5 Manfaat Home Lift Hemat Energi, Kamu Harus Tahu!

   
freepik.com

5 Manfaat Home Lift Hemat Energi, Kamu Harus tahu!

“Saya batal kuliah,bu,”

Begitu jawaban Yati, penyandang difabel yang juga mantan Ketua Bandung Independent Living Center (BILIC),  saat kami ngobrol ngalor ngidul dan saling berbagi kisah tentang pendidikan yang berhasil dienyam.

Sebetulnya kondisi keuangan keluarga Yati cukup lumayan, setinggi apa pun pendidikan yang ingin ditempuh Yati, orangtuanya sanggup membiayai.

Sayang, fasilitas perguruan tinggi yang dituju Yati, sangat tidak menunjang. Hanya ada tangga standar menuju lantai atas. Tak mungkin Yati minta digendong ke atas atau bahkan ngesot ke lantai setiap menuju ruang kuliah.

Kondisi tubuh Yati memang berbeda dengan orang kebanyakan. Bagian tubuh bagian bawah, tempat seharusnya 2 pasang kaki untuk berjalan, hanya ada 2 daging kecil dan lemah.

Baca juga:

7 Panduan Memilih Hunian yang Nyaman Bersama Freja Suites BSD City

Belajar dan Bermain dengan Hoala & Koala

Daftar Isi:

  • Pupusnya Cita Cita Akibat Fasilitas Tak Mumpuni
  • 5 Alasan Penting Pemasangan Home Lift
  • Home Lift Hemat Listrik untuk Kini dan Masa depan

 Ngenes ya? 

Betapa termarjinalkannya saudara kita yang kebetulan mengalami disabilitas. Padahal menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2018, terdapat 4,2 persen penduduk Indonesia yang menyandang disabilitas atau 30,38 juta jiwa. 

Mereka membutuhkan fasilitas yang berbeda dengan non disabilitas.

Tidak hanya disabilitas sejak lahir, banyak anggota masyarakat yang kesulitan menggunakan fasilitas tangga standar karena satu dan lain hal, salah satunya menimpa dr Esther Herlina Situmeang SpA, yang hadir dalam webinar tentang “Home Lift Hemat Listrik” pada Hari Listrik Nasional, 27 Oktober 2021.

Dalam kesempatan yang istimewa ini hadir Ena Ratiyo, Business Expert, Akademisi, CEO & Founder Paw.id dan Joni Tse, Chief Operating Officer PT. Pardi Solusi Abadi sebagai narasumber.

Saya sebut istimewa, karena banyak hal terjawab melalui webinar. Seperti diketahui, krisis energi membayangi dunia, cadangan energi fosil menipis. Harus ada terobosan agar pada saat itu tiba, dan elektrifikasi mencapai 100 %, fasilitas yang yang kini digunakan untuk aktivitas harian, tetap dapat digunakan.

   

maria-g-soemitro.com
sumber: freepik.com

5 Alasan Penting Pemasangan Home Lift

Home Lift Meningkatkan Keamanan

Sudah sekitar 10 tahun lutut saya sakit. Saya menduga penyebabnya overdosis workout dengan home gym. Akibatnya saya kesulitan berlutut saat salat, hanya bisa melempar badan ke samping setelah sujud.

Bisa dibayangkan riweuhnya jika harus naik tangga bukan?

Hal yang sama terjadi pada dr Esther Herlina yang menderita kanker sehingga tulang belakang bermasalah dan kesulitan melakukan mobilitas.

Kesulitan menuju lokasi gereja di lantai atas, membuat dr Esther berinisiatif menyumbang home lift untuk rumah ibadah agar dapat beribadah dengan nyaman dan aman.

Imbasnya, banyak jemaah lain terbantu, mereka adalah penyandang disabiltas serta kelompok dengan mobilitas terbatas lainnya.

Jangan lupa, usia muda tak berlaku selamanya. Setiap orang juga berisiko sakit dan kecelakaan. Home lift sangat membantu mobilitas lansia, penderita cedera kaki seperti saya dan dokter dr Esther, serta kelompok lainnya.

Lift juga membantu agar anggota keluarga, khususnya anak-anak, tidak tersandung rel tangga atau bahkan terjatuh dari tangga standar. Bagi orang-orang yang memiliki masalah mobilitas, lift dapat membantu untuk menikmati bergerak di sekitar rumah mereka dengan mudah, dan pada gilirannya mereka memperoleh kebebasan yang sangat dibutuhkan.

Home Lift akan Menghemat Ruang

Dibanding tangga standar, home lift hanya memakan sedikit ruang, karena poros yang menampung lift hanya membutuhkan sedikit ruang. Bahkan home lift dapat dipasang di dinding luar, dengan menyediakan pintu masuk dalam ruangan di setiap tingkat

Home Lift Meningkatkan Nilai Properti

Seiring waktu nilai property pasti meningkat. Adanya home lift akan meningkatkan nilai jual rumah. Calon pembeli akan tertarik pada rumah dengan home lift dibanding yang tanpa home lift.

Home Lift Menyederhanakan Hidup

Dari waktu ke waktu harga tanah semakin mahal, untuk menyikapinya rumah dibangun vertical. Tempat jemuran di lantai teratas, sedangkan mesin cuci di lantai bawah. Bisa dibayangkan gempornya kaki harus turun naik berpuluh kali untuk menyelesaikan tugas rumah tangga.

Home lift membantu meminimalkan gerakan menaiki tangga yang berulang setiap hari. Home lift juga membantu memindahkan benda berat dan besar

Bagi orang-orang yang memiliki masalah mobilitas, home lift membantu mereka menikmati keleluasaan bergerak di sekitar rumah. Dampak positifnya mereka merasa happy bisa melakukan banyak hal secara mandiri.

Home Lift Sebagai Pernyataan Gaya

Punya rumah impian tapi terkendala luas tanah?

Mereka yang memimpikan rumah kayu bisa banget memasang home lift yang ramping namun hangat mengundang. Bergaya sederhana dengan cat warna pilihan dan kabin yang memiliki panel kayu solid yang elegan.

Atau ingin rumah bertampilan  kontemporer yang ramping? Home lift ramping dengan rangka alumunium bisa jadi pilihan. Sesuaikan dengan sentuhan akhir pada dinding, lantai dan langit-langit hingga desain pegangan tangan dan pencahayaan. 

  

maria-g-soemitro.com
sumber; pardisolusi.com

Home Lift Hemat Listrik untuk Kini dan Masa depan

Seiring berkembangnya teknologi, perubahan adalah keniscayaan.

Tak bisa lagi mengandalkan tangga standar ketika kebutuhan hidup berpacu waktu. 

Dulu, hanya orang kaya yang memiliki televisi. Kini, televisi sebagai alat hiburan, dengan mudah ditemukan di petak-petak rumah illegal di bawah kolong jembatan. 

Demikian pula home lift yang justru dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Teknologinya semakin cangkih dan harganya semakin terjangkau. 

Dalam webinar tentang “Home Lift Hemat Listrik” narasumber Ena Ratiyo, Business Expert, Akademisi, CEO & Founder Paw.id dan Joni Tse, Chief Operating Officer PT. Pardi Solusi Abadi memperkenalkan home lift hemat energi dengan keunggulan sebagai berikut:

    

maria-g-soemitro.com
sumber: pardisolusi.com

Hanya 150 -300 watt

Pastinya kaget ya? Masa sih kebutuhan listrik home lift lebih kecil dibanding dispenser, setrika, bahkan AC?

Menipisnya cadangan energi fosil membuat para pakar mencari terobosan agar manusia tetap bisa melakukan mobilitas, baik berupa produk hemat energi maupun penggunaan energi baru terbarukan.

Mobil listrik dan home lift hemat energi merupakan bagian dari terobosan tersebut. Jadi walau berkecukupan, kita wajib menghemat energi.

Untuk itu PT Pardi Solusi Abadi menyediakan 2 jenis home lift hemat listrik, yaitu ARE Miniwatt dengan besaran energy hanya 150 watt, dan ARE Mangusta dengan besaran energy hanya 300 watt saja. 

Hebat ya?

   

maria-g-soemitro.com
sumber: pardisolusi.com

Mati Listrik? So What Gitu Lho!

Anti blackout system, ARE Miniwatt dan ARE Mangusta menggunakan baterai, sehingga ketika terjadi pemadaman listrik, home lift masih dapat digunakan selama sekitar 30 kali berjalan atau bervariasi tergantung pada daya baterai.

Fully Customized

Berbeda dengan tangga standar yang membutuhkan area luas, ARE Miniwatt dan ARE Mangusta sangat ramping, bergaya dan dapat disesuaikan dengan ruangan.sehingga tidak ada ruang yang terbuang.

Juga sebagai pernyataan gaya karena tersedia berbagai pilihan warna ARE Miniwatt dan ARE Mangusta yang bisa disesuaikan dengan interior bangunan.

Keunggulan Lainnya

Pengoperasian ARE Miniwatt dan ARE Mangusta sangat nyaman, tidak berisik, dilengkapi dengan pembatas kecepatan yang bisa menghindari gerakan yang tidak terkendali pada kabin.

 ARE Miniwatt dan ARE Mangusta juga sangat aman,  biaya perawatan terjangkau, ramah lingkungan serta bersih karena tidak menggunakan minyak jenis apapun.

Dengan begitu banyak kelebihan, berapa harga home lift hemat listrik? Ternyata sangat terjangkau, berkisar IDR 300-400 juta, tergantung jumlah lantai. 

Sangat worth it sebab home lift berkapasitas 400 kg ini hemat litrik. Gak berlebihan Ena Ratiyo, Business Expert, Akademisi, CEO & Founder Paw.id memberi penjelasan terkait home lift hemat energi:

“Efisiensi biaya bisnis tidak bisa dilihat dari sisi pengeluaran biaya saja, tetapi juga manfaat dan nilai tambah yang akan didapatkan oleh konsumen. Nilai tambah yang diberikan bisa menjadi diferensiasi dengan produk pesaing, membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan customer value, sehingga pada akhirnya dapat menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.”

Lebih lanjut Ena Ratiyo menyatakan bahwa Home Lift Hemat Listrik merupakan salah satu solusi tepat dalam efisiensi biaya bagi yang membutuhkan untuk keperluan bisnis maupun pribadi, karena hemat biaya listrik dan perawatan, serta bisa memberikan nilai tambah yang optimal bagi pengguna.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Kementerian ESDM pernah memiliki divisi khusus untuk meneliti kondisi serta produk hemat energi.

Divisi ini dibubarkan, mungkin penyebabnya Kementerian ESDM percaya bahwa  krisis energi akan mendorong perusahaan meneliti dan memproduksi produk hemat energi.

Tertarik produk yang memudahkan mobilitas ini?

Silakan langsung menuju PT Pardi Solusi Abadi atau cek Instagramnya:@pardisolusi


Baca juga:

Baim Wong Menghina Kakek Suhud, Netizen Meledak!

Landmark Residence Bandung, Hunian Impian 3 Generasi!

#HomeLiftHematListrik

#PardiSolusiAbadi 

#HomeLiftIndonesia


27 comments

  1. Aku kaget saat tahu watt-nya ..seriusan 150-300 watt?..wah
    Ini pasti membantu bagi siapa saja, home lift dengan hemat energi dengan harga yang terjangkau. Karena akses ke berbagai tempat sering terkendala bagi kaum disabilitas termasuk lansia, ibu hamil kalau harus melewati tangga

    ReplyDelete
  2. Home lift dari Pardi ini hemat energi juga ya, bisa menyimpan energi lagi, semoga kedepan akan semakin banyak alat hemat energi seperti home lift dari Pardi ini

    ReplyDelete
  3. Home lift dari Pardi ini hemat energi juga ya, bisa menyimpan energi lagi, semoga kedepan akan semakin banyak alat hemat energi seperti home lift dari Pardi ini

    ReplyDelete
  4. Duh Ambu, aku aja yang tijalikeuh bulan September, belum bisa duduk diantara dua sujud dengen benar huhu apalagi teman-teman istimewa kita ya masya Allah semoga dengan adanya home lift ini bisa membantu teman-teman kita lainnya aamiin

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget nih Ambu, khususnya yang difabel ya.
    Sedih sih, meski sebenarnya pemerintah mulai lebih memperhatikan beberapa fasilitas umum agar ramah difabel, tapi untuk beberapa tempat memang belum bisa memfasilitasi para difabel untuk bisa lebih bebas.

    Salah satunya memang butuh banget yang namanya home lift ya, apalagi kalau home liftnya hemat listrik

    ReplyDelete
  6. Sedih juga ya AMbu jika ada mahasiswa berbakat namun kesulitan dalam mengakses tempat perkuliahan yang membuat seseorang gagal kuliah. Andai semua kampus memiliki home lift tentu penyadang disabilitas tidak kesulita,

    ReplyDelete
  7. Kalau ada yang bisa menghemat listrik dan fungsinya sangat bermanfaat, maka lebih digunakan ya Ambu?

    Apalagi bisa digunakan di rumah juga.

    Karena yang bisa hemat biaya dan hemat energi, itu yang harus diutamakan

    ReplyDelete
  8. Berasa pengen banget ya Ambu punya lift di rumah, walau nilai investnya emang cukup bikin meringgis dompet hehe..

    ReplyDelete
  9. Saya tertarik terhadap tulisan disabilitas juga memiliki hak sama bidang apa pun termasuk bekerja dan perhatian terhadap disabilita

    ReplyDelete
  10. betul sekali, di Indonesia memang masih kurang sekali fasilitas umum yang ramah difabel, bagusnya sih pemerintah memakai Home Lift ini yaa untuk di public places gitu ya ambu

    ReplyDelete
  11. Lift dengan konsumsi listrik cuma 300 watt? Bahkan lebih kecil dibanding perangkat penggoreng tanpa minyak itu, ini terobosan yang sangat bagus. Jadi ke depan, rumah dengan lift itu akan jadi hal yang lumrah ya.

    Pernah baca ada artis yang dirumahnya di lengkapi lift, dan sempat jadi bahasan rame juga di media.

    ReplyDelete
  12. Bagus dan bermanfaat untuk dipasang di berbagai fasilitas umum ya Mbak. Apalagi ini kan tidak membebani dari segi pembiayaan listriknya. Bentuknya juga dinamis. Bener-bener bisa memberikan manfaat untuk saudara-saudara disabilitas yang harus bergerak dan menjalankan aktivitas.

    ReplyDelete
  13. sekarang rumah menggunakan lift sudah lumrah ya ... dulu sih ... masih awan yang rumah nya ada lift hanya artis yang berduit, semoga dengan adanya fasitas lift ini disabilitas lebih mudah untuk menggunakan akses ini

    ReplyDelete
  14. Keren banget home lift watt-nya dikisaran 150-300 waat. Lebih gede watt komputer yang dipakai anak di rumah. Semoga dengan adanya home lift ini di tempat-tempat umum, seperti sekolah, kuliah, kantor2 yg berlantai lebih dari satu, akan membantu teman2 seperti mba Yati dalam menjalani aktivitas di ruang publik.

    ReplyDelete
  15. Saya aja kaget lho wattnya home lift bisa sekecil itu. Lebih kecil dari wattnya kulkas, bahkan airfryer yang saya pengen banget tapi wattnya besar. Huhuuhu. Salut ih sama terobosannya, menciptakan produk teknologi, namun tetap memperhatikan masalah hemat energi.

    ReplyDelete
  16. Duh, baca coretan ambu kali ini jadi ingat kampus saya, IPB. Itu gak kebayang kalo saya kuliah di lantai 4 aja, gak ada lift, udah ngos-ngosan. Padahal saya gak difabel. Apalagi desain kampusnya serba segitiga, kayak labirin gitu.

    Impian banget ini sekiranya ada homelift yang bisa dipasang di mana-mana, hemat energi pula. Jadi ingat kalo lihat film Barat, itu homeliftnya unik, cuma muat untuk satu orang, dan praktis. Kayak di gambar ini.

    ReplyDelete
  17. Seringkali rumah dengan 2 lantai banyak dihindari karena mobilitas keluarga lebih banyak dilakukan di lantai bawah saja.
    Dengan adanya terobosan Home lift hemat energi ini, membuat lantai atas bisa kembali berfungsi sebagai ruang keluarga untuk semua usia.
    Jadi tertarik dengan Home lift ini. Sudah ada di semua kota kah Ambu?

    ReplyDelete
  18. Semoga di Indonesia menjadi ramah dengan difabel ya, tapi ini memang keren ya homeliftnya, membantu kalau ada orang gua juga

    ReplyDelete
  19. Serius nie wattnya segitu?? Aku bolak balik baca ulang Kak. Rupanya emang lebih kecil dibanding setrika dan dispenser dirumah yang diatas 300an yak.

    Boleh juga dijadikan solusi ini home lift ya.

    ReplyDelete
  20. wah kaget banget liat wattnya sangat kecil, sangat menguntungkan kalo gini udah hemat energi plus membantu sekali

    ReplyDelete
  21. Penting banget nih orang-orang yg membutuhkan tau seberapa besar kegunaan home lift di rumah dan seberapa hemat listriknya

    ReplyDelete
  22. wah klo puny home lift ini enak ya g perlu capek naik turun tangga
    baru tahu ternyata home lift bisa hemat listrik

    ReplyDelete
  23. Keren ya kalo rumah pake home lift membantu ibu bapak kita yang sudah tua agar lebih leluass beraktivitas secara mandiri bila rumah tinggalnya memilki 2 lantai atau lebih

    ReplyDelete
  24. Ngenes banget ya ambu,
    di Indonesia memang untuk diffable agak diskriminasi!

    Pernah waktu itu temen temen yang di AUstralia, suami istri yang keduanya menggunakan kursi roda, aman dan nyaman di sana, mereka kuliah dan berkegiatan dengan nyaman dan safety
    malah katanya pernah bepergian untuk long trip!

    semoga aja dengan adanya home lift ini bisa membantu para diffable

    ReplyDelete
  25. Home Lift keren ya meski mati listrik tetap bisa digunakan dengan cadangan baterainya. Aku jadi ingat pernah terjebak sendiri di lift dan mati lampu 🤣 saat itu pengap dan keringatan. Mana sinhal jelek pula susah nelpon. Akhirnya setelah berhasil diselamatkan petugas

    ReplyDelete
  26. Wah keren sekali homelift ini apalagi harga yang tidak fantastis yaaa. Solutif banget deh untuk yang mulai sering sakit kaki atau mudah lelah

    ReplyDelete
  27. Canggih.. Ini sih ngebantu banget buat hemat energi dan memudahkan juga bagi penyandang disabilitas.

    Apalagi keunggulannya yang top banget. Harganya juga cocoklah ya, karena manfaat yang dikasih juga nggak main-main. Top deh Pardi.

    ReplyDelete