tahun. Dia juga diam-diam naksir berat pada anak tirinya (anak dr Shin Ki Rim dari istri pertama). Dengan ganjennya dia memakai baju renang nan sexy sambil minta diajari berenang.

Yang terparah, si istri meracuni dr. Shin Ki-Rim dengan junk food serta makanan tinggi kolesterol lainnya. Ketika akhirnya dr. Shin Ki Rim terkena serangan jantung dan meninggal, dengan ganjen istri dr Shin Ki Rim berulang kali  memeluk erat anak tirinya.

Sungguh menjijikkan!

Hahaha ……jika kerap membaca tulisan drakor saya, pasti tahu bahwa saya benci banget dengan selingkuh dan semacamnya.

Tapi kok mau maunya nonton drama Korea “Marriage Lyrics and Divorce Music”?

Ratingnya tinggi! Selain itu, Park Joo-Mi, aktris berwajah melankolis nan ayu yang berperan sebagai ibu tokoh utama My ID: Gangnam Beauty dan Come and Hug Me, menjadi salah satu tokoh utama drama ini.

Huhuhu sempat bikin meleleh melihat Sa Pi Young, yang diperankan Park Joo Mi dan pasangannya. Serasi banget dengan Lee Tae-Kon sebagai Shin Yu Shin yang ganteng, tinggi dan gagah. Cocok dunia pokokna. πŸ˜€πŸ˜€

Sayang, ternyata si suami juga selingkuh, malah sebagai anak tiri nenek ganjen seperti kisah di atas, dia bikin istrinya menangis.

Baca juga:

My ID: Gangnam Beauty, Kisah si Buruk Rupa vs si Cantik Jelita

5 Alasan Mengapa Harus Nonton Come and Hug Me



Lee Ga-Ryeong sebagai Boo Hye Ryung

Sung Hoon sebagai Pan Sa Hyun


Bekerja sebagai DJ di CSB Radio, Boo Hye Ryung berprinsip karir dan keluarga sama pentingnya. Dia menolak mempunyai anak.

Prinsip Boo Hye Ryung bertolak belakang dengan Pan Sa Hyun, suaminya yang berusia 2 tahun lebih muda. Keluarga Pan Sa Hyun kaya raya dan masih memegang teguh tradisi. Mereka beranggapan silsilah keluarga harus diteruskan, dan hanya anak laki-laki yang bisa melakukannya.

 

Park Joo-Mi sebagai Sa Pi Young

Lee Tae-Kon sebagai Shin Yu Shin


“Istri saya selalu menyetrika pakaian dalam kemudian melipat dan menyimpannya dalam lemari es, agar saya bisa memakainya dengan nyaman,” kata dr. Shin Yu Sin tentang istrinya dengan bangga.

Walau sibuk bekerja sebagai produser acara di CSB Radio, namun Sa Pi Young sangat teliti dan telaten merawat suami dan anaknya.

Sebagai istri dan ibu yang nyaris sempurna, Sa Pi Young mempunyai luka. Ayahnya selingkuh dan ibunya melarang Sa Pi Young kecil bertemu ayahnya. Ketika sang ayah ingin menemuinya, kecelakaan lalu lintas merenggut nyawanya.

Peristiwa tragis tersebut membuat Sa Pi Young membenci ayahnya yang selingkuh, sekaligus membenci ibunya yang tak memberi ruang kebersamaan Sa Pi Young dengan sang ayah.



Jeon Soo-Kyeong sebagai Lee Si Eun

Jeon No-Min sebagai Park Hae Ryun


Aku benci bau koyo-mu

Aku tak mau menciumnya lagi


Berpacaran sejak usia usia 19 tahun dan menikah 11 tahun kemudian, Lee Si Eun telah mengarungi hidup bersama Park Hae Ryun, suaminya selama 31 tahun.

Lee Si Eun rela meninggalkan keluarganya yang kaya raya agar bisa menikah dengan Park Hae Ryun. Dia bekerja keras agar dapat membeli rumah dan menyekolahkan suaminya ke luar negeri.

Saat akhirnya sang suami menjabat sebagai ketua jurusan universitas, Lee Si Eun hidup hemat, berpakaian ala kadarnya demi bisa membeli mobil mewah bagi Park Hae Ryun.
 

keluarga Boo Hye Ryung

Sinopsis Drama Korea “Marriage Lyrics and Divorce Music”


Saat terlahir ke dunia, kita berdiri di atas ring yang bernama hidup

Mike Tyson pernah bilang: “Saat berada di atas ring, kau harus siap menerima pukulan

Kisah dibuka dengan keributan beberapa menit sebelum acara live di CSB Radio. Salah seorang audience,  sosialita berpakaian serba branded menyerang pengarah gaya dengan kata-kata pedas.

Rupanya si pengarah gaya menjadi selingkuhan suami si sosialita. Dalam usaha membela diri, si pengarah gaya membongkar keluhan suami sosialita tentang kehidupan yang “menjeratnya”.

Beruntung 3 perempuan yang bertanggung jawab atas acara tersebut, bisa mengatasinya.  Mereka mewakili 3 generasi, Boo Hye Ryung sebagai VJ penyiar berusia 30-an. Sa Pi Young berusia 40-an menjadi produser. Serta Lee Si Eun berumur 50-an sebagai penulis naskah.

Tanpa terduga ke-3nya juga sedang mengalami prahara. Boo Hye Ryung yang baru 3 tahun menikah, memergoki suaminya menelpon perempuan lain dengan ponsel khusus.

Suami Boo Hye Ryung mengajak cerai dengan alasan sudah tidak cinta, ditambah selingkuhannya  sedang hamil 5 minggu. Merasa di atas angin, sang suami membujuk orangtuanya agar merestui perceraiannya.

Tentu saja Boo Hye Ryung tak mau kalah, dia berjanji akan berubah dan bersedia hamil demi melanjutkan garis keluarga sang suami.

Situasi Lee Si Eun lebih parah. Tiba-tiba suaminya ingin mengakhiri pernikahan dengan alasan sudah terlalu lama bersama.

Lee Si Eun berusaha memahami keinginan suami. Ketika suaminya bilang, dia nggak tahan dengan koyo yang selalu membebat tangannya, Lee Si Eun membukanya, walau harus menahan nyeri karena berjam-jam bekerja, mengetik dan mengerjakan urusan rumah tangga.

Demi melunakkan hati sang suami pula, Lee Si Eun mengganti pakaian old fashioned-nya. Bahkan berpakaian sexy agar bisa menggairahkan suami di tempat tidur. Tapi suami Lee Si Eun keukeuh minta cerai. Anak perempuan merekalah yang akhirnya memergoki ayahnya/suami Lee Si Eun ternyata berselingkuh.

Mungkin hanya pernikahan romantis Sa Pi Young yang nampak ideal. Walau nyatanya menyimpan magma. Suami Sa Pi Young secara demonstratif menunjukkan kedekatan dengan ibu tirinya, terlebih tatkala ayah suami Sa Pi Young meninggal dunia.

Suami Sa Pi Young juga memiliki selingkuhan, seorang gadis muda yang dikenalnya dalam suatu penerbangan. Agar perselingkuhannya berjalan mulus, Sa Pi Young dengan tegas memberi syarat pada selingkuhannya, bahwa dia tidak menjanjikan pernikahan dan hanya bisa ditemui pada waktu tertentu.

Bagaimana akhir kisah perselingkuhan mereka?
 

keluarga Sa Pi Young

Review Drama Korea “Marriage Lyrics and Divorce Music”

Tak ada jalan untuk bahagia

Karena bahagia itu jalan


Takut menikah?
 
Saya sarankan jangan menonton drama Korea “Marriage Lyrics and Divorce Music”. Karena semua pria, ups ….maksudnya tokoh utama pria dalam drama ini: Selingkuh!

Serem ya?

Mungkin bisa dipahami kalau istrinya galak bukan main seperti Boo Hye Ryung. Tega-teganya dia menyuruh suami yang sakit untuk tidur di luar/di sofa, karena dia takut ketularan.

Lha jika istrinya adalah Sa Pi Young yang idaman kaum laki-laki: Cantik. Bertubuh indah. Pandai melayani suami, mengurus rumah tangga dan sukses di karir.

Apalagi istri seperti Lee Si Eun yang selalu mengutamakan keluarga. Agar hemat,  bisa membiayai suami dan anak-anaknya, Lee Si Eun mengerjakan semua urusan rumah tangga sambil terus berkarir.

Tapi begitulah drama. Drama tanpa pertengkaran yang mengharu-biru, mirip sayur tanpa garam, hambar! Terlebih diperankan aktris dan aktor yang piawai berakting.

Namun yang paling mengesankan adalah akting Jeon Hye-Won  sebagai Park Hyang-Ki, anak pasangan Park Hae Ryun – Lee Si Eun. Dia menyuarakan apa yang terjadi pada anak korban perceraian:

Seandainya aku tahu ini akan terjadi

Aku tak ingin lahir sebagai putri kalian

Kami lahir karena keinginan kalian

Aku yakin tugas kalian sebagai orang tua lebih penting

Dibanding kesenangan probadi kalian

Tolong tepati janji pernikahan yang diucapkan di hadapan semua orang

Ini permintaan kami sebagai anak

Tau apa jawaban ayah Park Hyang-Ki, setelah disudutkan anak perempuannya?

Dia minta sang anak harus adil, harus melihat dari sudut pandang ayahnya yang hanya mengenal satu perempuan, yaitu ibu mereka. Sementara kebanyakan laki-laki bergaul dengan banyak perempuan dan berselingkuh. Mengapa dia dihakimi karena “hanya melakukan 1 kesalahan”?

Huhuhu dasar pecundang!. Gimana kalau anak perempuannya kelak diselingkuhi suaminya?

Adegan penghakiman ayah oleh anak perempuannya merupakan klimaks drama ini. Karena selebihnya (episode 9-16) drama Korea “Marriage Lyrics and Divorce Music” berkisah tentang 3 pelakor yang meluluh lantakan 3 pasangan harmonis tersebut.

Sebel pisan!

Drama Korea “Marriage Lyrics and Divorce Music” juga menyuguhkan potongan puzzle yang seolah berserak, kemudian dicoba dirangkai di sana dan di sini. Penonton dipersilakan berimajinasi hasil akhirnya.

Mungkin pembuat drama ini berencana membuat “Marriage Lyrics and Divorce Music” session 2. Karena ada rahasia yang tersingkap,  selingkuhan dr. Shin Yu Sin ternyata hasil perselingkuhan teman dr. Shin Yu Sin. Halah!

Tapi saya nggak mau nonton. Seperti saya nggak mau nonton “Penthouse 2”.

Hahaha ….πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Baca juga:

Penthouse, Kisah Halu yang Penuh Teriakan Amarah

My Dangerous Wife, Selingkuh (Jangan) Dibayar Selingkuh
 
keluarga Lee Si Eun



Profile (sumber: asianwiki.com)

 Drama: Love (ft. Marriage & Divorce) (English title) / Marriage Lyrics and Divorce Music (literal title)

    Revised romanization: Gyeolhonjaksa Yihonjakkog

    Hangul: κ²°ν˜Όμž‘μ‚¬ μ΄ν˜Όμž‘κ³‘

    Director: Yoo Jung-Joon, Lee Seung-Hoon

    Writer: Im Sung-Han

    Network: TV Chosun

    Episodes: 16

    Release Date: January 23 - March 14, 2021

    Runtime: Sat. & Sun. 21:00

    Language: Korean

    Country: South Korea

16 comments

  1. duh beneran nih cewek jomblo mending ga usah nonton Marriage Lyrics and Divorce Music aja ya, kuatir beranggapan semua laki-laki sama, tukang selingkuh. Padahal yang baik juga banyak
    Tapi setuju kalau dah nonton yang kita enggak sreg sama temanya jadi males lanjut ke sekuelnya ya..mending yang lain aja.

    ReplyDelete
  2. walau aq kurang begitu suka drakor, tapi entah kenapa suka banget denger soundtrack2 nya :-)

    ReplyDelete
  3. Menegangkan kisah 3 pemain film tersebut, kenapa tidak puas dengan pasangan? kenapa muncul obsesi? Yah, ceritanya tentang divorce membuat pengamat sineas k drama menjadi perhatian tersendiri

    ReplyDelete
  4. Duh, ribet banget, si itu sama si anu, si anu sama si ini, si ini sama si ono.... hahaha bacanya aja ribet, terlalu bertabur kisah perselingkuhan. Nontonnya sampe bikin naik darah nggak ambu? Wkwkw
    Kalau bikin depresi dan naik darah, aku takut nontonnya. Tapi cerita begini banyak yang suka nontonnya, kadang penasaran sama hasil akhir, apakah selesai dengan baik melalui trik-trik mengatasi perselingkuhan, atau pada berakhir pilu merasakan akibat.

    ReplyDelete
  5. Aku belum sanggup nonton drama ini.
    meski kadang penasaran sama aktignya sung hoon.
    tapi sedikit tahu ceritanya, gemesin banget ibunya sung hoon yang nyuruh makan banyak.

    ReplyDelete
  6. ya ampuuun kasihan banget dr. Shin Ki-Rim ambuuu. dari sekian banyak karakter, cuma sa pi young yang menurut saya nyaris sempurna ya. yah kalo nyari yang 100 persen sempurna mah mana ada manusia. parahan ini atau parahan Worlf of The Married ambu?

    ReplyDelete
  7. Berat ini tema drakornya.
    Yang masih jomblo kalau mau nonton drama ini, tetap memegang prinsip, drama, film, hanyalah sebatas tontonan dan imajinasi penulis yg divisualkan sutradara.

    ReplyDelete
  8. Sinopsisnya bagus mbak jadi bikin kepo buat nonton filmnya ..pasti bagus banget ya kalau lihat film utuhnya

    ReplyDelete
  9. Kalau saya yang menonton ini, dijamin deh setiap menitnya bakal ngomel melulu hahaha. Saya tuh suka gregetan kalau temanya tentang perselingkuhan

    ReplyDelete
  10. Wah, kemarin sempat mau nonton ini mbak Maria. Cuma baca review ini jadi mundur saya, baru malas nonton yang mengesalkan, hehehe. Pengen nonton yang seru atau manis saja. Namun review mbak Maria tetap keren

    ReplyDelete
  11. Pengen ketawa lucu juga ya celana dalam habis di setrika dan dimasukan di kulkas. Kebanyang dinginnya.

    Itulah suami istri kalau sudah menjalin dalam satu pernikahan harus Terima segala kekurangan dan kelucuan tingkah mereka

    ReplyDelete
  12. Waduh genre dramanya tentang perselingkuhan. Agak menghindar, karena Daku berat nontonnya, karena belum cukup umur untuk melihatnya πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  13. sebelumnya suami Sa Pi Young sudah menegaskan pada selingkungan-nya bahwa dia tidak menjanjikan pernikahan dan pertemuan-nya hanya sewaktu-wajktu saja, karena itu ga enak toh ... jadi pelakor hahaha. film ini bagus untuk di tonton

    ReplyDelete
  14. Ya ampun, udah menikahi bapaknya, tapi ternyata naksir anak tirinya juga.
    Tema perselingkuhan itu kok selalu menarik untuk diikuti ya mbak, bikin penasaran endingnya bagaimana. Padahal ini hal yang dibenci para wanita, tapi kalau dikemas dalam cerita, bikin nggak mau beranjak

    ReplyDelete
  15. Isu perselingkuhan dan urusan rumah tangga itu selalu rame kalo dijadikan KDrama ya Mbak. Nontongnya penuh emosi dan gemes banget hahahaha. Saya sempat nonton episode 1 tepat sehari sebelum opname. Jadi inget belum ngelanjutin setelah baca tulisan ini.

    Feeling saya bakal 11 12 sama Penthouse kali ya. Menceritakan 3 keluarga yang hubungan suami istrinya ribet bin mumet hahahaha. BTW, saya juga dah neg nonton Penthouse. Dah gak masuk akal lagi alurnya. Terutama perkara orang sudah mati terus hidup lagi hahahahaha.

    ReplyDelete
  16. Kisah perselingkuhan di drakor itu gak jauh sih sama sinetron-sinetron yang ada di Indonesia. Tapi darkor ini alur cerita tetap rapih dan ada misi-visi pointnya. Dan yang kusuka dari drakor ini banyak pesan moral yang bisa dipetik.

    ReplyDelete