Ghost Doctor, Ada Hantu di IGD Rumah Sakit Eunsang

      
maria-g-soemitro.com

Ghost Doctor (Drama Korea),  Ada Hantu di IGD Rumah Sakit Eunsang


Percaya akan adanya hantu yang bergentayangan? Saya percaya mereka ada. Dikenal dengan nama jin, keberadaannya diciptakan Tuhan seperti halnya manusia dan malaikat.

Nah jin ini ada yang baik hati, ada yang jahat dan ada yang usil. Mirip perangai manusia. Karena itu dalam salah satu tausiahnya Ustaz Aam Amirudin menganjurkan agar kita salat di seputar rumah.

Misalnya pagi hari, salat Subuh di kamar, siang hari salat Zuhur, Asar di ruang tengah dan di ruang tamu, begitu seterusnya. Tujuannya tentu saja agar hanya jin baik yang tinggal di rumah kita.

Jin berbeda dengan arwah manusia. Menurut kepercayaan muslim, setelah kematian arwah manusia memasuki alam barzah menunggu datangnya kiamat.

Clear ya? Jin diciptakan bareng manusia dan malaikat. Sedangkan arwah merupakan jiwa yang semula bersatu dengan jasad manusia.

Mengapa hal ini dibahas? Karena berbeda dengan Islam, di agama lain pemahaman ini rancu.

Salah satu kasus yang saya ingat ialah kala eyang putri saya yang  beragama Katolik, melakukan semedi dan bertemu dengan arwah penunggu kamar saya.

Sang arwah tidak mengganggu, hanya bilang ke eyang, minta tolong kuburannya dibersihkan. Setelah dilacak, kuburannya memang dipenuhi rumput liar. Untuk memenuhi keinginannya, setiap ziarah ke makam, almarhum ibunda selalu menyempatkan diri membersihkan makam tersebut.

Cerita panjang lebarnya, nanti saya tulis di unggahan lain ya?

Kerancuan jin dan arwah juga terjadi di masyarakat Korea Selatan yang mayoritas penduduknya nonmuslim. Sehingga muncul ide writernim Kim Sun-Soo membuat naskah drama Korea Ghost Doctor.

Gimana hasilnya? Cukup menarik, yuk kita bahas:

Baca juga:
Doctor John, Kisah Penderita Tanpa Rasa Sakit

Hospital Ship; Layanan Kesehatan Yang Bikin Mupeng
 

maria-g-soemitro.com

Rain sebagai Cha Young-Min

“Tangan ini untuk mereka yang punya setidaknya satu persen kesempatan,” kata Cha Young-Min dengan sombongnya.

Cha Young-Min memang mempunyai 3 syarat  dalam menangani pasien:

  • Tidak sembarang pasien
  • Tidak menangani kasus darurat
  • Tidak mau menangani pasien yang peluang hidupnya kurang dari satu persen.

Padahal saat masih menjadi pemagang, Cha Young-Min pernah melarang kepindahan pasien darurat. Seperti kesurupan, dia melakukan operasi pasien tersebut, dan berhasil!  

Hal yang menghebohkan, karena umumnya pemagang belum memiliki kemampuan mengoperasi pasien.

13 tahun kemudian, Cha Young-Min sukses menjadi dokter spesialis kardiotoraks yang paling banyak dicari. Angka keberhasilan operasinya 100 persen.

Dibalik sikap arogannya, Cha Young-Min sebetulnya adalah dokter yang baik hati. Dia punya anggaran khusus untuk membantu pasien miskin. Dia juga sangat peduli pada karir para pemagangnya.

 

maria-g-soemitro.com

Kim Beom  sebagai Go Seung-Tak     

Pernah hampir mati tenggelam, Go Seung-Tak bisa melihat hantu. Sangat mengesalkan, karena Go Seung-Tak tak mungkin bilang pada hantu-hatu tersebut, bahwa dia bisa melihat mereka.

Sebagai cucu pemilik Rumah Sakit Eunsang, sebetulnya Go Seung-Tak tak perlu capek-capek melalui proses pemagang untuk berprofesi dokter spesialis. Toh kepemilikan rumah sakit akan jatuh padanya.

Namun, Go Seung-Tak sadar ada orang yang tengah mengintai kelengahannya, dan siap menjatuhkan kredibilitas Go Seung-Tak di depan pemegang saham. Dia adalah sepupunya, Wakil Direktur Administratif. Han Seung-Won

Berbagai cara licik dilakukan Han Seung-Won untuk menjatuhkan Go Seung-Tak, jika perlu nyawa pasien taruhannya.

Untunglah kakek mereka sangat bijak. Dia bisa membedakan cucu yang berkualitas mutiara dengan cucu yang kotor karena korupsi.

 

maria-g-soemitro.com


Uee sebagai Jang Se-Jin

Berpacaran dengan Cha Young-Min, 13 tahun lalu Jang Se-Jin harus meninggalkan kekasihnya, tanpa sebab yang jelas.

Kini, mereka bertemu, Cha Young-Min telah menjadi dokter spesialis kardiotoraks kenamaan, sedangkan Jang Se-Jin menjadi dokter bedah syaraf yang sukses di Seattle, Amerika. Mengingatkan keduanya pernah berangan, bersama-sama menaklukan dunia kedokteran.

Terlebih keduanya masih melajang, dan masih saling mencintai.

Sayang, nasib baik masih belum berpihak. Cha Young-Min mengalami kecelakaan hingga koma berbulan-bulan.

Jang Se-Jin curiga ada kesengajaan pada kecelakaan yang menimpa Cha Young-Min. Dia curiga kakaknya berkolusi dengan Wakil Direktur Administratif, Han Seung-Won agar ayah mereka koma, yang berimbas pada komanya Cha Young-Min

Tujuan si kakak hanya satu: Menguasai kekayaan ayah mereka.
 

maria-g-soemitro.com


Sinopsis Drama Korea Ghost Doctor

Cha Young-Min bingung, kecelakaan lalu lintas membuatnya terpisah dari tubuhnya. Berulangkali dia berusaha menyelamatkan tubuhnya dari kematian. Selalu gagal. Dia tak bisa menyentuh tubuhnya sendiri.

Yang paling menjengkelkan, tak ada satu pun dokter yang kapabel . Mayoritas dokter yang mengelilingi tubuhnya hanya pemagang dan dokter yang belum mampu melakukan operasi tamponade. Operasi jantung sulit yang selama ini hanya bisa dilakukan Cha Young-Min.

Bisa dipahami, sebagai dokter spesialis kardiotoraks di RS Eunsang, kemampuan Cha Young-Min tak tertandingi. Pasien penyakit jantung mengantri untuk mendapat sentuhan tangan midasnya.

Dalam putus asa, dia memegang tangan dokter Go Seung-Tak, pemagang yang cerdas, namun tak becus saat memegang pisau bedah.

Tak terduga arwah Cha Young-Min masuk ke tubuh Go Seung-Tak.  Sehingga Cha Young-Min bisa mengoperasi tubuhnya sendiri. Namun malang, walau operasi tamponade-nya sukses, Cha Young-Min mengalami koma. Arwah Cha Young-Min tidak dapat masuk ke dalam tubuhnya sendiri. 

Dalam kebingungan, Cha Young-Min bertemu hantu Tes yang menjelaskan bahwa selama koma, arwahnya akan keluar dari tubuhnya dan bergentayangan di sekitar rumah sakit.
Itu pun hanya sampai radius tertentu. Cha Young-Min gak boleh  berjauhan dari tubuh.

Apabila nekad melanggar radius yang ditentukan, arwah Cha Young-Min akan lenyap.
Saat berkeliling rumah sakit, Cha Young-Min, bertemu dengan  hantu koma lainnya, mereka adalah pasien-pasien rumah sakit yang ditolak Cha Young-Min karena peluangnya di bawah 1 persen.

Sebagai hantu, Cha Young-Min juga bisa menguping percakapan tanpa yang bersangkutan mengetahuinya. Ternyata ada unsur kesengajaan dalam kecelakaan lalu lintas yang menimpa Cha Young-Min.

Anak sulung Presdir Jang menginginkan ayahnya mengalami koma. Dia bekerja sama dengan Wakil Direktur Administratif Eunsang, Han Seung-Won agar Cha Young-Min lengah dan meninggalkan rumah sakit.

Caranya dengan mengirim pesan palsu agar Cha Young-Min keluar dari rumah sakit dan menabraknya saat Cha Young-Min ketika kembali ke rumah sakit.

Merasa marah, Cha Young-Min bertekad membongkar kejahatan mereka. Untuk itu, dia harus bekerja sama dengan Go Seung-Tak, pemagang yang semula tak disukainya.

Cha Young-Min juga ingin segera pulih, agar bisa mulai lagi merajut kasih dengan Jang Se-Jin, kekasihnya yang terpisah selama 13 tahun.

 

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Ghost Doctor

Bravo untuk acting Kim Beom  yang keren abis. Berperan sebagai Go Seung-Tak, pemuda kaya raya yang childish, selalu tersenyum dan jahil. Kim Beom juga harus berperan sebagai Cha Young-Min yang galak dan perfeksionis.

Wajah dan gestur tubuhnya berganti-ganti peran dengan mulus.

Sementara Rain hanya berakting sebagai Cha Young-Min yang jutek dan sinis.
Sebagai penonton, saya kecewa melihat Rain kehilangan pesonanya. Pipinya tampak terlalu tirus. Apakah Rain sedang menjalani diet ketat?

Ketika bersanding dengan Kim Beom  tampak jomplang. Mungkin karena Rain (1982) sedang berperan sebagai professor, sedangkan Kim Beom (1989) hanya pemagang ya? Usia mereka hanya terpaut 7 tahun, tapi Rain nampak seperti ayahnya Kim Beom.😭😭

Secara keseluruhan drama Korea Ghost Doctor cukup lumayan sih. 

Berkisah tentang hantu koma dengan segala problemnya. Termasuk kisah-kisah humanis yang happy ending, berkat penyelamatan yang dilakukan Cha Young-Min  yang masuk ke dalam raga Go Seung-Tak.

Mirip drama Korea Hospital Playlist  dan drama Korea Hospital Ship, hanya berbeda angle. Drama Korea Hospital Playlist berkisah tentang persahabatan dokter, drama Korea Hospital Ship berkisah tentang dokter-dokter di pedalaman. 

Sedangkan drama Korea Ghost Doctor memadukan kisah klenik, dunia hantu dengan pertarungan kekuasaan. Ada kisah cinta di ketiga drama tersebut.

Jadi buat mereka yang suka genre medical dan supernatural, drama Korea Ghost Doctor sangat recommended. 

Terlebih drama ini menurut AGB Nielson berhasil meraih rating 4.432% di awal episode untuk nationwide, dan ditutup 7.953% di akhir episode. Sedangkan komunitas drama Korea di mydramalist memberi rating 8,6, atau bisa diartikan banyak yang menyukai drama Korea Ghost Doctor.  😊😊

Baca juga:
Doctor Prisoner, Saat Dokter Bermain -main Dengan Obat

Hospital Playlist, Kisah Cinta 5 Sekawan di Dunia Kedokteran



Profile

    Drama: Ghost Doctor
    Revised romanization: Ghost Doctor
    Hangul: 고스트 닥터
    Director: Boo Sung-Chul
    Writer: Kim Sun-Soo
    Network: tvN
    Episodes: 16
    Release Date: January 3 - February 22, 2022
    Runtime: Monday & Tuesday 22:30
Genres: Comedy, Medical, Fantasy, Supernatural
    Language: Korean
    Country: South Korea

28 comments

  1. Astagaaaaa... itu Rain? hampir tidak terkenali lagi hahaha, terlalu tirus ya, jadi hilang pesonanya di Full House, hehehe.
    Saya pernah liat potongan drakor ini di medsos, ada kocak-kocaknya ya, menarik nih buat ditonton, gawat juga nih jadi godaan mau nonton hahaha.
    Etapi emang sih, saya selalu suka drama-drama tentang kedokteran gini, jadi nambah pengetahuan juga, apalagi kalau drakor bikin scene itu nggak asal kek sinetron Indo hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aktor korea yang saya hapal benar wajahnya ya, Rain ini, Mbak. Soalnya saya ikut nonton full House hahaha. Tapi tema yang diangkat menarik, ya. Karena dunia lain itu memang ada.

      Delete
    2. benar yaa, Rain di drama ini memang terlihat kurus dan wajahnya tirus banget jadinya terlihat lebih tua. Padahal kalo chubby malah terlihat gagah seperti di full house dan di my lovely girl yang dia main bareng crystal

      Delete
  2. Ini film kayaknya seru banget kak.. kayaknya ini meski ada horornya tetep seru banget

    ReplyDelete
  3. Salah satu drama favorit di VIU
    Entah knp di drama ini, menurut pandanganku kim beum mirip sama rafathar :D
    Ceritanya bagus dan unik ga cukup banyak yg mengadopsi cerita seperti ini tema medis tp sisi komedi juga dapat

    ReplyDelete
  4. Wow... Seru banget ya ceritanya... Relate banget sama kehidupan nyata ku di RS. Padahal saya bukan penggemar drakor lo, tapi baca review Ghost Doctor ini, jadi pingin banget nonton...

    ReplyDelete
  5. temanya menarik yaa, dunia kedokteran dibumbui dengan perhantuan. Duh makin banyak aja daftar drama yang menarik untuk ditonton apalagi pemerannya adalah Rain, saya udah lama banget gak nonton dramanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, Rain di sini beda banget ya, jadi kangen Rain versi Full House yang gantengnya masih bikin gemes hahaha.

      Tapi bener nih bikin penasarannih drakor, apalagi kalau liat potongan videonya lucu-lucu adegannya

      Delete
  6. Drama ini memang seru ya Mba. Saya nonton drama ini karena ada Rain dan Kim Boem :-D Meski awal pertemuan mereka terlihat nggak akur ternyata mereka saling membantu meski terlihat 'tidak langsung'..

    ReplyDelete
  7. Ide cerita drama korea memang ajaib-ajaib ya, Mbak. Dan inilah yang membuat pensaran untuk menotonnya. Termasuk dokter hantu ini yang berusaha mencari tubuh dokter lalu masuk ke tubuhnya dan mengoperasi dirinya sendiri. Selama koma juga, terus menguak misteri kematian. Apalagi arwah tidak boleh jauh-jauh radiusnya dari jasadnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran mau lihat cara mengoperasi diri sendiri ini nih. Pastinya sesuatu banget buat disimak ya Pak

      Delete
  8. Wah sama kita Mbak. Saya kaget melihat Rain di drama ini. Too skiny ya. Pipi jadi kempot dan lebih terlihat tua. Padahal dulu body nya proporsional deh. Gak butuh diet. Jangan2 sakit apa ya?

    BTW, Kim Beom sih actingnya selalu seru. Sering banget jadi tokoh berandalan tapi menggemaskan.

    ReplyDelete
  9. Sambil baca aku malah membayangkan film Ratatouille koki culun jadi jago masak gara-gara rambutnya ditarik-tarik tikus, tapi kalo ini dokter magangnya sama hantu ya. Selebihnya aku jadi tertarik nonton nih soalnya penasaran sama kasus yang ingin dibongkar

    ReplyDelete
  10. aku juga percaya ambu kalau hantu aka jin itu ada. Wah Rain udah puluhan tahun berlalu sejak aku liat Full House tetep cakep yes. #Gagalfokus. Baca review ambu aku jadi penasaran sama kisah full cha young min biar bisa balik ke tubuhnya nih. Aku catet ah judulnya.

    ReplyDelete
  11. Wouw Kim Beom makin mempesona nih auranya.
    Walau rada² deg-degan juga buat nontonnya karena soal per-arwahan, apalagi tentang urusan koma. Hemm

    ReplyDelete
  12. Dengan rating 8,6 bisa dikatakan menjadi drama korea rekomendasi nih ceritanya. Membayangkan kalau ada dokter seganteng itu hihi. Saya jadi teringat cerita di salah satu RS di mana pernah digangguin setan.

    ReplyDelete
  13. saya sukaa sama cerita ini, wkwk, ga full cerita romantis tapi tetep seru gak menye menye.

    ReplyDelete
  14. Pemain-pemainnya top! Rain sih ya femes banget. Pemain satunya yang cowok aku juga pernah nonton dramanya yang lain. Hanya saya drakor ini gak begitu cocok di aku. Seingatku cuma tahan nonton 2 episode dan nggak lanjut lagi karena kurang greget :D

    ReplyDelete
  15. Udah rewatch 3 kali masih aja maraton lagi.. serileks itu nonton ini drama.. kapan lagi nonton hantu belajar masuk ruangan lewat pintu yaa kan hahaha...

    Tapi dari drama ini aku makin yakin kalo makan minum harus berdoa dulu, mau pake baju dikebut dulu..
    Ternyata semua yang orangtua bilang itu beneran, hantu-hantu kocak dari korea ini yang menyadarkanku hehehe..

    ReplyDelete
  16. Setelah Glory dan Taxi Driver, Ghost Doctor cukup menghibur. Terlebih ada banyak wawasan seputar medis di tayangan ini.

    ReplyDelete
  17. Drakor ini tuh campur aduk menurutku. Ada tegangnya, ada lucunya tapi juga ada keseruan tentang kehidupan orang-orang di dunia medis. Kita jadi tahu gimana perjuangan mereka mengobati pasien dan tantangan di keseharian mereka.

    ReplyDelete
  18. Belum nonton sih film yang ini. Tapi mau coba kucari nih film. Kisah dokter yang unik, karena hanya mau menangani pasien yang peluang hidupnya kurang dari 1%.

    ReplyDelete
  19. Aku pribadi suka drama Ghost Doctor.
    Meski plotnya yang agak menurun di akhir, tapi tetep dapet kesan yang baik mengenai aktor Rain dan Kim Beom.
    Rasanya chemistrynya oke banget.

    ReplyDelete
  20. Wajar banget kalau ratingnya bagus. Banyak banget yang menantikan kembalinya Rain di dunia drama korea. Termasuk aku. Hehehe.. kemarin aku nonton rakor ini waktu masih on going

    ReplyDelete
  21. Malah galfok sama pernyataan ambu di atas, sebaiknya shalat memang dilakukan di seputar rumah

    nah, untuk si drakor udah lah yaaa ga diragukan lagi, selain pasti kocak juga ada beberapa scene yang bikin tercengang hehehehee

    ReplyDelete
  22. Waktu nonton aku juga berpikir yang sama tentang Rain. Kenapa karakternya dibikin terlihat lebih tua ya. Tapi terus ingat bahwa dia memang sedang dibenci sama kerabatnya sendiri. Mungkin jadi beban mbak xixixi

    ReplyDelete
  23. Waktu nonton aku juga berpikir yang sama tentang Rain. Kenapa karakternya dibikin terlihat lebih tua ya. Tapi terus ingat bahwa dia memang sedang dibenci sama kerabatnya sendiri. Mungkin jadi beban mbak xixixi

    ReplyDelete
  24. Kalau hantunya ganteng dan jadi dokter pasti seneng ya. Apalagi bisa menguak kejahatan di rumah sakit. Keren nih

    ReplyDelete