Bete? Jangan! Yuk, Siap-siap Ngakak bareng Srimulat!

   

maria-g-soemitro.com

Stres akibat pandemik tak kunjung usai?

Jangan! Daripada stress dan bersedih, yuk kita ngakak bareng “Hil yang Mustahal”.

Bingung? Baru dengar tentang “Hil yang Mustahal?” Ini adalah ucapan trade marknya Asmuni, salah satu anggota grup lawak legendaris “Srimulat”!

Berjaya dan kerap wara wiri di layar kaca pada periode 1980 – 1990, bisa dipahami jika kaum milenial yang lahir sesudahnya tidak/kurang mengenal Srimulat.

Baca juga:

IDN Pictures, Gebrakan Optimis di Tengah Badai Pandemi Covid 19

Film 99 Nama Cinta, Saat PresenterAcara Ghibah Jatuh Cinta

Daftar Isi:

  • Siap-siap Tertawa Ngakak bareng Srimulat: Hil yang Mustahal!
  • Mengenang Srimulat, Grup Lawak Legendaris
  • Srimulat: Hil Yang Mustahal, Film yang Sangat Ditunggu

Tak ada yang lebih ampuh untuk mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh selain tertawa. Tertawa mampu melindungi dari efek stress yang merusak. Tertawa juga mampu memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit,

Karena itu untuk memulihkan semangat melangkah maju. Serta untuk mengembalikan nilai-nilai ke-Indonesia-an, bekerja bareng MNC Pictures, IDN Pictures menghadirkan film yang berjudul “Srimulat: Hil Yang Mustahal”.

Dalam press conference, Fajar Nugros, Head of IDN Pictures & Sutradara Film Srimulat menjekaskan:

“Srimulat mewariskan tawa pada Indonesia, tawa ini akan kami hidupkan kembali menjadi sebuah film bergenre komedi, yang akan mengingatkan lagi pada bangsa besar ini, tentang mengapa kita dulu bersatu menjadi Indonesia tanpa meninggalkan jati diri kita yang terdiri dari berbagai suku bangsa di negeri ini. Ini saatnya Indonesia kembali tertawa!”

    

maria-g-soemitro.com

Mengenang Srimulat, Grup Lawak Legendaris

Didirikan pada 1950 oleh R. A. Srimulat dan suaminya Kho Tjien Tiong alias Teguh Slamet Rahardjo, Srimulat  berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah keindahan (Sri) dan memandang/menyaksikan (mulat).

Semula bernama Gema Malam Srimulat., kelompok kesenian ini awalnya menampilkan lawak dan menyanyi, terutama langgam Jawa dan keroncong. Namanya berubah menjadi Aneka Ria Srimulat setelah memasukkan unsur dagelan Mataram (sumber: samleinard.com tentang “Srimulat dari Pentas Keliling ke Televisi”).

Mereka melakukan pentas keliling kota seperti  Jember, Malang, Blitar, Madiun, Semarang, Pati, Kudus, Pekalongan. Bahkan hingga beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan, sebelum akhirnya menetap di Surabaya.

Transformasi Srimulat menghasilkan komedi tradisional-moderen tak terbendung setelah beberapa seniman ludruk Kadir Mubarak dan Nurbuat) bergabung, kemudian seniman ketoprak (Bendot dan Timbul) dan terakhir seniman modern (penyanyi dangdut A. Rafiq dan Budi SR yang gemar membawakan lagu barat) bergabung.

Mulai menghibur penonton televisi pada tahun 1981, membuat kelompok kesenian Srimulat semakin popular. Gak heran gaya lawakan Srimulat menjadi pakem bagi grup lawak baru di Indonesia

Sempat membubarkan diri pada 1989, dengan difasilitasi Agum Gumelar, anggota Srimulat bersatu lagi dan mencapai masa keemasan kedua (1996-2003) dengan tampil di Indosiar. 

Penonton setia Srimulat pastinya masih ingat celetukan Gepeng “Untung ada saya”. Rupanya selain materi yang lucu, para pemain Srimulat diharuskan mempunyai ciri khas tertentu, baik penampilan, gaya bicara, dan kalimat-kalimat yang dilontarkan.

Kalimat 'hil yang mustahal' dan "tunjep poin" (maksudnya to the point) menjadi ciri khas Asmuni. Mamiek Prakoso terkenal dengan kalimat 'makbedunduk', dan 'mak jegagik' (sekonyong-konyong, tiba-tiba). Sedangkan Timbul membuat penonton tertawa ketika mengucapkan “akan tetapi”.

Penonton setia Srimulat pastinya hafal dengan gaya Tarzan yang selalu berpenampilan rapi bak militer. Sedangkan sosok Tessy pastinya sulit dilupakan, berpenampilan “melambai” Tessy selalu menggunakan cincin akik besar di hampir seluruh jari tangannya.

  

maria-g-soemitro.com

Srimulat: Hil Yang Mustahal, Film yang Sangat Ditunggu

"Kembali ke bioskop", menjadi kampanye Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tidak hanya untuk menggerakkan perekonomian Indonesia, juga dunia seni.

MNC Pictures dan IDN Pictures menjawabnya dengan menghasilkan karya film: “Srimulat: Hil Yang Mustahal” yang tayang pada 6 Desember 2021. Alasannya tentu saja sangat jelas. Kelompok kesenian yang menjadi mega bintang pada era 80-an dan 90-an ini mempunyai puluhan juta penggemar yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Srimulat juga menunjukkan kebrilliannya setelah kelompok kesenian yang memulai karier di daerah, mampu menyampaikan guyonan dalam Bahasa Indonesia setelah tampil di panggung nasional.

Adalah Cuk FK, seorang penulis naskah film komedi ternama di Indonesia yang mempunyai ide menggarap film berjudul Srimulat: Hil Yang Mustahal. Ide yang disambut antusias oleh Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures. Keduanya mengajak Fajar Nugros, Head of IDN Head of IDN Pictures untuk menyutradarai film tersebut.

.Seperti apa buah karya mereka?

Pastinya bikin penasaran ya? Bukan saja disebabkan kepiawaian Fajar Nugros yang telah menyutradarai sejumlah film, juga pemilihan actor/aktris pemeran bintang Srimulat, yaitu:

  • Bio One sebagai Gepeng, 
  • Elang El-Gibran sebagai Basuki, 
  • Dimas Anggara sebagai Timbul, 
  • Ibnu Jamil sebagai Tarzan, 
  • Rifnu Wikana sebagai Asmuni, 
  • Erick Estrada sebagai Tessy, 
  • Zulfa Maharani sebagai Nunung, 
  • Morgan Oey sebagai Paul, 
  • Rukman Rosadi sebagai Teguh, 
  • Erica Carl sebagai Jujuk, 
  • Indah Permatasari sebagai Royani, 
  • Naimma Aljufri sebagai Ana, 
  • Rano Karno sebagai Babeh Makmur. 

Nama Morgan Oey bikin saya terbeliak. Mantan personil grup volal SM*ASH yang ganteng bak actor KDrama ini apa bisa melucu?

Pastinya ya?

Morgan Oey, Ibnu Jamil serta nama artis senior lainnya, dipilih dengan seksama demi keberhasilan film. Karena film ini tidak sekadar diproduksi untuk mendulang penonton, tapi juga untuk membawa semangat nasionalisme.

Karya yang memberi dampak positif, serta menginspirasi Millennials & Gen Z serta masyarakat pada umumnya di negara kita tercinta, merupakan tekad MNC Pictures dan IDN Pictures. Sesuai apa yang dikatakan Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures:

 “Srimulat adalah kelompok legendaris yang sudah menjadi panutan dan sumber inspirasi buat semua pelawak lintas generasi, bahkan komedi generasi masa kini. Millennial & Gen Z tahu tipe guyonannya, namun tidak tahu secara pasti siapa itu Srimulat. Film ini juga ingin mengenalkan kembali profil para pemain Srimulat melalui film Srimulat: Hil Yang Mustahal.” 

Sedang Winston Utomo, CEO IDN Media pada kesempatan yang sama menjelaskan: 

“Kami berharap agar wajah-wajah baru di film Srimulat: Hil Yang Mustahal ini dapat kembali menghidupkan karakter-karakter Srimulat yang legendaris, sekaligus menginspirasi dan menghibur masyarakat Indonesia, khususnya Millennial dan Gen Z di seluruh penjuru Indonesia. Sudah waktunya bagi Indonesia untuk tertawa kembali dengan film bergenre komedi yang dihadirkan oleh MNC Pictures dan IDN Pictures ini.” 

Susanti Dewi, Head of IDN Pictures & Produser Film Srimulat memperkuat penjelasan Titan Hermawan dan Winston Utomo sebagai berikut : “

Saya melihat bahwa aktor dan aktris yang terlibat di produksi film ini begitu antusias dengan apa yang mereka lakukan. Mereka riset, beberapa juga kirim video screen test secara online karena belum 

Jadi perlu apa lagI? 

Yuk kembali ke bioskop untuk menyaksikan penampilan Bio One sebagai Gepeng, serta actor/aktris yang memerankan sosok Srimulat lainnya

Apakah masih lucu? Atau lebih lucu?

Baca juga:

5Cara Menghadapi Sosok “Bu Tejo”,  PribadiToksik yang Bikin Gak Nyaman

Sang Pencerah, Film Perjuangan Yang Wajib Kamu Tonton


maria-g-soemitro.com
Tim MNC Pictures dan IDN Pictures. Kiri-Kanan: Filriady Kusmara (Direktur MNC Pictures), Fajar Nugros (Sutradara Srimulat The Movie & Head of IDN Pictures), William Utomo (COO IDN Media), Winston Utomo (CEO IDN Media), Susanti Dewi (Produser Srimulat The Movie & Head of IDN Pictures), Eko Saputro (Anak dari Pendiri Srimulat, Teguh Slamet Rahardjo), Titan Hermawan (Direktur Utama MNC Pictures), Emilka Chaidir (Head of Movie MNC Pictures). 



37 comments

  1. Pas banget keadaan Moodt lagi nggak bagus dan Baca artikel ini. Ulala 🎉

    ReplyDelete
  2. Selama ini Srimulat udah menghibur dari masa ke masa, trus sekarang mau diperankan sama yang muda2, bakal lebih seru kali ya ambu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep aku lebih suka yang meranin yang tua-tua lahiran era 70/80-an hehe, karena feelnya lebih dapet. Karena mimik wajahnya banyak yang menghibur/humoris seperti misalnya tempo dulu seperti Tessy, Basuki, dll.

      Delete
  3. jd inget zaman dulu, lawak di studio, pura2 rumah. pemainnya masuk ganti2an. jd pengen nonton srimulat asli lagi, otw youtube ah!

    ReplyDelete
  4. Jadi inget mamakku klo udah muncul grup ini di tv langsung wanti2. "jangan diganti siaran lain"
    Dan beliau ketawa sampe nangis kalo udh nonton Srimulat....

    ReplyDelete
  5. Ya ampun srimulat. Saya dulu suka banget nonton srimulat. Selalu ketawa melihat lucunya para pelawak zaman dulu seperti almarhum basuki, almarhum mamik, tarzan, tessy, dan lain-lain. Wah, kalau mncp mau membuat filmnya mantap banget. Kok, jadi kangen sama seragam yang dipakai teman-teman mncp, hehehe

    ReplyDelete
  6. Bagus sepertinya dengan kembalinya Srimulat ini. Semoga bisa menghibur kita2 ya.... Dan semoga penampilan mereka gak kalah sama versi lawasnya

    ReplyDelete
  7. Srimulat ini emang hits banget pada jamannya saya pernah sekali-sekali nonton jaman kecil kayaknya, sekarang diangkat ke layar lebar, jadi penasaran bakal bikin ngakak kaya dulu nggak ya, hahahah

    ReplyDelete
  8. Wow Srimulat reborn nih, dari kecil aku suka menemani ibuku nonton Srimulat. Padahal kala itu kalau tak salah tayangnya lumayan malam. Penasaran sama akting Morgan Oey dan Dimas Anggara di Srimulat ini, biasanya keduanya berperan sebagai pria yang cool, sekarang diuji berakting lawakan

    ReplyDelete
  9. Wow Srimulat reborn nih, dari kecil aku suka menemani ibuku nonton Srimulat. Padahal kala itu kalau tak salah tayangnya lumayan malam. Penasaran sama akting Morgan Oey dan Dimas Anggara di Srimulat ini, biasanya keduanya berperan sebagai pria yang cool, sekarang diuji berakting lawakan

    ReplyDelete
  10. bicara masalah hiburan, srimulat dari jaman klasik sampai modern memang selalu membuat orang lain bahagia

    ReplyDelete
  11. Wah setelah tertidur grup lawak Srimulat bangkit lagi dalam bentuk lain dengan esensi sama yaitu bikin orang tertawa bahagia auto penasaran sama filmnya nih😁

    ReplyDelete
  12. Informatif banget mbak. Aku aja yang orang jawa mana tahu kalo SRI itu berarti keindahan. Dan MULAT berarti menyaksikan. Benerna memghibur loh acara ini

    ReplyDelete
  13. Informatif banget mbak. Aku aja yang orang jawa mana tahu kalo SRI itu berarti keindahan. Dan MULAT berarti menyaksikan. Benerna memghibur loh acara ini

    ReplyDelete
  14. Srimulaaat...
    Pelawak legendaris..
    Dulu suka ikutan nonton kalau bapak nonton..hehe
    Lucu..kocak..
    Moga yg baru ini juga seperti itu, bisa jadi penghilang stres..

    ReplyDelete
  15. Belum mengetahui Srimulat?klo pernah di era Srimulat hampir sebagian besar akan mengenal pemain Srkmulat dan alami pentasnya

    ReplyDelete
  16. Wah mendiang mamaku belum lahir, dan Srimulat sudah launching. Semoga kembalinya Srimulat yang lebih fresh ini dapat menjadi hiburan menyegarkan di tengah pandemi

    ReplyDelete
  17. legendaris banget kalo nonton srimulat pasti ketawa deh, dulu belum banyak komedian kayak sekarang, srimulat palng konyol sih hehehe

    ReplyDelete
  18. Liat pemerannya penasaran banget gimana aksi lawaknya. Menambah hiburan baru sambil mengenang lawak zaman dulu

    ReplyDelete
  19. wah aku sudah g sabar buat bisa nonton film ini
    kisah lawak Srimulat yg legendaris akan dibawakan secara lebih segar ya Ambu

    ReplyDelete
  20. srimulat memang legendaris yaa ambu di industri komedia tanah air kita, wajar dibuatkan filmnya untuk mengenang karya dan dedikasi mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget Teh,
      Dengan begitu generasi jaman now juga bisa mengenal Srimulat masa sebelumnya

      Delete
  21. Bakalan seru kayaknya, nih. Srimulat tapi generasi zaman now ya Mbak.
    Makasih infonya ya Mbak, mantap!

    ReplyDelete
  22. Jadi penasaran sama film Srimulat ini secara pemainnya anak muda semua hehe. Dan salut sama Bio One yang memerankan Timbul, totalitas mpe sengaja nurunin berat badan 9 kg katanya ya?

    ReplyDelete
  23. Wah film Srimulat telah bertransformasi menjadi Srimulat Hil garapan MNC Pictures dan IDN Pictures dengan pemain yang sangat berkarakter. Semoga bisa ikut lihat film yang kusukai.

    ReplyDelete
  24. aku gak sabar dong pengen nonton filmnya. aku paling suka nunung. penasaran juga dengan akting aktor nya yang memerankan tokoh srimulat. pasti keren nih

    ReplyDelete
  25. Dulu pas kecil ya tontonan lawaknya Srimulat ini. Penasaran apakah akan sama grengnya Jika diperankan aktor lain

    ReplyDelete
  26. legend banget ini, aku masih ingat sering diajak mama nonton ini. Jadi penasaran untuk versi terbarunya ini. Gak sabar menunggu...

    ReplyDelete
  27. Kolaborasi apik ya ambu. Srimulat grup lawak legendaris yg jargon2nya masih melekat nih, salah satunya judul di film ini Hil yg Mustahal by Asmuni. Jadi nggak sabar pengen ngakak lagi liat aksi mereka

    ReplyDelete
  28. Cukup menunggu film kolaborasi IDN Pictures dan MNC Pictures ini. Ada juga aktor Bio One yang diet ekstrim demi kurus sampai dituding netizen pakai narkoba padahal untuk kebutuhan peran.

    ReplyDelete
  29. Waaah srimulat. Semoga lebih lucu dari aslinya yaaa.

    ReplyDelete
  30. Jadi penasaran sama filmnya, udah ngebayangin bakalan ada yang membuat kita terpingkal2. Cocok banget kanyak film semacam ini, setelah kita lama dibuat suasana tegang akibat pandemi, saatnya mendapatkan hiburan yang membuat kita tertawa lepas. Semoga sukses filmnya

    ReplyDelete
  31. Ssbagai genearasi milenial yg sempat mengincipi dagelan srimulat harpaanku adalah wajau baru bisa memerankan tokoh asli dengan apik juga

    Sebab para pemain srimulat itu khas nua sangat ketara

    ReplyDelete
  32. Srimulat ini tontonan legenda buat saya mah. Ingat aja waktu mau lihat siaran tv ini harus ikut nonton ke rumah tetangga.
    Makin penasaran kan nih jadinya dengan Srimulat versi kekinian

    ReplyDelete
  33. kalau nonton srimulat pasti ga berhenti ketawa ya mba. aku pun dulu suka nonton Srimulat

    ReplyDelete
  34. Excited banget nih kalau srimulat diremake. Komedi zaman masih kecil, meski kadang nggak ngerti yang diomongin karena usia SD waktu nontonnya tapi liat mimik muka pemainnya itu udah komedi sekali hehehe

    ReplyDelete
  35. Mengobati rindu dagelan ala srimulat nih bakalan, guyon receh yg dinantikan dulu setiap malam minggu

    ReplyDelete