Hospital Playlist, Kisah Cinta 5 Sekawan di Dunia Kedokteran

 
sumber: instagram.com/@hospitalplaylist

Hospital Playlist, Kisah Cinta 5 Sekawan di Dunia Kedokteran

Pernah baca buku Lima Sekawan karya Enid Blyton?

Jika belum, wajib baca deh. Buku ini penuh imajinasi yang membuat pembacanya melambung jauh. Tentang petualangan. Tentang rumah pohon. Tentang minuman jahe. Dan pastinya tentang persahabatan yang manis.

Mungkin terinspirasi serial Lima Sekawan/The Famous Five, duo Shin Won-Ho (sutradara) dan Lee Woo-Jung (screen writer) meramu kisah persahabatan yang manis dalam drama Korea berjudul “Hospital Playlist”

Sosok yang dipilihpun nggak kepalang tanggung: 5 dokter ahli bedah yang telah berusia 40 tahun! Mereka kuliah di perguruan tinggi yang sama, kemudian mengambil spesialis berbeda.
Sosok-sosok dokter yang tampak dingin, kaku dan tak tersentuh, berubah menjadi wise (literal title-nya: Wise Doctor Life), banyak tawa, banyak cinta dan banyak makan!

Ke-5 dokter tersebut juga membentuk band untuk melepaskan semua lelah, stres, tekanan, sehingga bisa cerah ceria kembali saat kembali melaksanakan tugas. Terkadang 24 jam, demi menyelamatkan nyawa pasien.

Baca juga: Start Up, Drama Korea Berating Rendah, Tapi Disukai Netizen Indonesia

 
sumber: instagram.com/@hospitalplaylist

Cho Jung-Seok sebagai Lee Ik Joon    

Dokter spesialis bedah yang selalu ceria dan periang. Lee Ik Joong juga selalu bersikap positif, tak pernah punya prasangka serta penuh tak  percaya diri. 

Semasa masih kuliah Lee Ik Joon gemar berpesta dan punya banyak kekasih, salah satunya aktris. Herannya, walau tak pernah kelihatan belajar, Lee Ik Joon selalu rangking pertama. Nilainya mengungguli rekan-rekannya. 

Perilaku Lee Ik Joon berubah setelah menikah dan punya anak, U-Ju. Dan tetap sayang keluarga, ketika kemudian istrinya selingkuh dengan suami temannya. 

Sebagai dokter bedah yang piawai dalam transplantasi, Lee Ik Joon kerap menemukan kasus yang unik. Mulai dari pendonor yang berbohong hingga pasien yang ogah menjalani tranplantasi. 

Kepada seorang pasien yang enggan berobat dan menerima donor organ dari suaminya yang selingkuh, Lee Ik Joon memberi nasihat:

Minumlah obat demi dirimu
Bukan demi suamimu
Ini hidupmu
Berusahalah untuk pulih dan jalani kehidupanmu sendiri

Setelah bercerai, Lee Ik Joon membuka hatinya kembali pada sahabat yang pernah singgah di hatinya kala masih menjadi mahasiswa kedokteran, Chae Song Hwa.

sumber: instagram.com/@hospitalplaylist

Yoo Yeon-Seok sebagai Ahn Jeong Won.

Dokter bedah anak yang boyish dan tak pernah pacaran.  

Ahn Jeong Won sebetulnya anak orang kaya, ayahnya Pimpinan Pusat Medis Yulje. Namun Ahn Jeong Won selalu gak punya uang. Gak punya rumah. Malah Ahn Jeong Won bertahun-tahun numpang tidur di rumah temannya. 

Bungsu dari 5 bersaudara yang mendapat julukan Budha ini berpotensi meneruskan jabatan sewaktu ayahnya meninggal dunia, karena 4 kakaknya menjadi rohaniwan/pastor.
Ahn Jeong Won menolak, dia lebih suka menjadi dokter tanpa jabatan dan mencurahkan perhatian pada pasiennya. Demi mereka, Ahn Jeong Won rela berhari-hari tidur di rumah sakit.

source: instagram.com/@hospitalplaylist

Jung Kyoung-Ho sebagai sebagai Kim Jun Wan    

Dokter bedah torakoplastik, playboy kedua dalam tim 5 sekawan. Kim Jun Wan belum juga memutuskan menikah walau usianya menjelang 40 tahun, sampai dia memutuskaan berpacaran dengan Lee Ik Soon, adik Lee Ik Joon. 

Keduanya masih merahasiakan hubungan dari sang kakak sewaktu Lee Ik Soon memutuskan kuliah lagi, mengambil S3 di luar negeri.

sumber: instagram.com/@hospitalplaylist


Kim Dae-Myung  sebagai Yang Seok Hyeong    

Dokter bedah obgyn. Dikenal penyendiri dan anak mama. Demi mamanya, Yang Seok Hyeong menikah kemudian bercerai.

Yang Seok Hyeong anak tunggal seorang konglomerat, Presdir Yang Tae-Yang yang terkenal play boy. Salah satu gendaknya sedang mengandung sewaktu Presdir Yang meninggal. Namun, sang ayah meninggalkan semua warisan pada Yang Seok Hyeong.

 

Jeon Mi-Do sebagai Chae Song Hwa

Dokter bedah saraf yang merupakan satu-satunya anggota perempuan dalam tim 5 sekawan. Chae Song Hwa mendapat julukan “setan” karena mampu melakukan banyak tugas: mengajar, operasi, membimbing tesis, seminar, tapi masih sempat hiking dan camping, serta selalu datang on time pukul 07.00 di rumah sakit.

Usai diselingkuhi kekasihnya, Chae Song Hwa bingung memilih 2 pria: Lee Ik Joon, sahabatnya dalam tim 5 sekawan atau Ahn Chi-Yong, dokter residen yang dibimbingnya.



Sinopsis Hospital Playlist (2020)    

Ada 3 tipe manusia di  bumi:
Yang pertama, orang yang paling bahagia saat makan enak. Contohnya sahabat kita Lee Ik Jun dan Kim Jun Wan
Yang kedua, orang yang senang makan sendiri, contohnya Yang Seok Hyeong
Yang ketiga, orang yang bahagia melihat orang makan dengan bahagia. Itulah kamu.

Kalimat di atas diucapkan Chae Song Hwa pada sahabatnya, Ahn Jeong Wan yang sedang bingung.  

Selain bersahabat dengan Chae Song Hwa (dokter bedah saraf), Ahn Jeong Wan sebagai dokter bedah anak juga bersahabat dengan 3 dokter bedah lainnya,  

Yaitu:  Yang Seok Hyeong (dokter kandungan), dokter Lee Ik Jooon ( spesialis bedah umum) serta dokter Kim Jun Wan yang kompeten sebagai dokter bedah torakoplastik.  

Mereka bersahabat sejak di bangku kuliah. Sama-sama menyukai musik dan membentuk band. Sama-sama menjadi dokter bedah, walau berbeda spesialisasi. Sama-sama berusia 40 tahunan. Serta sama-sama bekerja dalam satu rumah sakit: Pusat Medis Yulje.  

Sebagai anak pemimpin Pusat Medis Yulje, Ahn Jeong Wan berkesempatan meneruskan tampuk jabatan ayahnya. Tapi dia ogah. Ahn Jeong Wan memilih teman ayahnya sebagai penerus, dengan syarat dia mendapat keuntungan dari layanan kamar inap VVIP. 

Karena Ahn Jeong Wan mempunyai visi sosial, yakni membiayai pasien yang tidak mampu membayar biaya pengobatan. Sebelumnya Ahn Jeong Wan menggunakan gajinya sebagai dokter untuk menjadi malaikat penolong.

Namun bukan peran sebagai malaikat penolong yang membuat Ahn Jeong Wan risau. Dia berada di persimpangan jalan. Antara berangkat ke Italia untuk meneruskan cita-citanya menjadi pastor/rohaniwan Katolik.

Atau tetap di Korea, menekuni profesinya sebagai dokter bedah anak, mendampingi ibunya yang sudah sepuh dan mendapat banyak kebahagiaan ketika berhasil menyembuhkan anak-anak.

Kecintaan pada anak-anak membuat Ahn Jeong Wan selalu menunda keberangkatannya ke seminari di Korea hingga harus ke Italia.  

Kebimbangannya semakin menjadi sewaktu kakak sulung yang telah lebih dulu menjadi pastor memberi wejangan:

Setiap orang bisa menjadi pastor
Tapi tak semua orang bisa menjadi dokter
Andrea, bertahanlah satu tahun lagi


Tahun demi tahun berlalu, Ahn Jeong Wan semakin bimbang. Terlebih setelah bertemu dengan Jang Gyeo-Wool, dokter residen yang mencintai dan dicintainya.



Review Hospital Playlist (2020)

Jae Hui lancar buang air besar usai makan
Warna dan bentuk fesesnya bagus
Fesesnya bagus sekali
 Dokter Ahn Jeon Wan yang boyish berkisah tentang feses pasien ciliknya dengan penuh riang gembira. Dia tak peduli kedua orang temannya, dokter Chae Song Hwa dan dokter Kim Jun Wan sedang makan roti.  

Hahaha … bikin pingin ketawa ya?  

Sejak episode awal penonton mendapat suguhan yang lucu. Dokter Lee Ik Joon terperangkap dalam helm yang penuh berisi lem, ulah U-Ju, anak Lee Ik Joon. Sehingga dia terpaksa masih menggunakan helm saat mendadak harus melakukan operasi. 

Tidak hanya ulah para dokter  yang bikin tertawa, penonton “Hospital Playlist” juga bakal larut sewaktu para dokter berhasil menemukan solusi, ikut terharu pada adegan dokter dengan  pasien dan anggota keluarganya, serta merasa sebal melihat pasien/wali yang sok tahu. 

Sutradara dan screen writer drama Korea “Hospital Playlist” emang hebat meramu dan menyajikan kisah. Mungkin pengalaman kerja sama keduanya dalam Reply 1988, Reply 1994 dan Reply !997 menjadi bekal dalam menghasilkan drama yang menghipnotis dan mampu meraih rating 2 digit. 

sumber: asianwiki.com

 

Tiga drama Korea tersebut (Reply 1988, Reply 1994 dan Reply !997), tidak saja berhasil meraup rating tinggi, juga serangkaian penghargaan. 

Dalam “Hospital Playlist”, kejelian casting pemain menunjukkan kelasnya. Ke-5 aktor dan aktris berakting dengan bagus, membuat penonton lupa bahwa mereka sedang melihat tontonan, bukan kejadian nyata. 

Saya suka dengan ide: perempuan “nembak” duluan. Nggak salah asalkan si perempuan bisa memperkirakan feedbacknya. Jang Gyeo-Wool bilang cinta pada Ahn Jeong Won yang udah jelas menunjukkan perhatiannya.

Kemudian Yang Seok Hyeong yang asyik dengan dunianya, seharusnya dipahami Chu Min Ha se, sebelum dia memberanikan diri, berkata menyukai dokter bedah obgyn yang nyentrik ini.

Last but not least adalah kisah cinta Lee Ik Joon pada Chae Song Hwa, yang ternyata pernah tumbuh di bangku kuliah. Sekaligus menguatkan opini bahwa sangat sulit mempertahankan persahabatan antara perempuan dan laki-laki.

Terlebih kala salah satu menikah. Sebaiknya menjaga jarak. Kalaupun tak ada perasaan spesial, masing-masing individu harus tenggang rasa pada pasangannya.

Drama Korea banyak menimpalkan kisah “teman tapi pacaran” diantaranya adalah “Romance is Bonus Book” dan “The Time We Were Not in Love”. Bedanya, kecuali pasangan Ahn Jeong Won dan Jang Gyeo Wool, pasangan lain dibiarkan menggantung, menunggu keputusannya di drama Hospital Playlist 2 yang konon akan rilis tahun 2021 ini.

Baca juga:
Romance is Bonus Book, Teman Tapi Menikah(2)
The Time We Were Not in Love, Teman Tapi Menikah




Profile Drama: Hospital Playlist (English title) / Wise Doctor Life (literal title)
Revised romanization: Seulkirowoon Uisasaenghwal
Hangul: 슬기로운 의사생활
Director: Shin Won-Ho
Writer: Lee Woo-Jung
Network: tvN
Episodes: 12
Release Date: March 12 - May 28, 2020
Runtime: Thursday 21:00
Language: Korean
Country: South Korea



8 comments

  1. Aku suka SEMUAAAA literally SEMUA karakter yg ada di drakor ini.
    Kerasa human touch-nyaaa... persahabatan yg hangat, ya ampun aku nonton Hospital Playlist ini udah 2 kali.
    Trus bolak/i muter cuplikan video di Youtube dan IG

    Aaaakkkk, ga sabar nunggu season 2!

    ReplyDelete
  2. Hospital Playlist, Kisah Cinta 5 Sekawan di Dunia Kedokteran cerita dan ulasan selalu menarik disimak

    ReplyDelete
  3. Ini salah satu drakor yang sudah masuk wishlist dari kapan tau, tapi nontonnya cuma bisa dari Netflix ya Ambu? Huhu... enggak langganan Netflix soalnya, jadi belum nonton deh sampai sekarang :(

    ReplyDelete
  4. Ambu.... saya terharu dengan ini
    Ada 3 tipe manusia di bumi:
    "Yang ketiga, orang yang bahagia melihat orang makan dengan bahagia. Itulah kamu."

    Menggambarkan bentuk pengorbanan ya...

    Lama2 baca review dari Ambu, bikin saya nonton drakor juga nih😍🥰

    ReplyDelete
  5. Lima dokter. lima kepribadian, dan pastinya ada lima cerita juga ya ambu. Menarik menarik karakternya. Aku jadi penasaran, ini para dokter suka makan ya? Hihihi. Ucapan Chae Song Hwa yang menganalogikan tipe manusia di Bumi itu menarik banget.

    ReplyDelete
  6. Ini drama asik banget, ngambil tema nya juga unik kisah persahabatan tapi berlatar di rumah sakit. Setiap karakter main dgn pas di porsinya masing2
    Paling suka kalau scane Lee Ik Joon bareng anaknya U-Ju

    ReplyDelete
  7. Saya belum selesai nonton KDrama ini karena sempat distract dengan KDrama yang lain. Membaca ini jadi inget untuk nonton dari awal lagi biar gak get lost.

    Saya suka nih film-film dengan alur cerita real yang terjadi di sekelompok orang dengan lika liku kejadian yang menarik. Apalagi ini dipegang oleh sutradara yang memang khusus dibidang itu. Edisi REPLY dan LIST sudah jadi ciri khas judulnya ya Mbak.

    ReplyDelete
  8. Selalu amaze di setiap episode drama ini. Menggambarkan jelas banget hubungan persahabatan yang tulus gimana sampai keluargapun udah saling kenal.

    ReplyDelete