Business Proposal, Jodoh tak Mungkin Tertukar?

       
maria-g-soemitro.com

Business Proposal, Jodoh tak Mungkin Tertukar?

Mungkinkah seseorang menikah dengan orang yang bukan jodohnya?

Apabila nekad menikah dengan pilihannya, dan ternyata bukan jodohnya, apakah akan berakhir dengan perceraian?

Pertanyaan ini kerap berputar-putar dalam kepala saya. Sulit mencari teman diskusi. Dalam mindset setiap orang nampaknya tertancap kalimat bahwa “takdir menentukan pasangan hidup/jodoh”

Atau dengan kata lain, kita berkutat dalam aspek spiritual, enggan memasukkan aspek lain, karena hasilnya akan mencengangkan.

Misalnya kasus Lady Diana dan Pangeran Charles, setelah membina rumah tangga mereka akhirnya bercerai. Lady Di tewas dalam suatu kecelakaan, Pangeran Charles menikahi Camilla, perempuan yang diduga sebagai pelakor dan penyebab perceraian. Berita terakhir masyarakat UK yang konservatif akhirnya merestui Camilla.

Kejauhan ya jalan-jalan saya?

Hihihi, padahal kali ini penyebabnya sepele lho. Saya menonton drama Korea “Business Proposal” tentang perempuan yang enggan mengikuti perjodohan yang diatur. Dia meminta bantuan sahabatnya dengan imbalan uang, eh endingnya sang sahabat dan cowok yang dijodohkan malah saling jatuh cinta.

Bukan tanpa sebab saya memilih drama Korea yang temanya receh begini, pemeran utamanya bikin penasaran. Mereka adalah aktor Ahn Hyo-Seop yang aktingnya sebagai second lead dalam drama Korea “Still 17” sangat memukau. Berperan sebagai remaja 17 tahun, saya mengira dia masih belasan tahun, ternyata Ahn Hyo Seop sudah 25 tahun.

Sesudah itu, bak tak terbendung, Ahn Hyu Seop didaulat sebagai pemeran utama dalam drama Korea populer seperti “Abyss”, “Dr. Romantic 2” dan “Lovers of the Red Sky”.

Sedangkan pemeran perempuan, Kim Se-Jeong, saya baru mengenalnya sebagai si cantik Do Ha Na, dalam The Uncanny Counter. Keduanya Ahn Hyu Seop dan Kim Se-Jeong ternyata merupakan member K-pop. Kim Se Jeong, dari group "Gugudan" dan group "I.O.I". Sedangkan Ahn Hyo-Seop, member of boy band "One O One".

Sah aja banting haluan menjadi aktor dan aktris ya? Namun, baik Ahn Hyu Seop maupun Kim Se Jeong membuktikan bahwa para sineas tak salah pilih. Keduanya berhasil menyabet sederet penghargaan dari SBS Drama Awards dan BaekSang Arts Awards

Baca juga:

Abyss, Bangkitnya Anak Monster

The Uncanny Counter, Kisah 4 Sekawan Penangkap Roh Jahat

    

maria-g-soemitro.com

Ahn Hyo-Seop sebagai Kang Tae Moo

“Kelemahanku adalah tak ada yang tak dapat kulakukan,” kata Kang Tae Moo

Terdengar arogan, namun memang demikian adanya. Sebagai cucu pemilik Go Food, sebuah perusahaan internasional, Kang Tae Moo seolah memiliki segalanya. Rupa rupawan, kekayaan melimpah serta kepandaian di segala bidang.

Hanya satu kelemahan Kang Tae Moo, yaitu trauma pada hujan. Penyebabnya, saat masih kecil, dalam guyuran hujan, dia melihat kecelakaan tragis yang merenggut nyawa ayah dan ibunya.

Beruntung, Kang Tae Moo masih mempunyai kakek yang menyayanginya. Serta Cha Sung-Hoon, sahabat yang selalu mendampinginya, hingga menyelesaikan kuliah di Amerika, bahkan menjadi sekretaris nya dalam mengelola perusahaan.

Sepulang dari Amerika, Kang Tae Moo, bertekad membersihkan perusahaan Go Food dari benalu yang menggerogoti keuangan perusahaan. Benalu tersebut adalah anak sahabat kakeknya yang mengambil alih perusahaan kala Tae Moo masih kuliah.

Kakeknya setuju, asalkan Tae Moo mau menikah dengan salah satu jodoh yang dipilih sang kakek. Tentu saja Tae Moo menolak. Dia belum siap menikah. 

Namun akhirnya Tae Moo bersedia melakukan kencan buta. Jodoh yang disodorkan sang kakek adalah Jin Young-Seo, anak tunggal Marine Grup. 

    

maria-g-soemitro.com

Kim Se-Jeong sebagai Shin Ha Ri

Sebagai gadis miskin, Shin Ha Ri hanya punya 2 impian. Yang pertama, lepas dari kemiskinan. Yang kedua,  Lee Min-Woo mau membalas cintanya. Cinta yang telah dipendam pada sang koki selama 7 tahun.

Impian menjadi kekasih Lee Min Woo terputus ketika pria tersebut memilih kembali pada kekasih lamanya, Go Yoo-Ra.

Sedangkan impian kedua nampaknya bakal terwujud.  Shin Ha Ri diterima sebagai peneliti di perusahaan ternama, Go Food. Di perusahaan ini, ide-ide Shin Ha Ri sangat diapresiasi.

Sayang, halangan tiba-tiba muncul. Kala menolong sahabatnya, Jin Young-Seo dengan menggantikannya dalam kencan buta, Shin Ha Ri mendapat kenyataan bahwa sosok yang dijodohkan dengan Jin Young Seo adalah presdir perusahaannya, Kang Tae Moo. 

Apesnya halangan tak mudah disingkirkan. Kang Tae Moo malah ingin menikahi Jin Young Sea. Tentu saja Shin Ha Ri tak mungkin membongkar jati dirinya, sebab hukuman menipu boss perusahaan hanya satu: dipecat! 

     

maria-g-soemitro.com

Kim Min-Kyu sebagai Cha Sung-Hoon

Cha Sung-Hoon, pemuda yatim piatu yang tidak hanya menjadi sahabat Kang Tae Moo, juga tinggal dan dibiayai sekolahnya oleh kakek Kang Tae Moo.

Sebagai sohib sejati, Cha Sung Hoon tidak hanya menjadi tangan kanan Kang Tae Moo dalam mengelola perusahaan, juga urusan pribadinya. Salah satunya mengantar Kang Tae Moo kencan buta dengan Jin Young-Seo , putri tunggal pemilik Marine Group.

Betapa terkejutnya Cha Sung Hoon ketika mengetahui, perempuan yang dikira sebagai Jin Young-Seo  dan akan dinikahi Kang Tae Moo, ternyata palsu.

Jin Young-Seo yang asli adalah perempuan yang ditemuinya untuk pertama kali di sebuah minimarket. Jin Young-Seo asli yang telah menjerat hati Cha Sung Hoon.

    

maria-g-soemitro.com

Seol In-A sebagai Jin Young-Seo

Jin Young-Seo, putri tunggal pemilik Marine Group yang kaya raya.

Kehilangan ibu sejak kecil, Jin Young-Seo menemukan kehangatan ayah dan ibu Shin Ha Ri. sahabatnya.

Jin Young-Seo sangat membenci perjodohan. Gara-gara perilaku ayahnya yang materialistis, ibunya kabur dari rumah. Jin Young-Seo beruntung, Shin Ha Ri selalu membantunya keluar dari keharusan kencan buta.

Sayang, keberuntungan tidak selalu berpihak pada mereka. Pada kencan buta yang kesekian kalinya, calon suami yang harus ditemui ternyata adalah pemimpin perusahaan tempat Shin Ha Ri bekerja.

    


Sinopsis Business Proposal

Kang Tae Moo bingung. Kakeknya, pemilik perusahaan internasional Go Food, memaksa Kang Tae Moo menikah dengan salah satu jodoh yang disiapkan sang kakek. 

Rencana menikah belum masuk dalam daftarnya. Walau demikian, untuk menghentikan rengekan sang kakek, dia terpaksa memenuhi kencan buta dengan anak pemilik Marine Group. 

Tanpa ekspektasi, Kang Tae Moo mendatangi café tempat kencan buta yang disepakati. Betapa terkejutnya dia ketika melihat perempuan yang ditemuinya sangat berbeda dari bayangan. 

Jauh dari kata sopan dan sok hipokrit, perempuan tersebut sangat sembrono, blak-blakan dan vulgar. Malah perempuan cantik itu berani menawarkan untuk ‘buka kamar’ hotel.

Dengan senang hati Kang Tae Moo menerima tawaran, bukan karena dia laki-laki hidung belang, melainkan mata bisnisnya menangkap hal janggal. Kaki perempuan didepannya gemetar. Pertanda adanya perbedaan antara ucapan dan kata hatinya. 

Kencan buta tak berlanjut kala suatu peristiwa tak terduga membuat keduanya terpisah. Namun cukup buat Kang Tae Moo menetapkan niat, daripada harus capek meredam kecerewetan kakeknya, lebih baik dia nikahi saja perempuan tersebut. 

Kang Tae Moo menyukai sikap blak-blakan yang dimiliki perempuan yang dikiranya adalah Jin Young-Seo, putri tunggal Marine Group.

Kang Tae Moo tak tahu, perempuan yang ditemui Kang Tae Moo bukanlah Jin Young Seo, melainkan Shin Ha Ri, sahabat Jin Young Seo. Saat akhirnya terbongkar, Shin Ha Ri terpaksa berbohong. Shin Ha Ri mengakui namanya adalah Shin Geum-Hui, yang salah satu profesinya melayani jasa menjadi peran tertentu.

Akibatnya, Shin Ha Ri harus menandatangani kontrak kerjasama untuk menyamar sebagai kekasih Kang Tae Moo, untuk menyenangkan hati kakek Kang Tae Moo.

Namun, serapat-rapatnya menyembunyikan terasi, pasti bakal tercium juga bukan?

Terlebih ketika akhirnya Kang Tae Moo dan Shin Ha Ri saling jatuh cinta.

     

maria-g-soemitro.com

Review Business Proposal

Jatuh dan gak sengaja bibir bertemu bibir?

Omaygad, saya pikir cuma ada dalam drama Cina yang mengunggulkan ketampanan dan kecantikan. Ternyata adegan ini juga saya  temui dalam drama “Business Proposal”

Secara keseluruhan, drama Korea “Business Proposal” memang mirip drama Cina seperti drama “Love in Time” dan “Be with You” yang bertabur adegan tanpa sengaja, kebetulan dan ‘sihir’.

Yang dimaksud sihir adalah adegan gak masuk akal seperti, tiba-tiba Shin Ha Ri membuka payung untuk Kang Tae Moo, padahal sebelumnya tangannya kosong, gak bawa payung. 😕😕

Juga adegan kebetulan yang berakhir klise seperti kala Shin Ha Ri takut ketahuan kakeknya Kang Tae Moo yang kebelet BAB, mereka saling tarik menarik handle pintu dan berakhir dengan terjerembabnya sang kakek.

Sang kakek adalah pemilik perusahaan internasional gitu lho, masa sih tidak dikawal sampai mendapat fasilitas yang sesuai? 😢😢

Tapiiiiii…, karena drama “Business Proposal” bertabur bintang cantik dan ganteng, saya recommend banget untuk menontonnya untuk hiburan serta buang sebel.😃😃

Happy banget ngelihat acting dan kecantikan Seol In-A yang pernah berperan sebagai Jo Hwa-Jin dalam Mr. Queen, yang menjalin persahabatan dengan si cantik Kim Se-Jeong 💞💞

Serta bromance antara  si ganteng Kim Min-Kyu dan Ahn Hyo-Seop. 

Begitulah, bisa saja drama menyuguhkan kisah yang tak masuk akal. Namun wajib hukumnya memberi hiburan maksimal bagi penontonnya.

Setuju pastinya. 😀😀

Baca juga:

Lovers of the Red Sky, Kisah Iblis yang Mempersatukan Sepasang Kekasih

Hometown Cha Cha Cha, Kisah Cinta Basi Pasangan Lesung Pipi


maria-g-soemitro.com


Profile (sumber)

    Drama: Business Proposal (English title)

    Revised romanization: Sanaematsun

    Hangul: 사내맞선

    Director: Park Sun-Ho

    Writer: Hae Hwa (web novel), Han Sul-Hee, Hong Bo-Hee

    Network: SBS

    Episodes: 12

    Release Date: February 28 - April 5, 2022

    Runtime: Mon & Tue 22:00

    Language: Korean

    Country: South Korea

5 comments

  1. Keseruan menonton dan membaca versi tulisan film ini jangan pernah terlewat bagi sineas film korea. Jodoh tidak tertukar.

    ReplyDelete
  2. Hihi ada beberapa adegan janggal tapi karena bertabur bintang dengan akting mumpuni jadi termaafkan ya, Ambu. Business Proposal, meski masih bertema kebanyakan dengan latar perjodohan tapi dikemas dalam cerita berbeda, maka menarik ditonton jadinya

    ReplyDelete
  3. Jadinya Tae Moo sama siapa nih Ambu? Yang jelas sih bukan sama saya yah hahah.
    Bolehlah ditonton ini, karena baca ulasan di temlen ada yang bilang bagus

    ReplyDelete
  4. Jadi kesimpulannya, jodoh takkan kemana, jodoh harus diikhtiarkan dengan ditemui serta dilakoni ya, Ambu.
    Aku belum nonton drama ini, padahal jg penasaran dengan akting Ahn Hyo-Seop setelah kelar nonton Dr. Romantic 2 dan saat tayang, aura Kang Tae-moo menguasai media sosial, hehe.
    Membaca ulasan Ambu, sepertinya harus nonton Business Proposal ini juga.

    ReplyDelete
  5. Drama Korea yang ringan banget tapi lucu. Saya paling senang aktif Tae Mo pas nunjukkan kartu kredit black silvernya, hahaha.

    ReplyDelete