Ni Chang, Tentang Perempuan Cina Perkasa Lainnya

    
maria-g-soemitro.com


Drama Cina "Ni Chang", Tentang Perempuan Cina Perkasa Lainnya

Perempuan perkasa kerap menjadi topik Chinese drama

Sebutlah “Oh My General” yang berkisah tentang jendral perempuan, penakluk musuh kerajaan dan berhasil  memenggal kepala si musuh. Kemudian “Legend of Yun Xie” yang bercerita tentang perempuan pakar racun, “Dr Cutie” tentang dokter perempuan yang cemerlang dan masih banyak lagi. 

Itu baru drama berlatar kerajaan. Apabila ditambah dengan genre lainnya, pastinya akan menambah panjang daftar perempuan perkasa dalam drama Cina.

Sungguh menarik. Dibandingkan Korea Selatan yang juga kerap mengusung tema kerajaan, drama Korea kalah telak. Ada sih beberapa seperti Empress Ki, A  Jewel in the Palace, tapi jumlahnya gak sebanyak drama Cina.

Kerapnya drama Cina mengusung kisah perempuan perkasa, ditambah visualisasi yang kece abis, membuat saya jatuh cinta. Sehingga gak pake banyak pertimbangan sewaktu memutuskan menonton “Ni Chang”, drama yang bercerita tentang perempuan yang berjuang di industry tekstil.

Cina memang terkenal dengan dominasinya di tata niaga tekstil bukan? Baik sebagai produsen maupun pedagang. Bagaimana hasilnya ketika lika likunya diracik bareng industry herbal, kisah percintaan, kemudian disuguhkan dalam serial drama?

Menarik pastinya, yuk kita kupas.

Baca juga:

Oh! My Sweet Liar! Kisah Pelukis yang Jenaka

Oh My General, Kala Jendral Hamil Maju ke Medan Perang

 

maria-g-soemitro.com

Li Jia Qi sebagai  Xie Xiao Ni / Ni Chang

Xie Xiao Ni , anak bungsu keluarga Xie yang ceria dan cerdas. 

Sebagai anak pemilik usaha tekstil yang kaya raya, Xie Xiao Ni hidup senang. Kakak perempuannya, Xie Feng, selalu membela dan sangat menyayanginya

Termasuk ketika dia merasa bersalah telah memanah seorang pria. Walau kakaknya meyakinkan bahwa pria tersebut telah luka sebelum bertemu mereka, Xie Xiao Ni bersikeras membawa pulang sang pria untuk diobati.

Xie Xiao Ni juga bersikukuh mengobati hingga tuntas ketika tabib mendiagnosis sang pria mengalami amnesia dan bertingkah laku bak anak kecil.

Kemudian hari diketahui, sang pria adalah pangeran kerajaan bernama Ou Yang Ziyu. Dia jatuh dari tebing setelah keretanya disabotase dan mengalami kerusakan.

Pertemuan Xie Xiao Ni dan Ou Yang Ziyu menggurat kenangan manis bagi keduanya. Kenangan manis yang menumbuhkan benih-benih cinta.

  

maria-g-soemitro.com

Bi Wen Jun sebagai  Ou Yang Ziyu

Pangeran Ou Yang Ziyu, salah seorang putra kaisar. Dia sangat menjunjung tinggi kejujuran dan menghargai profesionalisme. Termasuk ketika mendapat perintah mengawasi tata niaga tekstil. 

Dari hasil penyelidikan, Pangeran Ou Yang Ziyu mengendus ketidak beresan yang dilakukan Yuan Dao Cheng , kepala biro usaha. Sayang dia tidak punya bukti.

Takut ketahuan, Yuan Dao Cheng dan anteknya melakukan berbagai cara agar  Pangeran Ou Yang Ziyu tidak berhasil mengungkap kecurangannya. Salah satunya dengan menyabotase kereta kuda Pangeran Ou Yang Ziyu.

Betapa kagetnya Yuan Dao Cheng saat mengetahui ternyata Pangeran Ou Yang Ziyu selamat, dan melanjutkan kiprahnya sebagai pengawas tata niaga tekstil.

  

maria-g-soemitro.com

Song Wen Zuo sebagai Su Wen Yu

Su Wen Yu , anak tunggal keluarga Su yang dijodohkan dengan Yan Wen Xiu, anak perempuan keluarga Yan. Namun dia tidak tertarik pada Wen Xiu, karena hatinya telah tertambat pada Xie Xiao Ni, anak keluarga Xie yang dianggap saingan usaha keluarga Su.

Sebagai satu-satunya pewaris keluarga, Su Wen Yu tidak tahu pamannya, yang mengendalikan bisnis menggantikan ayah Su Wen Yu yang sedang sakit, melakukan serangkaian kejahatan. Demi melanggengkan bisnis keluarga Su, sang paman tega mengirim pembunuh bayaran untuk membunuh keluarga tambatan hatinya, Xie Xiao Ni.

   

maria-g-soemitro.com

Sun Jia Lu sebagai Yan Wen Xiu

Yan Wen Xiu, gadis sombong, keji dan tak tahan melihat ada gadis lain yang mampu mengunggulinya. Di Pedepokan Jiangnan Yunjin,  Yan Wen Xiu berang pada Ni Chang yang tidak saja lebih pandai darinya, juga sangat disayangi guru mereka, Yuan Niang.

Kemarahan dan kecemburuan Yan Wen Xiu bertambah sewaktu mengetahui Su Wen Yu, pria yang dijodohkan dengannya, lebih memilih Ni Chang.

Berbagai cara dilakukan Yan Wen Xiu untuk menjatuhkan Ni Chang, walau harus melakukan cara kotor, termasuk menjadi gendak Yuan Dao Cheng, kepala biro usaha kerajaan.

   

maria-g-soemitro.com


Sinopsis Ni Chang Chinese Drama (2021)

Agar bisa menguasai niaga tekstil, keluarga Su tak segan bermain kotor. Mulai dari menyuap pejabat hingga membunuh saingannya, keluarga Xie.

Tidak demikian halnya dengan keluarga Xie, sebagai kepala keluarga, Xie Linfu bersama anak sulungnya, Xie Feng, sangat mengutamakan kejujuran dan profesionalisme dalam berkarya. Termasuk saat mengikuti pertandingan brokat antar produsen tekstil, karya mereka orisinil dan brilian. Alhasil keluarga Xie mampu menang dengan telak.

Kemenangan keluarga Xie tak disukai keluarga Su dan Yuan Dao Cheng, kepala biro usaha yang menjadi perpanjangan istana. Untuk mengamankan dominasi keluarga Su, tangan kanan Yuan Dao Cheng menyabotase kereta Pangeran Ou Yang Ziyu, utusan istana yang bertugas mengawasi tata niaga tekstil.

Sedangkan keluarga Su mendapat tugas membungkam keluarga Xie, mulai dari memfitnah keluarga Xie agar masuk bui, hingga mengirimkan ke pengasingan dan membunuh keluarga tersebut di tengah jalan.

Xie Xiao Ni, anak bungsu keluarga Xie selamat dari pembantaian. Penolongnya Yuan Niang, Kepala Pedepokan Jiangnan Yunjin, tempat mayoritas anak perempuan pemilik usaha tekstil menimba ilmu.

Dengan penuh perjuangan,  Xie Xiao Ni yang mengubah namanya menjadi Ni Chang, akhirnya mendapat bimbingan dari Yuan Niang. Perjuangan yang tidak mudah. Tidak saja mengalami diskriminasi, Ni Chang juga mendapat terror dari Yan Wen Xiu, anak perempuan keluarga Yan yang tidak bisa menerima keberadaan Ni Chang yang lebih menonjol darinya.

Klimaks kemarahan dan kecemburuan Yan Wen Xiu terjadi saat Pangeran Ou Yang Ziyu yang datang berkunjung untuk melakukan penelitian tentang kain, lebih memilih Ni Chang dibanding dirinya.

Bukan tanpa sebab. Pangeran Ou Yang Ziyu merasa mengenal Ni Chang. Tentu saja, Ni Chang pernah menyelamatkan sang pangeran dari kekejaman Yuan Dao Cheng, kepala biro usaha dan anteknya yang sangat membenci Pangeran Ou Yang Ziyu.

Ketika diselamatkan Pangeran Ou Yang Ziyu mengalami amnesia sehingga tidak mengenali Ni Chang.

Marah pada Ni Chang, pada saat pedepokan menyelenggarakan pesta,  Yan Wen Xiu nekad mencelakai gadis tersebut dengan menguncinya di dapur. Malang, tanpa sengaja Wen Xiu menyenggol lilin dan menyebabkan kebakaran. 

Seluruh padepokan terbakar, namun alih-alih menyelamatkan diri, Guru Yuan Niang malah bertahan untuk menyelamatkan Ni Chang. Akibatnya Ni Chang selamat, Guru Yuan Niang tewas.

Untuk menutupi rasa bersalah, Wen Xiu menyalahkan Ni Chang sebagai penyebab kebakaran.

Paska kebakaran, Ni Chang berangkat ke ibu kota bersama sahabatnya, Yuan Xiang dan anak Guru Yuan Niang, Cheng Tian.

Tekad Ni Chang bulat, dia ingin membangun kerajaan bisnis tekstilnya dan mengembalikan nama baik keluarga Xie. Walau tantangan menghadang. Salah satunya berasal dari Yan Wen Xiu yang ternyata dijodohkan dengan Su Wen Yu, pewaris satu-satunya keluarga Su.

Yan Wen Xiu tambah meradang sewaktu mengetahui Su Wen Yu enggan mengawininya. Hati Su Wen Yu telah tertambat pada Ni Chang.

Apakah Ni Chang berhasil membangun kerajaan bisnisnya?

Apakah Pangeran Ou Yang Ziyu dengan statusnya sebagai anak kaisar akan turun tangan membantu sang kekasih, Ni Chang?

   

maria-g-soemitro.com

Review Ni Chang Chinese Drama (2021)

Sering terhanyut, merasa kesal dengan tingkah laku sosok antagonis?

Jika ya, silakan menonton drama “Ni Chang”. Ada sosok Yan Wen Xiu yang nyebelin banget. Segala upaya jahat dilakukan Yan Wen Xiu. Mulai dari mengunci Ni Chang, memfitnah Ni Chang, sampai menyuruh orang merusak jemari Ni Chang agar tak bisa menyulam lagi.

Tingkah laku Yan Wen Xiu yang ngebet ingin dinikahi Su Wen Yu menjadi point tersendiri. Bagaimana trik dilakukan agar dia tetap bisa menikah tanpa kehadiran Su Wen Yu yang dengan tegas menolaknya.

Namun, dengan piawai penulis scenario membidik sisi lain Yan Wen Xiu. Sosok perempuan cantik yang selalu keji ini ternyata dihantui perasaan bersalah telah tak sengaja membakar padepokan dan menyebabkan kematian Guru Yuan Niang.

Yan Wen Xiu juga menangis pilu di hari pertama harus menyerahkan tubuhnya demi kekuasaan.

Manusia memang punya 2 sisi bukan?

Drama “Ni Chang” mengingatkan saya pada drama Korea “A  Jewel in the Palace” tentang anak perempuan bernama  Seo Jang-Geum yang meniti karir dari nol menjadi ahli memasak, kemudian menjadi tabib.

Demikian pula dengan Ni Chang yang merintis karir sebagai pakar tekstil dilanjut belajar herbal dan menjadi pakar herbal juga.

Sayangnya penulis drama “Ni Chang” kurang runtut merangkai kisah. Ada penggalan-penggalan yang tidak tersambung dengan mulus. Malah di beberapa episode terasa mengesalkan..

Untunglah sinematografi drama “Ni Chang” sangat memanjakan mata. Dipercantik kostum pemainnya yang melambai-lambai, indah banget. Ini memang menjadi perbedaan menyolok antara drama Korea dan drama Cina. Kostum dalam drama Korea memperkuat karakter aktor/aktrisnya menjadi nampak gagah dan cantik.

Namun secara keseluruhan drama “Ni Chang” cukup recommended kok. Lima puluh episode terasa pas. Kisah kasih Ni Chang dan pangerannya gak lebay. 

Serta pastinya adegan-adegan Bi Wen Jun sebagai  Ou Yang Ziyu yang mengalami amnesia dan berakting bak anak kecil.

Sungguh menghibur. Bertolak belakang dengan perannya sebagai  dokter Ai Jing Chu, dalam drama "Sweet Teeth" yang dingin bak es di kutub utara.

Oiya, saya menonton via YouTube. Silakan klik link ini jika ingin menonton.


Baca juga:

Sweet Teeth, Kisah Cinta si Gadis Gingsul

Dr. Cutie, Dokter Pria yang Cute Banget!


Profile Drama: Ni Chang

Native Title: 小女霓裳

Also Known As: Xiao Nu Ni Chang , Little Girl , Nichang

Director: Cha Chuen Yee, Ding Ying Zhou

Country: China

 Episodes: 40

 Aired: Apr 20, 2021 - May 13, 2021

 Original Network: Youku

 Duration: 45 min.

 Content Rating: 13+ - Teens 13 or older

Genres: Historical, Business, Romance


18 comments

  1. Bener Ambu, kalau kita lihat di VIU banyak banget drama dg katar kerajaan dr China. Dulu suka nonton karena suka baju ama hair style-nya cerita belakangan tapi semenjak kenal drakor jd jarang nonton. Beberapa Dracin nonton tapi yg emang kisah cinta popular 🤭🤭

    Dua teman blogger yg suka review dracin kerajaan itu Ambu sama Mbak Susi

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget kak review nya. Penebar ratjoen nih kak Maria. Hehehe... Jadi pingin nonton deh filmnya

    ReplyDelete
  3. Wah,50 episode ya..Tapi kalau dari review Ambu bakal enggak bosenin nontonnya.Karena akting dan adegan kerennya juga kostum cantik bertaburaan di sepanjang cerita...
    Saya suka genre seperti drama china Ni Chang ini. Penasaran kalau dibilang serupa dengan Jewel in The Palace..saya ngikuti dulu kisah Jang-Geum itu

    ReplyDelete
  4. Dramanya kira-kira ada unsur politiknya ndak mbak? klo lihat dari review kok kayaknya menarik ya ...

    ReplyDelete
  5. The Long Ballad juga menceritakan perempuan Cina perkasa mba. Kerennnnn seriesnya.

    Waaaah, saya suka genre kayak gini. Korsel kalah telak soal drama kolosal dari Cina. Ni Chang pasti masuk list nonton saya. Apalagi line ceritanya unik, industri tekstil.

    ReplyDelete
  6. Aku liat trailernya tampaknya ini bergenre komedi ringan yang menginspirasi iya dimana utk menjadi seauatu perlu kerja keras yang bahkan dimulai dari nol

    ReplyDelete
  7. Dari baca tulisan mb Maria, berasa lagi nonton filmnya. Jadi ada bayangan visual gitu.. Ini ada adegan kelahi antara Ni Chang sama Wen Xiu ga mb?

    ReplyDelete
  8. Sepertinya saya harus nonton nih kalau settingnya perniagaan, lebih-lebih lagi perniagaan tekstil. Bisa diambil pelajarannya, karena saya juga menggeluti bidang ini.

    ReplyDelete
  9. Inilah Ambu kalau kita sudah nonton drakor,hanyut didalamnya.Menontonnya sering dibuat gemes,sedih,happy perasaan kita menyatu.Tahun depan aku siapin deh waktu untuk nonton tanpa diganggu anggota keluarga,he...he...he

    ReplyDelete
  10. Politik dari bisnis sampai drama percintaan sangat menawan untuk dibuat dalam kisah sebuah film. Sangat dramatis jika penekanannya sudah ada rencana jahat. Thanks atas referensi film yang bagus

    ReplyDelete
  11. Drama China Ni Chang sebanyak 50 episode ini enak ditonton sepertinya ya. Melihat kostum para pemainnya yang ciamik, melambai2 ksyak kerajaan gitu hehehe. Yang demen dunia bahan alias tekstil, direkomendasikan nih ya mbak nonton dracin ini hehehe :D Wanita perkasa yang super.

    ReplyDelete
  12. Wah, keren banget nih film. Ini film kesukaan ane yang paling hebat.

    ReplyDelete
  13. Lumayan panjang episode nya ya mbakm nonton tidak nonton tidak?

    Alurnya menarik, nggak yang lembek gitu

    ReplyDelete
  14. Aku jarang nonton dracin. tapi ceritanya banyak yg menarik. lihat tulisan ini aku pun tertarik untuk menontonnya. genrenya ringan dan ada komedinya juga, ini yg bikin seru.

    ReplyDelete
  15. Bu Maria, saya akhirnya sering membaca review tulisan drama terbaru dalam bingkai tulisan

    ReplyDelete
  16. Btw saya belum pernah nih nonton drama China. Sekarang saya lagi ketagihan nonton drama Korea hehe.

    ReplyDelete
  17. drama ini juga buat kita nambah wawasan tentang industri tekstil china klasik ya mbak.. makasih reviewnya mbak

    ReplyDelete
  18. Wow 50 episode bikin saya ternganga. Sama lah dengan banyaknya drakor Jewel in the palace ya. Jujur belum pernah nonton drama China. Tapi penasaran juga nih dengan drama ini, aktor cantik tampan dan kostum yang indah. Terus endingnya gimana nih? Jadi sukses kah jadi pebisnis textile? Penasaran euy

    ReplyDelete