Sekam Padi untuk Bahan Bakar Boiler Biomassa, Demi Kesehatan Bumi dan Manusia

   
maria-g-soemitro.com

Sekam Padi untuk Bahan Bakar Boiler Biomassa, Demi Kesehatan Bumi dan Manusia

Apa yang terlintas ketika mendengar bahan bakar? Umumnya akan menjawab minyak bumi dan gas bumi bukan?  Dua bahan bakar yang merupakan energi fosil penyebab efek rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim dan meningkatnya suhu bumi. 

Akibat naiknya suhu bumi sudah kita rasakan. Harga cabai, tomat, sayuran serta sembako meroket tajam sehingga inflasi tak terbendung. Penyakit meraja lela, bahkan pandemi Covid-19 diduga disebabkan oleh perubahan iklim.

Nah, sebagai perusahaan yang berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan menggunakan energi terbarukan, Danone SN Indonesia melakukan terobosan, tidak lagi menggunakan energi fosil dan menggantinya dengan sekam padi.

Lho sekam padi bisa menjadi energi terbarukan ya? Merasa penasaran, saya pun searching dan ternyata LIPI telah lama melakukan penelitian energi terbarukan, salah satunya sekam padi menjadi biomassa.

Dari laman lipi.go.id disebutkan bahwa lembaga riset negara berkelas dunia ini melakukan penelitian untuk bersiap menghadapi fakta bahwa cadangan terbukti minyak bumi hanya tersisa 3,6 miliar barel, dengan produksinya 288 juta barel akan habis 13 tahun lagi. 

Penelitian juga didorong kondisi bumi yang semakin mengkhawatirkan. Iklim yang tak menentu menyebabkan petani bingung menentukan waktu tanam. Petani kerap gagal panen karena serbuan hama dan akar tanaman yang membusuk. Tidak hanya mengganggu pertanian, perubahan iklim juga menyebabkan kesehatan manusia semakin rapuh.

Sesuai dengan slogannya  “One Planet, One Health”, Danone SN Indonesia tak henti melakukan terobosan demi bumi dan kehidupan yang berkelanjutan. Kali ini dengan menggunakan sekam padi, materi yang sebelumnya dianggap limbah, diolah menjadi biomasa, serta meninggalkan ketergantungan pada energi fosil.

Baca juga:

Mahalnya Cabai Rawit, Keping Puzzle Perubahan Iklim yang Terabaikan

Sekolah.mu, Cara Hebat Belajar SampahkuTanggung Jawabku

Daftar Isi

  • Danone SN Indonesia Hadirkan Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Bakar Sekam Padi di Jawa Tengah
  • Sekilas Tentang Energi Boiler Biomassa di PT Sari Husada Generasi Mahardika
  • Peran Danone SN Indonesia dalam Raihan SDGs

Danone SN Indonesia menjadi pionir, karena seperti telah disebutkan di atas, LIPI telah lama melakukan penelitan dan membangun proyek percontohan (2002-2008). Namun baru Danone Indonesia yang mengambil sikap.

Tentu saja Danone SN Indonesia  tidak bergerak sendirian, dengan menggandeng Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BENCIS), penyedia layanan energi terbarukan di Asia, Danone SN Indonesia memastikan proses bisnisnya mengimplementasikan keberlanjutan lingkungan, baik lingkungan alam maupun sosial, dengan menghadirkan boiler biomassa industri pertama berbahan sekam padi di Jawa Tengah.

Inagurasi boiler biomassa berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah dilaksanakan pada Rabu, 15 Juni 2022 dengan dihadiri oleh:

  • Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, sebagai perwakilan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
  • Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM
  • Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS
  • Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto

Setelah inagurasi dihadirkan talkshow yang membahas energi terbarukan khususnya sekam padi sebagai bahan baku di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia. Serta pengaruhnya terhadap perubahan iklim.

  


Sekilas Tentang Boiler Biomassa di PT Sari Husada Generasi Mahardika

Sekam padi? Mungkin banyak diantara kita hanya mengenal sekam padi melalui buku pelajaran SD. Walau nasi yang diolah dari beras, merupakan makanan pokok penduduk Indonesia, tapi sekam padi bukanlah materi yang familier.

Penyebabnya, sekam padi umumnya dianggap limbah. Setelah padi digiling, yang menghasilkan beras, petani/pemilik gilingan padi harus berkutat dengan hasil sampingannya, yaitu bekatul/dedak dan sekam padi.

Dedak bisa dijual sebagai pakan ternak seperti ayam/unggas, kambing, kerbau, serta lele. Tidak demikian halnya dengan sekam. Padahal sekam padi mengandung selulosa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar yang merata dan stabil.

Potensinya sebagai bahan bakar dan keberadaannya yang melimpah di Jawa Tengah memungkinkan  BECIS menggunakan sekam padi sebagai bahan bakar boiler di pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia.

Ada yang belum tahu fungsi boiler? Saya pun awalnya gak paham. Sesudah googling didapat penjelasan bahwa boiler berfungsi untuk memproduksi steam (uap) yang dapat digunakan untuk proses/kebutuhan selanjutnya.

Setelah peletakan batu pertama pada 26 April 2021, dan inagurasi pada 15 Juni 2022, boiler berbahan bakar sekam padi mulai digunakan dengan proses produksi sebagai berikut:

  1. Sekam padi dibawa menuju ruang pembakaran.
  2. Panas dari proses pembakaran akan memanaskan air dan menghasilkan steam (uap) yang dialirkan melalui pipa menuju pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia.
  3. Abu sekam, material sisa proses produksi boiler dimanfaatkan oleh petani yang berada di sekitar fasilitas pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, sebagai pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha. 

  


Abu sekam yang dihasilkan dari proses produksi boiler biomassa ini ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian, karena mengandung Silika yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. 

Jelaslah, terobosan yang dilakukan Danone SN Indonesia berdampak pada 2 isu global yaitu perubahan iklim, karena telah mengganti energi fosil dengan energi terbarukan.

Serta sirkular ekonomi, sebab tak ada material tersisa dalam pemanfaatan sekam padi sebagai bahan baku boiler. Seluruh material digunakan dalam proses produksi (pabrik) dan pertanian, seperti seharusnya sistem sirkular ekonomi.

Ketika diuraikan akan terlihat 4 manfaat boiler biomassa tersebut, yaitu:

  • Mengurangi emisi karbon ke atmosfer
  • Mengurangi limbah pertanian
  • Mengurangi biaya bahan bakar
  • Mewujudkan ekonomi sirkular

      

maria-g-soemitro.com
sumber; bappenas.go.id

Peran Danone SN Indonesia dalam Raihan SDGs

Bagaimana mungkin memproduksi produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga, tapi mengabaikan lingkungan hidupnya? Demikian kurang lebih pesan yang ingin disampaikan Danone SN Indonesia melalui inagurasi boiler biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi di Jawa Tengah.

Sesuai dengan slogannya, “One Planet One Health”, Danone SN Indonesia berkomitmen memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya. 

Penggunaan sekam padi dan teknologi ramah lingkungan dalam proses produksi di pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, Danone SN Indonesia, berhasil menurunkan emisi karbon 8.300 ton CO2, atau sama dengan pengurangan jejak karbon sebesar 32 persen.

Dalam sambutannya, Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan:

 “Perubahan iklim merupakan tantangan yang kian mengemuka dan efeknya sangat kita rasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung Visi One Planet One Health, Danone percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan, serta mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat. Bekerjasama dengan BECIS, penyedia layanan energi terbarukan di Asia, Danone SN Indonesia membangun fasilitas Boiler Biomassa yang akan menggunakan sekam padi sebanyak 10.500 Ton/Tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 Ton Steam per jam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi yang pertama di Jawa Tengah.” 

Upaya Danone SN Indonesia memitigasi dampak perubahan iklim tersebut sesuai dengan tujuan mencapai 100 % menggunakan energi terbarukan pada 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050.

www. maria-g-soemitro.com


Keberhasilan Danone SN Indonesia membangun boiler biomassa industri berbahan bakar sekam padi juga berdampak langsung pada agenda internasional yang disusun oleh PBB untuk menyejahterakan masyarakat dunia, yaitu Sustainable Development Goals (SDGs)

Indonesia sebagai salah satu negara yang menandatangi kesepakatan SDGs, setuju untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan pada 2030, meliputi 17 tujuan berikut ini:

  • Tanpa Kemiskinan; 
  • Tanpa Kelaparan; 
  • Kehidupan Sehat dan Sejahtera; 
  • Pendidikan Berkualitas; 
  • Kesetaraan Gender; 
  • Air Bersih dan Sanitasi Layak; 
  • Energi Bersih dan Terjangkau; 
  • Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; 
  • Industri, Inovasi dan Infrastruktur; 
  • Berkurangnya Kesenjangan; 
  • Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; 
  • Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; 
  • Penanganan Perubahan Iklim; 
  • Ekosistem Lautan; 
  • Ekosistem Daratan; 
  • Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; 
  • Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Paling tidak ada 5 tujuan SDGs telah diraih Danone SN Indonesia dengan hadirnya boiler biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi di Jawa Tengah.

Raihan cemerlang yang harus diapresiasi dan diharapkan bisa diikuti perusahaan lain, karena Indonesia masih mempunyai pekerjaan rumah yang panjang yaitu mewujudkan net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat serta mencapai target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. 

Baca juga:

Bandung, dari Lautan Sampah Menuju Bandung Bebas Sampah

Sampahku, (Bukan) Tanggung Jawab Petugas Sampah

Sumber:

http://lipi.go.id/lipimedia/single/energi-dari-serasah-daun

https://media.neliti.com/media/publications/269599-potensi-pemanfaatan-biomassa-sekam-padi-8f6b6e63.PDF



20 comments

  1. Ternyata sehebat itu ya manfaat sekam. Dikampung saya sekam di bakar, abunya dijual buat abu gosok, atau jd sekam media tanaman.

    ReplyDelete
  2. keren banget nih DANONE mulai menggunakan energi terbarukan selain BBM. saya tahunya arang sekam sebagai media tanam aja untuk anggrek dan sejenisnya, ternyata bisa juga untuk bahan bakar ya. semoga langkah ini bisa jadi contoh untuk perusahaan lain ya

    ReplyDelete
  3. Kalau aku tahunya sekam padi itu untuk media tanam ambu plus di di perusahaan suamiku jadi alas kandang ayam, biar kandang tetap hangat. Eh ternyata ada kegunaan lain ya. Bersyukur banget jadi makin berdaya guna nih sekam padi

    ReplyDelete
  4. Keren banget ya Ambu, Danone SN Indonesia bisa meraih 5 tujuan SDGs.
    Salah satunya dengan hadirnya boiler biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi.
    Inovasinya selalu luar biasa nih, salut deh

    ReplyDelete
  5. Salud dengan 2 jempol untuk Danone Indonesia yang peduli untuk lingkungan. Sedasyat itu ya ambu manfaat sekam bahkan untuk pertanianpun abunya bisa untuk pupuk ya

    ReplyDelete
  6. Kalau semua industri, perusahaan, memperhatikan hal ini, menekan emisi, Insallah bumi sehat dan dampak perubahan cuaca bisa ditekan ya mba

    ReplyDelete
  7. Ambu, terus terang aku masih bingung bedain sekam dan dedak. Pernah liat dedak wujudnya udah halus kayak tepung, dan pernah liat dijadikan makanan bebek. Tapi pas nanya orang-orang tua di Jawa (kerabat), ada yang bilang dedak dan sekam itu sama. Di Wikipedia pun nulisnya "sekam atau dedak" bukan "sekam dan dedak" haha. Ternyata sesungguhnya beda ya ambu.

    Saya suka baca info-info soal limbah yang dapat diolah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi. Itu artinya orang dan perusahaan, selain peduli pada lingkungan, juga berpikir kreatif untuk segi kemanfaatan yang besar untuk hasil produksi yang lebih besar.

    Thanks ulasannya yang sangat informatif ini, ambu.

    ReplyDelete
  8. Wah keren bgt DANONE. Dan aku juga baru tahu ini kalau sekam bisa untuk energi baru selain BBM.
    Setahuku sekam untuk media tanam aja.
    Semoga bisa dikembangkan dan dipakai semua lapisan masyarakat.

    ReplyDelete
  9. Salut banget dengan DANONE SN INDONESIA. Konsisten pada kepedulian kelestarian alam, perubahan iklim hingga membawa kemajuan teknologi dengan tetap mempertahankan kualitas bumi demi kehidupan. Salah satu kegiatan CSR yang bukan kaleng-kaleng kelasnya. Semoga metode sekam padi ini bisa dilakukan di banyak daerah di Indonesia. Bahkan saya berharap menjadi satu kebijakan perkembangan teknologi pertanian yang terbarukan di tanah air.

    ReplyDelete
  10. Dengan pemanfaatan sekam banyak manfaat yang bisa di rasakan termasuk tetap melestarikan bumi, inovasi yang mantul👌

    ReplyDelete
  11. Baru tau sy mba ternyata byk bgt ya manfaat sekam. zaman sy remaja dl, ibuku sk cuci piring pake abu gosok, itu dr sekam jg bkn yaa

    ReplyDelete
  12. Dulu aku cuma tau sekam padi buat media tanam dan telur asin, ternyata gak sangka sih bisa menjadi bahan bakar yang bersahabat bagi lingkungan, mengurangi emisi karbon, hebat betul. Semoga semakin banyak pabrik yang menggunakan sekam padi sebagai energinya seperti Danone SN Indonesia

    ReplyDelete
  13. Ternyata sekam jika dikelola dengan teknologi yang baik dan ramah lingkungan sangat banyak manfaatnya, bahkan dapat meningkatkan produksi pertanian dan mengurangi penggunaan pupuk Kimia. Di tempat saya sekam baru dijadikan abu gosok, campuran pakan ternak. Keren DANONE. Semoga perusahaan lain mengikuti langkah baik ini juga.

    ReplyDelete
  14. Salut akan penggunaan sekam padi sebagai energi terbarukan oleh Danone SN Indonesia. Menarik sekali slogan "One Planet One Health” yang merupakan sebuah komitmen dari Danone SN Indonesia untuk memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya.

    ReplyDelete
  15. lha kok keren! bagus DANONE ambil peran ini. kalau saja banyak perusahaan serupa yang ngulik sumber daya alam, apalagi sisa-sisa yang masih bisa dimanfaatkan. bisa lebih sejahtera masyarakat kita.

    ReplyDelete
  16. semoga energi terbarukan semakin berkembang. soalnya kondisi bumi sekarang sudah tidak baik-baik saja.

    ReplyDelete
  17. Energi terbarukan memang diperlukan, apalagi yang ramah lingkungan. Karena kalau dipikirkan SDA kita itu melimpah, tinggal pengelolaannya yang tepat dan bertanggung jawab

    ReplyDelete
  18. Salut ih sama apa yang dilakukan oleh Danone SN Indonesia. Benar-benar sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Membantu di masalah perubahan iklim, juga agar tidak ada lagi limbah yang tersisa, alias semua bahan terpakai habis.

    ReplyDelete
  19. Wah keren banget apa yg dilakukan oleh DANONE SN Indonesia Ini ya Ambu
    Aktivitas perusahaannya memperhatikan lingkungan
    Melakukan mitigasi perubahan iklim

    ReplyDelete
  20. Danone turut ambil peran dalam program tersebut sehingga kepedulian menjadi penting

    ReplyDelete