Emang Boleh, Laptop Palugada Seperti ASUS ?

 

maria-g-soemitro.com


Emang Boleh, Laptop Palugada Seperti ASUS ?

Eits yang dimaksud “palu” dan “gada” bukan benda untuk memukul paku atau beton, melainkan akronim dari kalimat, “aPa yang Lu mau, Gue ada”.  Dan akronim ini sangat tepat ditujukan pada ASUS  yang memproduksi laptop untuk semua segmen, baik pemula, pelajar UMKM, professional sampai pegiat gaming. Saya menggunakan kata “pegiat” karena sekarang, gaming bukan sekadar hiburan tapi juga bisa menghasilkan cuan.

Asus yang menyiapkan laptop palugada terlihat dalam  ASUS Blogger Gathering Bandung yang berlangsung Rabu, 6 Desember 2023 di Pullman Grand Central Kota Bandung.

Hadir Bersama 20 orang blogger Bandung lainnya, saya merasa amazed dengan parade laptop ASUS berteknologi canggih yang berjajar di meja, termasuk portable gaming console paling powerful: ASUS ROG (Republic of Gamers) Ally.

Seperti kita ketahui, pasar menyediakan 2 macam laptop, yaitu laptop komersial (bisnis) dan laptop consumer. Nah Asus memudahkan pemakainya dengan 2 varian yaitu: ASUS VivoBook dan ASUS  ZenBook. Jadi walau palugada, konsumen gak perlu bingung, cukup lihat serinya, dan sesuaikan dengan tujuan penggunaan.

Baca juga:

Telah Tiba Zenfone 10, dan Nikmati Smartphone yang Sesungguhnya

Please, Jangan Jadi Korban Iklan! Mulai Memutihkan Wajah Hingga Sekali Bilas

Daftar Isi:

  • Parade Laptop ASUS dan Keunggulannya
  • Palugada Laptop ASUS
  • Laptop ASUS “Made In Indonesia” Pertama
  • Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop Paling Tipis dan Ringan di Dunia
  • ROG Ally, Portable Gaming Console Paling Powerful di Dunia

Namun ada benang merah dari ASUS VivoBook dan  ASUS ZenBook, yaitu keunggulan-keunggulan berikut ini:

Teknologi Layar Terbaik

Kesehatan mata kerap terpaksa dikorbankan pekerja kreatif yang harus bekerja berjam-jam lamanya, di depan layar laptop. ASUS paham hal tersebut, dan memanjakan pengguna laptopnya (mulai harga mulai Rp8 juta-an) dengan ASUS Lumina OLED.

Merupakan teknologi layar paling canggih, ASUS Lumina OLED menghadirkan warna yang kaya serta akurat, serta dibekali fitur yang dapat menjaga kesehatan mata penggunanya. Jadi, tenang dong ya saya nonton drama Korea ya?

Fast Charging 

Laptop ASUS dilengkapi teknologi pengisian cepat yang memungkinkan pengisian daya baterai yang lemah hingga 60% hanya dalam 49 menit. Sehingga aktivitas dengan laptop ASUS bisa serba sat set beres, dan anti lelet.

 ASUS ErgoSense Keyboard

ASUS sangat paham, pengguna laptopnya kerap harus berjam-jam mengetik. Karena itu para ASUS menghadirkan ErgoSense Keyboard, gabungan desain keyboard full-size dengan key pitch 19,05mm dan key travel sejauh 1,4mm dan dished key caps 0,2 mm, yang membuat pengguna bisa beraktivitas bak memakai PC desktop dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi.

No.1 In Quality and Service

Keberadaan tempat service atau pelayanan purna jual menunjukkan komitmen perusahaan menjamin produk yang berkualitas. Karena itu saya hanya mau membeli produk yang menyediakan layanan purna jual.

Dan ASUS tidak hanya menghadirkan tempat service yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, ASUS juga berhasil meraih Customer Experience Index (CXI), penghargaan tertinggi pada kategori laptop, di ajang Indonesia Service Quality Award 2023.

 

maria-g-soemitro.com


Palugada Laptop ASUS

Ada uang, ada barang. Kurang lebih artinya jika mau produk berkualitas ya harus mau merogoh kocek dalam-dalam, dong.

Nah ASUS melakukan terobosan yang gak kaleng-kaleng, yaitu menghadirkan fitur dan layanan terbaik untuk semua produknya. Termasuk laptop yang termasuk  entry level. 

Dengan harga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp6.299.000, ASUS menghadirkan Vivobook Go 14 (E1404F) yang mempunyai desain modern dan trendi. 

Hanya berbobot 1,4 kg dan tebal 17,9 mm, laptop ini ringkas dan ringan, sehingga  pengguna yang memiliki mobilitas tinggi bisa merasakan kenyamanan maksimal kala menggunakannya.

Laptop entry level, namun rasa high level kala pengguna mulai menekan tombol power dan laptop pun menampakkan layar full HD. Pengguna semakin dimanjakan dengan laptop yang bisa dibuka hingga 180°, begitu sempurna untuk presentasi maupun kerja kolaboratif.

Vivobook Go 14 (E1404F) telah memiliki sertifikasi MIL-STD-810H, atau sertifikasi ketahanan militer yang menjadikan laptop ini sanggup bertahan dari berbagai kondisi ekstrem. 

Sertifikasi MIL-STD-810H juga penanda laptop ini telah  lolos dari 26 uji ketahanan, termasuk dari segi temperatur dan tekanan, dengan kata lain Vivobook Go 14 (E1404F) memiliki kualitas military grade.

maria-g-soemitro.com

 

Laptop ASUS “Made In Indonesia” Pertama

Dengan bangga, pada ASUS Blogger Gathering Bandung kemarin team ASUS memperkenalkan laptop ASUS pertama yang diproduksi sepenuhnya di Indonesia.

Wow banget ya? Karena laptop bernama ExpertBook P1 (P1412) ini mempunyai banyak keunggulan, dan ditujukan untuk berbagai sektor industri dengan berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM sampai korporasi, serta tentunya untuk instansi pemerintahan.

Sebagai laptop bisnis, ASUS ExpertBook P1412 fleksibel dari sisi konfigurasi spesifikasi. Siap diproduksi dalam kuantitas besar, laptop ini dipersenjatai dengan Intel® Core™ serta tersedia beraneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware ataupun software. 

Reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection menjadi hardware pilihan bagi ASUS ExpertBook P1412, membuat laptop ini memiliki daya tahan fisik yang jauh lebih kuat. 

Pelat meral ditambahkan di dalam ASUS ExpertBook P1412 sehingga komponen di dalam lebih tahan terhadap shock, guncangan ataupun benturan. Tak hanya lebih kuat, reinforced chassis juga akan meningkatkan kenyamanan saat mengetik.

Pengguna ASUS ExpertBook P1 (P1412) tak usah was-was datanya bocor, sebab sistem pengamanan yang kuat  ditanamkan di laptop ini, supaya  informasi rahasia bocor tidak  ke luar.

 

maria-g-soemitro.com



Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop Paling Tipis dan Ringan di Dunia

Bagaimana rasanya menggenggam laptop yang beratnya sama dengan 1 kg gula pasir? Emejing pastinya.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan persembahan tim engineering ASUS yang berhasil meracik paduan material magnesium-aluminium untuk digunakan pada bagian keyboard deck yang diproses dengan teknik CNC, sehingga mampu meminimalkan bobot laptop ini.

Tambah kagum karena walau ketebalan Zenbook S 13 OLED (UX5304) hanya 1 cm sehingga terasa ringan namun kuat. Konektivitas laptop ini tetap lengkap. Tersedia berbagai port I/O, termasuk dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack. 

Tipis dan stylish, bagaimana dengan kameranya?

Tenang, kamera IR FHD yang berukuran lebih kecil tetapi tetap dilengkapi dengan fitur lengkap, ditanamkan pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) langsung ke dalam bagian layar yang diproses dengan teknik CNC. Selain itu digunakan panel OLED yang lebih ramping, sehingga bagian layar laptop ini menjadi 30% lebih tipis.

Tipis, stylish, namun tetap gahar. Prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U bersertifikasi Intel® Evo™ platform ditanamkan ke dalam Zenbook S 13 OLED (UX5304),  dipadukan dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB, serta kapasitas betarai sebesar 63 Whrs.

Untuk menambah kenyamanan, laptop ini mempunyai daya tahan baterai hingga 14 jam untuk streaming video dan menampilkan pendinginan serta performa yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Jadi, Zenbook S 13 OLED (UX5304) gak asal laptop tipis. Tapi merupakan laptop ultraportabel yang belum pernah ada sebelumnya, karena tercipta dari kombinasi teknik produksi yang canggih serta bahan berkualitas tinggi 

  

maria-g-soemitro.com

ROG Ally, Portable Gaming Console Paling Powerful di Dunia

“Tanpa patah-patah,” kata team ASUS saat mendemonstrasikan ROG Ally ke whiteboard. 

Hasilnya? Wow … bikin gamers betah! Terlebih ROG Ally didesain untuk 3 kebutuhan, yaitu: Me time, We Time dan Pro Time. Karena ROG Ally dirancang sangat nyaman saat digunakan, berkat desain bodi yang ergonomis  serta bobot hanya 608g.

Merupakan portable gaming console paling powerful di dunia, ROG Ally ditenagai Windows 11 serta prosesor AMD Ryzen™ Z1 Series terbaru, sehingga penikmat gaming bisa memainkan game dari berbagai platform, bahkan game AAA, dengan sangat baik.

ROG Ally juga dilengkapi dengan sistem kontrol intuitif, software khusus, serta layar sentuh yang memiliki tingkat kecerahan, resolusi, serta refresh rate tinggi. 

Sistem operasi Windows 11 pada ROG Ally membuat perangkat gaming ini bisa digunakan untuk memainkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect.

Eksperimen AI pada ROG Ally juga ditunjukkan pada gathering kali ini. Menunjukkan laptop ini hanya kuat untuk gaming tetapi juga optimal untuk eksperimen AI. Karena hardware terbaru CPU Intel® Core™ generasi ke-13 dan AMD Ryzen™ 7000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series, ditanamkan ke dalamnya.

Untuk memastikan performa eksperimen AI yang lebih baik, ROG Ally mendapat dukungan memori DDR5 dan penyimpanan SSD PCIe Gen4 

Selain itu, liquid metal, kipas Arc Flow Fan, dan heatsink yang optimal digunakan untuk memastikan performa yang stabil dengan sistem pendingin canggih,

 MUX Switch yang telah ada sejak tahun 2022 memungkinkan pengalihan pemrosesan grafis ke discrete GPU, meningkatkan performa pada eksperimen AI yang mengandalkan GPU. 

Dengan aplikasi Armoury Crate, pengguna dapat mengatur tingkat performa laptop ROG dan melakukan tuning manual sesuai kebutuhan eksperimen AI. Beberapa laptop ROG bahkan memungkinkan matikan core CPU tertentu untuk optimalitas eksperimen AI.

Baca juga:

Cara Mudah Belanja di Alfamart dengan Memanfaatkan Uang Kembalian

Gahar Tanpa Kompromi, Berapa Harga ASUS ROG Phone 7?

maria-g-soemitro.com






13 comments

  1. Asus emang keren bangeeeet...
    semakin kesini semakin cakep desain dan speknya, harganya juga worth it.
    Duuuuh, liat asus yang di rumah, jadi pingin tukar tambah deh, hihii

    ReplyDelete
  2. Asus emang keren bangeeeet...
    semakin kesini semakin cakep desain dan speknya, harganya juga worth it.
    Duuuuh, liat asus yang di rumah, jadi pingin tukar tambah deh, hihii

    ReplyDelete
  3. Istirahat jadi gak perlu lama lama ya kalau baterai lagi cas laptop Asus . Mood bisa kembali semangat kerja. Kalau lama menunggu suka bobo saat cas laptop

    ReplyDelete
  4. Laptop ini nih yang mumpuni untuk digunakan, bukan dukungan fiturnya aja yang kece tapi performa juga ciamik ya

    ReplyDelete
  5. Saya ikut bangga juga karena ini laptop ASUS Pertama yang diproduksi di Indonesia. Terus pas lihat harganya, pas di hati dan jiwa. Dengan harga 6 jutaan, sudah mempunya performanya yang mumpuni.

    ReplyDelete
  6. Suka banget dengan judul artikel dan juga aline pertamanya... Sangat menggoda. Kelihatan banget ya kalau blogger senior, hehehe...
    Kebetulan nih, anak kedua tahun depan mulai kuliah, bisa nih aku rekomendasi laptop ASUS ExpertBook P1 (P1412) yang 100% buatan aseli Indonesia. Cintailah ploduk-ploduk Endonecia

    ReplyDelete
  7. ASUS beneran ngasih banyak pilihan ya Mba?
    Kita sebagai user tinggal menyesuaikan kebutuhan dan budget hehehe
    Kualitasnya juga bagus, batre tahan lama, body-nya ringan dan stylist..

    ReplyDelete
  8. Harga 6.3juta. Spesifikasinya sudah secanggih dan selengkap itu. Memanglah ASUS gak kaleng-kaleng, gak pernah main-main dengan kualitas, selalu mengikuti kebutuhan kekinian dan kemampuan publik. Salut buat tim inovasinya yang terus bergerak maju.

    ReplyDelete
  9. Senang banget pastinya bisa ikutan Gathering ASUS bareng blogger Bandung. Apalagi bisa nyobain garangnya ASUS dan mengoperasikan laptop ASUS yang stylish. Kesempatan emas nih

    ReplyDelete
  10. Mau cari yang layarnya tipis?
    Atau cari yang tahan banting nge-game dengan prosesor ciamik AMD?
    Mau yang kayak apa, udah tersedia lengkap deh ya di ASUS kaya fitur dan awet

    ReplyDelete
  11. Serius seseru itu acara ASUS Blogger Gathering Bandung.
    Karena bisa megang langsung dan merasakan gimana kerennya ASUS berbagai tipe.
    Rasanya Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402) ini cakeep gak ada lawan.

    ReplyDelete
  12. Emang boleh? boleh dong hehe... Asus emang gak ada matinya ya soal inovasi dan pembuatan produk baru berkualitas. Laptop mulai dari ayah, ibu dan beberapa saudara banyak yang pakai Asus, termasuk dalam pekerjaan sekolah pun saya pake Asus. Emang keren sih.. makasih ulasannya kak.

    ReplyDelete
  13. Sebagai pengguna Asus slalu puas sih dgn performa laptopnya. Jdi bkin ganti terus kan klo tau ada keluaran tipe terbaru laptopnya.

    ReplyDelete