Love to Hate You, Peliknya Pacaran dengan Selebriti

     
maria-g-soemitro.com

 Love to Hate You (Drama Korea) Peliknya Pacaran dengan Selebriti

 

Agar karirnya tidak terganggu, aktor Tengku Firmansyah pernah menutup rapat pernikahannya dengan aktris/penyanyi Cindy Fatika Sari. Termasuk saat Cindy mulai hamil.

Untuk menutupi kehamilannya, perempuan cantik ini memakai burqa kala ingin mengunjungi area publik/keramaian.

Kini, pasangan suami istri yang menikah pada 11 Maret 1999 atau telah berlangsung selama 24 tahun tersebut, jauh dari gossip. Adem ayem.

Salah satu kiat rukun bak mimi dan mituno pernah diungkap Firman, yaitu dia hanya mau menerima tawaran sinetron stripping (tiap hari tayang) apabila istrinya Cindy masuk ke dalam jajaran pemain.

Selebriti lain yang tersandung karirnya gara-gara menikah adalah Lusy Rahmawati. Mantan personel AB Three ini harus hengkang dari grup vocal yang membesarkan namanya, sewaktu dia memutuskan menikah dengan Jose Poernomo.

Herannya, sekarang banyak selebriti justru mengumbar pernikahan (dan perceraian). Tujuannya agar nama mereka selalu dikenal publik. Jika perlu mereka melakukan pacaran settingan, nikah settingan dan seterusnya.

Terlepas dari kasus settingan, bagaimana dengan dunia hiburan Korea Selatan?  

Nampaknya sama aja ya? Ingat kasus pernikahan (kemudian perceraian) Song-Song couple yang begitu menyedot perhatian publik? Konten yang berisi dugaan penyebab perceraian mereka, masih disukai hingga kini. Walaupun Song Joong-ki telah menikah dan Song Hye-kyo masih betah hidup sendiri.

Sukses menulis naskah drama Korea “ID: Gangnam Beauty” dan beberapa drama lainnya, rupanya writernim Choi Soo-Young tertarik membuat naskah drama berdasarkan polemik pasangan selebriti-non selebriti. 

Bekerja sama dengan sutradara Kim Jeong-Kwon, keduanya menggarap drama Korea “Love to Hate You”. Mirip tapi berbeda dengan drama Korea “Shooting Star” yang mengusung nama besar, aktris Lee Sung-Kyung dan actor Kim Young-Dae, kedua sineas ini justru tidak menggunakan bintang papan atas untuk dramanya.

Bagaimana hasilnya?

Ternyata di luar dugaan!

Baca juga:
Shooting Star dan Ribetnya Ngurusin Aktris

Call it Love, Tentang Pasangan Kekasih Korban Broken Home

  
maria-g-soemitro.com

Kim Ok-Vin sebagai Yeo Mi-Ran

“Akhirnya kamu jatuh cinta?” tanya Shin Na-Eun, pada sahabatnya, Yeo Mi-Ran

Yeo Mi-Ran mengangguk. Ya dia tidak menyangka akhirnya bisa merasakan jatuh cinta pada seorang pria.

Selama ini Yeo Mi-Ran bergonta-ganti pacar. Dia beralasan ingin mencari yang terbaik. Faktanya tak sesederhana itu. Yeo Mi-Ran benci pada perempuan tak berdaya yang menggantungkan hidup pada pria.

Ayahnyalah yang menjadi penyebab Yeo Mi-Ran berpikiran demikian. Sejak kecil, Yeo Mi-Ran terbiasa melihat sang ayah menindas ibunya. Apapun yang dilakukan sang ibu, selalu salah di mata sang bapak.

Sebagai tindak pemberontakan, ketika dewasa dan keuangannya mulai mapan, Yeo Mi-Ran memberikan sejumlah uang pada bapaknya sebagai “pembayaran atas biaya merawat dirinya sejak kecil”.  Yeo Mi-Ran pun bertekad keluar dari rumah ayahnya.

Malang, keuangan Yeo Mi-Ran tak sebagus itu. Dia harus menutup kantor hukumnya dan mulai melamar ke firma hukum besar yang memiliki banyak client. Tak dinyana dia diterima di kantor hukum yang mayoritas client-nya adalah selebriti terkenal. Kantor hukum yang kerap memaksanya menafikan kata hati.

  

maria-g-soemitro.com

Yoo Teo sebagai Nam Gang-Ho

Aku bersumpah tak akan mencari perempuan seperti itu
tapi ternyata cinta pertamaku gagal dengan cara serupa
Nam Gang-Ho berkisah pada kekasihnya, Yeo Mi-Ran tentang betapa kejam ibunya memperlakukan ayahnya. 

Ibunya materialistis sehingga tidak bisa menerima kenyataan, kala ayah Nam Gang-Ho bangkrut dan membuat keluarganya hidup dalam kemiskinan.

Saat bertemu cinta pertamanya, Oh Se-Na, semula Nam Gang-Ho mengira akan menemukan kebahagiaan. Ternyata dia salah. Perilaku Oh Se-Na sama saja dengan ibu Nam Gang-Ho: Materialistis!

Dalam keadaan terpuruk, beruntung ada sahabatnya Do Won-Jun yang setia memberinya penghiburan. Do Won-Jun juga memberi motivasi pada Nam Gang-Ho agar bisa mengalahkan pamor Oh Se-Na  dengan memenangkan penghargaan.

Perjuangan mereka berhasil. Karir Nam Gang-Ho melaju kencang dia berhasil mendapat penghargaan Baeksong Award. 

Namun semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya. Nam Gang-Ho terkena isu gay. Harus segera diatasi karena karir menjadi taruhannya.
 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis drama Korea “Love to Hate You”

Dia hanya ingin mendapatkan pria kaya
Mengapa dia bekerja?
Agar bisa lebih berharga dan menjual diri
Itu impian setiap perempuan
Umpatan aktor Nam Gang-Ho terhadap lawan mainnya yang manja dan tidak professional, tanpa sengaja terdengar Yeo Mi-Ran yang sedang melintas.

Yeo Mi-Ran sangat membenci para pria penganut misogini yang meremehkan perempuan, serta menganggap perempuan sebagai pihak yang memang pantas ditindas, disudutkan, dan dieksploitasi.

Karena itu, pada kesempatan melamar kerja di firma hukum Gil Mu, Yeo Mi-Ran sengaja menjulurkan kaki pada Nam Gang-Ho yang sedang melintas. Akibatnya Nam Gang-Ho terjerembab dan merasa malu.

Kebencian Yeo Mi-Ran pada Nam Gang-Ho berlanjut ketika tanpa sengaja melihat Nam Gang-Ho mengajak masuk seorang anak perempuan. Dia mengira Nam Gang-Ho melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Salah paham berakhir sewaktu Yeo Mi-Ran menjadi pengacara Nam Gang-Ho. Yeo Mi-Ran malah melatih aktor yang ingin bermain di film laga tersebut dengan gaya berkelahi yang tidak biasa. Gaya preman jalanan yang memadukan berbagai ilmu bela diri.

Yeo Mi-Ran memang terobsesi melawan ketidak adilan. Bermula melihat ibunya selalu dimaki ayahnya, serta kerap melihat orang dewasa yang merundung dan melakukan pelecehan terhadap anak-anak perempuan. 

Yeo Mi-Ran belajar ilmu bela diri secara acak. Setelah yakin akan kemampuannya, Yeo Mi-Ran mendatangi para oknum pria yang hobi mengganggu anak-anak perempuan, dan mengalahkannya.

Profesi pengacara pun diambil Yeo Mi-Ran untuk tujuan membela yang lemah.

Prinsip hidup Yeo Mi-Ran yang unik membuat Nam Gang-Ho jatuh cinta padanya. Selama ini aktor pemenang Baeksong Award tersebut hanya mengenal perempuan yang manipulative dan hanya mengejar materi, termasuk ibunya.

Hubungan yang tak mudah. Sebagai aktor kesayangan publik, perjalanan karir Nam Gang-Ho berjalan mulus tanpa gossip. Apabila kini memproklamirkan sebagai pasangan kekasih, akan banyak rintangan menghadang.
 

maria-g-soemitro.com

Review drama Korea “Love to Hate You”

Kok bisa sih drama Korea “Love to Hate You” dapat score 8,6 di mydramalist.com? Bikin saya penasaran, sebagus apa drama ini?

Mungkin ada yang bertanya, apa beda raihan rating drama yang dirilis di asianwiki.com dengan  mydramalist.com?

Asianwiki.com memuat data dari AC Nielsen, perusahaan yang memberikan layanan data marketing. Berkat sajian datanya, banyak acara televisi (termasuk di Indonesia) distop penyiarannya. Demikian pula produk yang dianggap gagal setelah diriset AC Nielsen.

Berbeda dengan AC Nielsen yang mengambil data suatu tayangan dari masyarakat setempat, mydramalist.com menyajikan data dari anggotanya, pecinta drama Asia di seluruh dunia. Dengan senang hati para penikmat drama ini memberi nilai, mengunggah foto drama terkait, serta mereview-nya.

Nah, asianwiki.com tidak memuat rating drama Korea “Love to Hate You”, sehingga saya beralih ke mydramalist.com. Penjelasan lebih lanjut kita bahas di tulisan lain ya? Karena bakal jadi panjang banget.

Jadi, mengapa drama Korea “Love to Hate You” mendapat score tinggi, bahkan dalam “Top 12 Highest Rated Kdramas of 2023” yang diunggah mydramalist.com, drama ini menempati nomor 3, di bawah drama Korea “Taxi Driver 2” dan drama Korea “The Glory”?

Premis drama Korea “Love to Hate You” sebetulnya sangat sederhana, yaitu tentang perempuan bernama Yeo Mi-Ran yang ingin berontak dari budaya patriarki yang menurutnya sangat merugikan perempuan.

Mungkin premis sederhana ini yang jadi keunggulannya. Gak ada plot twist yang njlimet.

Gak ada permainan imajinasi writernim seperti drama korea “Kokdu: Season of Deity” dan drama Korea “The Heavenly Idol”

Gak ada permainan kamera yang memukau seperti drama Korea “Call it Love”. Gak ada soundtrack yang bikin hati penonton meleleh seperti drama Korea “Crash Landing on You”.

Pemerannya pun bukan actor/aktris papan atas. Kim Ok-Vin sebagai Yeo Mi-Ran pernah beberapa kali didapuk memegang peran utama serial drama, tapi bukan drama yang sukses besar. Bahkan Yoo Teo sebagai Nam Gang-Ho, sepanjang penelusuran saya baru kali ini mendapat kesempatan sebagai main role drama serial. CMIIW.

Namun seperti sudah saya tulis di atas, justru kesederhanaan ini jadi kunci kesuksesannya. Penonton terhibur dengan acting menye-menye beberapa pemeran pendukung perempuan, kegantengan Nam Gang-Ho dan managernya, Do Won-Jun.

Penonton bisa menikmati drama Korea “Love to Hate You” sambil makan kacang dan mengobrol, tanpa takut ketinggalan kisahnya. Tau-tau 10 episode rampung deh.

Oiya, ada adegan panas di episode 8 dan 9, tapi gak berlebihan kok.

Baca juga:
The Heavenly Idol, Kisah Imam Suci yang Membagongkan!

Kokdu: Season of Deity, Kala Dewa Kematian Mencari Cinta

Profile

    Drama: Love to Hate You (English title) / Love Battle (literal title)
    Revised romanization: Yeonaedaejeon
    Hangul: 연애대전
    Director: Kim Jeong-Kwon
    Writer: Choi Soo-Young
    Network: Netflix
    Episodes: 10

11 comments

  1. Ini tuh kayak si cewek pnya problematik sama ayahnya. Eh si cowok yang mengundang masalah adalah ibunya. Jadi, semacam klop gitu ya pasangan ini. Kedengarannya manis yang hard gitu nggak sih. Hehehe...

    ReplyDelete
  2. Ketika menikah ukurannya hanya materi, jadinya saat kondisi terpuruk atau ekonomi keluarga dalam situasi dan kondisi yang sulit akan membuat mereka tidak mau bertahan saling menguatkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  3. Ternyata kebiasaan aktris dan aktor mau di Indonesia ataupun Korea tetap mirip mirip ya...
    Salut dengan pasangan selebriti yang bisa menjaga keutuhan rumah tangganya. Memilih karir atau keluarga, tetap bersama pasangan kalau ada job itu semua adalah pilihan tidak mudah

    ReplyDelete
  4. Tonton kisah cinta memang paling asik ya ambu, jadi ingat zaman ABG dulu benci tapi rindu, he...he..he... gak suka tetapi dikangenin ya. Saya senang dengan Tengku Firmansyah yang memanage rumahtangganya hingga awet hingga 24 tahun. Padahal mereka menikahnya muda. Memang tidak semua harus di publish jadi komsumsi umum ya

    ReplyDelete
  5. Heran juga, Ambu..
    Aku kurang suka dengan drama yang flat. Tapi reviewnya banyak yang bilang bagus.
    Huhuu.. Jadi, setelah nonton, kayaknya aku berenti di eps 3.

    Mungkin karena terlihat seperti film dokumenter (?) yang gak banyak musik mewarnai, jadi akunya kurang greget.

    But, overall..
    Menikmati drama Korea yang mengangkat mengenai kehidupan sosial masyarakatnya ini menarik.

    ReplyDelete
  6. buatku ini ide ceritanya menarik. latar belakang para tokoh utamanya pasti sangat seru jika dibenturkan. nice choice!

    ReplyDelete
  7. Aku nonton drama ini
    Meski agak gimana dengan berbagai adegan panasnya, drama ini recommended
    Membawa isu kesetaraan gender juga

    ReplyDelete
  8. Wah drama yang berbau bucin ya.
    Bukan genre kesukaan dan dari alurnya kurang gereget.
    Nunggu rekomen genre thriller dari Ambu ah 🥰

    ReplyDelete
  9. Jaman now gini memang laki-laki dan perempuan sudah setara ya, kalaupun ada yang membedakan adalah kesadaran diri aja bahwa perempuan seperti itu dan laki-laki seperti ini dengan adanya kesadaran hidup jadi lebih harmonis deh 🤩

    ReplyDelete
  10. Kisah drama antara cinta dan benci itu kayanya masih menjadi tema menarik karena biasanya penonton penasaran sampai akhirnya gimana? Apalagi dibumbui beberapa konflik namun ringan. Di Indonesia sendiri kisah hidup nyata selebriti pun masih enak dirujak, lama-lama seleb-nya merasa terlanjur sekalian aja cari panggung biar rame.

    ReplyDelete
  11. Ada 10 episode ya film ini. Cocok banget tuk nemanin liburan lebaran kala bersantai dg keluarga. Makasih rekomendasi film nya..

    ReplyDelete