Romance of a Twin Flower, Tentang Putri Kembar yang Tertukar

   
maria-g-soemitro.com


Romance of a Twin Flower,  Tentang Putri Kembar yang Tertukar

“Anak haram konstitusi” demikian julukan yang disematkan media Tempo pada Gibran Rakabuming, anak sulung Jokowi. Terdengar sadis ya? Tempo emang gitu. Saat Jokowi kampanye pilpres, mereka sangat mendukung, namun mundur dan kembali  menjadi jurnalis yang skeptis ketika Jokowi telah terpilih.

Mengapa disebut anak haram konstitusi? Karena agar bisa maju kontestasi pilpres, Gibran mengacak-acak konstusi. Akibatnya Ketua MK aka paman Gibran, dilengserkan oleh Mahkamah Kehormatan MK. MKMK juga memutuskan ke-9 hakim MK telah melanggar kode etik.

Andai Indonesia masih negara kerajaan, hal di atas dianggap lumrah.  Tak  ada yang berani protes ketika seorang pengawal kerajaan (Ken Arok) membunuh sang raja (Tunggul Ametung). Juga tak ada mahkamah yang menghakimi kala kemudian terjadi saling bunuh untuk berebut tahta,

Serial drama, baik produksi Korea maupun Cina, kerap mengangkat perebutan kekuasaan. Begitu gelap mata sampai nyawa anggota keluarga pun dihalalkan. Penikmat drama Korea “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo” pasti ingat adegan seorang kakak (Pangeran Wang Yo) dengan dingin membunuh adiknya (Pangeran Wang Eun).

Itulah fungsinya konstitusi. Kita harus bersyukur founding father memilih negara demokrasi yang menjunjung tinggi konstitusi dan bukan kerajaan yang otoriter ya? 

Kini, dengan bebas kita bisa menganalogikan presiden SBY sebagai kerbau, Jokowi Pinokio atau Gibran Belimbing Sayur dan lainnya.

Drama Cina “Romance of a Twin Flower” tidak berkisah tentang perebutan kekuasaan raja, namun antar pendukung raja yang ternyata tak kurang sadis dan brutal.

Hanya mendapat rating 7,8 di Mydramalist, menandakan drama Cina “Romance of a Twin Flower” gak bagus-bagus amat. Tapi saya tetap menonton karena diperankan Peng Xiao Ran yang gemilang saat berperan sebagai Xiao Feng dalam  “Goodbye My Princess”. 

Sebagus apa? Yuk kita kupas.

Baca juga

Goodbye My Princess, Ending yang Menyayat Hati

The Legend of Jin Yan, Putri Kok Oon?

  

maria-g-soemitro.com

Ding Yu Xi sebagai  Ning Yu Xuan

Ning Yu Xuan punya trauma. Di saat masih kecil, dia melihat ayahnya dibunuh Cai Wenzheng, ketua kelompok Cha. Dia juga terjebak dalam kebakaran hebat yang nyaris merenggut nyawanya.

Akibatnya, hingga dewasa dia takut api. Ning Yu Xuan juga kerap mendapat mimpi buruk dan harus berendam di air dingin untuk terapi.

Beruntung Ning Yu Xuan punya sahabat yang menjadi tangan kanannya, Guibai. Berkat bantuan Guibai, Ning Yu Xuan bisa melampiaskan dendamnya. Setelah mendapat informasi tentang gerak kelompok Cha, keduanya berangkat untuk membasminya.

Berkat Guibai juga, Ning Yu Xuan mendapat informasi mengenai tindak tanduk istrinya yang tiba-tiba berubah, dari menyebalkan menjadi menyenangkan.

  

maria-g-soemitro.com

Peng Xiao Ran sebagai Ji Man 

Ji Man anak kembar Cai Wenzheng yang dirawat Ji Ming, seorang pedagang besar, pemilik kapal Guihai yang menghabiskan sebagian waktunya dengan melaut.

Berkat didikan Ji Ming, Ji Man tumbuh menjadi anak santun, budi pekerti baik dan memiliki ketrampilan membuat  krem kecantikan dan obat. Ketika anak buah ayahnya terbakar terik matahari, Ji Man meracik salep agar kulit mereka terlindungi.

Suatu ketika, saat kapal Guihai sedang berlabuh, Ji Man melihat seorang pemuda tampan yang memikat hatinya. Pria itu adalah Adipati Ning Yu Xuan,  tangan kanan kaisar yang sangat kompeten.

Ji Man pun menetapkan hati, dia memilih Ning Yu Xuan sebagai suaminya.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Romance of a Twin Flower Chinese Drama (2023)

Delapan belas tahun silam, terjadi kebakaran dan pertempuran hebat yang mengakibatkan tewasnya Ning Zhongtian, seorang kepercayaan kaisar serta Cai Wenzheng, ketua kelompok Cha. 

Sebetulnya kedua pentolan ini telah membuat kesepakatan damai. Mereka tak ingin korban-korban tak bersalah (dari kedua belah pihak) terus berguguran.

Pangeran Tan, paman kaisar tak menyukai kesepakatan ini.  Kesepakatan damai akan mengancam bisnis kotornya. Dia pun melakukan strategi licik yang membuat kedua belah pihak salah paham dan saling bunuh.

Akibat pertempuran hebat tersebut, Ning Zhongtian tewas ditangan Cai Wenzheng.  Ning Zhongtian meninggalkan anak tunggal laki-laki  bernama Ning Yu Xuan.

Sedangkan Cai Wenzheng meninggalkan bayi perempuan kembar identik. Bayi pertama diangkat anak oleh Jendral Nie Xiangyuan yang memberinya nama Nie Sangyu, sedangkan bayi kedua mendapat nama Ji Man dari ayah angkatnya, Ji Ming, seorang pedagang kaya raya, pemilik kapal Guihai.

18 tahun kemudian, Ning Yu Xuan tumbuh menjadi pria dewasa yang penuh dendam pada kelompok Cha. Di sela waktunya menjalankan tugas sebagai Adipati, Ning Yu Xuan mengejar jejak anggota kelompok Cha dan menghabisinya.

Walau tidak saling mengenal, secara tak terduga, anak kembar Cai Wenzheng yang telah tumbuh menjadi gadis cantik ternyata sama-sama menyukai Ning Yu Xuan. 

Karena tinggal di ibukota, Nie Sangyu  yang bucin berhasil memaksa Ning Yu Xuan untuk menikahinya. Sayang, temperamen Nie Sangyu yang kasar membuatnya gagal dicintai Ning Yu Xuan, dan malah terjebak dalam tipu daya selir Wen.

Dalam keadaan terdesak, Nie Sangyu menjatuhkan diri dari tebing curam. Ji Man yang kebetulan melihat, berusaha menyelamatkan Nie Sangyu. 

Penyelamatan yang gagal. Tentara Ning Yu Xuan hanya menemukan Ji Man dalam keadaan pingsan. Mereka mengira Ji Man adalah Nie Sangyu dan membawanya pulang ke rumah Adipati Ning Yu Xuan.

Ji Man  mengalami amnesia. Namun berbeda dengan Nie Sangyu yang sadis, Ji Man sangat santun dan memiliki budi pekerti yang sangat baik. Dia memperlakukan dayang-dayangnya dengan manusiawi.

Tentu saja Ning Yu Xuan bingung. Bagaimana mungkin akibat jatuh dari ketinggian, kepribadian istrinya berubah? Istrinya juga tiba-tiba memiliki ketrampilan yang mencengangkan.

   

maria-g-soemitro.com

Review Romance of a Twin Flower Chinese Drama (2023)

Siapa bilang aku harus mencari pria lain setelah meninggalkan satu pria

Cari uang sendiri dan belanja sendiri

Ada 2 pesan kuat yang ingin disampaikan drama Cina “Romance of a Twin Flower” yaitu tentang kemandirian perempuan (seperti banyak ditampilkan mayoritas drama Cina), serta perebutan kekuasaan yang menggunakan intrik brutal.

Karena itu saya menulis prolog tentang situasi perpolitikan yang sedang terjadi di Indonesia. Apabila terjadi di era kerajaan, bisa bunuh-bunuhan tuh.

Premis drama Cina “Romance of a Twin Flower” sebetulnya  sederhana, tentang kisah cinta 2 anak manusia. Menjadi memikat karena dibumbui anak kembar yang sama-sama mencintai seorang pria.

Seperti biasa acting Peng Xiao Ran selalu ciamik. Dengan mulus, dia berperan sebagai Nie Sangyu sekaligus menjadi Ji Man, dua kepribadian yang bertolak belakang. 

Penonton diajak mellow, kemudian tertawa dan menangis lagi, kala Ji Man yang gak tau apa-apa harus menanggung buah kelakuan kembarannya, Nie Sangyu.

Kelebihan lain dari drama Cina “Romance of a Twin Flower” adalah chemistry kedua pemeran utama, Peng Xiao Ran dan Ding Yu Xi. Dikomporin soundtrack dan sinematografi apik, berulangkali batin penonton meleleh melihat acting keduanya.

Jadi kenapa atuh Mydramalist cuma ngasih rating 7,8? Alur kisahnya bikin jengkel! Sutradara gagal memberi fondasi kisah dan karakter para pemeran pendukung. Sehingga setiap kisah seolah ditempelkan begitu saja.

Tambah ngeselin lihat acting pemeran antagonisnya yang canggung. Salah satunya Jia Nai, pemeran selir Wen yang kerap di close-up untuk menunjukkan keculasannya, mirip pemeran antagonis di sinetron Indonesia. Setelah saya lihat profilenya, ternyata Jia Nai memang merupakan pendatang baru.

Jia Nai juga aktris Tiongkok keturunan Uyghur seperti Dilraba Dilmurat. Mungkin dipersiapkan untuk regenerasi ya? Dilraba kan semakin berumur dan honornya yang menjulang bikin produser ketar-ketir. Lha kok malah out of topic? 😀😀

Jadi recommended gak nih drama Cina “Romance of a Twin Flower” ? Terserah deh, jika Anda penggemar Peng Xiao Ran, atau penggemar kisah cinta yang bikin klepek-klepek, boleh deh. 😊😊

Baca juga

The Eternal Love, Chinese Drama ala Sinetron Indonesia

Ini Perbedaan Drama Korea dengan Drama Cina


Profile Drama: Romance of a Twin Flower

Native Title: 春闺梦里人

Adapted from the web novel "The Dreamer in the Spring Boudoir" (春闺梦里人) by Bai Lu Cheng Shuang (白鹭成双)

Director: Xie Ze

Country: China

Episodes: 38

Aired: Mar 21, 2023 - Apr 20, 2023

Original Network: Tencent Video

Duration: 45 min.

Genres: Historical, Business, Romance, Drama


11 comments

  1. Menarik sekali cerita dan ulasannya. Selain dapet info serial yang bagus, aku juga jadi tahu kisah Ken Arok yang pernah membunuh raja. Untuk tema anak yang tertukar rasanya dulu pernah ada juga drakornya. Tapi bukan anak kembar, tapi bayi aja yang ironisnya ketika dewasa jatuh cinta trus ketahuan cinta ke kakak sendiri. Duh lupa judulnya apa.

    ReplyDelete
  2. wah cerita putri kembar yang tertukar sampai ada drakornya ya Ambu,..kirain di sinetron Indonesia aja hehe...jadi kepo mau nonton filmnya

    ReplyDelete
  3. Kaya judul sinetron Indonesia, ya, Putri yang Ditukar. Episodenya panjang kayanya ya, ini?

    ReplyDelete
  4. Daripada drama kisah cinta yang klepek-klepek saya juga mending kisah seperti perebutan kekuasaan, atau pertentangan politik dan sejenisnya lho, Bu. Apalagi kalau disertai strategi jadi secara tidak langsung ikut belajar untuk memahami dan menganalisis. Makin rame. Hehe...

    ReplyDelete
  5. Kalo baca sinopsisnya sih keren banget ya. Premis dua saudara saling jatuh cinta pada orang yang ingin membalas dendam kayaknya cukup rumit tapi pasti asyik diikuti. Keren deh dan langsung masuk waiting list!

    ReplyDelete
  6. Langsung googling Dilraba Dilmurat karena tertarik dia etnis Uyghur. MASIH MUDA LHO MBAK, baru kelahiran 1992, masih tuaan aku hahaha. Kirain udah 40an tahun.
    Kalau baca ulasan ambu, kayak dominan drama daripada konflik kerajaannya. Cerita konflik kerajaan Korea yang aku suka itu Kingdom (yang zombie, bukan yang Lee Minho).

    Anak kembarku punya ciri khas masing-masing, akan susah tertukar kayaknya :D

    ReplyDelete
  7. Cerita anak yang ditukar seringkali diangkat dalam drama ya Ambu
    Banyak drama cina yg punya cerita menarik ya, terutama yang historical gini ya

    ReplyDelete
  8. Kok jadi langsung membayangkan juga soal karakter antagonis ala sinetron hehe.. tapi bukankah ekspresi yang demikian itu yang disukai dan bikin gereget yang nonton hehe

    ReplyDelete
  9. Wah kece, aktornya nih..
    Bisa meranin dua karakter. Jadi kebayang kalo anak kembar rebutan orang yang dicintai ini memang berat banget sii.. Jadi inget doanya Ibuk-ibuk tetangga yang punya nak gadis kembar.. "Jangan mencintai pria yang sama.."

    Karena siapapun yang ngedapetin, pasti sakit yaa..
    Kalo dilepas, sayang.

    ReplyDelete
  10. Keren banget Ambu, baca ulasannya jadi penasaran banget pengen nonton, aku lebih suka drama Cina yang tentang kekuasaan raja gitu, tapi tetep di selingi ada romancenya, berasa deg2an tapi tetep manis , sambil ikut bayangin Suasana jaman Kerajaan dulu kala

    ReplyDelete
  11. Drama cina juga ada yang ngeselin juga ya ternyata. Mirip sinetron kita nggak sih, pameran antagonisnya sering di-close up biar penonton dapet emosinya. Udah gitu kejadian demi kejadian dalam alurnya juga kaya asal tempel, suruh nebak-nebak sendiri hubungannya apa dengan cerita dan tokoh sebelumnya.

    ReplyDelete