Doctors, Kala si Anak Nakal Menjadi Dokter

 

Doctors, Kala si Anak Nakal Menjadi Dokter

“Mah maaf, Abey pilih ITB ya? Nggak jadi daftar kedokteran.’

Demikian kata anak bungsu saya di ujung telepon, beberapa tahun silam. Sekaligus memupus harapan terakhir untuk mempunyai anak yang berprofesi sebagai dokter.

Si sulung mudah jijik ngelihat darah dkk, jadi angkat tangan deh dia. Anak ke-2 dan ke-3 masuk PTN saat keuangan keluarga sedang morat marit. Ayah mereka menganggur, pengeluaran sehari-hari mengandalkan tabungan.

Jadi lumayan sedih ketika keuangan membaik, eh si bungsu enggan menjadi dokter. 

Banyak alasan saya ingin punya anak yang berprofesi sebagai dokter. Selain agar bisa bertanya tentang remeh temeh kesehatan, juga peran dokter yang  sangat bermanfaat.Tanpa harus menjadi kaya raya, dia bisa berbuat banyak. Terlebih saat terjadi bencana, peranan dokter menjadi yang terdepan.

Beruntung kemajuan teknologi komunikasi melaju dengan cepat. Kini, informasi kesehatan bertaburan di dunia maya. Mulai dari gejala penyakit hingga aneka obat-obatan, komposisi serta cara pemakaiannya.

Namun yang paling menyenangkan adalah banyaknya drama Korea bertema kedokteran. Dengan menonton drama yang pastinya telah dibuat dengan riset mendalam, pengetahuan penonton tentang dunia kedokteran jadi bertambah.

Uniknya setiap drama mengusung spesialisasi yang berbeda. Drama Doctors misalnya mengambil latar belakang  spesialisasi saraf dengan berbagai spesifikasinya. Drama It’s Ok, This is Love berkisah tentang gangguan mental, sedangkan drama Good Doctor mengenai spesialisasi anak.

Baca juga:

3 Tokoh Perempuan Inspiratif dalam Drama Korea, Kamu Harus Nonton!
Hospital Playlist, Kisah Cinta 5 Sekawan di Dunia Kedokteran
Doctor John, Kisah Penderita Tanpa Rasa Sakit

Drama Korea Doctors/Doctor Crush bertambah menarik,  karena tokoh Yoo Hye Jung  (Park Shin Hye), semula adalah anak brandal yang senang/ jago berkelahi. Keahlian yang ternyata sangat dibutuhkan, kala harus berhadapan dengan calon pasien yang berprofesi sebagai ketua gangster


Park Shin-Hye sebagai Yoo Hye Jung

Mempunyai IQ 156, Yoo Hye Jung tak menggunakan kecerdasannya untuk berprestasi di sekolah. Dia memilih keluyuran, berkelahi, mencuri dan berpesta. 

Perasaan dicampakkan membuat Yoo Hye Jung berperilaku ugal-ugalan. Paska ibu kandungnya meninggal,  ayah kandungnya mengirim Yoo Hye Jung ke rumah neneknya. Ditinggalkan begitu saja bahkan sang ayah bergeming saat mengetahui Yoo Hye Jung masuk penjara.

Beruntung Yoo Hye Jung punya nenek yang pandai bersiasat agar cucunya kembali ke sekolah. Malah sang nenek berhasil menggugah niat Yoo Hye Jung untuk belajar giat dan memperoleh nilai tertinggi di kelas.

Puncaknya, Yoo Hye Jung terketuk untuk menjadi seorang dokter. Dia terpesona pada kesigapan gurunya yang ternyata seorang dokter. Guru Hong Ji Hong berhasil melakukan pertolongan pertama pada seorang ibu hamil yang tiba-tiba jatuh dan ketubannya pecah.

Yoo Hye Jung belajar tentang cinta yang mampu menolong orang lain. Sayang perjalanan Yoo Hye Jung meraih cita-cita tidaklah mudah. Dia harus berjuang melawan kecemburuan dan kekuasaan yang kerap tak berpihak pada wong cilik.


Kim Rae-Won sebagai Hong Ji Hong

Yatim piatu yang diangkat anak oleh dokter Hong Doo Sik, salah seorang pemangku kekuasaan tertinggi Pusat Medis Guk Il. 

Suatu kejadian di meja operasi membuat Hong Ji Hong mengundurkan diri dari tugas dokter pembantu dan memilih menjadi guru sekolah lanjutan, tempat Yoo Hye Jung dan Ji Seo Woo bersekolah.

Sayangnya disinipun bukan ketenangan yang ditemui. Hong Ji Hong dituduh memanfaatkan jabatan untuk memikat murid. Terpaksa Hong Ji Hong mengundurkan diri dan memperdalam spesialisasi saraf di Amerika.

Kembali ke Korea sebagai Profesor Hong Ji Hong, dia terkejut melihat 2 anak didiknya, Yoo Hye Jung dan Ji Seo Woo telah menjadi dokter di rumah sakit yang sama.


Lee Sung-Kyung sebagai Jin Seo Woo    

Anak tunggal dan cucu salah seorang pemangku kekuasaan tertinggi Pusat Medis Guk Il.
Selain mengantongi masa depan yang cemerlang, Jin Seo Woo selalu cemerlang di sekolah. Selalu rangking pertama, dan didapuk menjadi ketua kelas.

Jin Seo Woo naksir gurunya, Hong Ji Hong. Demi meendapatkan perhatian sang guru, Seo Woo mau mengajari Yoo Hye Jung, seorang anak baru pindah yang badung bukan main.

Betapa kecewanya Seo Woo saat mengetahui Yoo Hye Jung berhasil menyalip nilai matematikanya. Yoo Hye Jung menjadi juara kelas, mengganti posisi Seo Woo yang tak pernah kalah.

Namun yang paling menyakitkan adalah kenyataan guru Hong Ji Hong bersikap mesra pada Yoo Hye Jung. Sikap yang tak pernah ditunjukkan guru Hong Ji Hong padanya.

Dalam keputus asaannya, Seo Woo melancarkan fitnah pada guru Hong Ji Hong, dan menjebloskan Yoo Hye Jung ke balik terali besi dengan tuduhan melakukan pembakaran.

13 tahun berlalu, betapa terkejutnya Seo Woo. Yoo Hye Jung yang disangkanya hancur akibat fitnah dan kematian neneknya, ternyata telah menjadi dokter.

Kedatangan Yoo Hye Jung ke rumah sakit Guk Il sangat mengancam Seo Woo. Tidak saja keahlian Yoo Hye Jung yang lebih hebat, juga kecantikannya telah memikat dokter Jung Yoon Do, dokter senior yang sedang diincar Seo Woo untuk dinikahi.


Sinopsis Drama Korea Doctors

13 tahun bukanlah waktu yang singkat.
Selama 13 tahun, Yoo Hye Jung berjuang lulus kedokteran dengan nilai terbaik agar bisa bekerja di Pusat Medis Guk Il, tempat neneknya dioperasi dan meninggal.

Yoo Hye Jung melihat kejanggalan dan menduga ada malpraktik. Karena menurut dokter, operasi sang nenek bukanlah operasi berisiko. Yoo  Hye Jung juga melihat ada 2 dokter berbeda saat neneknya masuk kamar operasi dan sesudahnya.

Ternyata tak mudah. Yoo Hye Jung kesulitan mengakses data pasien. Terpaksa Yoo Hye Jung minta bantuan dokter Hong Ji Hong, mantan gurunya di sekolah lanjutan, sekaligus orang yang disayangi dan menyayanginya.

Sebagai anak petinggi Rumah Sakit Guk Il, dokter Hong Ji Hong minta bantuan ayahnya sebab dia pun tak bisa mengakses informasi.

Sayang status pasien yang diperoleh dari ayah dokter Hong Ji Hong tidak berarti banyak. Ada yang ditutupi. Hal yang membuat Yoo Hye Jung semakin penasaran.

Di pihak lain, dokter Jin Myung Hoon, dokter yang mengoperasi nenek Yoo Hye Jung, tidak tinggal diam melihat kasusnya berusaha dibongkar.

Anak perempuan dokter Jin Myung Hoon, yaitu dokter Jin Seo Woo juga mengusik Yoo Hye Jung. Seo Woo tak terima Hye Jung lebih beruntung dan lebih disukai. Dia melakukan segala cara untuk menjatuhkan Hye Jung, persis seperti saat mereka masih di sekolah lanjutan.


Review Drama Korea Doctors

Bingung memilih antara dua, Park Shin-Hye atau Lee Sung-Kyung. Kedua aktris ini saya suka banget. Dalam drama Doctors, Park Shin Hye berakting protagonis, sedangkan Lee Sung Kyung mengambil peran antagonis.

Saya menonton akting Park Shin Hye sejak drama You’re Beautiful (2009), dia berperan sebagai perempuan yang menyamar jadi laki-laki untuk menggantikan saudara kembarnya. Di sini dia beradu akting dengan aktor papan atas, Jang Keun Suk.

Jauh sebelumnya, Park Shin Hye sudah berakting dalam Stairway to Paradise (2003) sebagai Han Jung Seo remaja. Dengan kata lain, soal akting  Park Shin Hye ini gak ada tandingannya.

 Dari belasan peran yang dilakoni, Park Shin Hye sudah mengantongi berbagai penghargaan.
Beda banget dengan Lee Sung Kyung yang baru muncul dalam drama ‘It’s Ok, This is Love (2014). Drama Doctors merupakan drama ke-4 sebelum drama ‘Weightlifting Fairy Kim Bok Jo yang melegenda.

Baca juga:
Weightlifting Fairy Kim Bok Jo, Bidadari yang Perkasa
It’s Ok, This is Love, Karena Anda Mungkin Juga Penderita Gangguan Jiwa 

Anehnya, nah ini dia, peran antagonis Lee Sung-Kyung mampu mengimbangi akting protagonis Park Shin Hye. Ditambah chemistry Park Shin Hye yang kurang ngeblend dengan Kim Rae-Won. Lengkap sudah kebingungan saya. 😀😢

Beruntung ada kisah Yoo Hye Jung dengan neneknya  yang mengharu biru banget. Huhuhu mau lho punya nenek yang sayang banget pada cucu perempuannya, seperti nenek Kang Mal Soon.

Juga ada adegan Yoo Hye Jung yang akhirnya bertemu dengan ayah dan ibu tirinya. Duh setelah belasan tahun, nggak mau tau anaknya hidup sendirian menimba ilmu kedokteran dengan uang warisan neneknya, eh setelah anaknya sukses mereka datang minta diakui.  

Hehehe bikin keki ya? Begitulah drama yang diracik penulis skenario agar penonton menangis, marah dan tertawa terbahak-bahak.

Jadi jika penonton kesel sesudah menonton drama ‘Penthouse’ berarti sukses tuh, team di belakang layar dan aktor/aktrisnya membuat emosi penonton bergejolak bak roller coaster

Hihihi.😀😀😀



Profile (asianwiki.com)

Drama: Doctors / Doctor Crush
Revised romanization: Doctorseu
Hangul: 닥터스
Director: Oh Choong-Hwan, Park Soo-Jin
Writer: Ha Myung-Hee
Network: SBS
Episodes: 20
Release Date: June 20 - August 23, 2016
Runtime: Monday & Tuesday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea


8 comments

  1. Saya suka nih mba sama park shhin hye dr dari dia duet sama Lee Min Ho di the Heirs. Drakor yg bertema dokter sellalu menarik untuk ditonton. 13 tahun berjuang agar bisa menjadi seorang dokter sungguh bukan perjuangan yg main main ya mba

    ReplyDelete
  2. Ceritanya menarik Ambu...Sukaaa, sayangnya saya bacanya harus bulak balik karena saya ga hapal nama-namanya jadi pabaliut ...hahaha nasib bukan penyuka drakor, semua namanya bikin bingung.

    ReplyDelete
  3. Park Shin Hye memang memerankan tokoh bisa mendalam, dan ekspresinya itu bikin makin unyu. Yang ini memang belum nonton sih

    ReplyDelete
  4. Itulah kehidupan pelajaran berharga dimana anak nakal jadi dokter. Kemungkinan ia tidak nakal tapi kreatif terlaluan sehingga ia bisa jadi dokter

    ReplyDelete
  5. Iya mba, memang menarik drama Korea yg bertemakan kedokteran ini. Dengan begini kita lebih mengerti tentang ilmu kedokteran yg dibahas dalam film tersebut, dibandingkan membacanya. Oia, sebagai seorang alumni keperawatan dan pernah praktek di RS, kecemburuan sosial antar dokter itu memang benar adanya, bahkan antar sesama perawat juga begitu yang membuat kita muak melihatnya.

    ReplyDelete
  6. Gurunya ganteng beut... makanya jadi naksirr.
    Aku belum nonton nih yg ini kayaknya. tengkyu reviewnya mbaak

    ReplyDelete
  7. aku sih belum nonton film drakor ini, etapi dari review ambu sangat menarik loh ... !!! jadi penasaran pengen nonton deh ... cus ah berangkat

    ReplyDelete
  8. Cerita tentang para dokter selalu menarik, jadi inget dulu ibuku punya koleksi buku novel Marga T kalo ga salah isinya tentang para dokter

    ReplyDelete