Pengalaman Membeli Domain XYZ di Qwords

 

maria-g-soemitro
ilustrasi Canva


Pengalaman Membeli Domain XYZ  di Qwords

Akhirnya punya blog kedua, senangnyaaa…. Blog bernama: nyiomas.xyz ini sudah lama ingin saya aktifkan, karena blog utama, Curhat si Ambu, sudah terlalu nano-nano, semua tema masuk, sampai saya kebingungan hehehe 😀😀😭😭

Memindahkan sebagian tema, khususnya tentang masakan, sudah lama menjadi pertimbangan. Akun Instagram seputar pernak pernik kuliner sudah lama dibuat. bahkan akun facebooknya juga ada. Semua akun, saya namakan ‘Nyi Omas’, jadi kenapa gak sekalian bikin blognya kan ya?

Ada kisah dibalik nama ‘Nyi Omas’. Beberapa tahun lalu saya mengajak saudara sepupu perempuan untuk bergabung dengan kegiatan komunitas yang saya bina. Sebelumnya dia selalu mengurung diri di rumah, minder karena tuna rungu, padahal dia sarjana IT lho.

Namun, dia curhat terpaksa kuliah di jurusan tersebut. Dia lebih menyukai baking dan cooking, sehingga merasa excited banget dengan ajakan saya. Sama-sama senang, saya pun menyiapkan semua hal yang dibutuhkan, termasuk menyiapkan UMKM dengan nama ‘Nyi Omas’, agar sepupu saya mandiri, tidak lagi bergantung pada orang tuanya.

Serta pastinya bakal lebih pede ya?

Baca juga:

InvestasiKu, Cara Cerdas Investasi untuk Pemula

5 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM, Agar Siap Menyongsong Industri 5.0

Daftar Isi:

  • Blog Kedua, nyiomas.xyz
  • Alasan Memilih Domain XYZ
  • Pengalaman Membeli Domain XYZ di Qwords

Sayang, baru 2 bulan, kendala muncul. Sang ibu, atau bulik saya, ternyata beda di mulut dan di hati. Dia bilang mengikhlaskan anaknya, tapi mulut dan sikapnya ‘nggondeli’/mencengkram sepupu saya. 

Hiks sedih juga, karena saya punya kebiasaan, jika punya tujuan tertentu bakal habis-habisan. Termasuk UMKM untuk sepupu saya tersebut. Modal waktu, tenaga dan uang saya limpahkan, demi suksesnya produksi kue, lengkap dengan jalur toko yang akan menampung/membeli hasilnya.

Kadung dirintis, sepeninggal saudara sepupu, saya meneruskan memproduksi bolu gulung dan bitterballen sekitar setahun lamanya. Akhirnya terpaksa angkat tangan. Saya kerja sendirian, gak punya mitra bisnis yang handal dan sehaluan. Kisahnya akan saya tulis lain kali ya?

UMKM terhenti, tapi kegiatan food blogger saya lanjutkan. Akun Instagram ‘Nyi Omas’ gak pernah sepi dari kegiatan eksperimen cooking, baking dan kulineran.

  

maria-g-soemitro.com
ilustrasi Canva


Alasan Memilih Domain XYZ

Di atas tadi tentang pemilihan nama ‘Nyi Omas’, sedangkan alasan memilih blog kedua dengan domain xyz, dan bukan com atau net karena kebetulan membaca tentang Global Top Level Domain (gTLD) yang baru diperkenalkan pada 2 Juni 2014 ini, berhasil meraup 1,1 miliar pengguna di usia tahun ketiga (2017).

Kebetulan saya suka nyleneh. Ketika teman-teman saya masih berkutat dengan ponsel Nokia Navigator, saya sudah menyukai BlackBerry. Kemudian, saat mereka mulai berpindah BlackBerry, saya mulai menekuni smartphone android. 😕😕😃😃Rasanya excited banget mencoba sesuatu yang baru.

Termasuk domain besutan Daniel Negari yang unik. Konon diciptakan atas dasar pembagian generasi. Huruf X melambangkan generasi kelahiran tahun 1961-1980. Huruf Y untuk generasi kelahiran tahun 1981-1995, dan huruf Y untuk generasi kelahiran tahun 1996-2010.

Saya katakan konon, sebab menurut Kompas.com,  Beresfod Research membagi generasi sebagai berikut:

  • Baby Boomers: kelahiran 1946-1964 dan berusia antara 57-75 tahun pada 2021.
  • Gen X: kelahiran 1965-1980 dan berusia antara 41-56 tahun pada 2021
  • Gen Y atau Millennials: kelahiran 1981-1996 dan berusia antara 25-40 tahun pada 2021
  • Gen Z: kelahiran 1997-2012 dan berusia antara 9-24 tahun pada 2021. 

Selain unik dan mudah diingat, berikut ini kelebihan domain xyz:

1. SEO Friendly

Sebagai pemilik blog, penting banget memastikan domain yang dibelinya SEO Friendly. Ternyata Alphabet, nama perusahaan baru Google yang menaungi seluruh produk besutannya menggunakan ekstensi xyz sebagai website company profile, sehingga gak perlu takut ya ?

2. Fleksibel Untuk Website Apapun

Tidak seperti .com yang diplot untuk komersial, .org untuk organisasi, .co.id untuk perusahaan resmi di Indonesia, ekstensi .xyz fleksibel untuk website apapun, mulai dari website kecantikan, edukasi, bisnis, toko online, hingga organisasi.

3. Masih Banyak Pilihan

Ingin punya nama domain premium? Bisa banget! Domain premium yang hanya terdiri dari 3-5 karakter ekstensi xyz, bisa dibeli dengan harga normal. Karena belum banyak yang tertarik menggunakan ekstensi xyz ini.

Bandingkan dengan ekstensi populer seperti .com, .net .id atau .co.id, yang pilihan katanya relatif mulai susah didapatkan.

Salah satu pengguna ekstensi xyz dengan 5 karakter adalah Gavin Belson, pemeran dalam serial TV Silicon Valley, yang mempunyai project Bernama Hooli.xyz.

 

maria-g-soemitro.com
ilustrasi Canva

Pengalaman Membeli Domain XYZ di Qwords

Bukan tanpa sebab saya memilih Qwords untuk membeli layanan domain xyz. Penyedia layanan hosting yang masuk 5 besar di Indonesia ini menjadi sasaran saya sewaktu 5 tahun yang lalu, membeli domain untuk blog ‘Curhat si Ambu’.

Alasannya? Sangat konservatif! PT. Qwords Company International didirikan oleh Rendy Maulana, alumni Institut Teknologi Bandung, mempunyai kantor (dulu) di gedung Graha Pos Indonesia - Jl. Banda 30 Bandung, sehingga saya bisa nanya-nanya atau berkonsultasi, maklum gaptek berat.

Sekarang, Alhamdulilah gak segaptek dulu, dan perkembangan komunikasi sudah maju pesat. Daripada bermacet ria ke kantor Qwords di Jalan Sukajadi Bandung, mending membeli via online. Malah, sesudah membaca tutorialnya, nampaknya saya bisa pasang sendiri nama domainnya deh. 😊😊

Namun, dengan banyak pertimbangan (bakal lama dan kepala jadi nyut-nyutan), saya memilih membeli domain sekaligus layanan pemasangannya (Layanan Extended Support).

Berapa harga domain nyiomas.xyz? Masih murah, Rp 34.000, ditambah convenience fee (karena menggunakan e-wallet Ovo) sebesar Rp 510, dan pembulatan, dan PPN 11 % Rp 3.796,10, jadilah saya membayar Rp 38.307,00\

Gak pakai lama, domain nyiomas.xyz pun jadi milik saya. Yang memakan waktu ternyata layanan pemasangannya. Seingat saya dulu saya langsung membayar 2 layanan ini sewaktu transaksi offline di Gedung Graha Pos.

Tidak demikian halnya sewaktu saya mempraktekan transaksi online. Beli dulu domainnya, baru minta bantuan pemasangannya. Seperti mau ngecat rumah, beli dulu catnya, sesudah itulah barulah panggil dan bayar tukang cat.

Hehehe dianalogikan ngecat rumah karena prosesnya seperti itu. Setelah mengantongi domain nyiomas.xyz, saya mengajukan permintaan untuk layanan extended support, yang ternyata lebih mahal, yakni Rp 75.000 ditambah PPN, jadi Rp83.250,00.

Daripada gulang guling kepala pening, mending beli layanan lah ya? Sebab ini pun bikin nyut-nyutan. Setelah gak nyaman ngobrol di web Qwords, saya minta ngobrol langsung aja via WhatsApp.

Kuplek-kuplek, ditambah propagasi yang saya search ternyata artinya ini:

Propagasi dns adalah masa tunggu pengenalan DNS pada domain, dari koneksi internet yang mengakses domain tersebut. Pada umumnya propagasi DNS tersebut kurang lebih 1-48jam dan setiap provider koneksi internet berbeda-beda waktu propagasi dns tersebut.

Kata staf Qwords sih sekitar 30 -60 menit, ternyata hingga berjam-jam gak bisa! Sementara ada email masuk dari Qwords yang bilang layanan mereka telah selesai.

Duh, gimana ini? Ditambah link blog baru saya masukkan dalam daftar BW. Salah saya sih ya, gak memperhitungkan waktu BW dan pemasangan domain baru.

Berungkali petugas Qwords memberi saran, mulai dari clear cache dan cookies, mengubah browser ke mode private/incognito, mengganti browser (gak kurang 3 browser baru saya install).

Kepanikan bertambah kala blog gak bisa juga diakses. Ingatan akan Mbak Nanik muncul saat laman menampilkan Error 404 Not Found, karena Mbak Nanik pernah menulis tentang error 403.

“Mbak, tolong link error 403-nya,” tanya saya (histeris dalam hati), tapi kan 404 beda dengan 403 ya? Untunglah Mbak Nanik sangat tenang, teman blogger yang hebat dalam IT ini, memberi beberapa saran saat link yang dimaksud staf Qwords bisa dibuka di laptop Mbak Nanik.

Selain menghapus data penjelajahan, Mbak Nanik menyarankan restart laptop, dan …. berhasil, horeee….dan Mbak Nanik pun tenang bisa makan. Duh demi membantu saya, Mbak Nanik tercinta menunda waktu makan. Maaf ya Mbak, dan terimakasih banget lho.🙏🙏💗💗

Sudah ceritanya?

Belum. Beberapa hari kemudian, saya ingin menulis pengalaman membeli domain xyz, jadi harus membuka beberapa artikel tentang domain ini dong ya?

Ternyataaa…… ekstensi domain xyz hanya murah ( saya membeli Rp 34.000/tahun) di awal. Tahun depan saya harus membayar perpanjangan domain antara Rp 250 ribu – Rp 350 ribuan pertahun. Jauh lebih mahal dari domain .com yang hanya Rp 165.000/tahun sebelum PPN.

Walah mau nyleneh dan murah kok malah mahal?

Nasib gak cukup riset.😭😭

Jangan ditiru ya? 😀😀

Baca juga:

Banyak Sukanya, Pengalaman Berbelanja di 5 Aplikasi Marketplace

Agar tak Jadi Korban, Yuk Belajar Hak Digital di Padepokan Safenet

30 comments

  1. Hehe iya Ambu. Sudah beberapa kali juga dengar kalau ekstensi domain xyz emang cuma murah di awal saja. Untuk perpanjangannya memang lebih mahal dari .com tapi kalau udah terlanjur suka yaa. Semoga ada rejeki juga untuk blog keduanya. Btw saya juga langganan domain di Qwords untuk extensi .com dan .my.id, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak. Semoga aku juga ada rizki, waktu dan tenaga buat bikin blog kedua. Penfen juga pakai domain xyz.

      Delete
  2. Saat pertama kali liat blog dengan domain xyz terus terang aku ngerasa aneh. Nggak umum aja haha. Tapi setelah baca tulisan ini banyak juga benefitnya ya. Apalagi di poin lebih ramah SEO itu.

    Ini lagi ngebayangin kalau blogku ganti domain jadi omnduut dot xyz haha, unik dan menarik.

    ReplyDelete
  3. Samma Ambu, akupun ada domain xyz. Lebih mahal dikit kok sama .com. Beda provider beda harga kayaknya...

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu soal makna XYZ itu ternyata mewakili generasi. Saya ngga riset soal ini hehe. Tapi dulu pernah mau nyoba pakai omain xyz, dan kebetulan saya sempat cek harganya. Emang lebih mahal dibanding .com hehehe. Mudah2an bisa balik modal ya Ambu. Seenggaknya ada kepuasan dalam hati lah.

    Ohya, saya juga udah ngintip blog sebelah, blog Nyi Omas. Udah ada 3 artikel aja ya.. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Baru tahu juga nih maknanya ternyata meliputi 3 generasi ya. Gen X, Y dan Z

      Delete
  5. Jujur sih saya sendiri blm siap pake domain xyz karena menurut study lain yg sy baca dan lihat langsung juga menyebut domain xyz itu sering dipake untuk website2 spam. Mudah2an gk bener. Btw, apapun domainnya gk masalah yg penting nulisnya jalan terus.

    ReplyDelete
  6. Unik banget sih pemilihan XYZ nya. Seru sih jika dikaitkan dengan 3 generasi yang masih dan sedang berjalan saat ini. Tapi memang perlu waktu untuk terbiasa dengannya ya Mbak.

    Saya juga sempat kepikiran untuk membuat 2 blog dengan niche yang berbeda. Tapi takut dengan keterbatasan waktu yang ada. Takut keteteran dan tidak terurus hahahaha. Pengen sih tapi belum bisa memanage waktu menulis dengan 2-3 pekerjaan lainnya.

    ReplyDelete
  7. Berarti harganya nyaris mendekati mahalnya .id ya Ambu?
    Yang penting sih tetap SemangatCiee menulis, welcome blog baru

    ReplyDelete
  8. Domain xyz lagi trending untuk semua niche, PT. QWORD keren 5 besar.

    ReplyDelete
  9. Wah selamat atas blog barunya. Cukup unik ya pakai xyz, boleh aahhh nanti untuk blog kedua aku hehe

    ReplyDelete
  10. aku blom pernah nih nyobain domain xyz mba. sepertinya lebih mahal ya mba? krn udhs eo friendly

    ReplyDelete
  11. Baru tahu juga nih domain XYZ, konon katanya sering dipake untuk website-website spam, bagi saya yang terpenting adalah cara menulis yang baik dan tentunya dapat cuan hehehe

    ReplyDelete
  12. Unik yaa, Ambu...
    Apakah di penyedia jasa domain hosting harganya juga sama?

    Karena aku juga baru pindah domain, karena harganya dari tahun menurutku gak masuk akal. Padahal blogku kan gak butuh hosting, kudunya gak perlu sewa hosting.

    Mantap berpindah dan hikmahnya.. alokasi dana untuk blog baru.
    Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  13. Walaupun biaya tahun keduanya lebih mahal ketimbang yang dot com, tapi SEO friendlynya bisa banget dijadikan pertimbangan ya bu. Aku pribadi punya 2 blog lainnya, tapi sejauh ini masih belum dibeliin domain. Soalnya "cuma" galeri kartu pos aja. Tapi kalau nanti berubah pikiran mau diTDLkan bisa banget ini dot xyz jadiin pertimbangan. Tulisannya lengkap banget!

    ReplyDelete
  14. Apapun jenis domainnya bagi saya sih tetap semangat dan memberikan tulisan yg terbaik ..

    Jadi ya dicoba aja dulu domain xyz bila gak cocok yg jgn diperpanjang

    ReplyDelete
  15. Ternyataaa…… ekstensi domain xyz hanya murah ( saya membeli Rp 34.000/tahun) di awal. Tahun depan saya harus membayar perpanjangan domain antara Rp 250 ribu – Rp 350 ribuan pertahun. Jauh lebih mahal dari domain .com yang hanya Rp 165.000/tahun sebelum PPN. Awalnya liat harga 34rb hampir tergoda.

    Nah soal ini saya juga pernah ambu, hemat di tahun pertama kemudian tekor ditahun berikutnya wkwkwk.

    Tapi setelah itu jadi pelajaran. Kalo ada promo saya tanya tahun berikutnya. Eh trnyata klo perpanjang 3 tahun lgsg diskon 80%. Yowess bungkuss ngga perlu mikir biaya untuk 3 tahun kedepan hehee

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu soal xyz ini ambu, aku juga beli d qwords dan dulu promo murah kesininya hampir 200k untuk. Com heheheh ya gpp ambu udah dibeli moga rezeki nya makin lancar aamiin

    ReplyDelete
  17. Kalau dari harga perpanjangannya mirip .id ya kurang lebih?
    Yang penting mah semangat dan konsisten dengan konten masaknya Ambu

    ReplyDelete
  18. Xyz ini seo friendly juga ya jadi bisa mempermudah blogger. Aku kira awalnya xyz ini tidak seo friendly hehe. Semoga Ambu semakin semangat lagi berbagi informasinya dan menulisnya.

    ReplyDelete
  19. Lagi inget-inget. Kayaknya saya pernah blogwalking ke blog Mbak Maria yang nyi omas itu. Sempet perhatiin juga kalau itu .xyz. Memang terkesan unik. Tapi, saya baru tau juga kalau ternyata perpanjangannya mahal

    ReplyDelete
  20. Bermanfaat sekali Mba. Saya juga baru tahu kalau domain .xyz ini meliputi 3 generasi...hehe, lebih-lebih informasi biaya di bagian akhir itu juga penting banget, siapa tahu nanti akan punya blog kedua :)

    ReplyDelete
  21. Dahulu sebelum didomain tld kan kesulitan settingnya, berkat panduan penyedia domain jadi nyaman. Domain xyz nya tampak keren.

    ReplyDelete
  22. Wah asyik, selamat ya Ambu pasti senang dengan blog baru, makin semangat menulis karena Niche sudah tertata.

    ReplyDelete
  23. Memang iya sih Ambu saya juga dengar kalau domain xyz perpanjangannya lebih besar dari domain .com. Saya juga punya blog kedua yang nichenya khusus food dan travel tapi bukan pakai.com sih

    ReplyDelete
  24. Biasanya iya kita kemanakan promo kak... Ternyata tahunannya lebih mahal ya... Tadi udah sempet tertarik baca ditengah2, mau buat juga blog.. eh pas baca terakhir ya kok pertahunnya jatuhnya mahal

    Terus semangat kak...🙂

    ReplyDelete
  25. Baru mau bilang XYZ nih paling murah, sempet mau beli buat blog, tapi ragu-ragu karena kok kesannya kaya gak komersil gitu ambu. Wah ternyata mahal juga ya untuk perpanjangannya. But, terimakasih lho ambu sudah mau berbagi pengalaman ini, jadi banyak tau

    ReplyDelete
  26. Sama nih Ambu.
    Tapi kalo Aku bukan pengen nyeleneh, tapi pengen harga diskon.
    Awalnya bener, tagihan 168ribu. Tus tahun depannya jadi 350an padahal blognya blogspot.

    Ini meng-kaget parah sih...
    Abis itu tahun ke 4, gakkuat, pindah hosting.

    Alhamdulillah,
    Kini normal kembali. Jadinya yang 350 bisa buat menghidupi 2 blog, sekarang.


    Senangnyaa~
    Punya ruang bermain sesuai kebutuhan menulis.


    Selamat berkarya, Ambu.

    ReplyDelete
  27. wah enak kalau bisa beli domain sekalian masanginnya ya Mba. Karena memang kadang bikin pusing pas harus copy paste code dan lain sebagainya. Jadi bisa ada nilai plus nih di Qwords karena bisa dipasangin sekalian jadi kita tinggal terima beres ajah

    ReplyDelete
  28. waktu mau domainkan blog ketiga, saya sempat ingin memilih domain xyz ini, namun karena biaya perpanjangannya mahal, terpaksa saya batalkan dan memilih my.id yang murah meriah, hehehe

    ReplyDelete