My Roommate is Gumiho, dan Nasionalisme Bangsa Korea yang Terusik

      
korean drama


My Roommate is Gumiho, dan Nasionalisme Bangsa Korea yang Terusik


Kimchi, siapapun tahu merupakan makanan tradisional Korea. 

Bagaimana jika Tiongkok mengklaim bahwa kimchi adalah makanan tradisionalnya, bahkan berhasil memenangkan sertifikasi internasional ISO? 

Huhuhu marah pastinya ya? 

Seperti waktu Malaysia mengklaim batik sebagai miliknya. Beruntung Indonesia bisa mendapat pengakuan bahwa batik Indonesia adalah “karya agung budaya lisan dan tak benda warisan manusia” dari UNESCO. 

Gak heran, sewaktu masyarakat Korea melihat drama“Joseon Exorcist menampilkan kostum dan ornamen Tiongkok, mereka memboikot produk perusahaan yang mensponsori. 

Akibatnya, perusahaan sponsor mengundurkan diri. Saham SBS, stasiun yang menayangkan drama ini, terjun bebas. 

Untuk menghindari kerugian berkepanjangan, SBS memutuskan penghentian penayangan drama Korea “Joseon Exorcist di episode ke-2, walau perusahaan YG telah menyelesaikan 80 persen proses produksi. 

Kontroversi berlanjut ke drama lain yang menampilkan iklan Tiongkok, seperti drama "Vincenzo" dan "True Beauty", termasuk drama ."My Roommate Is A Gumiho.  Drama yang berkisah tentang mahluk gaib ini ,  mendapat investasi besar dari IQYI, perusahaan pemilik platform streaming online Tiongkok. 

Gimana akhirnya? 

Tetap tayang, setelah iklan Tiongkok diedit abis-abisan, demi menenangkan pikiran penonton.
Hebat ya?  

Setelah penolakan terhadap aktor /aktris bermasalah yang berakibat matinya karir mereka. Nasionalisme masyarakat Korea ternyata sangat tinggi. Gak peduli  banyak perusahaan dari Tiongkok menggelontorkan investasi. Kalo berani ngusilin milik mereka mah, sikattt … 😀😀 

Sebetulnya Tiongkok enggak sembarang klaim lho. Selain industri kimchi emang dilakukan di Tiongkok, negara tirai bambu ini punya “pao cai’, asinan sayuran yang di Indonesia di sebut “sawi asin”. Bedanya Korea membubuhkan banyak cabe dalam komposisi sayuran fermentasinya. 

Maklum satu rumpun. Mahluk astral yang mereka yakini keberadaannya juga sama, yaitu siluman rubah. Bangsa Korea menyebutnya “Gumiho”, di Tiongkok dikenal dengan nama “Huli Jing”. Sedangkan di Jepang disebut dengan “Kitsune”. Tiga bangsa ini menurut sumber, berasal dari etnis China Han. 

Kebetulan saya sudah menonton beberapa drama Cina yang berkisah tentang siluman rubah, salah satunya “ Ten Miles of Peach Blossoms” yang sukses bikin saya susah move on.😀😀😀  Sedangkan drama Korea, selain “Tale of the Nine Tailed” yang tak kunjung rampung saya nonton, (gak tau kenapa boring banget, padahal diperankan Lee Dong Wook dan Kim Beom lho), juga “My Roommate Is A Gumiho”, yang terancam gagal tayang. 

My Roommate Is A Gumiho, berhasil membuat saya duduk manis (sambil bikin cookies dan handy craft 😀😀😀). Bukan disebabkan Jang Ki Yong, alasan utama saya menonton drama ini, tapi malah tandemnya Lee Hye Ri yang bagus banget aktingnya. 

Seperti apa?  

Yuk kita kupas drama Korea yang dibuat berdasar webcomic "Gan Ddeoreojineun Donggeo” by Na (published from August 2, 2017 to November 11, 2020 via Naver). (sumber

Baca juga:
Search: WWW, Tentang 3 Perempuan Perkasa 

My Mister, (Lagi) Gara Gara Istri Selingkuh

  
Jang Ki Yong


Jang Ki-Yong sebagai Profesor Shin Woo Yeo

Hiduplah dengan kebajikan selama 100 tahun, maka ekormu akan tumbuh
Jika kau mengembangkan diri dan hidup 200 tahun, ekormu akan bertambah menjadi 2 ekor
Jika kau mulai paham dan hidup 300 tahun, ekormu akan tumbuh menjadi 3 ekor
Lalu kau akan menghasilkan kelereng merah
Jika kau berhasil mewarnai kelerengmu menjadi biru dengan energi manusia
Sebelum 1.000 tahun berakhir, sebelum ekormu lebih dari 9, engkau akan menjadi manusia
Shin Woo Yeo, siluman rubah berekor 9 yang telah berusia 999 tahun, hampir mencapai 1.000 tahun atau saat dia bisa berubah dengan bantuan energi  manusia yang diisapnya, atau sebaliknya raib. 

Dia bersahabat dengan Yang Hye-Sun, siluman rubah yang telah lebih dulu berubah menjadi manusia. Walaupun Hye Sun berusaha membantu transformasi Shin Woo Yeo menjadi manusia, tapi ternyata prosesnya tak mudah.

 

Lee Hyeri


Lee Hyeri sebagai Lee Dam    

Lee Dam, mahasiswa Universitas Seogwa jurusan sejarah karena menyukai sejarah. Bukan pribadi yang menonjol, slengean, dan sahabat yang setia dari Do Jae-Jin  dan Choi Soo-Kyeong.
Mandiri dan berjauhan dengan ibunya, Lee Dam tinggal bersama adik laki-lakinya, hingga suatu pertemuan dengan siluman rubah memporak porandakan hidupnya.

Bae In-Hyuk


Bae In Hyuk sebagai Gye Sun-Woo

Ganteng, kaya raya dan casanova penakluk hati perempuan, Gye Sun-Woo mahasiswa senior jurusan sejarah Universitas Seogwa,yang bertekuk lutut atas sikap cuek bebek Lee Dam. 

Semula,Gye Sun-Woo hanya mengikuti permainan teman-temannya yang bertaruh apakah , Gye Sun-Woo bisa menaklukan Lee Dam. Karena wajah dan penampilan Lee Dam jauh dibawah perempuan-perempuan cantik yang pernah dikencaninya.  

Ternyata , Gye Sun-Woo salah besar, jangankan mendekati Lee Dam, dia malah mabuk kepayang pada Lee Dam.

Kang Han Na


Kang Han-Na sebagai Yang Hye-Sun

Sebagai siluman rubah yang telah berubah menjadi manusia, Hye Sun sangat ingin membantu Shin Woo Yeo, karena usianya sudah hampir mencapai limit.  Salah satunya membuat Shin Woo Yeo merasakan unsur kemanusiaan, hal alamiah  yang tak dimiliki rubah. 

Demi membantu Shin Woo Yeo, Hye Sun bersedia menjadi mahasiswi di Universitas Seogwa.

  
korean drama


Sinopsis My Roommate Is A Gumiho-

Selama kau Gumiho, dia manusia
Cintamu tidak akan pernah berhasil
Kau harus terus berjalan di atas batas yang tipis
Antara cinta dan rasa lapar
Suatu kejadian naas mempertemukan Lee Dam dan Shin Woo Yeo. Pada pertemuan tersebut, tanpa sengaja Lee Dam menelan kelereng Shin Woo Yeo.  

Naas bagi Lee Dam, namun beruntung untuk Shin Woo Yeo. Sebagai siluman rubah yang telah berumur 999 tahun, limit waktu Shin Woo Yeo hampir habis. Dia membutuhkan energi manusia agar bisa berubah menjadi manusia.  

Karena itu dia berpura-pura akan mencari cara mengambil kelereng yang berada di tubuh Lee Dam, dengan syarat mereka harus tinggal bersama. Semula Lee Dam menolak. Namun kelereng yang berada dalam tubuhnya membawa banyak perubahan yang tak menyenangkan. 

Setiap berdekatan, atau bahkan bersentuhan dengan orang bershio macan, musuh alami rubah, Lee Dam merasa nyeri yang amat sangat. Lee Dam juga tidak bisa makan ayam goreng dan minum alkohol.  

Setelah mereka hidup serumah, tanpa terduga, kelereng milik Shin Woo Yeo mulai berubah biru. Yang Hye-Sun ang telah lebih dulu menjadi manusia menduga Shin Woo Yeo sahabatnya sedang jatuh cinta, hal alamiah menyangkut kemanusiaan karena akan merasa gembira dan sakit hati. 

Situasi yang sekaligus membingungkan. Secara naluriah rubah merupakan pemangsa manusia. Shin Woo Yeo takut melukai Lee Dam 

Di lain pihak, Gye Sun-Woo, seorang mahasiswa senior yang populer karena ganteng, dan kaya raya, terang-terangan mencintai Lee Dam. 

Lee Dam berada dipersimpangan, memilih Shin Woo Yeo si siluman rubah atau Gye Sun-Woo, manusia seperti dirinya. 

drama Korea


Review My Roommate Is A Gumiho-

Mengapa banyak hewan ingin menjadi manusia?
Karena hanya manusia yang bisa menentukan takdirnya.
Premisnya sederhana ya?  Tentang siluman rubah yang ingin menjadi manusia.Mungkin, karena sederhana saya bisa dengan cepat menyelesaikan menonton “My Roommate is a Gumiho” dibanding drama “Tale of the Nine Tailed yang bertopik sama namun lebih njlimet. 

Tapi jangan salah, drama non mikir, membutuhkan akting pemeran utama serta pemeran pendukung yang mumpuni. Mereka juga harus bisa menutup lubang-lubang pada plot cerita. Dan akting 4 aktor/aktris (main lead/second lead) “My Roommate is a Gumiho” lumayan apik, sayang kurang greget. 

Penyebabnya akting Jang Ki-Yong sebagai  Shin Woo Yeo, yang terasa datar, mirip perannya sebagai Park Mo-Gun dalam “WWW “ yang kelelep 3 pemeran utama perempuan yang mendominasi. Anehnya dalam “My Roommate is a Gumiho” yang seharusnya bisa mengangkat aktingnya sebagai siluman rubah, si topik masalah, Jang Ki-Yong malah kebanting akting Lee Hyeri. 

Beruntung memang, kualitas akting, Lee Hyeri sebagai Lee Dam, melesat jauh. Bikin gumush di sepanjang drama. Demikian juga Kang Han-Na, mastah yang udah wara wiri di jagat hiburan. Kerap kali mendapat peran antagonis,  akting Kang Han-Na dalam drama “My Roommate is a Gumiho” sangat menonjol. 

Nilai plus lainnya berasal dari sinematografi yang keren. Huhuhu saya suka.  Seperti angle di bawah ini, mungkin cameraman lain gak kepikiran untuk mengambilnya. Serta pastinya permainan cahaya yang bikin keseluruhan drama nampak ciamik. 

Apalagi ya? kok jadi lupa. Itu aja dulu deh, ntar kalau inget saya tulis ^^


 

korean drama

Baca juga:
Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Anak Perawan di Sarang Pangeran 

Hyde Jekyll, Me; Saat Hyun Bin Melakoni Kepribadian Ganda

Profile

Drama: My Roommate Is A Gumiho (English title) / Frightening Cohabitation (literal title)
Revised romanization: Gan Ddeoreojineun Donggeo Hangul: 간 떨어지는 동거
Director: Nam Sung-Woo
Writer: Na (webcomic), Baek Sun-Woo, Choi Bo-Rim
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: May 26 - July 15, 2021
Runtime: Wed. & Thu. 22:30
Language: Korean
Country: South Korea



29 comments

  1. iya, kenapa pertemuan di tangga itu yang di shoot bagian kakinya, buka ekspresi kedua tokohnya.

    Rubah ekor 9, pernah dengar juga ada cerita legenda ini di Korea. Ternyata di Jepang dan Tiongkok juga ada, beda nama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada makna/maksud lain yang hendak disampaikan oleh sutradara. Saya sendiri harus menontonnya secara utuh, agar bisa memberikan interpretasi tentang framing gambar demikian.

      Delete
    2. Tidak, tidak, menurut saya sih, sutradara minta angle-nya diambil dari sudut pandang kodok itu karena mau shooting sepatunya. Bisa jadi perusahaan sepatunya itulah sponsornya :))

      Delete
  2. Jang Ki Yong nih kalo jadi cowo baik2 emang kayak ngebosenin gitu ya?
    Di Search WWW juga agak kurang greget sih, entahlah.
    Kayaknya dia kudu jadi cowo yg bak bik buk aja dah :D

    ReplyDelete
  3. aku suka genre fantasy gini loh ambu, seru, memang rencananya masuk ke dalam list tontonan aku nih hihi, eh udah dpt spoilernya nih disini, gaskeun ah nonton abis ini

    ReplyDelete
  4. Drama Korea bertema sama kayaknya juga pernah tayang sebelumnya ya Ambu? Saya agak susah menikmati serial drama Korea akhir-akhir ini. Sekolah daring udah mulai soalnya, thanks review-nya Ambu

    ReplyDelete
  5. Sinematografinya memang keren ya ... jarang terlihat di film-film sebelumnya yang dapat mensyut adegan kaki di tangga berhadapan sehingga penasaran dibuatnya adegan ini mau ngapain ya ... salut dengan film ini mesti di tonton nih ...

    ReplyDelete
  6. Menjadi metamorfosis kehidupan memang tidak sederhana sesuai harapan film ini, perjalanan tersebut membutuhkan penyesuaian hingga harus memilih.

    ReplyDelete
  7. Duh oppa Jung Ki Yong, mau deh aku juga kalo diambil energinya sama oppa, btw penasaran sama endingnya kira2 zonk gak ya

    ReplyDelete
  8. Setiap Mba Maria mengreview drama Korea, pasti jadi tertarik menontonnya. Sebab, Mba Maria ngupas sampai ke akar-akarnya bahkan behind of the scane dari drama pun juga dibahas, jadi nambah pengetahuan. Kayak makhluk astral yang diyakini seperti siluman rubah. Bangsa Korea menyebutnya “Gumiho”, di Tiongkok dikenal dengan nama “Huli Jing”. Kalau di kita mungkin hantu terkenal, orang Indonesia menyebutnya "Kuntilanak" orang Malyasia menyebut "Pontianak", hahaha, gitulah mungkin ya.

    ReplyDelete
  9. wah aku malah baru nonton My Roommate is A Gumiho ini Ambu
    Suka banget dengan ceritanya yang ringan
    dan sama, aku nonton ini karena faktor Hyeri nya

    ReplyDelete
  10. Menarik cerita ttg metamorfosis ttg perilaku manusia ..apalagi kalau lihat filmnya ya jadi kepo banget

    ReplyDelete
  11. Siluman rubah ini mirip wirewolf ya kalau di film Barat. Tapi di Korea ini penuh filosofi, ga sekadar berubah wujud.

    ReplyDelete
  12. Cerita drama yang dibumbui dengan perubahan wujud dari rubah jadi manusia, wah benar-benar asyik, walaupun cerita sangat sederhana. Cuman pengulasannya yang menarik sekali.

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget absen dari dunia perdrakoran. Selain memang karena gak sempat, juga gak sanggup move on cepet-cepet

    ReplyDelete
  14. mau nonton belum jadi jadi nih, sudah ku catat di playlist drakor, tapi masih belum ada waktu me time yg tepat. biasa nyami strika sih kalo nonton malem takut gak bs tidur sampe pagi krn mau lagi mau lagi

    ReplyDelete
  15. Wah bisa jadi rekomendasi tontonan drakor nih. Kebetulan banget lagi intip-intip drakor mana nih yang pengen dimasukin ke dalam list hehe. Terima kasih mba Maria ;)

    ReplyDelete
  16. Nyimak manggut2 baca cerita drakor roomate is guumiho, unyu2 semua pemainnya. AKu mah dari tadi mau nungguin cookies yang ambu bikin pas ninton drakor ini. Manaaaa.. maanaa.. hhiiii

    ReplyDelete
  17. Ambu aku masih belum paham kenapa masyarau Korea marah?hehe apakah karena ada produk Korea diakui oleh Tiongkok di film itu? Hehe maklum ngga ngikutin Drakor atau film lainnya

    ReplyDelete
  18. Wahh aku suka nih film my roomate is gumiho ni ambu, apalagi di awalnya itu kek kerajaan2 gitu juga ya. Film ini sederhana dan ringan buat mengisi waktu luang, cocok nih ya, hehehe

    ReplyDelete
  19. Drama ini udah masik wishlistku buat ditonton, tapi kok mager mau nonton. Setelah baca ulasannya jadi pengin nonton. Kayaknya seruu gitu, hehe

    Kalo gumiho yang main Lee Dong Wok aku juga gak nonton sampai habis, gimana ya, soalnya gak terlalu suka sama pemeran ceweknya. Haha

    ReplyDelete
  20. Wahh akuu juga pecinta korea nihh, bacaa tulisan ini aku langsung pengem nonton my roomateis gumiho, ceritanya sederhana tapi begitu menarik dan pastinya dibuat penasaran sama jalan ceritanya

    ReplyDelete
  21. Warga korea selatan emang solid dan kompak terkait nasionalisme...terbukti beberapa drakor ada yg stop tayang atau di edit habis2an jika ada unsur tiongkoknya.

    Aku belum nonton nih drakor my roommate is a gumiho...coba deh aku nonton sepertinya menarik dr ulasan mbak..thanks yaaa mbak

    ReplyDelete
  22. Bicara soal siluman rubah, aku jadi inget Inuyasha. Siluman rubah di Jepang, anime sih, hehehe. Aku salut dengan nasionalisme Korea, keren sih. Patut di contoh oleh kita semangatnya. Aku udah nonton sih so gumiho ini, lucu tapi kurang gemes, hehehe. Masih better Lee dong Wook 😁

    ReplyDelete
  23. alhamdulillaaaaah Indonesia bisa mendapat pengakuan bahwa batik Indonesia adalah “karya agung budaya lisan dan tak benda warisan manusia” dari UNESCO,

    soalnya pas ke Malaysia aku kan gemeeessss banget, karena di sana ada perkampungan batik yang orang-orangnya berasal dariiiii Pekalongan!

    hihi aku ga kebayang kimchi diakui Tiongkok,
    ya walau mereka juga bikin dan makan asinan segala rupa, kayak sawi asin gitu ya Ambu

    ReplyDelete
  24. Sudah nonton Ambu
    asli sangat menghibur drama Korea My Roommate is A Gumiho ini
    aktingnya Hyeri cakep banget

    ReplyDelete
  25. Drakor Korea sering banget ya angkat topik Gumiho ini. Aku pernah nonton salah satunya dulu. Tapi kayanya kurang masuk akal buatku hehee

    ReplyDelete
  26. Aku tuh kasihan sama Sun Woo, giliran kapal yang lain berlabuh semua, eh cuma dia doang yang patah hati menyendiri.

    ReplyDelete
  27. Teh Maria aku sebetulnya pengin nonton ini karena ada Lee Hyeri tapi belum-belum aja hehe

    ReplyDelete