The Devil Judge, Mahalnya Harga Keadilan!

     
  
drama Korea


The Devil Judge, Mahalnya Harga Keadilan


Najwa Shihab marah! 

Melalui channel YouTube-nya, Narasi TV, Najwa meradang pada vonis Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Pejabat yang terlibat pemufakan jahat membebaskan Djoko Tjandra ini mendapat diskon hukuman dari 10 tahun menjadi 4 tahun saja. Seperti diketahui Jaksa Pinangki terbukti menerima suap senilai 7 miliar.  

Jaksa Pinangki  yang bermain-main dengan uang rakyat, hanya dihukum 4 tahun?

Semenetara rakyat, seperti kasus Nenek Minah (65 tahun) yang didakwa mencuri 3 buah kakao seharga Rp 30.000 dihukum 1 bulan 15 hari. Kakek Samirin (69 tahun) dituduh sisa getah pohon karet seharga Rp 17.000 mendapat hukuman 2 bulan 4 hari. 

Jomplangnya putusan pengadilan membuat publik geram! Pemilik kekuasaan dan pemilik harta bisa “membeli” keadilan. Mereka merekayasa sistem agar hanya kaum papa yang terjerat hukuman. 

Berbeda dengan publik yang tak berkutik saat melihat/merasakan ketidak adilan, para seniman menyalurkannya dalam karya. Salah satunya melalui drama seperti yang dilakukan sineas Korea. 

Melalui drama Korea “Taxi Driver”, sineas Korea berkisah tentang korban yang bisa mengadu dan memperoleh keadilan setimpal.  Tentu saja balas dendam heroik yang diperankan Lee Je Hoon ini ilegal. 

Cara legal namun tetap heroik ditampilkan drama Korea “The Devil Judge”. Hakim Kang Yo Han yang diperankan aktor Ji Sung memberi hukuman setimpal, melalui pengadilan yang sah. Pelaku kejahatan lingkungan dan pembuat onar di masyarakat yang biasanya sulit disentuh hukum, dibuat tak berkutik.

Caranya pun kekinian. Publik yang menonton bisa ikut memberi suara/vote pada aplikasi DIKE. Akumulasi vote akan menentukan apakah terdakwa bersalah atau tidak. 

Jika ya, maka Hakim Kang Yo Han akan memberi vonis hukuman. Kontroversial sih jenis hukumannya, seperti hukuman cambuk, dipenjara ratusan tahun (sesuai jumlah korban) dan seterusnya. 

Hukuman yang napol abis. Namanya juga drama. 😀😀

Baca juga:
Taxi Driver, Saat Keadilan Tidak Berpihak 

Diary of Prosecutor, Karena Jaksa Juga Manusia

    
Ji Sung


Ji Sung sebagai Kang Yo Han

Rakyat adalah kekuatan
Merupakan tagline Hakim Kang Yo Han yang terkenal kontroversial.  

Terlahir sebagai anak yang tak diinginkan, Kang Yo Han terbiasa disiksa ayahnya., seorang rentenir yang kaya raya. Tinggal di rumah mewah, Kang Yo Han kecil harus menerima ditempatkan pada kamar sempit yang tak layak. 

Beruntung kakak tirinya sangat baik. Dia selalu membela Kang Yo Han dari amuk sang ayah. Sayang kebahagiaan bersama kakak yang mencintai dan dicintai Kang Yo Han, terenggut akibat  kebakaran di sebuah gereja tua. 

Di gereja tersebut kakak Kang Yo Han dan istri serta anaknya sedang mengikuti upacara kebaktian sekaligus penyerahan donasi pada Yayasan Social Responsibility. Kakak Kang Yo Han dan istrinya tewas, meninggalkan anak mereka. Kang Elijah, yang harus hidup sebagai anak yatim piatu. 

Banyak kabar burung seputar Kang Yo Han, bahwa dia pernah membuat gadis pengurus rumah tangga menjatuhkan diri dari lantai atas. Serta Kang Yo Han lah pembunuh kakak tirinya.

  

drama Korea


Jin Young sebagai Kim Ga On

Kim Ga On, anak yatim piatu, anak korban kejahatan yang tumbuh dewasa bersama Yoon Soo-Hyun, gadis yang dicintai dan mencintainya. 

Dia berhasil menjadi hakim berkat bantuan Hakim Min Jung-Ho yang dianggap Kim Ga On maupun Yoon Soo Hyun, sebagai ayah. 

Wajah Kim Ga On yang mirip kakak tiri Hakim Kang Yo Han, rupanya menarik Jung Sun A dari Yayasan Social Responsibility. Sehingga melalui Hakim Min Jung-Ho, pemuda ini diangkat menjadi hakim pembantu Kang Yo Han. 

Ternyata Hakim Min Jung-Ho adalah tangan kanan Yayasan Social Responsibility, dia menugaskan Kim Ga On untuk memata-matai aktivitas Hakim Kang Yo Han.

 

drama korea


Kim Min Jung sebagai Jung Sun A   

Mantan pembantu rumah tangga yang terobsesi pada Hakim Kang Yo Han. 

Sekeluar dari rumah mewah keluarga Hakim Kang Yo Han, dia tidak hanya berhasil merintis karir hingga bisa menjadi sekretaris handal Yayasan Social Responsibility juga menguasai sang ketua. 

Bak dicocok hidung,  Seo Jung-Hak, Ketua Yayasan Social Responsibility menuruti apa yang diperintahkan Jung Sun A. Ketika sang ketua melawan, Jung Sun A memutuskan untuk membunuhnya.

 

drama Korea


Park Gyu-Young sebagai  Yoon Soo-Hyun

Bertugas di kepolisian, Letnan Yoon Soo-Hyun merupakan teman kecil Hakim Kim Ga On yang selalu mendampingi, mendukung dan membantunya, termasuk ketika Kim Ga On mendapat tugas membongkar rahasia terdalam Hakim Kang Yo Han.

    

drama Korea


Sinopsis  (Korean Drama) The Devil Judge

Apakah orang marah karena bodoh dan mudah dihasut?
Itu dimulai dari tempat lain
Itu dimulai dari orang jahat
Orang jahat yang membuat orang baik meneteskan airmata
Hakim Kang Yo Han melaju dengan mobil mewahnya menuju lokasi prestisius. Tempat Yayasan Social Responcibility mengumpulkan dana amal sekaligus launching pengadilan terbuka. 

Pengadilan terbuka memungkinkan publik tidak hanya bisa menonton pengadilan yang berlangsung transparan, juga dapat memberi suara melalui aplikasi DIKE. Apabila mayoritas vote menyatakan terdakwa bersalah, maka Hakim Kang Yo Han akan memberi vonis yang setimpal. 

Dengan cara ini diharapkan, setiap keputusan Hakim Kang Yo Han merupakan keputusan yang adil. Sesuai yang digembar gemborkan President Heo Joong-Se dalam setiap orasinya. 

President Heo Joong-Se dan komplotannya: Menteri Kehakiman Cha Kyung-Hee, Presdir Saram Media serta Presdir Minbo Grup sebetulnya berkoalisi di bawah bendera Yayasan Social Responsibility. 

Melalui yayasan, dana terkumpul dari segala penjuru. Dilaporkan untuk membiayai tuna wisma, kaum papa serta kaum yang harus dibantu lainnya. Padahal kenyataannya uang tersebut digunakan untuk menyokong presiden boneka, serta membiayai kejahatan demi melanggengkan kekuasaan. 

Hakim Kang Yo Han berhasil masuk dalam kelompok elite Yayasan Social Responsibility karena kakak tirinya menyumbang dana besar menjelang kematiannya. Sehingga dia diizinkan menyelenggarakan pengadilan terbuka. 

Komplotan tersebut tidak mengetahui Hakim Kang Yo Han merancang pengadilan terbuka untuk mengadili para elite di seputar Yayasan Social Responsibility. 

Hakim Kang Yo Han marah dan dendam, saat kebakaran yang menewaskan kakak tiri dan istrinya, kelompok Yayasan Social Responsibility saling menyelamatkan diri, tak hirau ada Kang Elijah, keponakan Hakim Kang Yo Han yang terinjak-injak. 

Dia juga ingin mengembalikan keadilan yang tak lagi berpihak pada rakyat.

Sepak terjang Hakim Kang Yo Han mendapat sandungan dari pembantunya sendiri, Hakim Pembantu Kim Ga On yang mendapat tugas memata-matai aktivitas Kang Yo Han.  

Hakim Kim Ga On juga mendapat bisikan bahwa Hakim Kang Yo Han lah yang telah membunuh kakak tirinya. Untuk membongkar rahasia yang begitu lama tersimpan rapat, Kim Ga On mendapat bantuan dari Letnan Yoon Soo-Hyun, sahabatnya sejak kecil.

   

drama Korea



Review (Korean Drama) The Devil Judge

Tokoh antagonis dalam drama Korea “The Devil Judge”, bikin eneg.

Seperti saat menonton drama Korea “My Fellow Citizens”,  Kim Min Jung yang berperan sebagai sebagai Jung Sun A    dalam drama Korea “The Devil Judge” sukses membuat saya muak.  

Cara bicaranya jahat, pelan dan nyebelin!   

Akting yang keren! 

Drama Korea “The Devil Judge” juga mengingatkan saya pada drama “Suits” , remake serial drama televisi US berjudul sama, yang diperankan aktor senior Jang Dong-Gun dan yuniornya, Park Hyung-Sik. 

Sama-sama glamour dan gak sesuai ekspektasi. Banyak bolong! Gak heran menurut laporan AGB Nielson, rating drama Korea “The Devil Judge” hanya berkisar 5-7 % secara nasional dan wilayah Kota Seoul. 

Bandingkan dengan drama Korea “The Innocent Defendant” yang juga diperankan Ji Sung. Berperan sebagai Jaksa Park Jung-Woo dan tandem  dengan Uhm Ki-Joon (itu lho pemeran antagonis, Joo Dan-Tae dalam Penthouse 1,2 dan 3), drama ini berhasil meraih rating 30,3 % di episode akhir untuk wilayah Kota Seoul, dan 29,7 % secara nasional. 

Namun, saya setuju dengan pendapat Mbak Nurul Rahma:

Ji Sung nih mirip wine berkualitas.
Makin tua makin yoi.

Di usianya yang ke-44 tahun, suami aktris Lee Bo-Young (pemeran drama Korea “Mother”) ini memang menunjukkan kualitas aktingnya yang mumpuni. Dia berhasil mengimbangi aktor muda, Jin Young pemeran Kim Ga On. 

Secara keseluruhan, drama ini gak greget.  Mungkin karena kejar setoran ya? 

Beruntung, seperti biasa dan seperti drama Korea lainnya, sinematografinya keren. Berhasil menghadirkan suasana gelap berwibawa sebuah pengadilan. 

Baca juga:
My Fellow Citizens, Suamiku Seorang Penipu 

Penthouse, Kisah Halu yang Penuh Teriak Amarah


Profile (sumber)
Drama: The Devil Judge (English & literal title)
Revised romanization: Akmapansa
Hangul: 악마판사
Director: Choi Jung-Kyu
Writer: Moon Yoo-Seok
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: July 3 - August 22, 2021
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea

 

26 comments

  1. Masih segar di review secara apik oleh ambu, sepertinya saya masih harus belajar menelaah setiap isi tulisan karena terkadang esensi ceritanya baru mengenal jika terulang bacanya

    ReplyDelete
  2. Sosok misterius yang "membalaskan dendam" atas ketidakadilan yang diterima rakyat kecil yang dikalahkan di mata hukum, mengingatkan pada sosok petrus dulu di negara kita. Emang sih cara begini salah, ilegal. Tapi mau bagaimana lagi kalau lembaga peradilan legal tak mampu menegakkan keadilan?

    ReplyDelete
  3. aku suka nih genrenya, jadi belajar intrik dan sedikit-sedikit belajar soal hukum juga jadinya ya, dan memang kadang hukum dimanapun ya kdg suka tumpul sama yang punya uang dan kekuasaan

    ReplyDelete
  4. Mbak kayaknya lagi suka bang Ji Sung nih ya😆. Ini drakor yang kemarin sempat viral, suka lihat potongan clip di instagram dan paling tertarik sama karakter Jung Sun A yang unik!

    ReplyDelete
  5. Salah satu drama korea yang lagi pengen ditonton tapi belum ketemu moodnya. Apalagi pas kemarin rame dibicarain, jadi bikin makin penasaran...

    ReplyDelete
  6. Ini genrenya thriller ya Ambu?
    Menarik buat disimak, sepertinya gak kental sama romance nya ya, sehingga buat yang seperti daku kurang suka dengan romance, drakor ini bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  7. Ha haaaa iya nih drama yang B aja menurutku kalo disandingkan sama drama sekelas Ally McBeal atau Judge and Prejudice, secara gitu keduanya di bidang hukum

    gemes sama jaksa Pinangki?
    Kita tunggu pengadilan akherat ajalah

    ReplyDelete
  8. Dimana2 hukum kok sama aja ya?
    jangan2 drama ini terinspirasi dari hukum disana juga apa yaa...

    ReplyDelete
  9. Hahaha Kim Min Jung emang bikin muak ya ambu. Pengen tak remek-remek kayak peyek diinjek kaki haha. Berarti dia sukses dengan aktingnya. Andaikan Kang Yo-han itu ada di dunia nyata, bawa ke Indonesia banyak kerjaan buat dia haha. Kolab sama Vincenzo buat nuntut, dan Do-gi (taxi driver) buat nyeret, nanti tinggal dikasih hukuman ama Yo-han dengan sistem vote. Mantap haha.

    ReplyDelete
  10. Story tellingnya bagus nih kak, bisa membuka wawasan kita tentang proses keadilan dalam sajian film The Devil Judge. Emang benar jadi Judge itu gak mudah, pastinya ada sisi-sisi lain di baliknya. Kita hanya bisa mengambil hikmah dari film yang kita tonton pastinya. Makasih atas ulasannya.

    ReplyDelete
  11. ini katanya salah satu drama Korea tema hukum yang paling dinantikan banyak penggemar ya Ambu. Keren banget hakimnya ngubah pengadilan jadi kayak reality show dan hukumin orang jahat tanpa ampun dah. Dan semua orang bisa nonton dan ngasih vote pakai aplikasi. Mantap, jadi hakimnya pun harus bijak, tapi tetep tegas.

    ReplyDelete
  12. Baca ini menarik banget Ambu, tapi yang paling unik yang di bagian publik yg menonton bisa ikut memberi suara/vote pada aplikasi DIKE. Dan akumulasi akan menentukan apakah terdakwa bersalah atau tidak. Kalau kayak gini di dunia nyata pengadilan kita misalnya.. mungkin akan bisa adil yah, dgn catatan pulak publik gak disuap untuk vote nya hehehe

    ReplyDelete
  13. Salah satu KDrama favorit saya nih Mbak. Dan baru kali ini saya lihat actingnya Ji-sung yang berkualitas itu. Sudahlah keren alur ceritanya, para pelakonnya pun jempolan semua. Perpaduan yang menyempurnakan berkelasnya KDrama ini.

    Tapi ada satu pelakon yang kurang pas di hati hahahaha. Jin-young (Ga-on) menurut pendapat saya pribadi sih over-acting. Geli saya ngeliat dia merayu hakim Yo-han. Terlihat garang tapi menggelikan. Karakternya dikiaskan sebagai wanita kuat tapi malah bunuh diri di akhir cerita. Sungguh suatu kenyataan yang berlawanan. Saya malah lebih suka actingnya di KDrama Mr. Sunshine. Disitu dia lebih terlihat natural dengan penokohan yang lebih kuat.

    ReplyDelete
  14. Maraton drama Jisung terus nih ambu. Fans berat kah? Suami istri sama-sama kece ya. Saya masih sebatas ngintipin aja nih posternya di halaman depan aplikasi. Belum dieksekusi. Ada mirip-miripnya sama Lawless Lawyer kah?

    ReplyDelete
  15. Seru saya baca reviewnya sampai ikut tegang sendiri. Apalagi jika ikut menonton. Benar-benar keadilan itu sulit ditegakkan meskipun dalam skala pengadilan, banyak mafianya. Salut utk review yang komprehensif.

    ReplyDelete
  16. Pelik ya sebenarnya alur dan plot yang ingin dimuncilkan sama The Judge Devil ini. Tapi mungkin (bisa jadi) karena kejar tayang makanya berasa bolong.

    Hmm, kalau saja ada ya pengadilan terbuka begini. Tapi ya gitu, kadang apa yang dilihat bersih belum tentu bersih.

    ReplyDelete
  17. Keren banget ambu, andai di kehidupan nyata Ada benar-benar begitu. Hukum jadi sangat berpibak pada Kita ya pastinya. Cuss lah auto jadi tontonan wwjib weekend ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga mbak, semoga ya dapat terwujud. Karena keadilan memang yg diharapkan.

      Daku sempet galfok, lihat wajahnya yang pada kinclong ya

      Delete
  18. Saya ini nggak nonton dramanya, dan nggak ngerti juga tentang beberapa hal:
    1) Apakah faktor ketirian almarhum kakaknya itu penting bagi drama ini? Kenapa nggak disebut "kakaknya yang meninggal" saja? Apakah ada bedanya jika yang meninggal itu saudara kandungnya?

    2) Saya menangkap bahwa inti film ini adalah konflik antara Yo Han vs (Ga On + Soo Hyun). Seberapa besar peran Sun A terhadap konflik tersebut?

    ReplyDelete
  19. selalu suka dengan film yang membawa tema keadilan macamini aku udlu pernah nonton drakor yang juga mengkisahkan seorang pengacara danhakim sayang lupa judulnya. sangat edukasi sih menurtku ya jadi kayak bisa mengerti dunia mereka. meskipad akenaytaannya keadilan taks indah di drama

    ReplyDelete
  20. Aku suka banget nonton drakor yang seperti ini, semua drakor yang kaka sebutkan diatas sudah aku tonton semua, Taxi driver, my fellow citizen, dll, menurutku itulah keberanian drama korea dalam mengkritik pemerintahannya tanpa ada rasa takut.

    Karena seperti yang terjadi pada drama taxi drive ada satu adegan terkait perusahaan IT yang meraup penghasilan dari mengupload video porno, ternyata itu merupakan kasus yang pernah terjadi secara nyata di Korea.

    Aku suka nonton drama korea karena mereka mampu mengemas drama yang tak hanya menghibur namun juga mengasah nalar kita, memberi kita pengetahuan baru. Wahhh pokoknya aku suka banget nonton drakor. Wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Aku suka banget nonton drakor yang seperti ini, semua drakor yang kaka sebutkan diatas sudah aku tonton semua, Taxi driver, my fellow citizen, dll, menurutku itulah keberanian drama korea dalam mengkritik pemerintahannya tanpa ada rasa takut.

    Karena seperti yang terjadi pada drama taxi drive ada satu adegan terkait perusahaan IT yang meraup penghasilan dari mengupload video porno, ternyata itu merupakan kasus yang pernah terjadi secara nyata di Korea.

    Aku suka nonton drama korea karena mereka mampu mengemas drama yang tak hanya menghibur namun juga mengasah nalar kita, memberi kita pengetahuan baru. Wahhh pokoknya aku suka banget nonton drakor. Wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Yah kurang greget ya dramanya? Padahal udah awal pengen nonton. Tokohnya mainnya bagus bagus. Tapi oke deh sinamotografinya bagus

    ReplyDelete
  23. Ini salah satu drakor yang seru di tahun ini, walaupun saya kurang setuju beberapa solusi yang diperlihatkan oleh drama ini, tapi tetap seru buat ditonton 😁

    ReplyDelete
  24. Aku ngga ngikutin drakor sama sekali Bu here jadi fokus ke ceritanya saja. Sedih baca cerita di atas tentang kasus suap 7 milyar dan kasus pencurian 17-30k rupiah :(

    ReplyDelete
  25. Ini serial yang mau aku tonton, Teh. Aku udah lihat-lihat trailer dan reviewnya juga. Makin pengin setelah baca tulisan Teh Maria :)

    ReplyDelete