The Uncanny Counter, Kisah 4 Sekawan Penangkap Roh Jahat

 

The Uncanny Counter, 4 Sekawan Penangkap Roh Jahat

Punya sosok hero idola?
Bukan, bukan sosok hero idola seperti ayah, ibu, atau guru. Tetapi sosok hero rekaan seperti Wonder Woman, Mystique dan lainnya. Nah saya suka Cat Woman. 

Apalagi sewaktu diperankan Halle Berry. Duh, lenggak lenggoknya serasa melihat Cat Woman beneran. Hihihi film jadul yang masih suka di-rewatch. 

Drama Korea punya kisah hero 4 sekawan, yaitu ‘The Uncanny Counter’. Counter atau malaikat maut merupakan julukan orang yang mendapat titisan roh baik. Sebelum terpilih, umumnya mereka mengalami koma.  

Tugas mereka adalah menangkap roh jahat, karena itu pimpinan di alam baka/dunia Yung membekali counter dengan kekuatan berlipat ganda. Bisa meningkat berkali lipat  dalam kondisi tertentu. 

Ada beberapa level roh jahat. Level pertama adalah roh jahat yang telah membunuh seorang manusia. Level 2 telah membunuh 2-3. Sedangkan level 3  telah membunuh 3-4 atau bahkan lebih banyak lagi. 

Roh jahat kecanduan membunuh, terlebih jika roh jahat cocok dengan inang (manusia yang dihuni). Menjadi tugas counter untuk menangkapnya dan mengirim roh jahat ke neraka. 

Hanya itu. Seorang counter dilarang menggunakan kekuatannya untuk balas dendam. Dia juga dilarang mencampuri urusan manusia dan dilarang mengatakan pada siapapun bahwa dia adalah counter. Jika melanggar salah satu larangan maka kekuatannya sebagai counter akan ditarik. 

Menarik ya? Andai ada yang membully atau memukuli, pastinya ingin  memukul balik dengan kekuatan super. Sayangnya sebagai counter, tindakan tersebut dilarang. 

Nah lho. Pesannya dalem banget ya?


Joe Byeong-Gyu sebagai So Mun

Anak yatim piatu yang berstatus pelajar. Orangtuanya meninggal dalam kecelakaan mobil, menyebabkan kaki So Mun cacat dan So Mun terpaksa hidup dengan kakek neneknya. 

Beruntung So Mun mempunyai 2 sahabat yang selalu melindunginya dan sangat menyayangi So Mun. Hingga suatu hari So Mun mendapati salah seorang sahabatnya, Kim Ung Min dipalak oleh Shin Hyeok U, anak walikota. 

Kejadian berlangsung tak lama setelah So Mun mendapat titisan roh Wigen, pertanda terpilihnya So Mun sebagai counter yang bertugas menangkap roh jahat dan mengirimnya ke neraka. Kekuatan So Mun menjadi berlipat ganda. Kekuatan yang memabukkan yang ingin dipakai So Mun memukul telak lawannya.


Yu Jun-Sang sebagai Ga Mo Tak

Counter yang mempunyai kekuatan paling hebat dan didapuk sebagai ketua counter. 

Sebelum bertugas sebagai counter yang menyamar sebagai pegawai kedai mie, Ga Mo Tak berprofesi sebagai detektif polisi. Sayang ingatannya hilang. Dia hanya mempunyai petunjuk kartu nama. Saat menghubungi nomor yang tertera, betapa kagetnya Ga Mo Tak karena ternyata So Mun yang mengangkat telepon.


Yum Hye-Ran sebagai Chu Mae Ok

Pemilik kedai mie, sebagai counter Chu Mae Ok mempunyai kemampuan menyembuhkan. Termasuk menyembuhkan kaki So Mun yang cacat.

Sebelum menjadi counter, Chu Mae Ok sekarat ketika tenggelam bersama putra semata wayangnya. Sang anak lelaki menjadi roh baik, menitis pada raga ibunya. Mereka saling bahu membahu menyelamatkan bumi dari roh jahat.



Kim Se-Jeong sebagai Do Ha Na

Counter yang mempunyai keahlian bisa membaca ingatan dan merasakan roh jahat dari jarak ratusan kilometer. Do Ha Na mempunyai kenangan kelam. Keluarganya dihabisi pamannya yang dirasuki roh jahat.



Ahn Suk-Hwan sebagai Choi Jang Mool.

Counter yang tak pernah turun ke lapangan untuk menangkap roh jahat. Tugas Choi Jang Mool adalah bendahara para counter. Dia membagikan kartu kredit no limit pada para counter karena sebagai pemilik retail retail Jang Mu, Choi Jang Mool merupakan satu dari 50 orang kaya di Korea.

Sinopsis Drama Korea The Uncanny Counter

So Mun, seorang pelajar, tiba-tiba terkena kilatan mirip petir dan bermimpi aneh.  Baru terkuak setelah seorang perempuan muda cantik menjemputnya di area sekolah. Ternyata bersama 4 orang lainnya, So Mun terpilih sebagai seorang counter. 

Counter atau malaikat maut bertugas menjerat roh jahat dan mengirimnya ke neraka. Para pejabat alam baka (dunia Yung) lah yang menetapkan beberapa roh baik untuk masuk ke dalam jasad manusia yang tengah sekarat. 

Diantara 5 counter di kota Yung Jin, hanya So Mun yang ditetapkan sebagai counter tanpa melalui kondisi koma. Karena itu dia digembleng teman-teman counter yang menyamar sebagai  pemilik dan pegawai kedai mi. 

Tidak mudah menangkap roh jahat. Para roh jahat kecanduan membunuh, semakin banyak yang dibunuh, dia akan semakin kuat. Terlebih jika ada kecocokan antara inang dan roh jahat. 

Salah satunya adalah Ji Cheong Shin, pembunuh bayaran yang menabrak mobil yang dikemudikan ayah So Mun, ibunya dan So Mun. Kecelakaan yang menyebabkan kematian orang tua So Mun dan pincangnya kaki So Mun. 

Berkat Chu Mae Ok, counter yang punya keahlian menyembuhkan, So Mun bisa kembali berjalan normal. Sedangkan Do Ha Na, counter yang bisa membaca pikiran, membantu So Mun mengetahui bahwa kematian orang tuanya merupakan pembunuhan, bukan kecelakaan lalu lintas biasa. 

Ada benang merah antara peristiwa tragis yang dialami So Mun dengan jatuhnya Ga Mo Tak, ketua para counter, dari ketinggian. Ayah So Mun dan Ga Mo Tak dibunuh karena membongkar konspirasi jahat untuk mendukung pemilihan Shin Myeong-Whi, sebagai walikota Jungjin. 

Shin Myeong Whi melakukan suksesi dengan bantuan group Taesin Group dan kepala kepolisian, Choi Su Ryong. Imbalan atas dukungan dana Taesin Grup, Shin Myeong Whi membantu menutupi kejahatan mereka yaitu kebocoran limbah. Sedangkan Choi Su Ryong mendapat promosi di kepolisian.

Marah dengan kelakuan Shin Myeong Whi cs, Ga Mo Tak menyusun siasat bersama team counternya untuk membongkar kejahatan Shin Myeong Whi dan menjebloskannya ke penjara. 

Mereka lupa, tugas counter hanya menangkap roh jahat. Counter tidak boleh mencampuri urusan manusia. Jika melanggar, kemampuan mereka sebagai counter akan dicabut. Mereka akan lemah kembali sebagaimana layaknya manusia biasa. 

Jadi bagaimana atuh?



Review Drama Korea The Uncanny Counter

Ditengah persaingan sengit drama Korea, OCN (Orion Cinema Network),  TV kabel yang banyak membuat drama bertema kriminal dan aliran sesat, membuat terobosan dengan drama seri  The Uncanny Counter. 

Sebelumnya OCN terkenal dengan drama misteri seperti ‘Save Me (1 dan 2) Voice (1,2 dan 3), Tell Me What You Can Say’ serta masih banyak lagi:

 Baca juga    
Tell Me What You Saw, Takut Darah? Jangan Nonton!
Save Me, Belenggu Aliran Sesat 

Pilihan tepat. Karena drama yang dibuat berdasar webcomic  berjudul “Kyeongirowoon Somoon” dan ditulis Jang Yi yang publish 23 Augustus 2018 via Daum Webtoon ini sanggup mencuri perhatian. 

Dimulai dengan ekpetasi penonton yang rendah, nampak dari raihan rating 2%-3 %, The Uncanny Counter berhasil menutup tayangan dengan 2 digit. Hebat bukan? 

sumber: asianwiki.com

Saya termasuk golongan yang underestimated. Drama apaan sih ini? Diperankan 2 aktor/aktris tua, seorang aktris muda cantik yang nggak saya kenal, juga aktor mudanya. Mana baju seragamnya mirip setelan olah raga gitu. Bikin illfeel. 

Ternyata justru perpaduan ini keren banget. Berbeda dengan team pembasmi kejahatan lainnya yang diperankan aktor/aktris muda nan keren seperti Charlie’s Angel atau pemburu hantu Ghostbuster, 5 sekawan atau lebih tepatnya 4 sekawan  The Uncanny Counter menawarkan sesuatu yang berbeda. 

Yu Jun Sang pemeran Ga Mo Tak, kelahiran 1969, beradu akting dengan Yum Hye Ran yang nampak tua, dengan tahun kelahiran 1976. Lebih muda 7 tahun nampak hilang begitu saja dalam akting kaliber Korea award. 

‘The Uncanny Counter’ emang diperankan aktor dan aktris nggak kaleng-kaleng, termasuk  Joe Byeong-Gyu , pemeran So Mun yang menggondol award pertama kali dari 2020, SBS Drama Awards sebagai Best New Actor.

Chemistry Joe Byeong Gyu dengan Kim Se Jeong, pemeran  Do Ha Na, ngeblend banget. Keduanya lahir 1996. Sehingga percik-percik romantisnya bikin ikut tersenyum. 

Ketika kakek So Mun bertanya tentang Do Ha Na, gadis cantik ini meminta So Mun menjawab “Apa saja, selain pacar.” Eh So Mun malah mengenalkan Do Ha Na sebagai pacarnya. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Jika ada kritik untuk The Uncanny Counter, tertuju pada setting dunia Yung/alam baka yang sederhana banget. Hihihi efek sering nonton drama China nih. Tapi paham sih, tema sageuk drama Korea pun nampak sederhana, kalah jauh dibanding drama China. 

Selebihnya, The Uncanny Counter recommended banget. Saya suka pemilihan Lee Hong Nae sebagai pemeran antagonis, memerankan Ji Cheong Shin, roh jahat yang sadis bukan kepalang. Villain diperankan aktor ganteng nampaknya menjadi tradisi  drama Korea.  

Juga relasi manis antara So Mun dengan sesama counter. So Mun dengan teman-teman sekolahnya. Serta kakek nenek So Mun yang telah membesarkannya.

So sweet banget. 

Oh iya, konon The Uncanny Counter akan dibuat sequelnya, terlihat dengan perubahan kostum seperti gambar cover.

Baca juga:

Voice, Akibat Salah Asuhan

Voice 1, Mereka Pengidap Gangguan Jiwa

Profile (sumber: Asianwiki.com)
Drama: The Uncanny Counter (English title) / Amazing Rumor (literal title)
Revised romanization: Kyeongirowoon Somoon
Hangul: 경이둜운 μ†Œλ¬Έ
Director: Yoo Sun-Dong
Writer: Jang Yi (webcomic), Yeo Ji-Na
Network: OCN
Episodes: 16
Release Date: November 28, 2020 - January 24, 2021
Runtime: Sat. & Sun. 22:30
Language: Korean
Country: South Korea

sumber gambar cover: instagram.com/@theuncannycounter

28 comments

  1. Membaca ulasan tulisan ini perlu diulang untuk memahami ceritanya seperti saya ini karena saking menarik baik tokoh penangkap roh jahat. Jadi ingat Ghost Buster.

    ReplyDelete
  2. Produser drama korea keren ya udah tahu dan bisa menggambarkan alam baka seperti apa, meski ibu bilang sederhana. Namanya film, keseruan cerita lebih menjual daripada sekedar latar
    Hehehe

    ReplyDelete
  3. Uncanny Counter ini banyaaakk yg rekomen.
    Jalan ceritanya ga kayak drakor mainstream.
    Tapii, waktu itu, daku masih blum mood buat nonton.
    ntar ah, mau coba 1 eps dulu

    ReplyDelete
  4. Oalah kupikir uncanny counter ini genrenya drama keluarga lho hahaha ternyata fiksi ya mbak. Jadi tertarik nonton setelah baca resensinya deh

    ReplyDelete
  5. Ada-ada aja nih tontonan drakornya Mbak Maria. Selalu menarik untuk dibaca.

    Yang satu ini tampaknya menarik banget. Meski pernah nonton beberapa film yang memiliki tema senada seperti yang disebutkan di atas (Ghostbuster, dll), tapi menemukan kalimat "tidak boleh berurusan dengan masalah manusia" bikin saya berpikir. Karena bisa aja kan, mereka yang terasuki sesungguhnya adalah gangguan dan mengganggu manusia yang ada di sekitarnya. Ah jadi penasaran deh. Ntar coba ngulik dulu episode 1 nya.

    ReplyDelete
  6. Tema misteri, kriminal, dan aliran sesat. Nampaknya bakal ada banyak adegan mencekam. Aku takut nonton drama ini, ambu. hahaha. Kalau suamiku demen nonton drama genre begini :D

    ReplyDelete
  7. Lucu juga ya, ide ceritanya. Salut sama sineas korea yang kreatif dan banyak ide segar.

    ReplyDelete
  8. Eh, jalan ceritanya seru ini. Aku belum pernah nemu drama ini. Tapi rating di episode awalnya rendah ya. Apakah emang ceritanya nggak asyik di awal atau bagaimana ya?

    ReplyDelete
  9. Salah satu drakor yang sudah masuk wishlist tapi belum sempat ditonton,huhu. Seneng banget drakor sekarang temanya enggak melulu cinta-cintaan ya Ambu.
    Btw, saya baru tahu lho kalo Kim Se Jeong itu ternyata penyanyi. Tau aktris ini cuma dari drakor School 2017.

    ReplyDelete
  10. ini salah satu drakor yg masih ngantre buat saya tonton di waktu senggang.
    moga2 dlm waktu dekat bs nonton sampai tamat
    makasi review-nya Ambu

    ReplyDelete
  11. Saya termasuk yang suka sama drakor uncanny counter ini. Saya pun sempat baca komiknya juga dan berbeda cara membuat karakternya. Walaupun begitu drakor ini keren dan menanti musim keduanya

    ReplyDelete
  12. Puas rasanya baca ulasan drakornya The Uncanny Counter. Jadi pengen nonton juga ini aja sudah aku masukin daftar list ku hihi

    ReplyDelete
  13. Film korea ini soo Creative. Apa aja ada. Jadi bingung nih milih yang mana. Bagus2 semua.

    ReplyDelete
  14. Awal membaca 4 sekawan aku pikir seperti film-film drakor lainnya. Ternyata tidak, lebih antimainstreem sepertinya. Seru jalan ceritanya, ya Mbak.

    ReplyDelete
  15. Antimainstream nih jalan ceritanya. Tetapi, memang godaan banget, ya. Ketika kekuatan menjadi berlipat ganda. Harus semakin bisa menahan diri.

    ReplyDelete
  16. Saya lebih suka Scarlett Johansson - Black Widow, Ambu, daripada Cat Woman hehe
    Btw, ternyata dari rating yang sebelumnya rendah, juga pemain yang bikin illfeel The Uncanny Counter bisa membuktikan kalau ternyata perpaduan semua yang ditampilkan keren

    ReplyDelete
  17. Di hollywood ada ghostbuster, di korea ada uncanny counter, di indonesia ada vico paranormal disini, setanmu, setanku, setan kita semua!! (IklanπŸ˜‚πŸ˜‚). Ide cerita drakor korea selalu original, alur cerita susah ditebak, dan tidak berlarut larut seperti ikatan cint*. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  18. Seandainya saya punya ilmu penangkap roh jahat seperti drakor 4 sekawan tersebut, duh gk kebayang....

    ReplyDelete
  19. Ternyata Ambu juga penggemar film macam ghost Buster gitu..aku belum nonton uncanny counter ini sih, tapi lihat penggambaran filmnya rasanya pengen buru-buru nonton

    ReplyDelete
  20. Film "The Uncanny Counter" menawarkan suatu yang berbeda dibandingkan dengan film pemburu hantu lainnya, selain itu aktor dan aktris di film ini merupakan kombinasi aktor dan aktris tua dan muda dan bukan aktor dan aktris "kaleng-kaleng". Memang film yang layak untuk di tonton.

    ReplyDelete
  21. Setiap k drama memiliki alur cerita berbeda dengan film Eropa atau Amerika, berdasarkan riset rating yaang kemudian difilmkan menjadi tontonan menarik, ditunjang aktor yang pengalaman.

    ReplyDelete
  22. Unik juga ya, ada channel TV yang khusus menghadirkan film/drama dengan tema kriminal dan aliran sesat. Untuk saya yang senang dengan karya sinema thrilling dan horor, pas banget ini sih. Saya terus terang penasaran dengan VOICE Mbak. Liat promonya ternyata sudah sampai pada season 4 ya. Seru banget pastinya.

    ReplyDelete
  23. Temanya bagus, belum pernah saya tonton sebelumnya tema gini nih, pengen nonton tapi suka serem sendiri, ekekk.

    ReplyDelete
  24. Kisah menangkap roh di drakor seru ya soalnya kisahnya itu unik dan klo udah nonton penasaran terus jadi nonton sampe habis baru puas hehee

    ReplyDelete
  25. Kalau daku, bila jalan ceritanya oke bakal terus dilanjutkan nonton. Nggak terlalu melihat pakaiannya sih, yang penting sopan, hehe.

    Sepertinya boleh juga ini ditonton, karena ada tiap tokoh ada kaitan cerita

    ReplyDelete
  26. Dari penuturan ambu, saya fokus ke kostum para hero, sederhana. Jauh dari kesan megah dan mewah ala hero-hero di film holywood, tapi sebenarnya justru nggak nampak halu ya ambu hahaha.

    ReplyDelete
  27. lumayan menarik juga serial ,ghost buster versi korea

    ReplyDelete
  28. Wah drama ini. Salah satu drama favorit aku. Bagus ceritanya. Banyak hal yang bisa diambil hikmahnya ya. Nunggu drama lain yang kayak gini. Yang gak ada adegan kisseu-kisseunya. Hehehe

    ReplyDelete