Ramadan Tiba, Siapkan Nutren Fibre untuk Kebutuhan Seratmu


maria-g-soemitro


Ramadan Tiba, Siapkan Nutren Fibre untuk Kebutuhan Seratmu

Ramadan tiba, punya masalah kesehatan saat puasa Ramadan?

Saya dan keluarga sering sembelit. Penyebabnya, buka puasa dengan kolak atau  candil atau bubur kampiun yang hanya ada di bulan Ramadan. Diteruskan makan nasi dengan ayam goreng, sambal dan orek tempe, lauk pauk andalan di bulan Ramadan.

Miskin serat ya? Nyaris gak ada buah dan sayuran.

Sebelumnya selalu tersedia sih. Sepiring besar sayuran. Namun biasanya hanya irisan mentimun yang disentuh. Daun selada dan irisan tomat ditolak, dengan alasan: “Rasanya aneh!”

Gak heran anak-anak sering terkena sembelit dan terpaksa menggunakan obat pencahar. Jika sudah begini saya merasa bersalah. 

Dulu, karena ketakutan anak-anak kekurangan gizi, setiap harinya saya menyuapi mereka dengan bubur berisi sayuran dan protein hewani (hati ayam/daging ayam). Tanpa variasi. Akibatnya mereka bosan dan menjadi picky eater. Tidak suka sayur dan memilih makanan siap saji.

Baca juga:

Catat! 7 Cara Isoman Saat Terpapar Covid-19 

Kuliner Pinggir Jalan, Antara Kelezatan dan Ancaman Penyakit Menular 

Daftar Isi:

  • Lihat Santapanmu,  Kemana Seratnya?
  • Nutren Fiber, Jawaban Atas Kebutuhan Seratmu
  • Nutren Fibre, Bukan Sekadar Asupan Serat
  • Apa Kata Foodies Tentang Nutren Fibre
  • Nutren Fibre, Asupan Tepat saat Puasa Ramadan

Ternyata bukan saya saja yang mengalami kesulitan, dokter spesialis gizi klinik, dr Cindiawaty J. Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK memaparkan data Riskesdas 2018 yang menunjukkan  95,5% orang Indonesia masih kurang mengkonsumsi serat pangan yang berasal dari sayur dan buah.

Data tersebut diungkap dalam perbincangan konferensi pers online bertajuk “#HidupSehatPerluSerat: Nyaman Beraktivitas dengan Pencernaan Sehat”, yang digelar Nestlé Health Science (NHS) untuk memperkenalkan inovasi barunya, Nutren Fibre, pada 29 Maret 2022.

Selain dokter Cindi, juga hadir Marketing Manager Nestlé Health Science (NHS), dr. Yulia Megawati serta dua orang foodies. Keduanya telah berkonsultasi dan menjalani pengaturan pola makan seimbang yang diiringi olahraga teratur serta minum 2 gelas produk nutrisi kaya serat pada pagi dan malam hari.

       

maria-g-soemitro.com

Nutren Fiber, Jawaban Atas Kebutuhan Seratmu

“Orang yang tidak mengonsumsi serat, ususnya kaya yang bolong-bolong,” kata dokter Cindi, “akibatnya bakteri dan racun masuk dari saluran pencernaan ke aliran darah tanpa barrier.”

Penjelasan dokter Cindi menjawab pertanyaan mengapa masyarakat perkotaan mudah sakit ya? Termasuk saat pandemic Covid-19. Aktivitas harian memaksa mereka berpaling pada santapan siap saji dan mengabaikan kebutuhan serat, vitamin dan mineral. Bertambah lengkap dengan pengaruh radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti radiasi, asap rokok, asap kendaraan dan masih banyak lagi, 

Paham akan hal tersebut, Nestlé Health Science (NHS), perusahaan yang berkomitmen membantu masyarakat Indonesia dalam menjaga tubuh agar tetap sehat, kuat, aktif dan memiliki daya tahan yang optimal, meluncurkan inovasi terbarunya: Nutren Fibre.

Nutren Fibre merupakan nutrisi kaya serat yang terdiri dari campuran serat pangan larut dan tidak larut untuk bantu memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan untuk memelihara fungsi dan kesehatan saluran pencernaan. Nutren Fibre juga mengandung kebaikan dari Protein Whey 50% sebagai sumber protein berkualitas.

Kebutuhan serat pangan harian kita hanya 30 g per hari (AKG Indonesia, PERMENKES RI No. 28, 201), namun jika tak terpenuhi tidak hanya menyebabkan sembelit, menurut  The World Health Report juga menjadi penyebab kanker gastrointestinal, penyakit jantung iskemik, dan stroke.

    

maria-g-soemitro.com

Sebaliknya, tubuh yang mendapat kecukupan serat pangan akan memperoleh manfaatnya, yaitu:

  • Mengontrol berat badan
  • Menanggulangi diabetes
  • Mencegah gangguan gastrointestinal
  • Menurunkan penyakit kardiovaskuler
  • Mencegah kanker kolon
  • Mengurangi tingkat kolesterol

“Serat pangan juga mambantu mengurangi stress,”kata dr Cindiawaty. Wah selama ini mengira harus healing untuk mengurangi stress, ya? Ternyata salah satu cara pengobatan dengan mengonsumsi serat.

"Selain itu, makan makanan berserat tinggi juga dapat membantu mengurangi tingkat stres . Karenanya, agar dapat nyaman menghadapi kesibukan sehari-hari, kita sebaiknya menjaga kesehatan pencernaan dengan mengkonsumsi serat pangan yang cukup,” ucap dr Cindiawaty.

Nutren Fibre hadir untuk memenuhi kebutuhan akan serat pangan. Berikut komposisi serat pangan yang dikandung Nutren Fibre: 

  • Citrus Fibre = 2.26g/100 gram
  • Oat Fibre = 1.8g/100 gram
  • Oligofructose/FOS = 1.27g/100 gram
  • Inulin = 0.57 g/100 gram

Sehingga mengonsumsi Nutren Fibre berarti mendapat manfaat:

Usus Besar

Meningkatkan kepadatan feses dan mengurangi waktu transit, sehingga mengurangi risiko konstipasi.

Lambung

  • Meningkatkan rasa kenyang, memperlambat pengosongan lambung.
  • Membantu penurunan berat badan.

Usus halus

  • Memperlambat absorpsi karbohidrat
  • Menstabilkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol darah.

   

maria-g-soemitro.com

Nutren Fibre, Bukan Sekadar Asupan Serat

Protein whey yang dikandung Nutren Fibre membuat saya bertanya-tanya: “Lho bukankah ini minuman para pegiat fitness?” Karena manfaat protein whey bermanfaat untuk menambah massa otot.

Dijelaskan oleh dr. Yulia, protein whey merupakan protein yang terdapat di dalam whey, yaitu sisa susu yang dihasilkan dalam produksi keju. Protein whey merupakan keunggulan Nutren Fibre. Ada 3 jenis protein whey, yaitu: Whey Protein Concentrate / Konsentrat (WPC), Whey Protein Isolate / Isolat (WPI) dan Whey Protein Hydrolysate / Hidrolisat (WPH) 

Protein whey yang terdapat dalam Natur Fibre adalah Whey Protein Isolate / Isolat (WPI), jenis yang telah mendapat penyaringan sehingga kandungan laktosa dan lemaknya lebih sedikit. Jenis Whey Protein Isolate sangat cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa yang lebih tinggi.

Protein whey di dalam Nutren Fibre mempunyai 3 manfaat, yaitu:

  1. Pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, karena protein whey menjamin kebutuhan asam amino.
  2. Perlindungan. Asam amino yang dikandung protein whey merupakan sistein yang membentuk glutathione yang berfungsi melindungi daya tahan tubuh yang lebih baik.
  3. Sifat liquid membantu toleransi system cerna. Serta mempercepat pengosongan lambung, contoh kasus kejadian diare. Sifat liquid juga membantu mempercepat proses penyerapan itu sendiri.

Memberi pengetahuan baru ya? Protein whey ternyata begitu banyak manfaatnya.

     

maria-g-soemitro.com

Apa Kata Foodies Tentang Nutren Fibre

Saya kerap malas sarapan. Kebiasaan yang berakibat buruk, karena makan siang jadi tak terkontrol. Kalap makan dengan alasan tadi pagi gak sempat sarapan.

Kebiasaan buruk saya ini ternyata juga dialami 2 orang influencer yang hadir, mereka adalah Yosefine Yaputri dan Marcus Alex. Keduanya telah mencoba Nutren Fibre selama sebulan, dikonsumsi pagi dan siang hari.

Bagaimana hasilnya?

Yosefine terheran-heran mendapati kadar kolesterolnya turun 50 point. Berat badan sih hanya turun 2 kg, namun dr Cindi menjelaskan yang terpenting adalah pengurangan lemak tubuh. Iya banget ya? Berat badan turun punya banyak makna, bisa lemak, bisa juga hanya air.

Selain itu, Yosefine juga surprise akan keluhan asam lambung yang menghilang. Biasanya dia rutin minum obat sakit asam lambung, kebiasaan tersebut hilang sesudah mengonsumsi Nutren Fibre.

Marcus Alex mendapat kejutan lainnya. Setelan mengonsumsi Nutren Fibre dia gak bisa makan siang terlalu banyak. Tapi tenaganya ‘seperti kuda’, sangat terasa ketika melakukan latihan di gym. 

Kondisi tersebut dijelaskan dr. Yulia yang mengingatkan kandungan Nutren Fibre sebagai berikut:

  • Protein Whey, 9 g protein per saji, menjaga massa otot dan daya tahan tubuh
  • Sumber Serat Pangan, 3 g per saji, membantu jaga kesehatan saluran cerna
  • Multisource Fiber, Serat larut & tidak larut, membantu pengaturan berat badan dan menurunkan risiko penyakit kardiometabolik.

Kandungan Nutren Fibre yang dikonsumsi Marcus membantu tubuhnya mendapat asupan secara teratur, tubuhnya tidak kosong dalam waktu lama. Sehingga tidak hanya bisa mengontrol makan malam, Marcus juga mendapat asupan yang memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Demikian pula Yosefine, sebelum mengonsumsi Nutren Fibre, Yosefine kerap mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan kurang asupan serat. Dia juga sering terlambat makan sehingga lambungnya sering kosong dalam waktu lama yang menyebabkan asam lambung naik  dan menimbulkan masalah. Dengan mengonsumsi Nutren Fibre Yosefine sembuh dari asam lambung nya.

   

maria-g-soemitro.com

Nutren Fibre, Asupan Tepat saat Puasa Ramadan

“Seperti minum susu vanili yang enak!” Demikian sensasi rasa Nutren Fibre yang saya coba. 

Lelah sembelit, perut terasa penuh namun sulit BAB dan terpaksa minum obat pencahar, saya pun berburu Nutren Fibre. Saya gak ragu karena Nutren Fibre merupakan produk Nestlé Health Science (NHS), perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan berbasis ilmu pengetahuan yang berdiri sejak 1866, di Vevey, Swiss. Jadi sertifikasi dari BPOM dan MUI sudah pasti terpenuhi ya?


Nutren Fibre ternyata memiliki rasa yang emejing. Saya pikir bakal terpaksa minum susu yang rasanya aneh, karena katanya kan Nutren Fibre mengandung protein whey. 

Sementara setahu saya, protein whey adalah minuman para pegiat ngegym, seperti Ade Rai. Melalui channel YouTube-nya pernah membagikan menu makanannya yaitu: Rebusan putih telur! Duh, mana enak?

Tenyata tidak! Nutren Fibre sangat enak. Bisa diolah menjadi milkshake atau sesuai saran penyajian yang tertera di kalengnya:

  1. Cuci tangan sebelum mempersiapkan produk.
  2. Takar 235 ml air bersih yang sudah dimasak
  3. Takar 58 gram bubuk (8 sendok takar) dengan tepat menggunakan sendok takar yang tersedia di dalam kaleng.
  4. Tambahkan bubuk ke dalam air dan aduk segera sampai tercampur dengan baik.

Saya memakai 2 cara di atas. Nutren Fibre dibuat milkshake agar bisa segera diminum saat buka puasa. Atau membuat 2 gelas Nutren Fiber untuk buka puasa dan sahur. Sehingga ketika waktunya tiba, bisa langsung diminum tanpa terdistraksi sajian kolak atau bubur kampium.

Begitu pula ketika mengikuti buka puasa bersama. Saya menyiapkan Nutren Fibre dalam tumbler kecil agar bisa dibawa dan segera diminum kala terdengar bedug Magrib. Sesudah itu, saya bisa ikut menikmati hidangan lain. Tentunya tanpa kalap.

Hasilnya? Perut gak terasa ‘begah’ (perut terasa penuh) lagi. Perut juga terasa nyaman. BAB lancar, walau saya baru mencoba beberapa hari. Experience -nya belum selama teman-teman foodies di atas.

Hepi banget rasanya. Hidup sehat perlu serat, dan ternyata kita bisa memenuhi serat yang dibutuhkan tubuh dengan mudah. Termasuk anak usia 4 tahun sudah bisa menikmati Nutren Fibre agar kebutuhan serat pangannya terpenuhi.

Jadi, mari hidup sehat dengan Nutren Fibre. Caranya mudah, untuk mencoba selama bulan April ini bisa banget menghubungi Nestlé Indonesia di nomor WA 0811 1018 218! Dan bisa juga check websitenya di https://www.nestlehealthscience.co.id/ dan follow juga Instagram @nestlehealthscience_id yaa!

Sip ya? Semudah itu hidup sehat.

Baca juga:

Vitamin E, Mengapa Ibu Hamil dan Menyusui Harus Mengonsumsinya?

Yuk Dukung Penderita Epilepsi dengan Singkirkan Stigma 



14 comments

  1. Terimakasih atas sharing artikelnya

    ReplyDelete
  2. Dengan Nutren Fibre jadi semakin mudah ya untuk memenuhi kebtuhan serat tubuh.

    ReplyDelete
  3. Wah, samaan nih aku juga mengonsumsi Nutren Fibre :) Enak ya rasanya. AKu lebih suka diminum hangat sih. Mengenyangkan, jadinya ga kepengen makan kebanyakan atau ngemil melulu. Ada protein Whey-nya ya dengan banyak manfaat memenuhi kecukupan serat untuk melancarkan pencernaan.

    ReplyDelete
  4. Saya nih, Ambu, selama Ramadan sering merasa begah. Terus suami yang punya asam lambung kadang kambuh ini. Pas kalau mengonsumsi Nutren Fibre. Jadi solusi keluhan kami, juga bisa membantu cukupi kebutuhan serat pangan yaaa

    ReplyDelete
  5. Ini nih kayaknya aku dan keluargaku butuh nutren fibre. Secara ya, selama bulan Ramadhan kayaknya minim sekali konsumsi makanan berserat. Dan emang sembelit jadinya.

    ReplyDelete
  6. Konsumsi serat memungkinkan terlewatkan.
    Jadinya bisa dengan cara lain yang simple, agar asupan serat tetap terpenuhi

    ReplyDelete
  7. Ketika saya mulai diet, minuman serat begini yang langsung saya konsumsi. Memang beneran bisa menahan kenyang lebih lama. Makan pun gak kebanyakan lagi porsinya

    ReplyDelete
  8. Saya merinding banget dengan kalimat "Orang yang tidak mengkonsumsi serat, usunya kaya akan bolong-bolong". Aaiihh ngeri ya Mbak. Apalagi terus dijelaskan mengenai efek-efek buruknya setelah itu. Apalagi selama puasa yang kita cenderung makan asupan yang jenuh lemak dan kolesterol.

    Saya tuh sempat sembelit beberapa hari di awal puasa. Karena gak mampu lagi makan buah karena sudah kekenyangan duluan. Akhirnya memaksa diri untuk makan buah sebelum tidur atau sebelum sahur. Tapi dengan hadirnya NUTREN FIBRE bakal lebih praktis ya Mbak. Tinggal dicampur dengan air lalu diminum seperti biasa. Praktisnya dapat, manfaatnya dapat juga.

    Pengen nyobain jadinya.

    ReplyDelete
  9. Serat pangan memang penting dikonsumsi rutin setiap hari. Buah2an dan sayur mayur bisa mencukupi asupan serat tersebut. Untungnya sudah ada produk Nutren Fibre yg kqya serat. Bagus nih dicoba apalagi tuk anak2 juga bisa.

    ReplyDelete
  10. Nutrien Fibre ini berarti campuran serat dan protein ya, Ambu?
    Jadi penasaran pengen coba
    Saya pun jarang makan buah soalnya

    ReplyDelete
  11. Saat Ramadan, kebutuhan akan serat nggak boleh kekurangan ya Ambu, makanya selain tetap makan dgn makanan gizi seimbang, juga perlu ditambah dgn Nutren Fiber bila perlu

    ReplyDelete
  12. sekarang ini memenag penting sekali untuk membiasakan diri hidup sehat ya karena pandemi dan virus bisa menyerang kapan saja, terimakasih sharingnya

    ReplyDelete
  13. Menarik nih, soalnya selain kaya serat pangan, proteinnya tinggi. Buat aku yang kepengen langsing tapi berisi, cocok kayanya minum Nutrien Fibre. Btw, hanya bisa beli di nestle aja ya?

    ReplyDelete
  14. Keren banget nih jadi pengen banget Cobain nutrien fiber, selain Kaya serat Dan nutrisi pas banget buat Kita yang ingin hidup sehat ya

    ReplyDelete