Backstreet Rookie, Eh si Eneng Naksir Duluan!

 

sumber: mydramalist.com

Backstreet Rookie, Eh Si Eneng Naksir Duluan!

 

Perempuan naksir duluan? Boleh gak sih?

Boleh pastinya.

Tapi kalo perempuan nyosor duluan? Atau berinisiatif mencium sang pria duluan?

Hmmm …. apapun jawabannya, jika sang pria nggak berkenan, maka si perempuan bisa dituntut pelecehan seksual lho.  Jadi, jangan mentang-mentang cowoklah yang jadi korban maka boleh dicuekin.

Jadi jangan mencoba ya? Bisa dituntut secara hukum. 😊😊

Perempuan berinisiatif mencium sang pria merupakan adegan drama Backstreet Rookie. Aktris cantik Kim You-Jung berperan sebagai perempuan jago berkelahi yang bebas ceria, berinisiatif mencium pemuda lugu yang diperankan Ji Chang-Wook.

Adegan ini diprotes penonton Korea Selatan. Diprotes karena dilakukan anak SMA, bukan kasus perempuan melecehkan pria. Kok nggak ada yang protes dari sisi pelecehan seksual ya? Mungkin ada, tapi berhubung saya nggak bisa bahasa Korea, saya nggak menemukan beritanya. 😐😐

Walau didera protes, rating drama yang dibuat berdasarkan webcomic "Pyeonuijeom Saetbyeoli", tidak mengecewakan.

 

sumber: asianwiki.com

Kritik membangun muncul untuk akting para pemain, salah satunya untuk Ji Chang Wook:

Maybe Ji Chang Wook lost something in the military. After the disastrous Melting me Softly, he does Backstreet Rookie but is not up to the great style and true acting skills of Suspicious Partner with Nam Ji Hyun, he shone in that and they were perfect. (asianwiki.com)

Bisa jadi masalahnya bukan pada pemain, melainkan plot ceritanya. Seperti yang terjadi pada Kim You-Jung yang kehilangan aura bintang sejak drama Clean With Passion For Now

Baca juga: CleanWith Passion For Now, Kala si Gila Bersih Jatuh Cinta Pada si Jorok

 

sumber: mydramalist.com

Ji Chang-Wook sebagai Choi Dae-Hyun.

Cinderella-man yang ganteng, humble  dan lembut hati.

Berbeda dengan ibunya yang galak, Choi Dae Hyun sangat halus dan penurut. Dia tak tahan melihat kucing yang terperangkap dalam got. Dia juga diam saja saat pacarnya memarahinya dan mempecundanginya.

Choi Dae Hyun baru beraksi setelah ayah ibunya terkena imbas, menjadi olok-olok keluarga pacarnya, Yoo Yeon Joo, yang hidup bak di atas awan dibandingkan keluarga Choi Dae Hyun yang sederhana.

Choi Dae Hyun pernah belajar bela diri di sasana milik ayah Jung Saet Byul, dan menolongnya. Sayang, Choi Dae Hyun melupakan pertemuan tersebut.

sumber: mydramalist.com


Kim You-Jung sebagai Jung Saet-Byul

Anak yatim piatu yang harus hidup bak preman demi melindungi diri dan adik perempuannya. Namun hidupnya jujur, karena almarhum ayahnya, seorang guru ilmu bela diri, mengajarkan demikian.

Jung Saet-Byul kerja serabutan, hingga suatu kali melihat lowongan kerja di minimarket milik Choi Dae-Hyun, pria yang sudah lama ditaksirnya, bahkan pernah nekad diciumnya.

Selama bekerja, Jung Saet Byul menunjukkan kemampuannya mengelola minimarket hingga mencapai angka penjualan tertinggi. Hal yang tak pernah dicapai Choi Dae Hyun dan keluarganya.

sumber: mydramalist.com


Kim Min-Kyu sebagai  Kang Ji-Wook

Murid sasana bela diri ayah Jung Saet Byul yang berteman erat dengan Jung Saet Byul dan adiknya.

Tak terduga, mereka bertemu saat Kang Ji Wook telah menjadi pesohor. Kang Ji Wook diam-diam jatuh cinta pada Jung Saet Byul, namun tak berani melangkah jauh karena paparazi mengintai semua tindak tanduknya.

Sinopsis Backstreet Rookie

Sesudah ayahnya meninggal, Jung Saet-Byul menjadi yatim piatu yang terpaksa harus menjadi tulang punggung keluarga. Bekerja serabutan demi adik perempuannya, bisa sekolah setinggi mungkin.

Sayang sang adik, Jung Eun-Byul lebih memilih jalan pintas, yaitu menjadi penyanyi perempuan, bagian dari anggota grup yang sedang mempersiapkan diri untuk debut.

Beruntung, Jung Eun Byul mempunyai 2 sahabat perempuan yang bisa diandalkan, Hwang Geum-Bi dan Cha Eun-Zo. Mereka berdua membantu Eun Byul mengawasi Jung Eun Byul, serta menyelesaikan banyak masalah sekaligus menjadi tempat curhat.

Jung Eun Byul naksir Choi Dae-Hyun sejak masih usia kanak-kanak. Apes,  yang bersangkutan tidak tahu. Termasuk saat Jung Eun Byul sudah remaja dan nekad mencium Choi Dae Hyun.

Tiga tahun kemudian, Choi Dae Hyun memutuskan resign untuk mengelola minimarket. Ternyata gak mudah, Choi Dae Hyun kerap harus bekerja 2 hari 2 malam. Akhirnya dia terpaksa membuka iklan lowongan kerja.

Tak terduga Jung Eun Byul muncul mengisi lowongan kerja tersebut. Choi Dae Hyun yang masih mengingat ciuman nekad Jung Eun Byul, berusaha menolak. Namun nggak berdaya. Jung Eun Byul menunjukkan kemampuannya sebagai manager yang mampu meningkatkan grafik penjualan.

Problem muncul dari pacar Choi Dae Hyun yang tidak menyukai Jung Eun Byul. Berulangkali sang pacar menyuruh Choi Dae Hyun memecat Eun Byul, berkali-kali pula gagal.

Penyebabnya tidak hanya nggak tega, Jung Eun Byul juga sering membantu Choi Dae Hyun keluar dari masalah. Walau kerap menggunakan kekerasan, hal yang tidak disukai Choi Dae Hyun.

Sosok lain yang mengganggu anak panah cupid antara  Choi Dae Hyun dan Jung Eun Byul adalah Kang Ji Wook, selebritas yang pernah menjadi murid dari ayah Jung Eun Byul.



Review Backstreet Rookie

Capek, begitulah yang saya rasakan saat mencoba menonton ulang drama Korea “Backstreet Rookie”. Episode pertama diisi tingkah polah Jung Saet-Byul yang bak preman perempuan, berkelahi di sana-sini.

Ditambah adegan ibu Choi Dae-Hyun yang berteriak marah dengan nada melengking. Aktris Kim Sun Young nampaknya emang spesialis memerankan emak-emak yang hobi marah dengan teriakan melewati 140 desibel.

Belum cukup,  Choi Dae-Hyun, Cinderella man yang selalu bernasib apes, dan Han Dal-Sik, seniman webtoon yang bertingkah polah konyol menambah keramaian “Backstreet Rookie”.

Mirip rombongan kaleng rombeng yang ditendang kesana-kesini oleh sekelompok orang kerjaan.

Tapiiiii …..

Seperti itulah budaya mereka. Mirip dengan budaya di Indonesia. Perbedaan strata, anak-anak putus sekolah, emak-emak yang yang harus berjuang untuk menafkahi keluarganya.

Dalam Backstreet Rookie, ibu Choi Dae Hyun bekerja sebagai agen asuransi yang berambisi mencapai prestasi agen asuransi terbaik. Dia harus berjibaku menghidupi suaminya yang pengangguran, anak perempuannya yang seneng morotin dan keuangan anak laki-lakinya yang belum stabil.

Namun hati ibu Choi Dae Hyun seluas samudra. Saat Jung Eun Byul harus tinggal di sauna karena ditipu agen properti, ibu Choi Dae Hyun-lah yang membentangkan tangan, memeluknya dan mengajaknya tinggal di rumah.

Kebahagiaan yang berbuah manis. Terlebih Choi Dae Hyun selalu mendukungnya. Jung Saet-Byul perlahan berubah sikap. Kebiasaan premannya, dia tinggalkan. Malah dia mau menuntaskan sekolah agar bisa menjadi manager toko swalayan.

Kisah inspiratif ya?

Perjuangan Choi Dae-Hyun, sang Cinderella man juga tak kalah menarik. Cinderella man yang miskin ini dihina dina pacarnya yang tajir melintir.

Yoo Yeon-Joo , sang pacar borjuis tidak kunjung mengenalkan Choi Dae Hyun pada orang tuanya. Bahkan membiarkan mereka mengira Choi Dae Hyun hanya seorang kurir.

Hinaan terberat yang bikin emosi ikut diaduk-aduk bak roller coaster saat orang tua Yoo Yeon-Joo, ngerjain ibu Choi Dae Hyun dengan membeli polis asuransi dengan nilai fantastis, kemudian membatalkannya. Sedangkan ayah Choi Dae Hyun dijadikan sopir Yoo Yeon Joo, sang calon menantu.

Duh, rasanya kasuat-suat (tercabik-cabik) nih hati πŸ˜€πŸ˜€

Baca juga: Loveand The Moonlight, Indahnya Cinta Terlarang

Backstreet Rookie mungkin bukan drama terbaik Ji Chang Wook dan Kim You-Jung. Lakon yang mereka mainkan nggak semenantang drama sebelumnya. Seperti Kim You Jung di Love and The Moonlight dan Ji Chang Wook di Empress Ki.

Karena Backstreet Rookie bercerita tentang realitas hidup, bukan rekaan seperti kisah putri dan pangeran dalam dongeng Walt Disney.

Realitas hidup itu pahit. Begitu pahit hingga kita enggan untuk mengingatnya kembali.

 

Profile Backstreet Rookie

Drama: Backstreet Rookie (English title) / Convenience Store Saet-Byeol (literal title)

Revised romanization: Pyeonuijeom Saetbyeoli

Hangul: 편의점 샛별이

Director: Lee Myung-Woo

Writer: Hwalhwasan (webcomic), Geumsagong (webcomic), Son Geun-Joo

Network: SBS

Episodes: 16

Release Date: June 19 - August 8, 2020

Runtime: Friday & Saturday 22:00

Language: Korean

Country: South Korea

14 comments

  1. AKu baca jadi ikut dramaa nih... tapi sesungguhnya aku roaming krn bukan yang suka banget ama korea2an hehe :)

    ReplyDelete
  2. Wah, emang deh ya menjadi Cinderella Man itu uwow2 ya.... Kalau ceweknya tajir melintir sementara dia miskin, lelah jiwa raga juga. Masih panjang perjalanan untuk dikenalkan ke orang tuanya. Gemezzz nontonnya ya mbak hihihihi :D

    ReplyDelete
  3. cuma kadang kenangan pahit tiba-tiba gak sopan datang aja buat kita ingat hehe.. ini drakor yang lagi ditonton ya mbak?

    ReplyDelete
  4. Tapi meski realitas hidup itu pahit, saya lebih suka nonton drama atau film tema ini daripada kisah pangeran dan putri yang penuh khayalan, Ambu. Hehe.
    Btw bayangin drakor ini agak keras gitu ya jalan ceritanya. Tapi tetep ada pelajaran yang bisa diambil :)

    ReplyDelete
  5. Ekspresi suka mah fair untuk siapapun baik pria maupun wanita. Setuju klo punya perasaan ungkap aja dari pada nyesel heheee

    ReplyDelete
  6. Ganteng banget begini si babangnya pasti bawaannya mau disosor duluan ya,mbak. Tapi memang jarang cewek yang mau mulai mendekat atau mencium duluan.Btw,seru sih nonton film Korea begini tapi saya memang jarang nonton padahal banyak juga pesan yang bisa diambil dari jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya kalau aku nonton bakal emosi jiwa deh liat cowok secupu itu hihihi...

    ReplyDelete
  8. Ji Chang Wook ini gantengnya ga normal :D Maksude wajahnya justru mirip cowok2 ganteng Thailand atau Fiipina, bukan khas KorSel :D

    Aku demen lihat dia di The Healer, dan ngerasa wakwawww aja lihat betapa culunnya doi di pilem enih :D

    ReplyDelete
  9. Acting Chang-wook dan You-joong di sini relatif datar menurut saya. Tapi memang tuntutan jalan cerita ya. Klimaks dramanya juga mudah ditebak. Meski sempat ngeselin tapi happy ending juga.

    Sebagai materi hiburan tanpa berlebihan Backstreet Rookie tetap enak buat ditonton. 1 surprise di episode² akhir yaitu ternyata si Dal-sik ternyata anak petani sukses dan kaya raya

    ReplyDelete
  10. Hihi.. Aku bacanya ngeri-ngeri sedap ada istilah pelecehan seksual oleh perempuan. Duh, gimana gak tergoda lha wong cowoknya unyu2 gitu

    ReplyDelete
  11. Aq udah lama nggak ngedrakor mbak, tapi baca cerita ini si Cinderella-Man nya bikin gemes ih.. πŸ˜„

    ReplyDelete
  12. Wah aku suka nonton drama Korea tapi kok nggak nonton ini ya Mba, kayaknya ceritanya ringan nggak kayak yang sering ku tonton akhir akhir ini. Mana cowoknya ganteng imuuut haha

    ReplyDelete
  13. Aq nonton drama ini mbak.
    Seru dan lucu.
    Cewek naksir duluan emang jarang ya

    ReplyDelete
  14. Bener-bener kuat hati ibu choi.. Disaat dia harus bekerja keras untuk menghidupi keluarganya, dia juga masih bisa menolong jung eun.

    ReplyDelete