Cerahkan Harimu dengan Live Streaming IDN Live, Banyak Virtual Giftnya!

       
maria-g-soemitro.com

Masakan kepiting tersaji dalam piring besar. Nampak lezat. Bumbu Korea melumuri kepiting meluber hingga memenuhi piring.  Dengan sendok, Do Kyung-Hee mengangkat saus untuk menunjukkan kekentalan, warna dan teksturnya.

Sambil memandang kamera, Do Kyung-Hee mencicipi saus dan memberi tahu penonton di ujung sana tentang perpaduan rasanya yang pedas, manis dan asam. Kemudian Do Kyung-Hee memecah kaki kepiting, mencicipi daging kepiting dan mereview rasanya.

Semakin lama penonton live streaming Do Kyung-Hee semakin banyak. Tidak sekadar menonton, mereka juga berkomentar, ada yang bertanya. Do Kyung-Hee menjawab sambil tetap menyantap kepiting. Channelnya disukai, followersnya sangat banyak.

Kisah vlogger Do Kyung-Hee si anak walikota Do Sang-Won bukan kisah nyata. Dia muncul dalam beberapa adegan drama Korea yang sangat disukai: 'My ID is Gangnam Beauty' yang rilis pada tahun 2018. Serta merupakan adaptasi dari webcomic berjudul "Nae IDneun Gangnammiin" by Gi Maeng-Gi, yang published dari  April 8, 2016 sampai December 29, 2017

Dengan kata lain, ternyata telah lama minat penonton berubah arah. Mereka tak lagi menyukai tontonan televisi yang serba terbatas dan kaku. Mereka lebih menyukai cara penyampaian yang informal, yang memungkinkan bisa langsung berinteraksi dengan narasumber dan streamer.

Atau lebih tepatnya, penonton lebih menyukai live streaming, konten yang dibuat dengan menampilkan kegiatan yang direkam secara langsung melalui kamera

Baca juga:

IDN Pictures, Gebrakan Optimis di Tengah Badai Pandemi Covid 19

5 Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM, Agar Siap Menyongsong Industri 5.0

Daftar Isi

  • Mengapa Live Streaming Disukai?
  • IDN Live Menghadirkan Konten Live Streaming, Yuk Saksikan!
  • Virtual Gift, Cara Asyik Berinteraksi dengan Streamer IDN Live
  • Ingin Bergabung dengan IDN Live? Ini Caranya!

Kemajuan teknologi  sangat berpengaruh pada perkembangan konten digital dalam format video. Tak pelak muncul tren pembuatan vlog atau video blog dan short video.

Namun persaingan antar provider rupanya sangat menguntungkan konsumen Indonesia. Kini pembuatan vlog atau video blog dan short video  mulai ditinggalkan, netizen lebih menyukai konten live streaming.

Padahal, seperti dikutip dari IDN Media, perusahaan media platform untuk millennial dan gen Z di Indonesia, Indonesia kalah jauh dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Malaysia berada di peringkat ke-30, Thailand pada posisi ke-45, sementara Indonesia pada posisi ke-92. Terlebih dibandingkan dengan Singapura yang menempati posisi ke-2, negara dengan internet tercepat di dunia.

Termasuk jika dibandingkan dengan Korea Selatan, negara asal kisah Do Kyung-Hee di atas.

Fakta tersebut toh tak menyurutkan para selebriti, influencer, musisi, gamer, ataupun figur publik lainnya. Kreativitas adalah kunci. Mereka tetap melakukan live streaming dalam kondisi internet lelet dan terkadang putus nyambung. 

Mereka berusaha memenuhi keinginan netizen yang ingin berinteraksi secara real time dengan para streamer (orang yang melakukan live streaming) yang kontennya mereka sukai.

Di pihak lain, streamer diuntungkan karena bisa menyuguhkan tontonan real time yang lebih murah. Live streaming juga menyemangati untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas. Gak mudah lho bicara langsung di depan audience. Kerap terjadi kesalahan pengucapan dan bahasa tubuh.

   

maria-g-soemitro.com
sumber: IDN Live

IDN Live Menghadirkan Konten Live Streaming, Yuk Saksikan!

Sudah lama saya meninggalkan cara pengajian konvensional, yang berjalan satu arah. Di mimbar atau di tempat duduknya, ustaz menyampaikan tausiah, tanpa memberi kesempatan untuk bertanya.

Saya lebih menyukai pengajian yang memberi ruang untuk interaksi. Ustaz hanya membahas satu ayat  Al-Qur.'an selama berjam-jam. Tapi tak apa. Asalkan kami, para audiens paham akan kandungan ayat dan bertekad untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah hal tersebut menjadi tujuan diselenggarakannya pengajian?

Betapa menyenangkannya jika ada live streaming demikian, ya?

Seperti juga kisah penonton live streaming Do Kyung-Hee di atas. Penonton yang penasaran melihat sayuran yang diambil Do Kyung-Hee, dapat segera bertanya melalui kolom live chat: 

“Sayuran apakah itu?” “Bagaimana rasanya saat dicelup ke saus asam manis?’ dan seterusnya ….dan seterusnya. Interaksi demikian sulit didapat dari video blog terlebih short video. 

Menangkap kebutuhan tersebut, serta atas perkembangan dan potensi konten live streaming di tengah masyarakat, IDN Media, menghadirkan fitur live streaming bernama IDN Live. 

Para pengguna internet mungkin sudah tidak asing dengan beberapa konten live streaming seperti mabar (main bareng) game online atau live shopping di platform e-commerce. Untuk memenuhi kebutuhan netizen (masyarakat pengguna internet) IDN Live menghadirkan konten live streaming yang jauh lebih beragam.

Apa saja?

Pernah mengikuti live streaming cerita bareng artis, tutorial makeup, nyanyi bareng, uji nyali horor, komedi, baca kartu tarot, masak-masak, sharing seputar parenting, tanya jawab dengan psikolog, lelang barang, serta lainnya?

Nah, pengguna aplikasi IDN App dapat menikmati itu semua dengan membuka fitur IDN Live. Karena setiap harinya para streamer di IDN Live membuat konten live streaming dengan ciri khas topik atau keahlian masing-masing. 

Daaannn… kerap ada hadiah yang dibagikan untuk penonton IDN Live dalam acara live streaming, lho!

      

maria-g-soemitro.com
sumber: IDN Live

Virtual Gift, Cara Asyik Berinteraksi dengan Streamer IDN Live

Saat menyaksikan live streaming, gak hanya berinteraksi dengan streamer melalui fitur live chat, penonton IDN Live juga bisa memberi apreasi dengan memberikan Virtual Gift bagi streamer. 

Virtual Gift yang unik, makanan nusantara seperti rawon dan sate. Virtual Gift hewan seperti komodo dan cendrawasih, serta barang mewah seperti jet pribadi dan motor sport, serta masih banyak lagi.

Sangat menarik bukan?

Pemberi Virtual Gift selama live streaming berlangsung, bisa terlihat akunnya oleh sang streamer favorit. Yang pastinya akan merasa senang karena mendapat apresiasi sehingga akan menyapa balik dan mengucapkan terimakasih pada pemberi Virtual Gift.

   

maria-g-soemitro.com
sumber: IDN Live

Bagaimana cara mendapatkan Virtual Gift?

Ternyata didapat dengan mudah. Virtual Gift berasal dari sejumlah Gold yang didapat pengguna IDN App kala sign up atau mendaftar untuk pertama kali. Gak usah takut kehabisan Gold, sebab pengguna bisa top up atau membeli Gold menggunakan pembayaran yang disediakan oleh Google Play atau App Store. Ada banyak pilihan jumlah Gold yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan.

    

maria-g-soemitro.com
sumber: IDN Live

Ingin Bergabung dengan IDN Live? Ini Caranya!

Penasaran ingin menonton live streaming via IDN Live? Harus dong ini kan platform  buatan anak bangsa. Sehingga tau banget penonton Indonesia membutuhkan tontonan yang kreatif, sekaligus menggugah semangat kebangsaan.

Hal pertama yang harus dilakukann tentunya mengunduh dulu aplikasi IDN App melalui Google Play Store atau App Store. Setelah download dan sign up  di aplikasi IDN App, maka temukan menu IDN Live di Home untuk menyaksikan live streaming yang sedang berlangsung. Gratis!

Selain IDN Live, pengguna aplikasi IDN App akan menemukan berbagai bentuk konten lain dari media-media di bawah naungan IDN Media.

Lebih tertarik menjadi streamer?

Boleh dong. Siapapun bisa menjadi streamer di IDN Live. Karena kini IDN Live membuka kesempatan bagi mereka yang senang tampil di depan kamera, dan memiliki hobi atau keahlian yang bisa dibagikan pada orang lain.

Caranya mudah. Cukup mendaftar dengan mengisi data diri di formulir pendaftaran IDN Live New Streamer:  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSduMXMvDGwCz8VdQetdaKpYmNx2QwLRfXXnrvHv7vfO5U-NnA/viewform

Tentu saja ada proses kurasi dan seleksi. Jika memenuhi kriteria, tim IDN Live akan menghubungi calon streamer untuk menjelaskan proses selanjutnya.

Bagaimana? Tertarik menonton live streaming di IDN Live atau justru ingin mendaftar sebagai streamer. Keduanya menyenangkan. Dengan menjadi penonton, hari-hari akan menjadi cerah sebab pengetahuan bertambah. Sedangkan sebagai streamer di IDN Live, tidak hanya berprestasi dalam dunia content creator juga hidupmu akan bermanfaat bagi orang banyak.

Baca juga:

5 Manfaat Podcast Dalam Meningkatkan Public Speaking

5 Manfaat Home Lift Hemat Energi, Kamu Harus Tahu!


28 comments

  1. Seruu banget ya program2 IDN ini.
    Bener2 mengerti keinginan dan kebutuhan millenials dn gen Z.
    Mau banget ikutan IDN live ini

    ReplyDelete
  2. baru tahu IDN ada live streamnya jg sekarang, keren bangeeett!
    penasaran sih mau nonton2 dulu buat memantau perkembangannya terlebih dulu sebelum terjun juga

    ReplyDelete
  3. walaupun saya jarang nonton live stream, tapi tayangan yang disukai gen Z ini memang cenderung lebih menarik, soalnya lebih interaktif gitu ya. dan saya penasaran jadi pengen install aplikasi IDN deh jadinya. btw konsep virtual giftnya boleh juga tuh, buat seru2an ya hehe

    ReplyDelete
  4. Keren, pengen nih jadi streamer di IDN, barangkali bisa dapet virtual gift hehe

    ReplyDelete
  5. Jaman now memang jamannya streaming yaa.. kusalut sama mereka yang pede tampil depan kamera. Nah IDN Live ini kayaknya bagus banget buat para live streamer ya. Apalagi ada kurasi dari IDNnya. jadi sudah pasti live stremamernya di IDN Live kualitasnya oke punya deh.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu kalau di IDN ada virtual live nya dan bisa dapet gift, wah pengen coba nih kali aja dapat peruntungan

    ReplyDelete
  7. Wah keren ini, inovasi dari IDN media
    Jadi penasaran sama ODN Live ini
    Apalagi banyak hadiah pula

    ReplyDelete
  8. Salah satu asyiknya menonton via live adalah adanya interaksi dan apa yang terjadi real dialami di waktu yang sama dengan penontonnya. Senang sekali ada IDN Live yang bisa streaming acara bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. salah satu kelebihan live streaming adalah para penonton berkesempatan berinteraksi dengan vlogger, semoga IDN Live bisa menjadi wadah buat konten kreator live streaming

    ReplyDelete
  10. Wah, ini sebuah platform baru yang lengkap dan banyak banget manfaatnya. Yang aku suka, kesempatan interaksi itu. Jadi terasa lebih dekat satu sama lain. Belum lagi hadiahnya pun banyak ya bu. Keren!

    ReplyDelete
  11. Aha IDN Live tontonan menarik ambu.Live streaming jauh lebih menyenangkan.Kita bisa interaktif dengan hostnya.Beda kalau di youtube komunikasinya hanya searah ya.Penasaran nih acara apa saja di IDN Live.Setiap hari beda ya ambu?

    ReplyDelete
  12. Waah, aplikasi IDN ada fitur live streamingnya! Makin seru aja ya
    Sebagai streamer pasti seneng banget dapat virtual gift, merasa diapresiasi gitu
    Semoga streamer di IDN Live bisa terus memberikan konten yang bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah nih, menonton IDN live. Dunia streamer ini banyak peminatnya ya, sekarang. Pengen jadi vloger tapi masih maju mundur. Kayaknya perlu intip intip IDN live biar tahu tren saat ini seperti apa

    ReplyDelete
  14. Wah, baru tahu IDN ada live streaming nya. Kudet banget aku yak?!! Hehe
    Tapi emang sih mb, apa-apa lebih enakan yg bisa interkasi langsung. Berasa lagi berhadapan padahal terpisah jarak nan jauh gitu.. Berasa nyata.

    ReplyDelete
  15. Seru banget tampaknya IDN LIVE ini ya Mbak. Apalagi kita bisa mengikuti live streaming dengan berbagai sajian tema/topik yang menarik. Buat para steamer sendiri juga bisa mengasah kemampuan komunikasi dan kreativitas yang beragam. Kalau rutin melakukannya bisa meningkatkan publikasi dan personal image plus tentu saja skill mempresentasikan sesuatu dihadapan para penonton.

    ReplyDelete
  16. IDN Live ini berarti cocok buat orang yang pede tampil di layar secara langsung ya, emang seru sih liat yang interaktif secara langsung, contohnya tante Lala itu trending karena gayanya yg ceplas ceplos depan kamera

    ReplyDelete
  17. Banyak informasi menarik yang bisa didapat dengan menonton IDN Live ini ya ambu. Kapan-kapan pengen coba nonton.

    Brand laptop yang aku kenal pun sejak tahun lalu bikin program live gini juga dalam penyampaian informasi produknya, dikemas lewat Q&A gitu, dan penonton bisa ikut interaksi bahkan berkesempatan dapat hadiah dari kuis yang digelar selama acara live.

    ReplyDelete
  18. Saya pun lebih suka nonton live streaming, lebih alami, no edit-edit.
    Wah ada platform khusus ya untuk live streaming ini, IDN Live. Bakal makin banyak tontonan live nih

    ReplyDelete
  19. Gemes akutuh pengen koleksi giftnya IDN Live biar bisa kasih buat streamer favoritku nihhh yang yang lagi streaming

    ReplyDelete
  20. Kita bisa menyesuaikan kebutuhan apa yang ingin kita saksikan di IDN live ini ya. Jadi gak bakalan nyasar memilih tontonan yang sesuai dengan bakat minat dan trend kekinian

    ReplyDelete
  21. Programnya keren nih, Kak. Apalagi kita juga pyunya kesempatan bagung dalam live streamer. Jadi pengen ngepoin IDN lebih lagi

    ReplyDelete
  22. Wih enak nih kalau sesekali coba live streaming di IIDN entah daily life, biar hidup gak monoton ya.

    ReplyDelete
  23. Seru banget, aku penasaran deh. Sekarang video gitu gitu banyak diminati ya

    ReplyDelete
  24. Keren juga nih kita bisa daftar jadi streamer IDN LIve ya..jadi gak cuma bisa nonton livenya aja ya...bisa jadi streamernya juga.. Pengen coba deh daftar hehe ..

    ReplyDelete
  25. Wah, makin lengkap aja nih fitur IDN. Bisa live streaming segala ya sekarang. Bisa nih dimanfaatkan para netizen. Mana bisa dapat bonus pula. Dobel-dobel deh benefitnya.

    ReplyDelete
  26. Memang tontonan live lebih menarik ya, karena lebih interaktif. Saya suka tayangan live masak-memasak. Di aplikasi IDN ada juga ya?

    ReplyDelete
  27. Tertarik banget pingin jika ada kajian muslimah yang langsung berinteraksi dengan uztad/uztadzahnya. Atau ada live streaming juga cara mudah mengaji bagi orang tua.
    Semoga segera ada uztad/uztadzah yang ngisi, ya Ambu.

    ReplyDelete
  28. Keren nih fitur terbarunya IDN Live bisa mengakomodasi para konten kreator dalam melebarkan sayap mereka. Saya pribadi belum pernah sih nonton live streaming tapi pasti itu tantangan banget ya soalnya kan nggak bisa diedit gitu

    ReplyDelete