Banyak Sukanya, Pengalaman Berbelanja di 5 Aplikasi Marketplace

    
maria-g-soemitro.com

Banyak Sukanya, Pengalaman Berbelanja di 5 Aplikasi Marketplace

Pernah merasa menjadi ‘manusia jadul’ yang hidup di abad digital? 

Sekitar 4 tahun lalu saya mengalaminya. Kala charger laptop rusak, alih-alih mencari dan membelinya di marketplace, saya malah pergi ke pusat belanja elektronik terbesar di kota Bandung. Menyedihkan bukan?

Semula saya memang kurang akrab berbelanja secara online. Saat teman-teman asyik membicarakan hari belanja online nasional (harbolnas) dan event belanja online murah lainnya, saya bergeming. Walau konon, di event tersebut harga barang hanya Rp 10 atau bahkan Rp 1, saya tak mau membeli barang yang tak saya butuhkan.

Baca juga:

Kok Orang Cina Banyak yang Kaya, Sih? 

5 Tips Belanja Hemat di Supermarket

Daftar Isi:

Jangan Jadi Manusia Jadul di Abad Digital

  1. Peralatan Elektronik dari Bukalapak
  2. Belanja Baju di Zalora
  3. Blibli, Hadiah Laptop dari Ananda
  4. Shopee, Sepatu Lebaran dari Ananda
  5. Tokopedia, Dari Oven Listrik Hingga Pot Tanaman

Berkat Wifi Cepat dari IndiHome, Aktivitas Belanja jadi Mudah

Sikap yang saya sesali  di kemudian hari.  Iya sih, belanja harus sesuai kebutuhan. Namun bukan berarti gak peduli. Terbukti, banyak manfaat yang saya peroleh setelah akrab berbelanja di marketplace. Diantaranya, produk yang sulit ditemukan di toko offline, ternyata banyak tersedia di marketplace.

Terlebih ketika badai pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, tatkala pemilik toko offline bertumbangan karena sepi pembeli, omzet penjualan online justru meningkat tajam. 

Salah satunya penjual online yang menyewa sepetak kamar di seberang rumah saya. Selama pandemi, mobil pengangkut barang hilir mudik setiap hari. Karyawannya bertambah. Akhirnya dia pindah untuk menyewa rumah yang lebih besar.

Terbukti, internet menyatukan Indonesia. Walau Indonesia diterjang pandemi Covid-19, namun perekonomian dan beberapa sektor tekait terkait kesejahteraan masyarakat bisa berjalan.

Berkat internet pula, aktivitas belanja saya jadi mudah, berikut diantaranya:

  

maria-g-soemitro.com

Peralatan Elektronik dari Bukalapak

Apa yang paling ditakuti seorang blogger? Lambatnya akses internet dan rusaknya salah satu senjata (laptop atau smartphone). Rasanya kiamat kecil, deh. Seperti kejadian 4 tahun silam, setelah baterai laptop, chargernya pun ikut rusak.

Segera saya berkemas, berangkat ke pusat elektronik Bandung untuk membeli charger laptop. Keputusan yang salah! Delapan tahun silam, brand laptop saya memang merajai pasar, tapi kini sudah bergeser, pasar laptop dikuasai brand yang memahami kebutuhan pengguna dengan menyediakan berbagai varian.

Imbasnya, tenant yang saya kunjungi hanya menggelengkan kepala. Ada yang menyanggupi, tapi mereka membutuhkan waktu 1-3 minggu untuk pengadaan charger laptop. Dengan kata lain, saya baru bisa bekerja normal sekitar 3 minggu lagi.

Wah, bagaimana ini? Saya tidak mau mempertaruhkan kredibilitas dengan alasan laptop rusak. Setiap tugas harus dikerjakan secara profesional dan tepat waktu, baik kerja sosial maupun berbayar.

Saat itulah saya mendengar pengunjung lain yang sedang berbincang dengan temannya: “Kemarin saya lihat di BL, harganya lebih murah.” Ups, kok jadul banget ya saya? Di abad digital gini kok masih blusukan offline untuk mencari charger laptop?

Sementara marketplace, diantaranya Bukalapak, tempat saya akhirnya membeli charger laptop, menyediakan berbagai kebutuhan. Hanya dalam tempo 2  hari sejak saya mencari dan membayar pesanan, charger laptop yang saya butuhkan tiba. Tumpukan pekerjaan pun selesai pada waktunya.

    

maria-g-soemitro.com

2. Belanja Baju di Zalora

Entah mengapa, menurut saya jika membutuhkan fashion terbaru, baik busana, sepatu sampai perhiasan, ya Zalora jawabannya. 

Ternyata gak salah, di profilnya tercantum Zalora adalah destinasi fashion online terkemuka di Indonesia, situs ecommerce fashion yang terbesar di Asia Tenggara.

Karena itu, sudah sejak tahun 2008 saya berbelanja di sini. Tak tergoyahkan walau banyak ecommerce lain menawarkan produk dengan harga jauh lebih murah. Ada harga ada barang. Kesetiaan saya berbuah manis. Saya selalu menerima produk dengan kualitas memuaskan dan tiba tepat waktu. 

   

maria-g-soemitro.com

3. Blibli, Hadiah Laptop dari Ananda

“Ma gak usah beli laptop, nanti saya beliin.”

Siapa yang mimpi mendengar kalimat tersebut dari anak-anak tercinta? Hihihi, suer saya gak pernah berharap, karena itu gak pernah bermimpi. Jika ingin mempunyai suatu barang ya harus usaha sendiri. Apabila harganya mahal, ya harus menabung sampai cukup untuk membeli barang tersebut.

Termasuk ketika laptop saya rusak. Saya mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan yang harganya tidak terpaut jauh dari jumlah tabungan yang saya miliki. Andai terpaksa mencicil, sebisa mungkin jangan terlalu besar nilainya, agar tidak menjadi beban di setiap bulan.

Ternyata tidak mudah. Di marketplace, banyak tersedia laptop yang saya butuhkan. Tapi harganya dua kali lipat jumlah tabungan. Saya pun mulai menyesali hari-hari saya menghamburkan uang untuk belanja bahan masakan. Sebagai food blogger, saya memang sering mencoba resep kue/roti yang memerlukan bahan yang lumayan mahal harganya.

Alhamdulilah anak-anak saya rupanya gak tega. Mereka patungan untuk membeli laptop di Blibli. Aktivitas perburuan laptop saya hentikan ketika 2 hari kemudian terdengar teriakan “paket!”, pertanda laptop baru tiba dan siap digunakan.

   

maria-g-soemitro.com

4. Shopee, Sepatu Lebaran dari Ananda

“Ya udah deh kalo maksa, mama pilih sepatu sandal untuk umroh,” jawab saya setelah berulang kali anak saya membujuk, ingin membelikan hadiah Lebaran. 

Semula saya menolak. Akibat pandemi Covid-19,  banyak barang baru masih menumpuk, belum dipakai karena gak ada kesempatan untuk memakainya. Pengajian offline ditiadakan, diganti pengajian online. Sehingga tak seorangpun tahu, bahwa saya memakai daster dibalik kerudung panjang. (ssttt… jangan bilang-bilang ya? 😀😀)

Demikian pula sepatu, mereka berjejer dengan rapi di rak sepatu. Hanya keluar untuk dibersihkan dari debu, kemudian masuk lagi ke dalam rak.

Namun ketika anak saya merengek untuk memberikan hadiah Lebaran, saya luluh. Saya memilih sepatu sandal yang bisa digunakan untuk umroh. Semoga hadiah mereka membuka jalan menuju umroh ke tanah suci, amin.

Mengapa pilih Shopee? Anak saya bilang: “ongkos kirimnya gratis, ma.” Hehehe, baiklah, terlebih walau gratis, pengirimannya pun cepat. Dua hari sebelum hari Lebaran, paket tiba dengan manisnya. 

Terimakasih ya nak.💖💖

    

maria-g-soemitro.com

5. Tokopedia, Dari Oven Listrik Hingga Pot Tanaman

Berawal dari mencari laptop (kisah ‘Blibli, Hadiah Laptop dari Ananda’ di atas), saya membuka berbagai marketplace, dan akhirnya nyaman dengan tampilan Tokopedia.

Mungkin hanya soal selera ya? Proses mencari produk dan membandingkan dengan brand lain terasa mudah dilakukan di Tokopedia. Setelah berburu laptop, saya meneruskan berburu oven listrik.

Dikatakan berburu karena uang yang saya miliki terbatas, sementara keinginan tak terbatas. Manusiawi banget ya?

Nah di Tokopedia, selain mencari oven listrik yang harganya lumayan mahal sehingga membutuhkan waktu berbulan-bulan. Saya juga membeli produk murah seperti toples kue, dan yang terakhir: Pot tanaman!

Sebagai pegiat urban farming, secara periodik saya membutuhkan  pot tanaman. Ternyata di sini jenisnya beragam. Harganya juga sangat murah. Hanya sepertiga dari harga yang biasa saya bayar pada penjual  tanaman hias.

Ketakutan produk pecah pun tak beralasan. Penjual mengemas pot plastik sedemikian rupa hingga saya menerima produk utuh, tanpa retak, apalagi pecah.

   

maria-g-soemitro.com
sumber: indihome.co.id

Berkat Wifi Cepat dari IndiHome, Aktivitas Belanja jadi Mudah

Sebetulnya gak hanya 5 aplikasi belanja di atas yang saya gunakan selama ini. Juga ada Lazada dan pembelian online melalui media sosial, yaitu Instagram dan Facebook.

Khusus Instagram, saya hanya membeli pada akun yang pemiliknya saya kenal. Umumnya adalah blogger yang memiliki toko online di media sosial. Sedangkan pembelian di akun facebook, hanya pada akun yang telah lama berdiri. 

Penyebabnya, siapapun dapat dengan mudah mendaftar dan menutup akun media sosialnya. Berbeda dengan marketplace, ada perantara yang menjamin uang akan dibayarkan hanya jika barang telah diterima pembeli.

Namun apapun itu, aktivitas belanja di toko online media sosial maupun marketplace, membutuhkan akses internet yang mumpuni. Ingat kisah perburuan saya membeli charger laptop di atas? Berkat IndiHome, saya bisa segera memesan, membayar dan sehari kemudian menerima charger laptop yang sangat saya butuhkan.

Berkat Wifi Cepat pula saya bisa berburu produk dengan nyaman. Beda halnya jika akses internet lelet saat berbelanja. Duh, bakal stress deh.

Nah, ternyata lumayan banyak ya pengalaman berbelanja saya di marketplace? Padahal saya gak pernah ikut harbolnas lho. Mungkin inilah yang disebut seleksi alam. Penjual dan pembeli harus menyesuaikan diri dengan zaman.

Hanya yang mampu beradaptasi dengan zaman yang bisa keluar sebagai pemenang. Andai saya sebagai pembeli, tetap bersikeras berbelanja offline, mungkin saya akan tersingkir. Demikian halnya dengan para penjual, mereka harus mau keluar dari zona nyaman dan mulai berjualan secara online.

Baca juga:

Ingin Kaya Raya di Usia Muda? Ini 7 Cara Cerdasnya! 

QR Standar, Lompatan Peradaban yang Ditunggu Penggemar Kuliner 


sumber ilustrasi: canva.com

53 comments

  1. Saya dulu juga suka belanja baju di Zalora, modelnya simpel tapi elegan, nggak pasaran gitu.

    Kalau untuk barang lain, saya biasa belanja di lazada, mulai dari handphone sampai diapers anak-anak. Soalnya kalau pas promo, harganya juga lebih murah di banding beli offline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Zalora pilihan bajunya elegan, maka jadi langganan. Apalagi kalau lagi ada sale waaa...lapar mata, sat set masuk keranjang. Check outnya? Ntar belakangan kwkwk. Yang penting pilih dulu, sudah happy saya tuuuuh

      Delete
  2. Internet lambat bagi blogger itu kiamat...betul, Ambu, uring-uringan deh jadinya, Syukur WiFi cepat dari IndiHome jadi penolongnya. Mempermudah deh aktivitas belanja di marketplace andalan.
    Sama, Ambu..makin ke sini saya juga makin pilih belanja online, apalagi kalau butuhnya cepat pun kalau dihitung dari segi waktu dan tenaga memang lebih hemat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini scrol2 e-comerce Aku banget mba... pernah beli baju Juga d Zalora dn pernah Juga beli hp d toped Makin seneng lagi klo Internet nya Aman yak jadi scroll Makin happy...

      Delete
  3. Kalau saya lebih sering sih beli di Shopee, lainnya jarang :D
    Segala hal belinya di Shopee, bahkan produk yang ada website tersendiri, saya lebih milih shopee, hehehe.

    Btw sejak pandemi ini khususnya, kebutuhan wifi sangat penting ya, salah satunya agar belanja makin mudah dan lancar :)

    ReplyDelete
  4. Setuju nih kalau jaringan lancarau belanja via online pun jadi lancar ya mba... Akupun pakai nih Berkat Wifi Cepat dari IndiHome.. selalu update kalau lagi Ada sale atau pro

    ReplyDelete
  5. IndiHome memberikan kemudahan internet dengan baik saat komunikasi, bisnis dan usaha menggunakan marketplace yang sedia sesuai pilihan

    ReplyDelete
  6. Iya, Kak. Sekarang tu apa-apa bisa dibeli secara online. Banyak banget marketplace yang menyediakan. Kita bisa banding-bandingin harga yang cocok dengan kantong kita. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu, aku kalau belanja skincare dan baju lebih suka di Shopee. Kalau urusan elektronik macem charger laptop dan LCD kapan lalu beli lewat tokopedia. Kayaknya mah semua barang tu ada di marketplace ya.

      Delete
  7. Wah, nampaknya Ambu hobi belanja online ya
    Emang asik ya, belanja online
    Bisa lebih praktis dan banyak promo
    Apalagi KLO pas belanja, WiFi nya cepat, makin mudah deh belanjanya

    ReplyDelete
  8. Dalam keluarga saya, yang boleh dan bisa belanja online hanya saya. Jadi kalau anak-anak butuh belanja online, harus melalui saya, hehehe.... Biar terpantau semuanya. Biar gak boros.
    Di rumah, saya juga menggunakan indiehome. Sejauh ini gak pernah ada komplain sih. No lemot, No macet. Lancarjaya....

    ReplyDelete
  9. Kalo aku suka belanja di Shopee sih ambu, karena free ongkir sekarang paling sering belanja buku anak karena bikin happy dan smart. Kalo Rp 10 atau Rp 1 belum coba juga sih dab paling enak kalo urusan wifinya lancar yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan ini, saya juga paling sering di Shopee, bahkan sekarang cuman punya Shopee yang sering banget saya gunakan, belanjanya juga beragam sih, apalagi kalau urusan wifinya lancar jaya, bakalan lebih happy belanjanya :)

      Delete
  10. 1 barang yang selalu bikin saya ragu beli via online adalah sepatu atau sandal. Gak tau kenapa. Kaki saya ini unik Mbak. Klop di 2 nomor (38 dan 39). Untuk brand tertentu, no 38 pas. Tapi di brand lain yang pas itu 39. Jadi untuk urusan alas kaki ini saya lebih pas belanja offline.

    Market place yang sering saya pakai adalah Shopee. Tapi dengan 1 pintu kasir yaitu suami hahaha. Jadi kalau sudah selesai memilih sesuai kebutuhan, link nya lalu saya WA ke suami. Beliaulah yang akhirnya mengeksekusi. Kalau pas suami lagi business traveling, asisten ke-2 adalah putri saya. Dia memang lebih up-to-date untuk penggunaan market place dan informasi-informasi tentang diskon dan lain-lain. Emaknya tinggal nyuruh-nyuruh hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku beli sepatu online lebih dari dua kali Alhamdulillah masih oke, soalnya daku ukur beneran kakinya pakai meteran/penggaris, terus mengikuti petunjuknya cocok di nomor berapa, lalu tambahin 1 nomor buat space kaus kaki, hehw

      Delete
  11. Dulu saya paling anti belanja di marketplace karena alasannya ga bisa liat barang realnya, ga bisa pegang, dll lah pokoknya.
    Pas sekali mencoba belanja di marketplace, ketagihan malah untuk coba belanja di marketplace yang lain hehe soalnya praktis dan banyak promonya juga.

    ReplyDelete
  12. Untuk hal perintilan seperti mouse, sarung bantal, hijab, bahkan sampai pulsa belinya lewat e-commerce Ambu, karena lebih cepat dan gak perlu beranjak

    ReplyDelete
  13. Pengalaman ambu berbelaja di e-commerce terbilang kaya dan beragam. Aku sama kayak ambu, kalau produk fashion pilihanku di Zalora. Gak pernah kecewa beli di sana, kualitasnya ga diragukan, dan banyak produk branded yang bisa didapat dengan harga sedikit lebih ekonomis dari di store offline nya karena adanya promo dari Zalora.

    Aku senyum-senyum baca ambu ngaji pakai jilbab rapi padahal dalemnya daster haha

    Urusan belanja online memang kudu didukung internet cepat dan stabil ya ambu, biar transaksi berjalan lancar.

    ReplyDelete
  14. kerasa banget Ambu kalau internet kita gak cepat rasanya pengen marah haha kok bisa lemot. Untung di rumah juga pakai IndiHome nih. Aku ga tahan sama godaan dari marketplace hehe

    ReplyDelete
  15. Aku juga sekarang lebih sering berbelanja via online shop atau marketplace. Pastinya sinyal harus selalu on sih, pernah aku kesel banget lagi mau check out eh internet tiba-tiba mati huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga kak, kalau sinyal gak stabil takut kenapa² juga jadinya buat sistem pembayaran.

      Delete
  16. Zaman now memang harus banget up to date dengan dunia digital dan online. Saya termasuk pengguna setia shoppe dan Tokped. Mau ngincar barang apapun pasti ngecek dulu ke dunia apps itu.

    Tapu internetnya sudah barang tentu harus lancar lahh. . Biar gambar dan harganya gak kelamaan loading. Makanya Indihome sudah pasti jadi pilihan lah yaa. Biar nyari diskonan di marketplace bisa jalan terus. Hehehehe..

    ReplyDelete
  17. Rasanya aku dulu ((bahkan sampai sekarang)) untuk beberapa item gak pengen belanja online. Hehhe, soalnya pingin merasakan menginjakkan kaki di toko dan memilih serta melihat sendiri seberapa cantik kemasannya.
    Iyaa...
    Beli skincare aku jarang beli online, Ambu.

    Tapi gak bisa dipungkiri, dengan adanya pandemi dan kini internet semakin mudah juga harganya terjangkau untuk personal ataupun untuk keperluan yang lebih besar.

    ReplyDelete
  18. Sama nih kalau urusan fashion lebih suka belanja di Zalora. Selebihnya lebih sering ke tokopedia atau shopee. Pastinya scroll barang-barang impian jadi lebih lancar karena di rumah pakai wifi cepat IndiHome.

    ReplyDelete
  19. Kalau internet lancar, pasti belanja online banyak sukanya
    Bisa sat set berburu diskonan ya Ambu

    ReplyDelete
  20. beda marketplace beda belanja kebutuhan ya, hahaha. aku juga gitu kak. aku biasa belanja di tokped untuk elektronik justru, sama art tools. kalau di shopee makanan dan sandang. seru sih belanja beda marketplace itu, seru kalau duitnya ada dan wifi indihome tetep bisa dibayar tiap bulan, hihihi.

    ReplyDelete
  21. kayaknya aku masih setia dengan si orange deh mbak..hehehehe selain sering Free ongkir barangnya tu bikin khilaf semua..pingin belanja mulu..wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Wah, internet lancar semua pekerjaan juga lancar ya.. Apalagi kalau berbelanja di marketplace ini rada susah kalau koneksinya gak stabil dan bikin web nya susah terbuka karena berat ya..

    ReplyDelete
  23. Belanja online emang menyenangkan ya. Duh aku muupeng deh pengen juga ditawarin laptop sama anak-anak. Wkwk ngayal dulu deh sekarang.
    Belanja denan wifi lancar makin menambah kenyamanan saat berbelanja online.Indihome emang juaranya internet

    ReplyDelete
  24. Belanja online masih jadi pilihan saya klo berburu sesuatu yang gak keburu dipake, karena bisa bandingin harga, spek dan hal lainnya. Bahkan elektronik besar pun saya sekarang sering beli online karena selisih harganya lumayan. Tapi klo butuh yang segera sampe, saya masih mengandalkan offline an. Hehe

    ReplyDelete
  25. Dennise SihombingMay 25, 2022 at 8:49 AM

    Terakhir saya kerja kantoran tahun 2020. Nah di tahun sebelumnya saya termasuk yang rajin belanja ambu di marketplace. Paling sering di Zalora selain barangnya branded asli diskonnya gede. Bahkan saya pernah diskon 35 % + dapat cashback. Mantaps banget ambu

    ReplyDelete
  26. Saya sempat mengira ketika pandemi akan berhenti belanja online. Ternyata tetap ada aja yang dibelanjain setiap bulannya. Tapi, ganti jenis belanjaan. Sekarang seringnya belanja bahan masakan

    ReplyDelete
  27. Saya juga termasuk jarang banget beli online ni, ambu🤭, bisa kehitung jari lah saking sedikitnya belanja online. Tapi habis baca tulisan ambu, saya jadi pengin ngelirik marketplace yang disebutkan ambu tadi🤭

    ReplyDelete
  28. Saya juga tipe jadul yang kalo blanja ya pergi ke toko offline😅 alhasil diledek sama adik yang bilang saya katrok. Hmmm Shopee slalu jadi pilihannya kalo mau cari asesoris. Makasih sharingnya Ambu bikin saya melek😃😃

    ReplyDelete
  29. Internet untuk kita ini sudah jadi nyawa ke dua. Tanpa internet, bisa mati gaya. Ga bisa belajar, gak bisa kerja. Alhamdulillah meski standar, ke.desa desa sekarang internet sudah terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bangett <3 kayak ngga bisa ngapa2in gitu kalau ngga ada internet, bahkan kalau internetnya pas lagi lemot jadi beteee wwkwk

      Delete
  30. Belanja online tuh berasa banget senengnya kalau jaringan internet lancar jaya ya Mbak. Ngeklik berbagai pilihan belanja juga lebih asik. Bisa lupa waktu dan belanja pun jadi numpuk dah hahahaha. Langsung banyak yang masuk keranjang

    ReplyDelete
  31. Meski ada banyak marketplace sekarang ini, tetap aja setia sama Shopee hahaa. Banyak promonya nih, apalagi sambil pakai internet Indihome jadi makin cepet nih belanjanya.

    ReplyDelete
  32. Aku juga seneng belanja online karena banyak cashback dan free ongkir, sampai-sampai nularin ke suami, dia sekarang ikutan belanja spare part motor di tokopedia. Emang kudu ada internet stabil dan lancar, biar pas pembayarannya jadi mantap

    ReplyDelete
  33. Belanja online itu harus telaten Ambu
    Harus scroll cari online shop dengan penawaran terbaik
    Misalnya diskon, cashback, ataupun promo bebas ongkir
    Semua itu tentu butuh WiFi yang cepat ya Ambu

    ReplyDelete
  34. Nah kalau buat saya pribadi untuk beli barang elektronik seperti hape dan laptop masih lebih pilih datang ke toko offline..karena uang terbatas jadi daripada terjadi sesuatu misal kesalahan packing dsb sehingga barang elektronik rusak ..walaupun bisa diurus tapi saya tipikal gak mau ribet hehehe..kalau barang di luar elektronik gapapa deh beli di marketplace ..kalaupun rusak atau hilang atau gak sesuai ekspektasi ga terlalu nyes gitu rasanya..beda2 ya tiap personal hehehe

    ReplyDelete

  35. Terkadang belanja online ga terasa tinggal klik ga taunya sudah banyak bayarannya, memang harus terkontrl sih ... agar tidak jebol kantong

    ReplyDelete
  36. Terkadang belanja online kalau ga inget waktu tau-tau belanjaan sudah limit saking enaknya pilih sana sini, hihihi, memang harus terkontrol

    ReplyDelete
  37. Kalau Saya suka belanja online di Tokopedia aja, nggak tau kenapa juga ya udah nyaman jadi agak susah berpaling ke yang lain. Yang penting walupun marketplace nya udah terpercaya, tetap harus waspada

    ReplyDelete
  38. Belanja online dengan internet yang kuat , nikmat banget. Well, sekarang sudah merasakan gampang dan mudahnya belanja online makin senang yach. Ditambah internet kencang banget.

    ReplyDelete
  39. Aku seringnya toko orange aja nih Mba, makanya suka kagak klo coba belanja ol di ecomm yg lain..
    Emang bner jaman skrg hampir smua beralih ke digital, harus melek teknologi pokoknya ya

    ReplyDelete
  40. Dulu aku cukup sering belanja di Zalora karena memang kualitasnya bagus bagus, sekarang makin banyak e-commerce jadi bingung belanja dimana dan seringnya di toko orange

    ReplyDelete
  41. dulu saya pecinta shopee tapi sekarang mulai pindah ke tokopedia karena shopee ribet banget proses bayarnya. kalau lazada atau blibli malah jarang banget belanja di sana. heu

    ReplyDelete
  42. Lengkap banget ya Mbu dari BL sampai Shopee semua termanfaatkan hehe akupun juga nih tapi skrg lebih sering pakai Tokped.

    ReplyDelete
  43. tiap marketplace bisa belanja beda-beda kebutuhan ya. saya juga gitu sih kak. tiap marketplace beda belinya apa, hehehe . selama sinyal wifi lancar belanja aman jaya ya

    ReplyDelete
  44. Aku juga suka belanja online mba, tapi lebih sering ke tokped, shopee, dan jd.id. Kayaknya kapan-kapan pengin coba juga ke marketplace lain.

    ReplyDelete
  45. Belanja online di marketplace emang banyak sukanya ya Ambu
    Karena bisa dapat banyak penawaran menarik
    Mulai dari diskon, cashback hingga gratis ongkir
    Makanya perlu banget jaringan internet yang lancar saat belanja online

    ReplyDelete
  46. Internet lambat tuh bikin emang mood berantakan
    Jadi browsing di marketplace terganggung juga hihi

    ReplyDelete