Doona!, Bertemunya Sang Diva dengan Pemuda Lugu

  
maria-g-soemitro.com

Drama Korea Doona!, Bertemunya Sang Diva dengan Pemuda Lugu

Masih inget pada Fuji? Baru-baru ini adik ipar Vanessa Angel kembali viral, termasuk label Fuji sebagai “aktris jalur musibah”. Memang mengherankan ya? Pasca meninggalnya selebriti  Vanessa dan suaminya dalam kecelakaan tragis, Fuji mendadak jadi pesohor dan dapat tawaran main film.

Bagaimana dengan negara lain, khususnya Korea Selatan? Apakah negara yang sukses mengimpor drama Korea, K-drama dan lainnya, juga menganut paham selebriti aji mumpung?

Nampaknya tidak. Industri Hallyu mensyaratkan sosok yang professional, karena satu kesalahan akan merembet pada bidang lainnya.

Contoh kasus Lee Sun-Kyun yang terjerat kasus narkoba. Walau hasil tes rambutnya menunjukkan negatif narkoba, namun serangkaian kontrak dibatalkan, baik film/drama maupun model iklan. Bahkan karir istrinya, Jeon Hye-Jin ikut terancam.

Bisa dibayangkan besarnya kerugian yang ditanggung beberapa perusahaan terkait.  Karena itu jauh sebelum sukses sebagai pesohor, industry hiburan Korea mensyaratkan serangkaian latihan keras. Itu pun, setelah bertahun-tahun menjadi trainee,  tidak ada jaminan kandidat berhasil debut.

Salah satu drama Korea yang berkisah tentang perjuangan trainee adalah drama Korea “The Heavenly Idol” dan beberapa adegan dalam drama Korea “Doona!” yang membuat saya memahami alasan kesuksesan hasil karya sineas Korea Selatan.

Para sineas Korea tidak sekadar membuat drama/film, namun juga memberi “nyawa” pada setiap karyanya. Untuk itu dibutuhkan aktris/actor dengan akting mumpuni. Gak sekadar sesosok perempuan/pria yang viral karena sesuatu hal dan kebetulan mempunyai modal wajah cantik/tampan.

Seperti Bae Suzy, pemeran Doo-Na dalam drama Korea “Doona!” Suzy menjadi anggota K-pop group "Miss A" yang telah melewati gemblengan sebelum akhirnya debut.

Sedangkan Yang Se-Jong, pemeran Lee Won-Jun merupakan lulusan Korea National University of Arts, jurusan Teater dan Film.

Baca juga:

The Heavenly Idol, Kisah Imam Suci yang Membagongkan!

Celebrity, Tentang Fenomena Selebriti

  

maria-g-soemitro.com

Bae Suzy sebagai Lee Doo-Na

Lahir dari ibu yang matre, Lee Doo-Na dibesarkan oleh neneknya. Di usia 13 tahun, Doo-Na berangkat ke Seoul untuk meraih mimpi menjadi penyanyi.

Perjuangan keras membuat Lee Doo-Na tak memiliki teman dan merasa tertekan. Dia sangat tergantung pada managernya, Park In-Wook. Hingga dia merasa jatuh cinta pada sang manager.

Kerja keras Lee Doo-Na membuahkan hasil. Bersama grupnya, Sweet Dream, lagu-lagu Lee Doo-Na sukses memuncaki tangga lagu, dan dia diganjar honor sangat tertinggi.

Namun psikisnya tak sekuat fisiknya. Lee Doo-Na “jatuh tenggelam” dan merasa tak mampu menyanyi lagi. 

  

maria-g-soemitro.com

Yang Se-Jong sebagai Lee Won-Jun

Lee Won-Jun, pemuda culun yang berasal dari desa. Dia berangan menjadi orang sukses dengan kuliah teknik di salah satu universitas di  Kota Seoul. 

Demi menghemat pengeluaran, Lee Won-Jun tinggal di rumah yang disewa bersama mahasiswa lain. Lee Won-Jun juga berjuang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi tutor.

Naas, perkenalan dengan Lee Doo-Na yang gemar merokok membuat Won-Jun kehilangan kesempatan bekerja sebagai guru bimbel. Kekesalannya bertambah ketika Doo-Na mempermainkan nomor telepon yang tercantum pada selebaran yang ditempelnya di halte bus.

Seiring waktu, kekesalan berubah menjadi perhatian, terlebih setelah hubungan keduanya semakin intens.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Doona!

“Apakah kau jatuh cinta padaku?

Jangan kau lakukan, aku merasa tak nyaman,” 

tanya Lee Won-Jun pada Lee Doo-Na.

Syak wasangka mewarnai pertemuan Lee Won-Jun dengan Lee Doo-Na. Semula perempuan itu mengira Won-Jun adalah stalker yang menguntitnya sebagai penyanyi terkenal.

Kecurigaan muncul setelah Lee Doo-Na melihat hoodie pada jacket yang dikenakan Won-Jun berlogo LDN, nama komunitas penggemar Sweet Dream, khususnya Lee Doo-Na sebagai penyanyi utama.

Lee Doo-Na tak tahu bahwa Lee Won-Jun hanyalah pemuda yang naif dan gak gaul. Lee Won-Jun pemuda serius yang datang ke Seoul untuk mengejar sukses melalui jalur kuliah di fakultas Teknik, sambil bekerja paruh waktu.

Lee Won-Jun tak mengenali Lee Doo-Na sebagai pesohor.  Dia hanya kebetulan memakai jacket berlogo LDN milik temannya, Kook Su-Jin, penggemar fanatik Lee Doo-Na.

Hubungan asing diantara keduanya berubah jadi akrab setelah Won-Jun membantu Lee Doo-Na yang jatuh pingsan. Lee Doo-Na yang tak punya teman merecoki Won-Jun dengan mengajaknya makan, dan mengejarnya hingga ruang kuliah Won-Jun.

Semula Lee Won-Jun merasa risih dengan gaya Lee Doo-Na, namun kemudian malah menyukai. Walau hati Won-Jun bercabang, dia bertemu cinta lamanya, Kim Jin-Ju yang pernah “ditembak” Won-Jun dan berakhir tanpa jawaban.

Won-Jun juga bertemu Choi I-Ra, teman masa kecil yang pernah bersikukuh ingin menikahinya.

Namun Won-Jun akhirnya menemukan, cintanya hanya untuk Lee Doo-Na. Cinta yang yang tak mudah terwujud karena Lee Doo-Na mendapat tawararan come back ke dunia hiburan. Yang berarti dia harus melepas cintanya pada Won-Jun.

Di setiap kehidupan, akan muncul kejadian tak terduga

Kau pernah bilang, kita berasal dari semesta yang berbeda

Kita hanya secara kebetulan duduk bersebelahan di halte yang sama

Dan aku senang, itu adalah kamu

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Doona!

Sinematografinya bagus! Sangat membantu melewatkan episode satu yang terasa lambat dan bikin boring.

Writernim Min Song-Ah yang juga pembuat webcomic "Lee Doo-Na!”  (published from July 17, 2019 to July 13, 2022 via Naver) nampaknya memang ingin meracik adegan demi adegan bak air yang mengalir pelan, tanpa plot twist yang berlebihan.

Akibat terlalu pelan, episode-episode awal jadi kurang greget. Manager Park In-Wook, si  pembuat resah dan gelisah Lee Doo-Na baru muncul menjelang episode akhir. Andai konflik sudah mulai muncul di awal kisah, mungkin drama  Korea “Doona!” gak akan terlalu menjemukan.

Bae Suzy juga gak secantik di awal kemunculannya, hehehe ini opini pribadi. Kecantikannya kala berperan sebagai No Eul  dalam Uncontrollably Fond mungkin tak akan kembali. Kini Bae Suzy begitu kurus sehingga pipinya cekung dan kehilangan sinarnya.

Lagu-lagu yang dibawakan Suzy untuk mengisi drama Korea Doona! termasuk standar. Enggak wow yang bikin penonton ingin mendengar ulang, tapi juga enggak jelek.

Keistimewaan drama Korea Doona! selain akting para aktris/aktornya, juga chemistry yang dibangun oleh Bae Suzy dan Yang Se-Jong, melted banget. Yang Se-Jong emang juara sih membangun chemistry dengan pemeran utama perempuan dalam setiap drama yang dilakoninya.

Drama Korea Doona! mendapat rating 7,9 di Mydramalist. Rating yang sangat sesuai menurutku, walau banyak review yang memuji drama ini setinggi langit.

Mau gak mau saya membandingkan drama ini dengan drama Korea “Call It Love” yang juga disajikan secara perlahan. Tanpa banyak percakapan. Komunikasi divisualisasikan dengan mimik wajah dan gestur tubuh. Gak heran berhasil merampungkan 16 episode dengan tetap greget.

Apakah drama Korea Doona! recommended? Hmm… jika Anda penggemar fanatik Bae Suzy atau Yang Se-Jong, atau malah keduanya, ya silakan aja. Toh cuma 9 episode.😊😊

Baca juga:

Shooting Star dan Ribetnya Ngurusin Aktris

Call it Love, Tentang Pasangan Kekasih Korban Broken Home

Love to Hate You, Peliknya Pacaran dengan Selebriti

Profile


    Drama: Doona! (English title) / Lee Doo-Na! (literal title)

    Revised romanization: Leedoona!

    Hangul: 이두나!

    Director: Lee Jung-Hyo

    Writer: Min Song-Ah (webcomic)

    Network: Netflix

    Episodes: 9

    Release Date: October 20, 2023

    Runtime:

    Language: Korean

    Country: South Korea


7 comments

  1. Nggak banyak juga ya episode-nya. Ceritanya juga menarik.
    Suka banget liat si Doo na ini, meski dia kuyus amat di sini :D
    Tapi tetep cantik.
    Agak sayang sih ya, banyak yang ga kuat mentalnya ketika menjalani proesi jadi diva

    ReplyDelete
  2. Sedih banget kalau melihat artis yang kena skandal. Karena cancel culture di Korea ini parah banget. Salah satu idol keshayanganku yang kena cancel culture tuh bener-bener struggling banget buat bangkit kembali. Dan sampai kini, masih..
    Padahal ya gitu.. uda minta maaf dan gak terbukti omongan si orang yang ngaku kenal ini bener-bener terjadi.

    Doona ini juga mencoba bangkit dari keterpurukan.
    Dan pasti stressful banget.

    ReplyDelete
  3. Ringan kayanya yaa ga banyak intrik yang berat.. gamaang cinta segiempat ehh tapi center cowonya satu yaa..segi apa donk hihi...
    Tapi kaya ftv ga sih musuhan deket saling jatuh cinta dateng mba crush yg dulu nolak, dateng sahabat jaman childhood... bimbang tapi keukeuh cinta sejati sama yg nyaris imposible dan banyak rintangannya hihi...

    coba nonton ah mumpung episodenya sedikit cuman separuh series haha...

    ReplyDelete
  4. Saya sudah selesai menonton dramanya Ambu, alasan pertama menonton ya itu, episodenya hanya 9, yg main saya kira aktor cowok yang main film 6/45 karena di mata saya visual mereka mirip, ternyata bukan, tapi aktingnya boleh juga.
    Setuju, di awal2 nonton sempat mikir siapa yg membuat galau si Doona sampai segitunya, tak pikir pejabat yg menguasai industri music-nya Korea, gak taunya manajer yg menemukannya, itupun sepihak, konflik dasarnya terasa agak kurang greget jadinya.

    ReplyDelete
  5. Bukan hanya sekadar opini aja sih Ambu soal Bae Suzy yang memang tampak lebih kurus, karena daku pernah baca di temlen medsos juga pada mengatakan demikian. Malah mengatakan, lebih suka doi yang dulu

    ReplyDelete
  6. Quote nya bagus. Itu bagian dari dialog ya. Ngena banget. Jujurli kurang suka Drakor jadi baca jalan cerita nya bagus si

    ReplyDelete
  7. Hmmm, list ku untuk tontonan drakor semakin menumpuk :(
    Btw aku sangat2 mengapresiasi bagaimana proses yang nggak mudah dalam jenjang karir entertain di Korea. Bagai langit dan bumi mah kl di bandingin sama Indo

    ReplyDelete