My ID is Gangnam Beauty, Kisah si Buruk Rupa vs si Cantik Jelita

 

My ID is Gangnam Beauty, Kisah si Buruk Rupa vs si Cantik Jelita

Punya kisah tentang wajah kurang beruntung? 

Saya punya kerabat perempuan yang berwajah demikian. Dia nggak seberuntung kakak adiknya yang berparas rupawan. Diperparah jerawat dan kacamata minus 10 yang  tebal banget. 

Harusnya bisa pakai lensa kontak ya? Malang, akibat kecerobohan semasa kecil, matanya mengalami infeksi. Dokter memberi warning. Akhirnya jika nggak kepaksa banget, dia nggak pakai lensa kontak. 

Apakah dia dibully? Dihina karena wajahnya ‘menakutkan’? 

No. Justru banyak yang respek karena sang kerabat meraih beberapa penghargaan. Baik juara kelas, juara sekolah hingga lomba matematika atar sekolah. Kuliahpun berhasil menamatkan S3 di luar negeri. 

Begitulah di Indonesia. Kata-kata hinaan hanya muncul di dalam hati atau ghibah antar teman. Nggak ada yang tega mengucap terang-terangan. Tidak ada bullying. Norma agama, sosial dan sosial melarang perbuatan tersebut. 

Tidak demikian halnya dengan Korea Selatan. Persaingan ketat dan masyarakat yang depresi menyebabkan bullying merajalela. Akibatnya Korea menempati 5 besar kasus bunuh diri di dunia. Sedangkan Indonesia  ‘hanya’ menempati peringkat ke 159. (sumber)  

Drama Korea “My ID is Gangnam Beauty” mengangkat kisah bullying terhadap pemeran utama yang berwajah kurang rupawan. Solusinya adalah operasi plastik. 

Sedangkan pemeran utama drama “True Beauty” mendempul dengan riasan agar wajah aslinya tertutupi.
Baca juga: True Beauty, Ada Apa Dengan Wajah Jelek? 

Saya menonton ulang My ID is Gangnam Beauty sesudah menamatkan True Beauty, karena yakin drama yang diangkat dari webcomic series "Nae IDneun Gangnammiin" by Gi Maeng-Gi  ini lebih bagus. 

Dan benar. Kisah yang diusung My ID is Gangnam Beauty lebih makjleb, dibanding True Beauty yang terkesan mau berkomedi. Sayang gagal. 

Sejak awal episode penonton sudah digiring dengan cara pandang perempuan Korea yang pandai menaksir hasil operasi plastik. Judulnya pun menjual banget.  

Gangnam merupakan daerah prestisius di Korea Selatan. Kawasan tempat berdiri sekitar 500 klinik kecantikan dengan teknologi terbaru dan kualitas/prosedur operasi plastik yang terbaik. 

Yang menarik, konon hasil oplasnya mirip. Penyebabnya kriteria yang sama tentang kecantikan, yaitu wajah cantik perempuan Eropa.


Lim Soo-Hyang  sebagai Kang Mi Rae

Anak tunggal keluarga Kang yang tidak beruntung dalam hal wajah.  

Dibully dengan ejekan “ si gendut” sewaktu masih kecil, membuat Kang Mi Rae berusaha untuk kurus. Sesudah berhasil kurus, ejekan berganti menjadi ‘Orc’, mahluk mitologis yang buas berwajah mirip babi, kera atau monster dengan taring panjang. 

Kecerdasan Kang Mi Rae yang menonjol tak menghentikan para perundung. Malah tingkah perundung akan semakin menjadi apabila dilawan. Karena itu, Kang Mi Rae melakukan operasi plastik sebelum memasuki bangku perguruan tinggi. Dia ingin mengubur  masa lalunya yang pahit.


Cha Eun-Woo sebagai Do Kyung Seok

Anak sulung keluarga kaya, ayahnya mantan anggota konggres yang sedang berkampanye menuju kursi walikota. Ibunya perempuan karir yang menjadi CEO perusahaan parfum. 

Tampan dan jenius, sejak kecil Do Kyung Seok selalu menyendiri walau banyak yang ingin berteman dengannya. Salah satu sebabnya Do Kyung Seok kehilangan kasih sayang ibunya yang bercerai dari sang ayah, dan meninggalkan Korea saat Do Kyung seok masih berusia 8 tahun.


Jo Woo-Ri sebagai Hyun Soo A

Mahasiswa cantik alami yang menjadi idola kampus. Sayang, kepribadiannya sangat buruk.
Hyun Soo A berpendapat para pelaku operasi plastik telah merusak dunianya yang eksklusif. 

Harusnya para pemuda tampan dan kaya raya hanya memuja Hyun Soo A. Para pelaku operasi plastik tak berhak ikut karena mereka hanya monster plastik. 

Hyun Soo A sangat terobsesi pada Do Kyung Seok, mahasiswa paling ganteng dan jenius di kampus. Dia tidak rela ketika mengetahui Do Kyung Seok memilih Kang Mi Rae, yang cantik berkat operasi plastik.  

Yang paling parah, Hyun Soo A tak tahan jika ada sepasang kekasih disekitarnya. Dia akan mendatangi si pria dan mengatakan suka, agar hubungan mereka kandas. 

sumber: dreamersid

Kwak Dong-Yeon sebagai Yeon Woo Young

Asisten dosen ganteng yang baik hati dan naksir Kang Mi Rae sejak awal perkenalan. Ketika akhirnya tahu Kang Mi Rae hanya menyukai Do Kyung Seok, Yeon Woo Young tetap melakukan pedekate, walau dia tahu peluangnya hanya 1 %.

Sinopsis Drama Korea My ID is Gangnam Beauty

Menang, bukanlah yang korban inginkan
Dia hanya ingin tak menjadi korban bullying lagi.

Gara-gara wajahnya kurang cantik, Kang Mi Rae kenyang bullying sejak masih kecil. Beruntung ibunya memahami kesulitan Kang Mi Rae. Sang ibu  mendukung Kang Mi Rae melakukan operasi plastik sebelum masuk perguruan tinggi.  

Berhasil. Banyak yang memuji wajah Kang Mi Rae. Dia dinobatkan sebagai perempuan tercantik di fakultasnya. Selain Kang Mi Rae, mahasiswi baru yang juga sangat cantik adalah Hyun Soo A. Bedanya Hyun Soo A cantik alami, bukan hasil oplas. 

Tanpa disangka, saat perkenalan mahasiswa baru,  Kang Mi Rae bertemu dengan Do Kyung Seok. teman SMP-nya. Mereka sama-sama kuliah di jurusan Kimia. 

Takut ketauan, Kang Mi Rae mewanti-wanti Do Kyung Seok agar merahasiakan nama SMP mereka. Kang Mi Rae ingin menutup kisah sedihnya sebagai korban perisakan. 

Tak disangka, justru Kang Mi Rae yang membongkar rahasia. Sikapnya yang terlalu hati-hati dan serba nggak enak hati menjadi penyebab. 

Sebetulnya nggak jadi masalah jika bukan Hyun Soo A yang mendengar rahasia tersebut. Mahasiswa cantik ini segera mencari jejak teman SMP Kang Mi Rae dan mengundang mereka datang di festival kampus. Tujuannya tentu saja untuk mempermalukan Kang Mi Rae. 

Tak berhenti disitu. Sewaktu mengetahui Do Kyung Seok yang tampan dan jenius ternyata menyukai Kang Mi Rae, Hyun Soo A melancarkan strategi untuk menjatuhkan Kang Mi Rae.

Review Drama Korea My ID is Gangnam Beauty

Kau perlu membedah cara berpikirmu
Bukan wajahmu

Mengusung tema yang sama, pemeran utama mengubah wajah gara gara perundungan, drama My ID is Gangnam Beauty lebih unggul dibanding drama True Beauty. 

Sayang akting aktor/aktrisnya kurang greget. Chemistry antara Lim Soo-Hyang, pemeran Kang Mi Rae dan Cha Eun-Woo (Do Kyung Seok) kurang ngeblend. Tik-tok antar keduanya terasa lelet banget. Bikin illfeel. 

Aneh, padahal baik Cha Eun Woo maupun Lim Soo Hyang bukan aktor/aktris picisan. Keduanya mengantongi beberapa penghargaan. Akting memukai mereka bisa dilihat di Rookie Historian Goo Hae Ryung ( Cha Eun Woo) dan  Graceful Family (Lim Soo Hyang).

Baca juga:
Rookie Historian Goo Hae Ryung, Sejarah (Bukan) Milik Penguasa
Graceful Family, Mencari Pengakuan Ibu Kandung  

Pesan moral yang diusung bagus banget. Drama My ID is Gangnam Beauty mengingatkan bahwa wajah cantik bukan segalanya. Obsesi terhadap wajah cantik bisa berakibat sakit mental seperti yang dialami Hyun Soo A. 

Perlu diacungi jempol kemahiran screen writer meramu hubungan kekeluargaan kedua tokoh utama. Ayah Kang Mi Rae begitu sayang dan bangga pada anaknya, sehingga foto wajah sang anak digantung di atas dashboard taxi. Hihihi padahal saat itu yang dipasang adalah wajah lama Kang Mi Rae. 

Buat seorang ayah/ibu, anaknyalah yang tercantik di dunia. Miss Universe kalah cantik! 

Sengkarut hubungan remuk redam keluarga Do Kyung Seok juga berhasil disuguhkan dengan manis. Saya suka akting Kim Ji Min yang berperan YouTuber sekaligus sebagai adik Do Kyung Seok. Setelah saya intip bionya, ternyata memang pernah diganjar penghargaan Youth Actor & Actress ("Super Family 2017") - 2017 SBS Drama Awards - December 31, 2017 

Namun yang paling bikin penonton senyam senyum pastinya bromance antara Do Kyung Seok dengan Yeon Woo Young. Apalagi sewaktu Do Kyung Seok menggosok gigi sang induk semang, duh ada-ada aja. Kok ya kepikir oleh screenwriter bikin adegan seperti itu. πŸ˜€πŸ˜€

Profile (sumber)

Drama: ID: Gangnam Beauty (English title) / My ID is Gangnam Beauty (literal title)
Revised romanization: Nae Aidineun Gangnammiin
Hangul: λ‚΄ μ•„μ΄λ””λŠ” 강남미인
Director: Choi Sung-Bum
Writer: Gi Maeng-Gi (webcomic), Choi Soo-Young
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: July 27 - September 15, 2018
Runtime: Friday & Saturday 23:00
Language: Korean
Country: South Korea

Sumber gambar cover: mydramalist

15 comments

  1. Ngeri kali ya pergaulan di KorSel enih.

    Dan sekarang banyak muncul berita artis2 KorSel yg jaman dulu nge-bully teman sekolah/kampus dll

    Ya ampuun, beraaattt

    ReplyDelete
  2. ternyata jln cerita seperti ini masih diminati ya, genre drakor romantis dengan kisah cinta selalu mnjd perhatian dan layak dinanti

    ReplyDelete
  3. Detail banget ya review filmnya, langsung terbayang deh, hhhhe...story' telling banget

    ReplyDelete
  4. drakor yang bagus sih nih, mengangkat topik bully terutama ke perempuan ya, shaming sih jatuhnya, gak sedikit orang yang jadi depresi krn di shaming/bully loh ya ambu

    ReplyDelete
  5. Biarpun nmengangkat isu bullying dan standar cantik ala masyarakat korea, gatau knapa aku justru kurang jatuh cinta sama drakor satu ini.

    Peran utama Kang Mi Rae itu boleh gak diganti aja, kurang cantik buat menunjukan keartisan dan hasil oplasnya apalagi disandingkan sama eun woo ahhh sudahlah
    *jadi ini soal subjektif ternyata hahaha

    ReplyDelete
  6. Ngeri ya bullying di Korea. Omong-omong bullying, Indonesia juga nggak baik-baik amat sih, Ambu. jari-jari tangan netizen Indonesia kan setajam silet ....

    ReplyDelete
  7. wah, bunuh diri di Korsel nomor 5 dunia yang didasari bullying, ngeriii..
    Tapi dari My ID is Gangnam Beauty ini jadi kebayang, kalau oplas terus ketemu teman lama zama kecil/sebelum oplas gimana ya? kan berubah pasti pangling, apalagi kalau oplasnya mayor. pasti berubah banget.
    Btw, saya suka pesan moralnya, wajah cantik bukan segalanya, terobsesi cantik bisa sakit jiwa, maka mesti waspada!

    ReplyDelete
  8. Oplas Korea nih memang sudah mendunia. Termasuk untuk urusan kosmetiknya. Beberapa teman saya yang gak percaya diri dan punya duit berlebih, rame-rame pada oplas dan 2-3x setahun ke Gangnam untuk perawatan. Saya liat dari dekat sih memang hasilnya nyaris sempurna. Karena mintanya natural, hasilnya juga gak keliatan seperti oplas. Cuma ya itu harus konsisten perawatan.

    Saya jadi penasaran sama KDrama ini. Lebih bagus ya dari True Beauty? Bolehlah ntar ditonton. Apalagi ada Cha Eun-woo nya. Si ganteng berwajah imut.

    ReplyDelete
  9. Kalo drakor My Id is Gangnam Beauty rasanya pernah ditayangin salah satu tv swasta di Indonesia, makanya bisa ikutan nonton. Ceritanya mengharukan dan rada gokil, alhamdulillah happy ending.

    ReplyDelete
  10. Film drakor ini sangat bagus mengangkat tema bullying, karena bullying itu sangat menyakitkan sehingga banyak yang depresi akibat di bully

    ReplyDelete
  11. benar sekali mbak, dua drama tadi memang ceritanya hampir mirip, apalagi dua duanya dibintangin sana cha eun woo
    Tapi aq pribadi lebih suka My ID Gangnam

    ReplyDelete
  12. Salah satu drama yang Aku suka, nonton saat ini masih asik2 baca wwbtoonnya dan On Going. Agak greget sama karakter Soo A
    Dan Aku juga setuju chemistry pemeran utama agak kurang. Lebih suka Cha Eun Woo di true beauty

    ReplyDelete
  13. Kalau terjaring wajah yang enggak menarik. Mungkin saya juga ikutan terjaring nih. Hehe ... Pesan moralnya ini yang membuat saya penasaran dengan kata cantik. Apalagi jarang banget ketemu orang yang tidak memandang paras cantik dari luar. Wuah, bangga banget nih dengan orang tuanya Kang Mi Rae yang memandang anaknya sangat cantik. Miss Universe pun kalah.

    ReplyDelete
  14. Kalau di Indonesia, yang lebih dihormati itu yang lebih kaya atau yang berasal dari keluarga pejabat. Makanya banyak yang maksain supaya terlihat kaya. Kridit rumah jauh ga ditempatin. Yang penting bisa bilang ke orang-orang, kalau sudah punya rumah. Ga peduli itu rumah uda jadi sarang uler atau kandang ayam. Kyk yang dialami teman saya. ahahahaha...

    ReplyDelete
  15. Wuaa jadi kepo banget pengen nonton, aku belum nonton ini Mba Maria
    tapi pasti seru dan bikin baper. Aku nontonnya drama ongoing hahaa

    ReplyDelete