Telah Tiba Zenfone 10, dan Nikmati Smartphone yang Sesungguhnya

    
maria-g-soemitro.com

Telah Tiba Zenfone 10, dan Nikmati Smartphone yang Sesungguhnya 

Punya smartphone? Hehehe pertanyaan yang aneh ya? Hari gini semua orang punya smartphone, mulai dari penjual pisang goreng hingga presiden Indonesia. Tujuan pemakaiannya aja yang berbeda.

Tentang istilah “smartphone” sendiri, punya kebingungan gak? Menurut wiki, smartphone merupakan perangkat ini menggabungkan fungsi beberapa perangkat tradisional menjadi satu perangkat kompak. Dengan menggunakan smartphone, tugas-tugas kompleks menjadi lebih mudah.

Jadi seharusnya kita gak butuh tas saat bepergian dong ya? Cukup memasukkan smartphone ke dalam saku, maka semua kebutuhan terpenuhi, mulai dari kerjaan, relasi sosial, transaksi, hiburan, serta masih banyak lagi.

Sayangnya, ya sayangnya, smartphone yang sekarang beredar umumnya berukuran besar. Gak nyaman digenggam dan gak nyaman ketika dimasukkan ke saku. 

Termasuk smartphone yang saya miliki. Selain ukurannya terlalu besar, kapasitas penyimpanan terlalu kecil. Bikin pusing content creator seperti saya. File mau dihapus, kok takut masih butuh. Tapi jika dipertahankan kok kapasitasnya jadi full, gak bisa ambi konten lagi.

Baca juga

Pengalaman Membeli Domain XYZ di Qwords

Migrasi ke Google Analytics 4 yang Bikin Kepala Senut-senut

Daftar Isi

Kala Smartphone Tidak Sesuai dengan Penggunanya

ASUS Zenfone 10, Smartphone yang Sesungguhnya

  • Compact Design
  • Performance yang Mumpuni
  • Fotografi yang Cerdas
  • Experience yang Melenakan

Beruntung David Brendi, pemilik akun Gadgetin me-review ASUS Zenfone 9 di channel Youtubenya. Udah sekitar 10 bulan silam sih, tapi baru saya buka lagi ketika smartphone yang saya miliki jatuh ke kolam.

Ya, jatuh ke kolam yang berisi air setinggi telinga. Ngenes banget!  HP ini gak tahan air. Dulu sih pertimbangannya, paling basah kehujanan, bisa segera dikeringkan.

Ternyata nasib berkata lain. HP masuk ke air kolam dan gak bisa diselamatkan. Dengan ngeri saya melihat jeroan HP menyembul melalui covernya.

Sudahlah, percuma meratapi nasib. Ambil hikmahnya aja. Agar memilih HP sesuai kebutuhan, jangan tergiur tawaran produsen.

Buat apa beli HP berlayar lega tapi malah susah digenggam dan berakhir di kolam? Beli smartphone kan untuk menunjang aktivitas, bukan sekadar bergaya. 

Nah, sesuai review David, saya mantap pilih ASUS Zenfone 9 yang desainnya compact sehingga mudah digenggam. Zenfone 9 juga punya banyak spek yang saya butuhkan. Sayangnya produk lama ya? Apakah masih ada di pasaran?

Rupanya ASUS mendengar kegalauan saya. baru-baru ini ASUS merilis  Zenfone 10 dengan desain compact yang saya butuhkan. Bahkan lebih! 

 ASUS Zenfone 10, Smartphone yang Sesungguhnya

Sesuai gerundelan saya di atas, bahwa seharusnya cukup bawa smartphone di dalam saku ketika bepergian. Saya pun berandai-andai berangkat dari rumah di Cinanjung, Kabupaten Sumedang ke pusat Kota Bandung, hanya berbekal ASUS Zenfone 10 berwarna merah.

Mengapa merah? Karena sudah lama mendamba punya HP berwarna merah. Kebetulan banget  ASUS Zenfone 10 menyediakan warna merah, atau lebih tepatnya Eclipse Red, selain 4 warna lain, yaitu: Midnight Black, Starry Blue, Aurora Green, Comet White.

Nah seasyik apa bepergian dengan hanya berbekal ASUS Zenfone 10?

   

maria-g-soemitro.com

1. Compact Design

Mengusung tagar Mighty on hand, ASUS Zenfone 10 terasa ramping dan nyaman digenggam. Padahal ukurannya gak sekecil HP jadul lho. 

Zenfone 10 memiliki size 5.9”, berat 172g dan lebar 68.1mm < 70mm, Zenfone 10 nyaman digenggam. Pas masuk kantong. Tanpa terlihat menggembung atau mengganggu gerak/aktivitas selama perjalanan dari rumah menuju pangkalan bus Trans Metro Pasundan (TMP).

Oiya tentu saja, saya gak perlu bawa power bank, karena baterai 4300 mAh8 yang ditanamkan pada Zenfone 10, mampu berdaya selama 21, 7 jam atau unggul 13 persen dari pendahulunya, Zenfone 9. 

Untuk pengisian daya, pengguna Zenfone 10 mendapat fasilitas pengisian daya nirkabel 15 watt.  Dengan custom charging limit – Lower charging limit to 90% or 80%, gak heran Zenfone 10 dijuluki sebagai King of compact phone battery life.

Jadi, sesuai rencana awal, hanya membawa smartphone sebagai senjata perjalanan Cinanjung – Bandung dan kembali lagi ke Cinanjung, Zenfone 10 sangat bisa diandalkan. 

   

maria-g-soemitro.com

2. Performance yang Mumpuni

Gak sekadar nyaman dipegang, performance smartphone juga harus mumpuni. Perjalanan dengan bus yang gak bisa diduga, seperti lalu lintas macet yang membuat perjalanan Cinanjung – Bandung menghabiskan waktu 3-4 jam, penumpang bus yang ternyata membludak sehingga saya harus berdiri.

Agar gak bete dan efisien waktu, penting banget punya smartphone yang multitasking. Terlebih untuk content creator. Waktu adalah algoritma media sosial yang harus digunakan sebaik mungkin.

Di mana pun, kapan pun, harus bisa sret …sret, scroll … scroll, untuk blog walking (BW) atau Instagram walking (IW), atau buka email dan balas email. Semua dikerjakan dengan satu tangan, karena tangan yang lain mencengkeram pegangan tangan bus.

Hal tersebut dimungkinkan dengan ditanamnya Snapdragon 8 Gen 2 pada Zenfone 10. Sebagai chipset yang hanya dimiliki smartphone flagship Android, Snapdragon 8 Gen 2  membuat kinerja CPU menjadi 35% lebih cepat dari generasi sebelumnya, dengan efisiensi daya 45 persen lebih baik. Serta kinerja GPU 25% lebih cepat dengan efisiensi daya 45% lebih baik.

Fitur ZenTouch 2.0  juga ditanamkan pada Snapdragon 8 Gen 2. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi tanpa perlu menyentuh layar. ZenTouch 2.0  merupakakan implementasi dari teknologi gesture atau gerakan, yang memungkinkan pengguna mengontrol berbagai fungsi smartphone dengan gerakan tangan di dekat smartphone.

  

maria-g-soemitro.com

3. Fotografi yang Cerdas

Mendadak melihat peristiwa menarik? Atau justru peristiwa horror seperti pelecehan atau pencurian? Sebagai pengguna  Zenfone 10, saya bisa segera merekam dengan hasil memuaskan.

Karena Zenfone 10 dilengkapi kamera 50 MP ldengan 6-Axis Hybrid Gimbal dan Stabilizer 2.0. Fitur yang memungkinkan pengguna bisa bergerak leluasa saat merekam objek. Sangat adaptif,  termasuk ketika bus yang saya tumpangi bergoyang-goyang ketika melewati jalan yang tidak mulus.

Snapdragon 8 Gen 2 yang tertanam pada Zenfone 10 melakukan berbagai macam fungsi controller, didukung RAM 8GB/128GB dan 16GB/512GB (tersedia 2 pilihan), pengguna bisa leluasa menyimpan hasil rekaman, maupun editannya.

Sering live streaming di TikTok atau media sosial lain? Wajib banget pakai smartphone sekaliber Zenfone 10 yang hasilnya jernih dan crunchy sehingga mampu membuat penonton betah.

Jangan lupa, selalu pastikan lensa kamera smartphone dalam keadaan bersih sebelum melakukan sesi pemotretan. Bebas dari debu, bekas sidik jari, atau yang lainnya. Supaya hasil foto bisa selalu terlihat jernih.

   

maria-g-soemitro.com

4. Experience yang Melenakan

Smartphone harusnya tahan air ya? Sesuai dengan namanya “smartphone”. Apabila ada gadget yang rusak karena masuk kolam (seperti yang saya alami), namanya bukan “smartphone” melainkan “telepon genggam”.😊😊

Hahaha rasanya masih kesel jika ingat HP yang rusak sesudah jatuh ke kolam. 

Dan Zenfone 10 jelas bukan sekadar telepon genggam, smartphone ini dibekali dengan IP68 water resistant, sehingga ketika masuk kolam berisi air sedalam 2-3 meter, smartphone Zenfone 10 tetap bergeming, menunjukkan kehandalannya. Tapi jangan disengaja masuk kolam ya?

IP68 water resistant sangat dibutuhkan saat pengambilan atau video dan mendadak hujan turun. Gak perlu menunda, asal pastikan mengelap  Zenfone 10 hingga kering pasca pemakaian.

Layar AMOLED dengan refresh rate 144 Hz menjadi fitur ASUS Zenfone 10 yang peling memanjakan, khususnya buat saya, karena bisa nonton drama Korea sepuasnya. Kegantengan dan kecantikan actor/aktrisnya dapat dinikmati dengan jelas, demikian pula latar belakang drama dan musiknya.

Tak terkecuali penggemar gaming ya? Bakal tambah betah deh.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia saat rilis ASUS Zenfone 10 menjelaskan dengan bangga:

“Tahun ini, kami bangga dapat memperkenalkan ASUS Zenfone 10 di Indonesia. Dimana smartphone ini adalah wujud komitmen ASUS dalam memberikan teknologi terdepan kepada masyarakat Indonesia. Dengan daya, gaya, dan inovasi yang dihadirkan oleh Zenfone 10, kami yakin dapat menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengguna di Indonesia. 

Dengan desain compact namun bertenaga, didukung oleh chipset Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform terbaru, serta kemampuan multitasking yang lancar, Zenfone 10 terbaru akan membawa pengalaman yang tak tertandingi. Sistem kamera yang disempurnakan di dalam satu gengaman memberikan hasil yang luar biasa, sementara fitur cerdas yang lebih canggih akan meningkatkan setiap aspek pengalaman para pengguna."

Tertarik memiliki Zenfone 10 saya? Berikut daftar harganya:

Launch Sales Promo

Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.

Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.


Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :

Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.

Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.

Baca juga:

Penting!! Raih Cuan Berlimpah dengan Tribelio

Gahar Tanpa Kompromi, Berapa Harga ASUS ROG Phone 7?


Tulisan ini diikutsertakan dalam Zenfone 10 Blogwriting competition di blog Travelerien

21 comments

  1. Membaca info tentang ASUS Zenfone 10 ini saya langsung melirik HP jadul ASUS yang saya miliki, mupeng banget dengan spesifikasi yang ditawarkan, pengen jajal kameranya.

    ReplyDelete
  2. Setelah menikmati HP dengan layar yang besar, rasanya rindu sekali dengan HP berlayar sederhana yang pas di kantong namun tetap dengan spek yang paling dibutuhkan saat ini untuk membuat konten. Pilihan paling tepat adalah produk terbaru dari ASUS, yakni Zenfone 10.

    ReplyDelete
  3. imutnya ini ponsel tetapi punya prosesor yang gahar buat bisa digeber urusan nge-game maupun bikin konten.

    Semoga bisa punya 1 unitnya, aamiin

    ReplyDelete
  4. Saya ingat di satu masa, ketemuan sama Katerina dan Deddy Huang. Tahun lalu kalo gak salah. Mereka anggota Blues dan kebetulan bawa ASUS ZENFONE 9. Ikut dong nyobain. Duh tergoda maksimal. Apalagi gedenya yang tenggelam banget di telapak tangan saya. Hasil fotonya keren, terutama untuk efek portraitnya. Waktu itu Rien/Deddy bawa yang warna hijau. Aaaiihhh warna favorit saya itu.

    Jadi saat yang seri 10 keluar dan membaca beberapa tulisan tentang spesifikasinya, saya yakin seri terbaru ini pasti jauh lebih baik dari seri sebelumnya. Keren lah ASUS. Selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  5. Asus makin kece aja ya, Mbak. Kemarin sempat lihat preview dosbox Asus yang tampilannya unik banget, apakah Zenfone 10 jadi salah satu smartphone Asus yang pakai dosbox tersebut ya? Bentukan dosbox-nya gamer abis 😅

    ReplyDelete
  6. Mantap banget ya speknya Zenfone 10 ini, plus warnanya itu loh yg gemes bgt aku tuh sm yg biru dan hijaunya, buat main game juga oke nih

    ReplyDelete
  7. Aku sebagai pengguna Zenfone 9 udah merasa hape itu nyaman dipake karena compact. Nah, sekarang muncul Zenfone 10 bikin aku merasa aku perlu punya juga. Apalagi ada warna ijo lumutnya cute sekali, Ambu. Jadi pengen punya…

    ReplyDelete
  8. Aku pernah genggam dan mencoba Zenfone 9 nya Mbak. Pernah rekam video juga. Hasilnya sungguh apik luar biasa. Jadi dengan berbagai upgrade di Zenfone 10, hasilnya pasti jauh lebih baik lagi. Dengan asumsi bahwa inner capabilitiesnya tentunya meningkat secara otomatis.

    Ukuran dan pilihan warna-warnanya juga keren-keren banget. Naksir dengan yang hijau. Pinggirannya juga mantab dipegangnnya. Anti slip dan terlihat kokoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Larut baca cerita Ambu jika bepergian dengan Asus Zenfone 10 ini. Seru banget. Dan yah ku setuju, kita butuh smartphone yang bukan sekadar untuk gaya tapi dapat menunjang aktivitas dan itu bisa kita dapatkan dari smartphone canggih ini ya. Spesifikasinya keren banget. Jadi pengen juga deh punya Zenfone 10

      Delete
  9. ASUS Zenfone 10 mantap betul performanya. Dari sisi fitur juga kekinian banget ya. Naksir dan bikin mupeng. cuma kantong dompet sy yg harus diperlebar, hhhhe. Biar bisa meminang si zenfone 10 ini

    ReplyDelete
  10. ASUS Zenfone 10 mantap betul performanya. Dari sisi fitur juga kekinian banget ya. Naksir dan bikin mupeng. cuma kantong dompet sy yg harus diperlebar, hhhhe. Biar bisa meminang si zenfone 10 ini

    ReplyDelete
  11. ASUS tuh salah satu jenama mobile dan smartphone yang aktif banget memproduksi sesuatu yang berkualitas dengan deskripsi yang mengikuti kemajuan jaman dan ketertarikan konsumen. Salut banget deh. Selalu ada kelebihan-kelebihan yang bikin kita tertarik.

    ReplyDelete
  12. Emang mantap sih inovasi dari Zenfone ini apalagi Zenfone 9. Saya paling suka point performance sih. Ayo terus berinovasi ya Zenfone.

    ReplyDelete
  13. Zenfone 10 ini keren emang , gambar fotonya tajam dan videonya no shake stabil banget cocok buat konten kreator dan pastinya wajib punya nih

    ReplyDelete
  14. Jujur sih saya belum pernah coba pake zenfone 10 dari Asus ini, cuma baca review kakak di atas ternyata gahar juga ya untuk ngegame... mantap sekali.

    ReplyDelete
  15. Bagus banget ini Zenfone 10 gambarnya jernih fotonya tajam euhh mupeng banget saya deh ..bagus nih buat ngonten semoga kebeli deh ya Amin YRA

    ReplyDelete
  16. Kabar bahagia sih ini untuk bloger atau content creator karena kamera bagus, jernih apalagi bentuknya ramping dan nyaman digenggam ke mana-mana. Bisa diajak sat set ya Mba..

    ReplyDelete
  17. Smartphonenya kecemplung kolam, duh sedih ya.
    Eh tapi kan ada hikmahnya, jadi buka-buka lagi review Zenfone 10, dan pastinya membagikan di sini.
    Saya juga lebih suka handphone yang muat di saku, jadi praktis kemana-mana nggak perlu bawa tas

    ReplyDelete
  18. Ponsel yang dapat jadi andalan buat bikin konten.

    Kalo pas ambil konten di ruangan yang minim cahaya, keknya bisa sangat mendukung juga ya

    ReplyDelete
  19. Mupeng banget ma smartphone ini. Soalnya Zenfone 10 udah dilengkapi kamera 50 MP dengan 6-Axis Hybrid Gimbal dan Stabilizer 2.0. Pasti bikin video jadi lebih kece.

    ReplyDelete
  20. Zenfone 10 ini pas banget di genggaman ya.. Dan aku baru tau kalau istilahnya compact. INi yang bikin nyaman untuk bekerja dan bermain menggunakan smartphone yang compact, gak kudu repot pakai tangan dua.

    ReplyDelete