Skip to main content

Hospital Ship; Layanan Kesehatan Yang Bikin Mupeng



Usai menonton drama Korea “Hospital Ship” langsung terbayang negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Dan langsung mupeng deh. Andaikan layanan  serupa ada di Indonesia?

Hospital Ship menceritakan bagaimana gigihnya para dokter muda dalam memberi layanan kesehatan bagi masyarakat pelosok. Mereka berlayar dengan kapal yang berisi peralatan medis lengkap. Bahkan ketika dokter bedah Song Eun-Jae datang melengkapi tim dokter, dia tidak sungkan menghabiskan anggaran demi lengkapnya fasilitas kamar bedah.

 Namun yang menarik adalah banyaknya gangguan kesehatan yang tidak muncul di drama Korea berlatar belakang kedokteran lainnya.
Misalnya harus mendapat perawatan usai menyelam di laut, ada juga yang mengalami alergi, tangan putus karena kecelakaan dan hehehe ..... ada kasus pasien pria yang bermasalah alat vitalnya ketika sedang berhubungan badan dengan selingkuhan. Sementara pacar resminya bekerja sebagai tenaga medis di “Hospital Ship”. Heboh pastinya. :D   :D

Selain seorang dokter tetap,  "Hospital Ship" kedatangan 4 dokter baru. Mereka adalah:




Song Eun-Jae, seorang dokter bedah terkenal dan ambisius yang diperankan Ha Ji Won. Kandidat  kepala dokter bedah muda wanita pertama di rumah sakit besar di Kota Seoul ini dipecat gara-gara berantem dengan seniornya. Hanya rumah sakit kapallah yang mau menampungnya.

Penonton akan dibuat haru biru ketika Eun Jae sering salah paham dengan ibunya. Khas hubungan ibu dan anak perempuan banget. Dan berakhir dengan tangisan karena sebagai ahli bedah sukses,  Eun Jae tidak bisa menyelamatkan nyawa ibunya.



Kang Min Hyuk memerankan dokter penyakit dalam Kwak Hyun, satu-satunya dokter baru di “Hospital Ship” yang datang dengan suka rela. Dokter yang baik dan tampan ini menjadi idaman pasien perempuan untuk dijodohkan dengan anaknya. Tak terkecuali ibu Eun Jae yang berobat pertama kali pada dokter Kwak Hyun.

Dalam “Hospital Ship” kisah Kwak Hyun cukup rumit. Sebelum terkena demensia ayahnya pernah meninggalkan keluarga untuk menjadi relawan medis.   Adik perempuan satu-satunya enggan mengakui ayahnya. Sebagai dokter, Kwak Hyun memiliki pengalaman pahit. Pasiennya meninggal  ketika Kwak Hyun  memberi pertolongan pada pasien. Trauma tersebut diatasinya selama berpraktek di rumah sakit kapal.



Sebelum terkena kasus pelecehan seksual. Lee Seo Won bermain di “Hospital Ship” sebagai dokter Kim Jae-Gul. Sebetulnya Jae Gul adalah anak seorang dokter senior yang terkenal dan pemilik rumah sakit, tempat Eun Jae bekerja selain di “Hospital Ship”.

Karena tidak sependapat dengan  jalur pengobatan tradisional yang ditekuni Jae Gul, sang ayah memilih mewariskan kepemilikan rumah sakit pada Eun Jae dengan syarat mereka berdua menikah.


Kim In Sik berperan sebagai dokter gigi Cha Joon-Young. Dia adalah teman wajib militer dari Kim Jae-Gul yang terpaksa berdinas di “Hospital Ship”. Jarang ada dokter yang mau bekerja di rumah sakit ini karena konon berhantu.

Sinopsis

“Hospital Ship” didominasi kisah dokter Song Eun-Jae, dokter perempuan yang terkenal karena kepiawaiannya di sebuah rumah sakit terkenal Kota Seoul.  Agak berbeda dengan drama Korea berlatar belakang medis lainnya. Umumnya para pakar adalah pria, bila ada perempuan, dia tidak mendominasi.

Selain kariernya , kisah hidup dokter Song Eun Jae sungguh pahit.  Tinggal berjauhan dengan ibunya yang  tinggal di pedesaan, Eun Jae memiliki adik seorang mahasiswa yang harus dinafkahi. Sedangkan ayahnya hanya meninggalkan tumpukan hutang. Sehingga hidup Eun Jae menjadi tidak tenang gara-gara rentenir selalu mengejarnya.

 Kisah keluarga dokter Kwak Hyun dan dokter Kim Jae-Gul juga muncul, namun akhirnya terpusat pada dokter Eun Jae. Karena Eun Jae mendapat limpahan ilmu dari ayah dokter Kwak Hyun dan tawaran memiliki rumah sakit dari ayah Jae Gul. Bahkan ibu Jae Gul muncul sebagai sosok yang mencintai Eun Jae layaknya anak.

Dari sisi framming medis, “Hospital Ship” menyajikan peliknya harus mengobati warga dengan fasilitas terbatas. Beruntung tim tenaga medis kompak banget dengan crew kapal sehingga banyak masalah kerja dan privacy, terselesaikan.



Review

Ide cerita drama Korea yang keren dari  “Hospital Ship”sayangnya tidak bisa dieksekusi dengan baik. Padahal alur cerita di episode-episode awal amat menyenangkan.  Terkesan rapi dan runtut membuat penonton penasaran dengan  episode selanjutnya.

Sayang di tengah terasa melambat dan ada selipan kisah cinta yang ngga penting banget. Seorang gadis, Choi Young-Eun bergabung dengan kapal dengan aktivitas sebagai pelukis ((pelukis))? Namun kemudian ketahuan cuma modus untuk mengacaukan kisah cinta dokter  Song Eun-Jae dan dokter Kwak Hyun. 

Young Eun merupakan mantan pacar dokter Kwak Hyun yang bolak balik nyakitin. Supaya Kwak Hyun mau jadi pacarnya lagi, Young Eun berpura-pura menjadi penderita leukemia. 
Aneh ngga? Orang awam mungkin bisa  dibodohin dengan penyakit, lha dokter?

Di beberapa scene juga terasa banget dokter-dokterannya. Penonton serasa melihat drama buron Setya Novanto yang ketebak banget boongnya. Mereka yang pernah menonton “Romantic Doctor Teacher Kim” mungkin bisa ngebedain  karena sama – sama melayani pasien di pedalaman dengan fasilitas terbatas.

Chemistry antara Eun Jae dan Kwak Hyun juga kurang gemesin dan membuat berkurangnya poin “Hospital Ship”. Penyebabnya bukan faktor Ha Ji Won (Eun Jae) yang dalam kisah maupun realnya , jauh lebih tua dibanding Kang Min Hyuk (Kwak Hyun) lho. Nampaknya keduanya emang ngga berusaha membangun chemistry tersebut. Atau mungkin juga karena diplot Eun Jae sebagai sosok jaim, judes dan awalnya ngga mau mikirin pacaran karena sibuk?

Penilaian akhir tentunya ada di penonton. Walau menurut saya “Hospital Ship” drakornya Ha Ji won yang mengecewakan. Penilaian subjektif pastinya. Toh penonton tetap akan terpesona dengan performa Ha Ji Won yang nampak lebih muda 10 tahun dari usianya.



Profile
Drama: Hospital Ship (literal title)
Revised romanization: Byungwonsun
Hangul: 병원선
Director: Park Jae-Bum
Writer: Yoon Sun-Joo
Network: MBC
Episodes: 40
Release Date: August 30 - November 2, 2017
Runtime: Wednesdays & Thursdays 22:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)
Genre: Medical
Language: Korean

Country: South Korea

Comments

Nathalia DP said…
Hihihi, sayang ya banyak kurangnya
mungkin karena ekspektasi saya terlalu tinggi :D :D

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…

7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba ... hore ... hore ...
Hihihilagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya? Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.
Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.
Hingga .....
Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?
Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.
Selain baju, sepatu, pakaiandan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling…