Ayo Tunjuk Tangan dan Wujudkan Mimpimu!

   

maria-g-soemitro.com

Ayo Tunjuk Tangan dan Wujudkan Mimpimu!


“Saya bu!” “Saya bu!” ….. Dengan penuh semangat, murid Taman Kanak-kanak saling tunjuk tangan, tatkala Ibu Guru bertanya: “Anak-anak, ada yang mau bertanya?”

Anehnya, andai pertanyaan yang sama dilontarkan pada murid sekolah lanjutan, baik SMP atau SMA, umumnya tak ada yang berani tunjuk tangan. Mereka menundukkan kepala. Takut ditunjuk guru untuk menjawab pertanyaan.

Kondisi ini tentu saja tidak sehat. Agar mampu mewujudkan Indonesia Emas 2045, Indonesia membutuhkan masyarakat yang skeptis dan kritis. Masyarakat yang terbiasa bertanya. Masyarakat yang tidak apatis. Masyarakat yang selalu mencari solusi atas problem yang timbul.

Penjelasan di atas dikemukakan Septi Peni Wulandani, seorang pemerhati ibu dan anak serta Founder school of life  dan Ibu Profesional, dalam press conference ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ yang berlangsung pada 14 Desember 2022. 

‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ merupakan gerakan sosial yang dihadirkan SGM Eksplor untuk mendukung visi pemerintah mewujudkan Generasi Emas 2045.

Apa yang dimaksud dengan Generasi Emas 2045?  Merupakan momentum bersejarah yang ditetapkan Indonesia, karena pada tahun 2045 usia Indonesia genap 100 tahun. Indonesia juga akan mendapatkan bonus demografi yaitu 70 % jumlah penduduk Indonesia dalam usia produktif (15-64 tahun). Sedangkan sisanya, atau 30 % merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045.

Tahun 2045 kan masih lama, ngapain dipikirin sekarang?

Karena Indonesia punya banyak pekerjaan rumah!

Baca juga:
Anak Alergi? Ini Cara Cerdas Mengatasinya!

5 Tips Kehamilan Sehat Untuk Cegah Anak Stunting

Daftar Isi:

  • Tunjuk Tangan, Puzzle Utama untuk Generasi Maju Indonesia
  • Pesan dari Greysia Polii, Peraih Medali Emas Olimpiade 2020
  • Pesan Motivasi dari Merry Riana untuk Generasi Emas 2045
  • SGM Eksplor, Susu Pertumbuhan untuk Generasi Maju

Seperti disampaikan Septi Peni Wulandani, 9 dari 10 anak Indonesia mengalami kesulitan akses nutrisi dan Pendidikan. Diperparah pandemi Covid-19,  pada tahun 2021 jumlah penduduk kurang gizi  di Indonesia tertinggi di Kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut berimbas pada sektor pendidikan, 1 dari 1.000 siswa putus sekolah di jenjang SD/Sederajat.

Tentu saja pemerintah tidak bisa menyelesaikan problem besar ini sendirian, harus ada kolaborasi bersama akademisi, bisnis dan komunitas, dan SGM Eksplor hadir melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, untuk membantu pemerintah mewujudkan visi Generasi Emas 2045.

Semangat gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ pun digelorakan. Selain Septi Peni Wulandani, pada press conference ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, SGM Eksplor menghadirkan beberapa narasumber inspiratif, yaitu:

  • Greysia Polii, Pedali Emas Olimpiade 2020
  • Merry Riana, Motivator dan Pengusaha
  • Shiera Syabila Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor

Apa kata narasumber-narasumber hebat ini? Berikut cuplikannya:

 

maria-g-soemitro
Greysia Polii (source: maria-g-soemitro.com)

Pesan dari Greysia Polii, Peraih Medali Emas Olimpiade 2020

“Dokter banyak, tapi juara cuma satu,”kata ibunda Greysia Polii sewaktu menyemangati anaknya yang sedang mengalami jatuh bangun, kalah menang silih berganti dalam perjalanan menuju meraih medali emas Olimpiade.

Penggunaan analogi “dokter banyak, tapi juara cuma satu”, tentu saja bukan untuk meremehkan profesi dokter, hanya sekedar ilustrasi pada profesi yang kerap dicita-citakan oleh anak-anak tersebut.

Mengetahui anaknya menyukai cabang olahraga (cabor) bulu tangkis, sang ibu memberi semangat Greysia Polii agar bisa meraih prestasi tertinggi. Tentu saja tidak sekadar memberi semangat, namun juga menyiapkan nutrisi anak, termasuk susu pertumbuhan agar tumbuh kembang anak optimal.

Waktu itu, Indonesia sedang mengalami masa paceklik, khususnya di kejuaraan bulu tangkis putri. Sesudah Susy Susanti meraih medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992, tak satu pun atlet putri lainnya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga bergengsi ini.

Penantian panjang yang menyedihkan berubah menjadi gema kemenangan di Olimpiade Tokyo 2020, setelah Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil menorehkan tinta emas sebagai juara cabor bulu tangkis nomor ganda putri.

Tak banyak yang tahu, kemenangan Indonesia merupakan buah perjuangan penuh liku Greysia Polii cilik, anak yatim berusia 8 tahun yang bersama ibunya meninggalkan Manado, Sulawesi agar bisa masuk pelatnas. Greysia Polii  mengalami jatuh bangun, kalah menang, serta serangan bosan karena harus sekolah dan latihan bulutangkis tanpa henti.

Anak lain mungkin akan mutung dan mundur, namun tidak bagi Greysia Polii, dengan support terus menerus dari ibu dan para pelatihnya, Greysia Polii menganggap apa yang dilaluinya sebagai pondasi untuk terus maju meraih kemenangan.

Akhirnya, setelah gagal di Olimpiade London (2012) dan Olimpiade Rio (2016), Greysia Polii berhasil menorehkan kemenangan di Olimpiade Tokyo 2020 pada usia 33 tahun 356 hari! Greysia Polii memecahkan rekor atlet  peraih medali emas tertua di cabor badminton Olimpiade. Rekor yang sebelumnya dipegang eks tunggal putri China, Zhang Ning (33 tahun 89 hari), saat meraih medali emas di Beijing 2008.

 

maria-g-soemitro.com
Merry Riana (source: maria-g-soemitro.com)

Pesan Motivasi dari Merry Riana untuk Generasi Emas 2045

“Hidup tidak ditentukan oleh keadaan, tapi mimpi saya,” kata Merry Riana. Motivator cantik ini berkisah tentang mimpi yang disusunnya setelah ibunya kerap membacakan kisah tentang orang besar seperti Marie Curie.

Karena itu Merry Riana memberanikan diri ke luar negeri untuk kuliah, dengan alasan seorang yang berani merantau akan memiliki daya juang. Untuk mewujudkan mimpi, Merry juga pantang menyalahkan keadaan/orang lain ketika mengalami rintangan. 

“Harus selalu berprasangka baik dan jangan putus asa, karena kontrol ada pada diri kita,” kata Merry Riana. selanjutnya Merry Riana memberi tips dalam menggapai impian, yaitu dengan menggunakan 2 kaki: ‘Keep doing’ dan ‘keep learning’ agar kita menjadi pribadi yang pantas dalam memperoleh kesuksesan.

Kalimat inspirasi berikutnya dari Merry Riana adalah “You are what you eat”. Agar berhasil mewujudkan mimpi, kita harus memperhatikan nutrisi yang masuk. Setiap pagi mulailah dengan segelas susu dan sarapan bergizi lainnya.

   

maria-g-soemitro.com
Shiera Syabila Maulidya (source: SGM Eksplor)

SGM Eksplor, Susu Pertumbuhan untuk Generasi Maju Indonesia

“SGM Eksplor percaya bahwa setiap anak memiliki potensi dan hak yang sama untuk meraih kemajuan, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses nutrisi dan pendidikan,” kata Shiera Syabila Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor.

Hadir sejak 1954, SGM Eksplor senantiasa melakukan inovasi produk, diantaranya mengatasi masalah anemia atau kekurangan zat besi yang masih dialami sekitar 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia.  

Seperti diketahui, zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan maksimal fisik dan perkembangan fungsi kognitif anak. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hadir , SGM Eksplor Progress-Maxx sebagai  inovasi susu pertumbuhan satu-satunya yang mengandung Iron-C™ - kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, yang berguna untuk dukung penyerapan nutrisi penting dengan maksimal, serta mengandung nutrisi penting lainnya  seperti DHA, Minyak ikan tuna, Omega 3&6, Serat pangan, dan Zinc.  

4 aspek yang selalu menjadi fokus SGM Eksplor dalam membantu pemerintah mewujudkan visi Generasi Emas 2045, yaitu: Daya pikir, Pencernaan, Daya tahan tubuh, dan Pertumbuhan maksimal. 

Untuk itu, melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, SGM Eksplor telah berhasil memberikan dampak positif dan dukungan akses nutrisi, kesehatan dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 Anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Dukungan berbentuk paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, donasi paket beasiswa pendidikan, renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (online). 

Agar bantuan donasi bisa menjangkau anak-anak Indonesia yang membutuhkan di seluruh wilayah Indonesia, SGM Eksplor menggandeng organisasi sosial yakni SOS Children’s Villages.


maria-g-soemitro.com
alumni Danone Blogger Academy (source: SGM Eksplor)

Kolaborasi merupakan kunci keberhasilan, demikian kurang lebih inti sharing dari para narasumber hebat dalam press conference ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’

 Tujuan membangun Generasi Emas 2045 sulit terwujud andai hanya pemerintah yang melakukannya. namun yakin berhasil apabila setiap elemen bangsa tunjuk tangan, mau maju bekerja keras, dimulai dari hal termudah, yaitu: Ikut berpertisipasi dalam gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia”, seperti memberikan hanya nutrisi anak yang terbaik, agar anak tumbuh kembang optimal.

Baca juga:
Anak Rewel? Deteksi Penyebabnya dengan Allergy Tummy Checker

Anak Lahir Prematur? Pahami cara Mencegah dan Mengatasinya!

31 comments

  1. SGM eksplor kiprah dan kontribusinya luarr biasa

    Semoga semua anak Indonesia bs dapat akses mantab ke pendidikan, kesejahteran, dll

    Sehingga penduduknya sehaattt dab bahagia.

    ReplyDelete
  2. Dua wanita cantik yang menginspirasi perempuan Indonesia, bahwa harus dengan semangat juang pantang menyerah, maka dukungan untuk generasi penerus harus terus dilakukan

    ReplyDelete
  3. Wahh keren nih program tunjuk tangan untuk Generasi Maju Indonesia, semoga program dari SGM ini berjalan dengan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolaborasi merupakan kunci keberhasilan. Benar banget insightnya ini. Tanpa kolaborasi seperti yang dilakukan SGM, mustahil kegiatan ini memberikan dampak berantai atau efek domina yang positif bagi masyarakat luas.

      Delete
  4. Gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ menginspirasi sekali untuk memperluas dukungan akses nutrisi, kesehatan, dan pendidikan kepada anak-anak Indonesia. 200 ribu anak kalau dibanding total populasi dan kelahiran nasional mungkin kecil, tetapi bayangkan jika itu dicopy oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Tentu ini dampaknya sangat masif.

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama konsistensi SGM dengan program "Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia" ini. Karena dari sini, kita bisa meneladani orangtua yang telah sukses membentuk anak-anaknya meraih cita-cita dan berani bermimpi juga berani mewujudkannya.

    ReplyDelete
  6. Baik Mba Septi Feni, Greysia Poli, dan Merry Ryana adalah sosok inspiratif dan panutan. Susu SGM itu dulunya susu saat anakku masih baby. Cocok minum susu ini. Kandungan gizinya lengkap dan soal harga cukup terjangkau

    ReplyDelete
  7. Keren sekali program dari SGM ini. Semakin banyak program untuk Indonesia yang menginspirasi sekali. Semoga generasi penerus menjadi generasi yang sukses dan maju.

    ReplyDelete
  8. Memberikan nutrisi terbaik itu sebenernya mudah ya bu. Tapi kalau hanya nutrisi terbaik itu yg sulit. Perlu kekonsistenan tinggi.

    ReplyDelete
  9. Semoga selurh anak2 Indonesia semakin mudah mendapatkan aksek kesehata pendidikan.. bangga SGM explore bisa jadi wadah dan perantara ya mba

    ReplyDelete
  10. Di lingkungan kita masih ada anggapan bahwa "orang yang suka bertanya itu keliatan bodohnya" hal itu saya ketahui pas suatu hari kami hadir di suatu seminar, ada salah satu peserta yang meminta bantuan temannya untuk menanyakan pertanyaannya. Dia sensiri gak mau nanya karena ya gitu, "terlihat bodohnya klo bertanya".

    Semoga tercapai program SGM melahirkan generasi sukses sesuai harapan di tahun 2045.

    ReplyDelete
  11. Semakin inovatif ya program SGM ini ikut bangga bacanya semoga SGM selalu menginspirasi untuk menjadikan generasi penerus menjadi lebih baik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, optimis bisa ya kak.
      Karena dukungan generasi agar terus maju mantap diberikan SGM. Semoga terus berkelanjutan

      Delete
  12. Dengan adanya program tunjukntangan ini semoga anak2 bangsa kita semakin maju dan sukses ya ambu... SGM sangat konsisten untuk mencerdaskan anak bangsa.

    ReplyDelete
  13. Idenya keren. Hal yang sederhana "tunjuk tangan" bisa dimaknakan dengan filosofis. Saya suka mengamati ide promosi. SGM pintar deh.

    ReplyDelete
  14. Yup anak SMP SMA kita memang banyak yang mengalami kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya. Sebagian besar juga disebabkan oleh sistem pendidikan negara kita yang saat itu tak memfasilitasi anak untuk biasa bertanya.

    Selain kesempatan, tentunya juga didukung oleh nutrisi yang baik. Buat anak emang penting konsumsi susu nih, kayak SGM Eksplor

    ReplyDelete
  15. Aduh terakhir ada foto para mombassador jadi ingat masa masa bergabung dengan SGM juga nih. Kalau saja anak gak tumbuh besar, tetap minum susu SGM mungkin saya pun masih jadi bagian dari para mombassador itu kali ya...

    ReplyDelete
  16. "Tahun 20145 kan masih lama? Ngapain dipikirin sekarang. Karena Indonesia punya pekerjaan rumah yang banyak". Merinding saya baca kalimat ini. Tapi memang benar adanya. Apalagi untuk urusan mencerdaskan kehidupan bangsa dan para generasi muda. Dan itu harus dirintis sejak dini.

    Salut untuk CSR SGM Eksplor. Semoga tema seperti ini tuh bisa dicontoh oleh organisasi lain yang peduli akan masa depan. Menghadirkan sosok inspiratif tentunya menjadikan program ini menjadi lebih berarti.

    ReplyDelete
  17. Aku termasuk si generasi SGM deh karena pada masa kecil memang minum susu ini kata mama. Makin kesini tuh makin banyak bermunculan generasi emas jika diberi asupan yang tepat nih. Memang keren banget deh program yang dicanangkan SGM ini.

    ReplyDelete
  18. Salut banget dengan SGM yang konsisten mengadakan program ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’. Karena dukungan yang baik untuk orangtua juga lingkungan agar anak bisa tumbuh hebat untuk generasi emas Indonesia.

    ReplyDelete
  19. saya terkesan dengan kata-kata motivasi dari ibunda Greysia Polii, Ambu. Beliau memotivasi putrinya dengan sangat baik - setuju, bukan untuk merendahkan dokter tapi beliau mengerti sekali potensi anaknya dan mau mendukungnya dengan maksimal. Contoh ibu yang bijak.

    ReplyDelete
  20. Keren ya, Ambu. Salut deh! Greysia Polii adalah contoh nyata dari bagaimana ketekunan dan buah perjuangan penuh liku dapat membawa seseorang ke puncak kesuksesan.

    Dia telah melalui banyak tantangan dalam kariernya sebagai atlet bulu tangkis dan telah berjuang dengan tekad yang kuat untuk mencapai tujuannya.

    Dengan usaha dan perjuangan dari kecil, sekarang Greysia telah berhasil mencapai puncak sukses dengan menjadi juara Olimpiade. Ini adalah bukti bahwa semangat dan dedikasi yang tinggi bisa membawa kita jauh ketika kita berkomitmen untuk tujuan hidup.

    Greysia adalah inspirasi buat anak-anak Indonesia untuk mengikuti jalur ketekunan dan perjuangan penuh liku untuk mencapai keberhasilan ya, Ambu.

    ReplyDelete
  21. Iya siih. Saat masih sekolah dulu aku juga begitu. Lebih sering sembunyi tangan kalau udah guru nanya ke siswanya. Hehehe

    ReplyDelete
  22. Siapkan generasi emas bangsa yang akan dimulai dari disiapkan dari sekarang dengan stimulasi anak yang dilakukan oleh orangtua.

    ReplyDelete
  23. Keren banget acaranya ya ambu. Apalagi SGM Eksplor menghadirkan beberapa narasumber yang emang inspiratif beneran. Orang-orang hebat semua. Semoga acara seperti ini semakin sering dilakukan dan semakin banyak yang teredukasi

    ReplyDelete
  24. Keren banget ni acaranya SGM. Ada kak Greysia polli dan Meri riana juga. Semoga menuju Indonesia Emas 2045 tercapai ya. Diawali dengan anak-anak yang sehat dengan nutrisi yang cukup. Aamiinn

    ReplyDelete
  25. menjadi "sesuatu" itu memang tidak mudah, tapi kalau tidak menyerah pada mimpi, bisa jadi nyata. mudah2n banyak perempuan Indonesia yang termotivasi

    ReplyDelete
  26. Ikut tunjuk tangan untuk Indonesia, semoga seluruh anak Indonesia bisa mendapatkan kecukupan gizi dan nutrisi ya bunda.

    ReplyDelete
  27. Merasa tertampar dengan paragraf 1. Bener sih kalau anak TK ditanyain siapa yang mau bertanya auto pada tunjuk tangan. Giliran yang SD ke atas pada auto nunduk. Semoga kedepannya dengan adanya program tunjuk tangan dari SGM ini generasi emas Indonesia jadi gak malu2 lagi kalau mau tunjuk tangan.

    ReplyDelete
  28. Senangnya selain dapat banyak ilmu bisa ketemu sama Greysia Polii dan Mery Riana. Cocok sih keduanya jadi BA SGM biar anak-anak semakin dekat dgn tokoh muda yg bisa dijadikan idola

    ReplyDelete
  29. Pas baca judul artikel ini, otomatis saya inget lagu Tunjuk Bintang-nya Sheila on 7. Tunjuk tangan penanda berani, kreatif, sehat, dan tetap semangat. Setelah itu, naik ke level selanjutnya, tunjuk 1 bintang untuk menggapai impian. :)

    ReplyDelete