Bora! Deborah, Jangan Ragu Ucapkan Cinta!

    
maria-g-soemitro.com

Bora! Deborah, Jangan Ragu Ucapkan Cinta!

Bagaimana rasanya punya kekasih seganteng Richard Gere? Hehehe…cinta pertama saya seganteng dia. Teman-teman kuliah lho yang bilang dia mirip actor Hollywood tersebut.

Semula gak percaya sih, Kok doi pilih saya dan bukannya teman kuliah lain yang lebih cantik dan pinter.

Kemudian? Klepek-klepek pastinya. Walau bingung melanda. Pacaran kok gak pernah bilang “I love you”. Jadi ketiba dia tiba-tiba jarang datang, dan akhirnya menghilang begitu aja (bahasa gaulnya, saya di-gaslighting), bingung dong saya. Gak tau harus apa. Dan pastinya sakit banget! Sakitnya hati, kaya ditusuk-tusuk gitu lho.😭😭

Gara-gara nonton drama Korea drama Korea ” Bora Deborah”, saya jadi teringat lagi rasa sakitnya putus cinta. Awalnya jengkel pada perjalanan cinta Yeon Bo-Ra yang cengeng, kemudian akhirnya mengakui: Oh iya ya, ternyata putus cinta bisa bikin orang jadi sebloon itu, sekonyol itu!

Padahal semula nonton drama yang juga berjudul “True to Love” ini. karena suka pemeran utamanya Yoo In-Na, aktris cantik yang unik. Yoo In-Na punya gestur “lazy”, mirip kucing anggora berbulu cantik yang bergerak malas, seolah minta dielus.

Dan akhirnya mengakui kepiawaian writernim A Kyung dalam meramu kisah. Dia meracik drama yang mendayu-dayu, sekaligus komedi pada drama Korea ” Bora Deborah”. Ada beberapa pasangan, namun berfokus pada kisah cinta Yeon Bo-Ra yang diperankan Yoo In-Na.

Sebagai pakar kencan atau influencer cinta, atau apapun lah namanya, Yeon Bo-Ra ternyata tidak bisa menggunakan akal sehat ketika dicampakkan sang kekasih. Dia bertingkah seolah dunianya akan runtuh.

Sangat menarik ya? Yuk kita ulas:

Baca juga:

Scripting Your Destiny, Tentang Cinta yang Terlarang

Red Ballon, Tergoda Selingkuh!

    

maria-g-soemitro.com
She takes my breath away ...

Yoo In-Na sebagai Yeon Bo-Ra

“Berpacaran memang picik dan tidak adil,” kata Yeon Bo-Ra memberi opini.Sebagai influencer kencan, opini Yeon Bo-Ra memang kerap dinanti. 

Buku-buku karangan Yeon Bo-Ra, diantaranya “Kesalahan Kehidupan Cintamu” selalu menjadi best seller. Dia juga aktif di media sosial dan acaranya “Deborah Berkata” PNB Radio berhasil meraih rating tinggi.

Ternyata, melontarkan opini lebih mudah dibanding melaksanakannya. Kala Bo-Ra diselingkuhi  Noh Ju-Wan, kekasihnya selama 3 tahun, dia hanya bisa menangis dan minta balikan, sangat berbeda dengan opini:

Selingkuh, adalah alasan yang layak untuk putus

Tidak hanya itu, karir Bo-Ra pun tamat. Dia melakukan tindakan konyol di pesta emas “The Style Fashion Magazine”. Alih-alih menjadi bintang pesta yang memukau, Bo-Ra malah mabuk, meracau dan jatuh telentang sampai celana dalamnya terlihat. 

Beruntung, Bo-Ra dikelilingi orang-orang yang menyayanginya. Mereka adalah Lee Yoo-Jung, sahabatnya. Yeon Bo-Mi, adiknya tersayang. Serta Lee Su-Hyeok, pria yang pernah terpana ketika pertama kali melihat Bo-Ra di pesta pernikahan Han Sang-Jin, teman mereka.

   

maria-g-soemitro.com

Yoon Hyun-Min sebagai Lee Su-Hyeok

“Kau tak cukup mencintainya, untuk menelan harga dirimu,” kata Yeon Bo-Ra tentang dugaan putusnya Lee Su-Hyeok dan Lim Yu-Ri.

Sebagai influencer cinta, Yeon Bo-Ra memang terbiasa melontarkan pendapat. Dan kali ini pendapatnya benar.

Setelah bertahun-tahun Lee Su-Hyeok berpacaran dengan Lim Yu-Ri, dia tak juga mengucapkan komitmen, hal yang sangat dibutuhkan seorang perempuan.

Hingga akhirnya Lee Su-Hyeok tergerak untuk memberikan sebuah cincin berlian pada Lim Yu-Ri. Naas, Lim Yu-Ri telah mengambil keputusan untuk berpisah karena sikap ambigu Lee Su-Hyeok.

Saat bertemu lagi dengan Yeon Bo-Ra, Lee Su-Hyeok menyadari bahwa dia pernah terpesona pada perempuan cantik tersebut.

   

maria-g-soemitro.com

Joo Sang-Wook sebagai Han Sang-Jin

Sebagai CEO Jinlee Publishing, Han Sang-Jin berperan besar dalam hubungan Yeon Bo-Ra - Lee Su-Hyeok. Dia bersikeras menerbitkan buku karangan Yeon Bo-Ra yang sedang naik daun karena saran-sarannya tentang percintaan.

Semula Lee Su-Hyeok, wakil CEO Jinlee Publishing menolak. Dia menganggap Yeon Bo-Ra sok tau dalam opini-opininya. Tidak demikian halnya dengan Han Sang-Jin, dia tak mempedulikan hal-hal yang terlalu idealis. Dia lebih peduli cuan yang bakal mengalir deras, apabila berhasil menerbitkan buku Yeon Bo-Ra yang tengah viral.

Bukan tanpa sebab, pernikahan Han Sang-Jin- Seo Soo-Jin, mantan istrinya kandas ketika dia tengah memperjuangkan Jinlee Publishing menjadi perusahaan penerbitan yang sukses.

   

maria-g-soemitro.com

Chansung sebagai Noh Ju-Wan

Tiga tahun berpacaran dengan Bo-Ra, membuat Noh Ju-Wan dilanda bosan. Dia tak ingin menikahi Bo-Ra. Dalam bayangannya, setiap hari bertemu Bo-Ra akan membuatnya sesak nafas.

Tapi, alih-alih memutuskan hubungan, pemilik usaha “Ayam Goreng Ibu” itu malah berselingkuh dengan Da-Mi, perempuan yang dikenalkan pada Bo-Ra sebagai sepupunya.

   

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Bora! Deborah

“Bagaimana ini? Saya pingin pipis,” bisik Yeon Bo-Ra pada Lee Su-Hyeok. Tentu saja ini menyulitkan, Keduanya sedang dalam perjalanan pulang dengan bus kota. 

Ketika akhirnya memutuskan turun dari bus, tak ada tempat yang bisa dituju untuk pipis. Terpaksa Bo-Ra pipis di belakang mobil yang sedang parkir. Air pipisnya mengalir dan tanpa sengaja membasahi sepatu Lee Su-Hyeok. Sungguh memalukan.

Bukan kali ini saja Lee Su-Hyeok melihat Bo-Ra dalam situasi memalukan. Sebagai seleb yang terkenal dengan saran-saran percintaan, Bo-Ra hanya menangis kala memergoki kekasihnya yang bernama Noh Ju-Wan, selingkuh.

Lee Su-Hyeok tak melihat sikap anggun dan ucapan menohok dilontarkan Bo-Ra pada Noh Ju-Wan. Malah influencer kencan itu terjatuh dan pergi sambil menangis, ketika Noh Ju-Wan memilih melindungi selingkuhannya.

Kali lainnya, Lee Su-Hyeok menemukan Bo-Ra tersedu-sedu di trotoar, di dekat rumah Noh Ju-Wan.

Rupanya dalam keadaan sakit dan mabuk, Bo-Ra mendatangi rumah Noh Ju-Wan untuk minta balikan. Bo-Ra merasa tak mampu hidup tanpa Noh Ju-Wan. Dia bersedia melupakan perselingkuhan yang dilakukan Noh Ju-Wan.

Namun pria yang pernah berkata pada Bo-Ra: “Kita tidak akan putus, meski langit runtuh dan bumi terbelah” dengan teganya masuk rumah dan membanting pintu. Membiarkan Bo-Ra nangis sesenggukan sendiri.

Beruntung Lee Su-Hyeok lah yang menemukan Bo-Ra dalam keadaan terpuruk. Dengan bijak, wakil CEO Jinlee Publishing tersebut memberi pelukan gratis dan memberi kalimat-kalimat yang menguatkan Bo-Ra:

Putus cinta?

Anggap saja pilek biasa, itu bukan masalah besar

Nanti akan segera sembuh, dan akan berlalu

Ucapan Lee Su-Hyeok sangat benar. Mungkin selama ini perjalanan cinta Bo-Ra terlalu mulus. Dia harus mengalami kesakitan yang membuatnya jatuh dan berpikir:

“Sejujurnya ada momen singkat saat aku berpikir. Aku ingin tertidur dan tidak bangun lagi selamanya.”

Untuk kemudian bangkit sesuai dengan pemahaman yang realistis:

Seperti batu nisan Stendhal: “Dia hidup, menulis, dan mencintai”

Aku tak bisa meninggalkan dunia dengan tulisan:

Dia dicampakkan, mabuk dan terus menempel

Bo-Ra pun bangkit, dan menulis buku lagi sesuai saran Lee Su-Hyeok. Dia harus meneruskan pesan pada penggemarnya, bahwa tidak semua kisah cinta berlangsung mulus hingga menuju pintu gerbang pernikahan.

    

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Bora! Deborah

Sebagai aktor/aktris kawakan, baik Yoo In-Na sebagai Yeon Bo-Ra, maupun Yoon Hyun-Min sebagai Lee Su-Hyeok, menunjukkan kualitasnya. Chemistry keduanya kuat banget.

Ketika Bo-Ra menangis pilu dalam pelukan Lee Su-Hyeok, rasanya hati ikut tersayat-sayat. 

Dan di adegan lain, tertawa terbahak-bahak sewaktu Bo-Ra berantem dengan mantan pacarnya, Noh Ju-Wan di depan truk pengangkut sampah.

Bo-Ra berteriak pada petugas sampah sambil menunjuk Noh Ju-Wan:

“Pak ini masih ada sampah, tolong buang sampah ini.” 

Yang dijawab Noh Ju-Wan: “Kalau saya sampah, kamu pacaran dengan sampah dong.”

Asli ngakak berat, apalagi sewaktu Bo-Ra menyumpahi Noh Ju-Wan:

“Kau limbah beracun yang bakal tidak bisa lagi didaur-ulang”.

Premis drama Korea ” Bora Deborah” sebetulnya hanya tentang seorang perempuan yang berusaha bangkit setelah dicampakkan kekasihnya. Jadi seru setelah dikisahkan perempuan tersebut adalah konsultan cinta. 

Jika ada yang mengganggu, terjadi pada adegan akhir episode 14. Entah mengapa Lee Su-Hyeok jadi sok imut.

Hal lain yang mengesalkan adalah kisah gadis muda Bang U-Ri yang ngebet pada Han Sang-Jin, CEO Jinlee Publishing yang telah berusia paruh baya. Chemistry keduanya parah banget. 

Hanya itu sih. Secara keseluruhan drama Korea Bora! Deborah sangat recommended. Gak hanya untuk mereka yang tengah menjajaki hubungan, juga untuk pasangan suami istri. 

Oiya, walau berkisah tentang hubungan cinta 4 pasangan, namun gak ada adegan ranjang di drama Korea “Bora! Deborah”. Dan gak perlu juga. Toh bisa dikiaskan dengan adegan lain, seperti adegan Yeon Bo-Mi -Yang Jin-Ho yang deg-degan menunggu hasil test pack.

Kalau tak melakukannya, buat apa mereka deg-degan bukan?

Baca juga:

Call it Love, Tentang Pasangan Kekasih Korban Broken Home

Shooting Star dan Ribetnya Ngurusin Aktris



Profile

Drama: True to Love (English title) / Bora! Deborah (Korean title)

Revised romanization: Bora! Deborah

Hangul: 보라! 데보라

Director: Lee Tae-Gon, Seo Min-Jung

Writer: A Kyung

Network: ENA, Genie TV

Episodes: 14

Release Date: April 12 - May 25, 2023

Runtime: Wed. & Thu. 21:00

Genre: Romantic-Comedy

Language: Korean

Country: South Korea

11 comments

  1. Kisah yang simpel kalau digarap sepenuh hati jadinya tetap menarik, ya. Penasaran deh seperti apa

    ReplyDelete
  2. Yeon Bo-Ra pastinya sakit hati banget, 3 tahun diselingkuhi. Selingkuhan so cowok malah bukan orang lain, tapi ornag yang dikenalkannya sendiri. Menusuk, sakitnya tuh di sini. Jadi oengen nonton filmnya nih

    ReplyDelete
  3. Bora Deborah huah udah kelar nih episodenya.
    Hemm boleh juga nih dijadwalkan buat nonton sepertinya seru

    ReplyDelete
  4. dramanya menarik banget ya kak, fix nonton ah mumpung lagi libur panjang weekend ini. ya ampun tepok jidat rasanya kalau melihat drama trus serasa menampar diri sendiri karena kisahnya agak-agak mirip dengan kisah kita hiks...

    ReplyDelete
  5. Baca reviewnya saya mendadak inget sama salah seorang teman kuliah yg mengalami hal yg sama. Sekitar tiga-empat tahun pacaran "serius" eh malah ditinggal karena bosan. Padahal hubungan mereka sudah seperti suami istri. Sutris lah si temen ini dalam beberapa waktu hingga akhirnya bisa kembali seperti semula. Ada aja tingkahnya yg miris atau malah bikin kita ngakak karena kekonyolannya.

    Lesson learned. Apapun bisa terjadi dalam sebuah hubungan. Jangankan yg pacaran, yg menikah pun banyak sekali godaannya.

    ReplyDelete
  6. Dapet perspektif baru daru review film Deborah ini. Bisa mempelajari bagaimana memberikan cinta pada pasangan. 4 kisah percintaan dari orang berbeda tentu perjalanan cintanya berbeda. Layak ditonton film ini karena kids family.

    ReplyDelete
  7. Drama yang menguras emosi ya mom... Baca reviewnya aja udah kelihatan kalau ini bakalan seru. BTW bagi banyak orang, selingkuh adalah alasan yang cukup kuat untuk mengakhiri hubungan.

    ReplyDelete
  8. Kocaknya mengikuti drama Bora! Deborah.
    Memang teori itu selalu lebih mudah ketimbang realyfe. Dan setiap orang memiliki case yang berbeda.

    Jadi terhibur sekaligus mengambil pelajaran dari drama Bora! Deborah.

    ReplyDelete
  9. Influencer cinta yang kesandung nih ceritanya ya mbak, bicara memang mudah, tapi setelah mengalami sendiri, ternyata tak mudah melewatinya, bahkan bertindak konyol menurut pandangan orang banyak

    ReplyDelete
  10. kalau romantic comedy aku demen mbak, itung itung ngilangin stress sama kerjaan
    Selama ini masih sebatas baca reviewnya dari temen temen, kayaknya seru juga ya. Jadi penasaran

    ReplyDelete
  11. Duh kisah cinta pertama emang selalu terkenang di hati ya, Mbak.. Dan kenapa ceritanya bisa hampir sama kayak aku.. tak ada kata putus tapi tiba-tiba jadi asing gitu aja.. bedanya di sini yang ghosting bukan do'i tapi aku 😭

    Jadi tertarik banget nonton Drakornya.. siapa tau bisa nostalgia masa lalu hehehe..

    ReplyDelete