Island, Kala Iblis Menunggu Datangnya Sang Kekasih

      
maria-g-soemitro.com

 Island (Drama Korea), Kala Iblis Menunggu Datangnya Sang Kekasih


“Pernah bertemu hantu?” Hmm…. dalam keyakinan muslim, lebih tepatnya bukan “hantu” melainkan “jin”, ya? Karena Allah SWT memang menciptakan “jin” selain manusia, malaikat dan mahluk lainnya.

Kaum muslim mempercayai “jin” lah yang gemar gentayangan di alam manusia. Bukan hantu atau arwah. Ketika manusia meninggal, maka arwahnya akan menuju alam barzakh. Di alam barzakh, mereka akan menunggu sampai hari kiamat tiba lalu pergi ke padang mahsyar. Demikian kurang lebih penjelasan Pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ), Prof M. Quraish Shihab.

Jadi. jangan mencampur adukkan arwah (hantu) dengan jin.

Beberapa orang dipercaya bisa bertemu jin dan menanganinya. Salah satunya Founder Percikan Iman, Ustaz Aam Amirudin. Tidak hanya menerbitkan “Menelanjangi Strategi Jin”, Pak Aam juga kerap berbagi cara menangani jin dalam tausiahnya.

Dalam salah satu tausiahnya, Pak Aam pernah berkisah tentang jin yang mengganggu kemudi mobilnya. Kemudi mobil terasa berat, perjalanan pun jadi gak lancar. Paham bahwa pengganggunya adalah jin, Pak Aam menghentikan kendaraan, membentak si jin, dan menyuruhnya keluar mobil. Tak lama kemudian setir mobil kembali ringan dan Pak Aam bisa melanjutkan perjalanan dengan mudah.

Saya pikir pemahaman seperti ini harus dimiliki penonton sebelum menentukan akan menonton film/drama bergenre horror.  Penulis scenario sering rancu antara jin dan arwah. 

Paling tidak untuk kaum muslim yang memiliki keyakinan/iman tehadap hal gaib dan penjelasannya. Sementara agama lain. sepanjang yang saya ketahui, tidak membedakannya dengan tegas.

Demikian pula saat menonton drama Korea “Island” yang berkisah tentang iblis. Sebelumnya si iblis bernama Van adalah manusia yang didesain agar bisa menjadi pembunuh iblis. Pemahaman yang membingungkan bukan? 

Namun, seperti drama Korea lainnya, kita nikmati aja fantasi penulis scenario dalam menciptakan fiksi tentang iblis. Terlebih drama Korea “Island” diperankan si cantik Lee Da-Hee. Aktor-aktor nya pun ganteng, yaitu: Kim Nam-Gil, Sung Joon, dan tentu saja Cha Eun-Woo, si eye candy dalam drama ini.

Baca juga:
Hello? It's Me!, Sosok dari Masa Lalu

The Witch's Diner: Dendam Tak Terbalaskan, Penyihir Bertindak

   
maria-g-soemitro.com

Kim Nam-Gil  sebagai Van.

Van, anak yatim piatu yang direkayasa kepala kuil Taejangsa, Jongryeong agar menjadi pembunuh iblis. Ke dalam tubuhnya dimasukkan darah iblis, dia juga harus mengalami serangkaian penyiksaan.

Ketika akhirnya dia menjadi salah satu yang berhasil melalui siksaan, kepala kuil memberinya nama “Van” yang artinya memiliki daging batu.
 

maria-g-soemitro.com

Lee Da-Hee sebagai Won Mi-Ho

Won Mi-Ho anak tunggal Presiden Direktur Daehan Group. Sebagai pewaris, banyak orang membencinya, termasuk bibinya yang diam-diam menyusupkan Secretary Kang sebagai mata-mata.

Terperangkap dalam jebakan sang bibi, Won Mi-Ho harus berangkat ke pulau Jeju untuk melakukan kerja sukarela: Menjadi guru di SMA Tamra.

Tak dinyana, di pulau Jeju banyak mahluk yang menunggu kedatangan Won Mi-Ho.

 

maria-g-soemitro.com

Cha Eun-Woo sebagai Priest Johan

Berangkat dari Vatikan, Pastor Johan ditugaskan untuk membasmi iblis di Pulau Jeju. Tugas yang dinanti karena Pastor Johan sangat ingin bertemu dengan kakaknya.

Pekerjaan Pastor Johan di Pulau Jeju dipermudah dengan keberadaan Pastor Parker yang bekerja di rumah pemilik Daehan Group sebagai kepala rumah tangga Jang.
 

maria-g-soemitro.com

Sung Joon sebagai Goong-Tan

Goong-Tan, anak kedua yang selamat dari penyiksaan Jongryeong. Berdua dengan Van, Goong-Tan mendapat tugas berburu iblis dan membunuhnya. Goong-Tan artinya dia yang telah menelan anak panah.

Namun berbeda dengan Van yang hanya membunuh iblis, Goong-Tan membunuh manusia. Goong-Tan tak punya belas kasihan. Goong-Tan juga tak percaya bahwa Woon Jeong akan kembali untuk menolong mereka.

 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea “Island”

Won Mi-Ho bingung dan takut. Dia sudah rela menaati keputusan ayahnya, Presdir Grup Daehan, untuk menjadi guru sukarelawan di SMA Tamra, Pulau Jeju.

Namun kedatangannya disambut zombie berpakaian baju pengantin dan monster aneh lainnya. Untung ada Van, laki-laki misterius yang tiba-tiba datang menolong.

Tak mau mengambil risiko, Won Mi-Ho mengambil keputusan untuk merekrut Van sebagai body guard. Van menyanggupi. Anehnya perilaku Van tidak seperti bawahan Won Mi-Ho lainnya. Van tidak tertarik uang. Van juga tidak bisa mengemudi sehingga sebagai majikan, Won Mi-Ho lah yang harus menyetir mobil saat bepergian.

Beberapa waktu kemudian, Won Mi-Ho baru tahu bahwa Van bukanlah manusia biasa. Dia mahluk setengah manusia dan setengah iblis.

Di masa silam, ketika iblis selalu meneror dan menghabisi penduduk Tamra, Kepala Kuil Taejang yang bernama Jongryeong memutuskan untuk menciptakan pembunuh iblis.

Caranya dengan mengumpulkan anak-anak yatim piatu dan memasukkan darah iblis kepada anak-anak tak berdaya tersebut. Hasilnya: Mereka tewas! Hanya Van dan Goong-Tan yang berhasil hidup. Keduanya menjadi setengah iblis setengah manusia. Tak ada harapan untuk kembali.

Selain eksperimen pembunuh iblis, seorang anak perempuan dipersiapkan untuk membuat perisai terhadap iblis. Dia adalah Won Jeong, yang tak tega melihat penderitaan Van dan Goong-Tan cilik. Diam-diam Won Jeong selalu datang ke penjara, untuk menyusupkan makan bagi Van dan Goong-Tan. 

Bahkan Won Jeong pernah membantu Van dan Goong-Tan melarikan diri. Gagal karena Woon Jeong kecil ambruk di tengah jalan.

Akhirnya mereka hanya bisa menunggu. Berharap setelah dewasa Woon Jeong berhasil membuat perisai. Harapan yang kembali kandas, setelah si kepala kuil, Jongryeong ingkar janji dan Woon Jeong terbunuh.

Di penghidupan kini, Woon Jeong menjelma sebagai Won Mi-Ho, gadis metropolitan yang tak menyadari beban yang diembannya. Ketika akhirnya banyak korban berjatuhan, termasuk sahabat Won Mi-Ho, gadis tersebut bertekad meneruskan misi Woon Jeong yang tertunda.

Tidak mudah, karena dia bukan Woon Jeong yang berlatih sejak kecil. Won Mi-Ho juga menghadapi 2 pilihan: Menerima pecahan inti sihir dari Van yang berarti Van akan menghilang dan menjadi iblis sepenuhnya.

Atau mengisi sendiri retakan permata inti sihir yang berarti nyawa Won Mi Ho lah taruhannya. 

Pilihan yang sulit, karena keduanya saling jatuh cinta.
 

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea “Island”

Penting! Sebaiknya penonton ngefans pada Kim Nam-Gil , Lee Da-Hee, Sung Joon atau Cha Eun-Woo sebelum memutuskan menonton drama Korea “Island”. Apalagi penggemar ke-4 aktor/aktris ini, karena bakal puas menikmati wajah mereka.

Sebaliknya jangan terlalu berharap dengan story drama Korea “Island”. Dua belas episode drama ini seperti potongan-potongan fragmen yang tidak tersambung mulus. Bridging-nya ngegantung.

Penulis skenario seperti asyik sendiri menyusun kengerian demi kengerian. Usaha yang gagal tanpa bridging dan too much. Seperti sekte Baek Gyo yang berjubah putih, keberadaan mereka gak mempengaruhi keseluruhan kisah drama Korea “Island”.

Yang parah, keberadaan Pastor Johan yang diperankan Cha Eun-Woo menjadi seperti tidak berarti. Adegan menyemprot air sambil berdoa ke arah para murid SMA Tamra yang kesurupan malah jadi menggelikan. 

Apakah maksudnya untuk melakukan penyembuhan dengan air? Jika ya, Van jangan turun tangan dong. Apa gunanya agama yang dipercaya menyembah Tuhan yang ditakuti iblis. 

Alhasil keberadaan Pastor Johan dan Pastor Parker menjadi boomerang. Agama yang suci terasa disepelekan. Tanpa agama pun iblis bisa dikalahkan.

Jadi, kembali ke kalimat awal, seandainya Anda bukan penggemar Kim Nam-Gil , Lee Da-Hee, Sung Joon atau Cha Eun-Woo, sebaiknya jangan menonton drama Korea “Island” deh. Takutnya nanti menyesal dan misuh-misuh. 😀😀

Oh iya, mungkin ada yang bertanya, apakah bisa menonton drama Korea "Island 2" tanpa menonton yang pertama? Gak bisa sih, mungkin alasan marketing membuat drama ini dibagi menjadi 2 season.

Baca juga:
From Now On Showtime, Gara-gara Romeo dan Juliet Gagal Bersatu

Ghost Doctor, Ada Hantu di IGD Rumah Sakit Eunsang

Profile

    Drama: Island I & II
    Revised romanization: Island
    Hangul: 아일랜드
    Director: Park Kwang-Hyun
    Writer: Yoon In-Wan (webcomic), Yang Kyung-Il (webcomic), Jang Yoon-Mi
    Network: TVING
    Episodes: 6 & 6
    Release Date Drama: Island I: December 30, 2022 - January 13, 2023
Release Date Drama: Island II: February 24 - March 10, 2023
    Language: Korean
    Country: South Korea

7 comments

  1. Saya tuh jadi heran sama Sung Joon bukannya dia dulu selalu jadi lead male ya? kok sekarang malah menurun banget ini jadi peran cowok kedua apa ketiga ya Ambu?

    Sempat tergoda mau nonton sebagai bonus paketan pulsa kan dapat langganan Amazon prime, tapi setelah baca kalau kurang memuaskan, jadi tambah mundur teratur secara saya penggemar berat genre ini entar kecewanya malah nambah besar

    ReplyDelete
  2. Ternyata soal Jin dan hantu ini saya baru ngeh, kalau tontonan Indonesia banyak yang rancu juga ya, Mbak. Misalnya si Manis Jembatan Ancol. Karena arwah si manis sebenarnya tidak gentangan, tapi jin lain.
    Tapi sebenarnya, ide drama ini menarik, karena menjadikan manusia setengah iblis yang menjadi pengawalnya, makanya tidak butuh uang dan tidak bisa menyetir. Hanya mungkin sayang jalinan cerita tidak dirajut dengan baik. Akhirnya serupa potongan-potongan fragmen, dan hanya mengandalkan kepopuleran aktor dan aktrisnya.

    ReplyDelete
  3. island serring muncul di tiktok potongan -potongan scenenya tapi belum sempet aja nonton.. masih maju mundur karena ga terlalu suka sama genrenya..
    mau nonton karena ada Eun Woo nya doank huhu...
    Cha Eun Woo keasikan jadi aktor aku sampe lupa dia itu idol hahaha

    ReplyDelete
  4. Alhamdulilah setelah baca ini jadi semakin yakin buat nonton island 😄 dari kemarin maju mundur takut ga sesuai ekspektasi, tapi sepertinya kisah fantasinya mantap banget.

    ReplyDelete
  5. Penasaran banget pengen nonton karena genrenya yang menarik dan gak biasa, tapi kalau tiap episodenya banyak gak nyambungnya agak sayang ya, padahal kayaknya film ini seru..

    ReplyDelete
  6. Island memang beneran memuaskan banget dari segi visual sampe CGI.
    Tapi kisahnya sendiri terasa terlalu banyak dongeng atau bisa dibilang legenda Korea barangkali ya.. Yang kalo bukan orang Korea, jadi berasa kurang merasuk.

    Overall, dark-nya dapet banget sih...
    Dan konsepnya ini bukan season .. tapi part, Ambu. Hehhe, persis komen di blogku, bedanya season sama part karena masih sama-sama dengan masalah yg sama, jadi disebut part.

    ReplyDelete
  7. potongan-potongan dari drama islan ini sering muncul di fy tiktokku, tapi sampe sekarang saya belum mnonton dramanya. Suka sama Kim Nam Gil, kayaknya saya tertarik buat nonton tapi entah kapan

    ReplyDelete