Drama Korea Shadow Beauty, Karena Setiap Anak adalah Masterpiece

           
maria-g-soemitro.com

 Drama Korea Shadow Beauty, Karena Setiap Anak adalah Masterpiece


Akhir Mei 2022, twitterland berduka. Hestek Eril menjadi trending topik selama berhari-hari. Pemuda berusia 23 tahun yang bernama lengkap Emmeril Kahn Mumtadz dinyatakan hilang saat berenang di di Sungai Aare, jasadnya ditemukan beberapa hari kemudian di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022). 

Siapa Eril? Mengapa begitu banyak orang menangisi kepergiannya? Apakah statusnya sebagai anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuatnya begitu dielu-elukan? Ataukah karena Eril masih begitu muda, tampan, pandai dan terkenal kesukaannya akan aktivitas sosial?

Bagaimana jika yang tenggelam di Sungai Aare adalah anak biasa- biasa saja? Tidak tampan, tidak pandai dan termasuk anak ABK (anak berkebutuhan khusus)?

Mungkin tak akan seheboh itu ya? Karena kita hidup dalam tataran nilai yang disematkan masyarakat. Mereka memberi nilai tinggi pada si Ganteng,  si Cantik, si Cerdas dan seterusnya. Sedangkan si Biasa-biasa saja mendapat nilai C bahkan D. 

Sementara kita tahu,  Allah SWT menciptakan setiap insan manusia sebagai masterpiece. Ciptaan yang paling unggul diantara semua makhluk bumi. Ciptaan yang dijamin keberlangsungan hidupnya. Kitalah, sesama umat manusia yang sering meragukan sesama ciptaan Tuhan dengan labelling “masa depan suram”.

Sineas Korea Selatan banyak mengangkat kisah tentang anak-anak istimewa ini. Salah satunya, drama Korea ‘Good Doctor’ yang mengisahkan pengidap savant syndrome dan developmental disability yang berhasil menjadi dokter anak. Begitu suksesnya hingga drama ini diadaptasi sineas USA dan Jepang.

Selain tentang anak ABK, sineas Korea Selatan  juga mendapat ide dari para perempuan di negaranya yang minder dan dibully gara-gara wajah yang ‘dibawah standar’ atau tidak good looking. Jang Hansol, pemilik channel YouTube pernah mengisahkan tentang maraknya bullying di Korea Selatan ini. Penyebabnya miskinnya SDA yang berimbas pada persaingan SDM.

Beberapa drama Korea Selatan yang mengangkat kisah ini diantaranya: My ID Is Gangnam Beauty,  True Beauty, Perfume, Birth of a Beauty dan yang kini akan kita ulas adalah drama Korea ‘Shadow Beauty’.

Berbeda dengan pendahulunya, drama Korea ‘Shadow Beauty’ kurang mendapat sambutan penonton, khususnya penonton Indonesia yang sering men-trendingkan drama Korea favorit di Twitter. Apa penyebabnya? Yuk kita kupas.

Baca juga:
My ID is Gangnam Beauty, Kisah si Buruk Rupa vs si Cantik Jelita

True Beauty, Ada Apa Dengan Wajah Jelek?

 
maria-g-soemitro.com

Shim Dal-Gi  sebagai Goo Ae Jin

Sebagai gadis remaja Goo Ae Jin memiliki orang tua yang sangat menyayangi.
Tidak demikian di sekolah, dia menjadi bulan-bulanan Yang Ha Neul yang membencinya karena mengira Goo Ae Jin telah membongkar status dirinya sebagai gadis miskin. 

Padahal semua itu merupakan ulah Jo Sae-Hee yang tak ingin melihat Goo Ae Jin bersahabat dengan Yang Ha Neul.

Hal yang tak diketahui Yang Ha Neul lainnya adalah kenyataan bahwa Goo Ae Jin sebetulnya bentuk fisik Genie yang asli. Sahabat maya Yang Ha Neul yang cantik dan populer, tempat Yang Ha Neul menumpahkan seluruh keluh kesah.

  

maria-g-soemitro.com


Choi Bo-Min sebagai Kim Hon In

Kim Ho In, pemuda kaya raya yang misterius. Kim Ho In tidak hanya menjadi ketua kelas dan siswa paling cerdas, dia juga kekasih Yang Ha Neul, siswi tercantik di kelasnya.

Kim Ho In mendapat pemandangan tak terduga saat sedang bersantai di café, yaitu transformasi Goo Ae Jin, teman sekelasnya yang kerap dibully karena dianggap buruk rupa, menjelma menjadi perempuan cantik yang setelah ditelusuri ternyata adalah Genie, 

Alih-alih membongkar rahasia, Kim Ho In lebih tertarik untuk mengikuti alur kegiatan Goo Ae Jin sebagai Genie dan membantunya menyelesaikan banyak masalah, diantaranya saat Yang Ha Neul bersikeras melakukan video call dengan Genie.

  

maria-g-soemitro.com


Hur Jung-Hee  sebagai Yang Ha-Neul

Sebagai gadis cantik dan selalu trendy, Yang Ha Neul sangat malu pada realita sebagai gadis miskin, anak penjual warung makan. Karena itu dia mewanti-wanti Goo Ae Jin yang kebetulan datang untuk makan bersama keluarganya, agar marahasiakan hal ihwal dirinya.

Yang Ha Neul menjadi sangat marah ketika Jo Sae-Hee secara samar mengatakan bahwa Goo Ae Jin bercerita tentang kehidupan Yang Ha Neul.

Tentu saja Jo Sae Hee berbohong. Belangnya baru ketahuan saat kelas mereka kedatangan murid baru bernama Sun Mi-Jin. Jo Sae Hee berbalik arah dengan mengatakan hal-hal yang tidak baik tentang Yang Ha Neul.

Bersama kekasihnya, Kim Ho In, akhirnya Yang Ha Neul membongkar kebusukan Sun Mi Jin dan kembali bersahabat dengan Goo Ae Jin.

maria-g-soemitro.com



Sinopsis Drama  Korea Shadow Beauty

Goo Ae Jin punya 2 kehidupan.  Sebagai siswa SMA, dia menjadi korban bullying teman sekelasnya, Yang Ha-Neul dan Jo Sae-Hee, dengan sebutan ‘gadis buruk rupa’.

Namun sesampainya di rumah dan masuk kamar, Goo Ae Jin berubah menjadi Genie, si cantik yang digandrungi pengguna aplikasi Wingstagram.

Goo Ae Jin mengubah wajahnya dengan  menggunakan aplikasi setelah lebih dulu berdandan. Hasilnya, sebagai bintang media sosial yang dipuja, Goo Ae Jin dalam bentuk Genie memiliki followers 770.000 akun. Imbasnya, dia mendapat banyak endorsement berupa barang-barang mahal dan edisi terbaru

Selain kebahagiaannya sebagai Genie, Goo Ae Jin memperoleh kebahagiaan kecil di siang hari, yaitu saat makan siang bersama Lee Jin-Sung, remaja tampan yang tidak sekelas dengannya.

Dalam beberapa kesempatan, Lee Jin-Sung sering memuji Goo A Jin yang dianggapnya secantik Kim Go Eun, aktris papan atas pemeran drama Korea ‘Goblin’ dan yang terbaru drama Korea ‘Little Women’.

Sayang, Goo Ae Jin terlalu malu untuk membuka hati. Dia merasa tak sepadan dengan  Lee Jin Sung yang tampan. Sehingga dia hanya bisa meratap ketika Lee Jin-Sung mengundurkan diri dari sekolah untuk mulai menekuni karir sebagai boyband.

Kebahagiaan Goo Ae Jin sebagai Genie juga terusik karena samarannya ketahuan Kim Ho-In, ketua kelas yang merupakan murid terpandai dan kekasih Yang Ha-Neul.

Beruntung Kim Ho In berjanji tidak akan membongkar rahasia, dia hanya ingin tahu cara Goo Ae Jin menyulap wajahnya menjadi Genie. Sebagai anak cerdas, Kim Ho In merasa exciting dengan apa yang dilakukan Goo Ae Jin.

Tak terduga malapetaka datang. Seorang gadis remaja bernama Sun Mi-Jin  pindah ke sekolah mereka, wajahnya sangat mirip Genie, dan tidak menolak ketika seluruh siswa menganggapnya sebagai Genie.

Genie asli atau Goo Ae Jin tentu saja kesal, namun dia tidak berkutik. Bagaimana mungkin dia mengatakan pada semua orang bahwa dialah Genie yang asli?

Situasi bertambah buruk ketika Sun Mi Jin ternyata adalah gadis yang jahat. Dia mencuri smartphone Goo Ae Jin dan mengunggah foto selfie-nya. Agar tidak berkelanjutan, Goo Ae Jin mengubah password Wingstagramnya. 

Sayang, Sun Mi Jin terlalu kejam untuk Goo Ae Jin yang baik hati. Segala cara dilakukannya agar bisa menguasai akun Genie dan merebut Lee Jin-Sung yang telah berhasil sebagai anggota boyband terkenal.

   

maria-g-soemitro.com


Review Drama Korea Shadow Beauty

Dalam sekejap drama Korea Shadow Beauty saya lahap habis. Karena drama ini hanya 13 episode, dan setiap episode hanya 20 menit. 

Mungkin durasi yang pendek membuat drama Korea Shadow Beauty kurang greget. Alur cerita terasa tersendat-sendat dan gak runut. Salah satunya kisah tentang keluarga Go Ae Jin yang membingungkan.

Para pemeran pendukung juga tidak mendapat kesempatan mengeksplorasi kemampuan aktingnya. Nyaris hanya Shim Dal-Gi yang berperan sebagai Goo Ae Jin yang mendominasi.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah  kurangnya jam terbang para aktor/aktris. Malah Lee Na-Gyung, member of K-pop group "Fromis 9"  yang berperan sebagai Sun Mi Jin, baru memulai acting di drama ini. 

Saya jadi teringat Farida Pane, penulis novel remaja yang ciamik dalam menggambarkan para tokoh novel-novelnya.

Kebingungan saya terjawab setelah mengintip jam terbang Bang Soo-In, sutradara sekaligus penulis skenario drama Korea ‘Shadow Beauty’. Ternyata drama ini merupakan karya perdananya. 

Selain drama Korea ‘Shadow Beauty’, Bang Soo In pernah menjadi sutradara sekaligus penulis scenario film Stand by Me | Deokgoo  pada tahun 2018. Pengalaman yang masih terlalu singkat untuk mengharap karya besar yang mampu meraup applause penonton. 

Baca juga:

Birth of Beauty, Metamorfosis Perempuan Korban Pelakor 

Backstreet Rookie, Eh si Eneng Naksir Duluan!

Profile Drama Korea Shadow Beauty

   Drama: Shadow Beauty (literal title)
    Revised romanization: Geurimja Minyeo
    Hangul: 그림자 미녀
    Director: Bang Soo-In
    Writer: A-Heum (webcomic), Bang Soo-In
    Network: KakaoTV
    Episodes: 13
    Release Date: November 20 - December 29, 2021
    Runtime: Wednesday & Saturday 20:00
    Language: Korean
    Country: South Korea

13 comments

  1. Jadi digarap oleh para pemula, ya. Makanya masih butuh banyak perbaikan

    ReplyDelete
  2. Pemilihan ide cerita drakor seperti ini membuat ortu merefleksikan dirinya. Semoga banyak yang lebih terbuka bahwa setiap anak istimewa dengan kekhasan masing2.

    ReplyDelete
  3. Jangan suka minder tapi kita untuk tetap yakin dan percaya diri akan kita memiliki dan cerita drakor sangat menarik banget untuk ditonton

    ReplyDelete
  4. Ternyata cukup singkat drama Korea ‘Shadow Beauty’ yaa, Ambu.
    Aku sengaja belum nonton, karena ingin baca sinopsisnya dulu. Seneng soalnya Ambu akhirnya bahas. Jadi memang di Korea itu uda jadi tren bahwa penampilan nomer 1. Hal ini diungkapkan dengan gamblang juga oleh Lee Jeong Hoon, artis Indonesia yang berasal dari Korea.

    Pinter juga penting.
    Jadi semua kudu paket lengkap.

    Padahal tujuannya bukan jadi idol lo..
    Tapi memang standartnya uda setinggi ini.

    Kalau dilihat dari sisi kemanusiaan, tentu ini bakalan kena kategori HAM yaa... Tapi kembali lagi bahwa ini sebuah culture. Mau dikritik sama Netijen Indonesia juga karena kita gak hidup di tatanan sosial mereka.
    Jadi dunia cukup tahu mengapa hal klasik ini sering diangkat dalam sebuah drama korea.

    ReplyDelete
  5. Setahun lalu korea drama ini dirilis, sebagai pembaca yang masuk kategori jarang membaca drama korea akhirnya turut mengikuti membaca ceritanya.

    ReplyDelete
  6. Menurutku ide cerita di film ini cukup bagus, berdasarkan apa yang sekarang terjadi di Korea tapi dikarenakan "esekusinya" dari Sutradara kurang ciamik jadi film ini terlihat biasa saja..

    ReplyDelete
  7. wahh cuman 13 episode yaa? mau nonton ahh, apalagi durasinya juga cuman 20 menitan per episode, bisa habis sehari nih kalo ditonton

    ReplyDelete
  8. KIsah tentang anak remaja yang beranjak dewasa memang luas banget ya Mbak. Beragam topik cerita yang bisa diangkat untuk sebuah karya sinema, terutama soal kehidupan sosial, pergaulan dan godaan kesempatan untuk memilih 2 jalan hidup. Menjadi lebih baik atau terseret dengan keadaan. Menarik untuk disimak. Terlepas dari senioritas sineas yang menggarap film atau drama tersebut.

    ReplyDelete
  9. Wah ... ternyata drama korea shadow beauty karya perdanyanya Bang Soon-in, top banget deh .... ditunggu karya-karya berikutnya

    ReplyDelete
  10. Drakor tuh ide²nya selalu "ahaaaa" plotnya juga dibikin unik tapi realistis

    Kapan2 mau coba nonton ini

    ReplyDelete
  11. Episodenya gak seperti pada umumnya yaitu 16 ya Ambu.
    Semoga para pemain pendukungnya bisa lebih gereget lagi pada peran selanjutnya, karena serunya suatu drama gak hanya dari cerita dan pemain utamanya aja kan

    ReplyDelete
  12. Jadi teringat kasus meninggalnya A Eril kemarin ya saya ga kenal tapi jadi ikut ikutan sedih dan merasa kehilangan apalagi pas tau kebaikan kebaikan yg pernah Almarhum lakuksn. Btw saya jadi penasaran pengen nonton ini karena episodenya ga terlalu banyak

    ReplyDelete
  13. Kondisi fisik ini kalau di Korea ini nampaknya jadi isu yang butuh penanganan khusus ya, Miris juga kan kalau para remaja hanya memandang fisik saja, padahal kalau punya uang, fisik pun bisa mereka ubah.

    ReplyDelete