Doctors, Kala si Anak Nakal Menjadi Dokter

 

Doctors, Kala si Anak Nakal Menjadi Dokter

“Mah maaf, Abey pilih ITB ya? Nggak jadi daftar kedokteran.’

Demikian kata anak bungsu saya di ujung telepon, beberapa tahun silam. Sekaligus memupus harapan terakhir untuk mempunyai anak yang berprofesi sebagai dokter.

Si sulung mudah jijik ngelihat darah dkk, jadi angkat tangan deh dia. Anak ke-2 dan ke-3 masuk PTN saat keuangan keluarga sedang morat marit. Ayah mereka menganggur, pengeluaran sehari-hari mengandalkan tabungan.

Jadi lumayan sedih ketika keuangan membaik, eh si bungsu enggan menjadi dokter. 

Banyak alasan saya ingin punya anak yang berprofesi sebagai dokter. Selain agar bisa bertanya tentang remeh temeh kesehatan, juga peran dokter yang  sangat bermanfaat.Tanpa harus menjadi kaya raya, dia bisa berbuat banyak. Terlebih saat terjadi bencana, peranan dokter menjadi yang terdepan.

Beruntung kemajuan teknologi komunikasi melaju dengan cepat. Kini, informasi kesehatan bertaburan di dunia maya. Mulai dari gejala penyakit hingga aneka obat-obatan, komposisi serta cara pemakaiannya.

Namun yang paling menyenangkan adalah banyaknya drama Korea bertema kedokteran. Dengan menonton drama yang pastinya telah dibuat dengan riset mendalam, pengetahuan penonton tentang dunia kedokteran jadi bertambah.

Uniknya setiap drama mengusung spesialisasi yang berbeda. Drama Doctors misalnya mengambil latar belakang  spesialisasi saraf dengan berbagai spesifikasinya. Drama It’s Ok, This is Love berkisah tentang gangguan mental, sedangkan drama Good Doctor mengenai spesialisasi anak.

Baca juga:

3 Tokoh Perempuan Inspiratif dalam Drama Korea, Kamu Harus Nonton!
Hospital Playlist, Kisah Cinta 5 Sekawan di Dunia Kedokteran
Doctor John, Kisah Penderita Tanpa Rasa Sakit

Drama Korea Doctors/Doctor Crush bertambah menarik,  karena tokoh Yoo Hye Jung  (Park Shin Hye), semula adalah anak brandal yang senang/ jago berkelahi. Keahlian yang ternyata sangat dibutuhkan, kala harus berhadapan dengan calon pasien yang berprofesi sebagai ketua gangster


Park Shin-Hye sebagai Yoo Hye Jung

Mempunyai IQ 156, Yoo Hye Jung tak menggunakan kecerdasannya untuk berprestasi di sekolah. Dia memilih keluyuran, berkelahi, mencuri dan berpesta. 

Perasaan dicampakkan membuat Yoo Hye Jung berperilaku ugal-ugalan. Paska ibu kandungnya meninggal,  ayah kandungnya mengirim Yoo Hye Jung ke rumah neneknya. Ditinggalkan begitu saja bahkan sang ayah bergeming saat mengetahui Yoo Hye Jung masuk penjara.

Beruntung Yoo Hye Jung punya nenek yang pandai bersiasat agar cucunya kembali ke sekolah. Malah sang nenek berhasil menggugah niat Yoo Hye Jung untuk belajar giat dan memperoleh nilai tertinggi di kelas.

Puncaknya, Yoo Hye Jung terketuk untuk menjadi seorang dokter. Dia terpesona pada kesigapan gurunya yang ternyata seorang dokter. Guru Hong Ji Hong berhasil melakukan pertolongan pertama pada seorang ibu hamil yang tiba-tiba jatuh dan ketubannya pecah.

Yoo Hye Jung belajar tentang cinta yang mampu menolong orang lain. Sayang perjalanan Yoo Hye Jung meraih cita-cita tidaklah mudah. Dia harus berjuang melawan kecemburuan dan kekuasaan yang kerap tak berpihak pada wong cilik.


Kim Rae-Won sebagai Hong Ji Hong

Yatim piatu yang diangkat anak oleh dokter Hong Doo Sik, salah seorang pemangku kekuasaan tertinggi Pusat Medis Guk Il. 

Suatu kejadian di meja operasi membuat Hong Ji Hong mengundurkan diri dari tugas dokter pembantu dan memilih menjadi guru sekolah lanjutan, tempat Yoo Hye Jung dan Ji Seo Woo bersekolah.

Sayangnya disinipun bukan ketenangan yang ditemui. Hong Ji Hong dituduh memanfaatkan jabatan untuk memikat murid. Terpaksa Hong Ji Hong mengundurkan diri dan memperdalam spesialisasi saraf di Amerika.

Kembali ke Korea sebagai Profesor Hong Ji Hong, dia terkejut melihat 2 anak didiknya, Yoo Hye Jung dan Ji Seo Woo telah menjadi dokter di rumah sakit yang sama.


Lee Sung-Kyung sebagai Jin Seo Woo    

Anak tunggal dan cucu salah seorang pemangku kekuasaan tertinggi Pusat Medis Guk Il.
Selain mengantongi masa depan yang cemerlang, Jin Seo Woo selalu cemerlang di sekolah. Selalu rangking pertama, dan didapuk menjadi ketua kelas.

Jin Seo Woo naksir gurunya, Hong Ji Hong. Demi meendapatkan perhatian sang guru, Seo Woo mau mengajari Yoo Hye Jung, seorang anak baru pindah yang badung bukan main.

Betapa kecewanya Seo Woo saat mengetahui Yoo Hye Jung berhasil menyalip nilai matematikanya. Yoo Hye Jung menjadi juara kelas, mengganti posisi Seo Woo yang tak pernah kalah.

Namun yang paling menyakitkan adalah kenyataan guru Hong Ji Hong bersikap mesra pada Yoo Hye Jung. Sikap yang tak pernah ditunjukkan guru Hong Ji Hong padanya.

Dalam keputus asaannya, Seo Woo melancarkan fitnah pada guru Hong Ji Hong, dan menjebloskan Yoo Hye Jung ke balik terali besi dengan tuduhan melakukan pembakaran.

13 tahun berlalu, betapa terkejutnya Seo Woo. Yoo Hye Jung yang disangkanya hancur akibat fitnah dan kematian neneknya, ternyata telah menjadi dokter.

Kedatangan Yoo Hye Jung ke rumah sakit Guk Il sangat mengancam Seo Woo. Tidak saja keahlian Yoo Hye Jung yang lebih hebat, juga kecantikannya telah memikat dokter Jung Yoon Do, dokter senior yang sedang diincar Seo Woo untuk dinikahi.


Sinopsis Drama Korea Doctors

13 tahun bukanlah waktu yang singkat.
Selama 13 tahun, Yoo Hye Jung berjuang lulus kedokteran dengan nilai terbaik agar bisa bekerja di Pusat Medis Guk Il, tempat neneknya dioperasi dan meninggal.

Yoo Hye Jung melihat kejanggalan dan menduga ada malpraktik. Karena menurut dokter, operasi sang nenek bukanlah operasi berisiko. Yoo  Hye Jung juga melihat ada 2 dokter berbeda saat neneknya masuk kamar operasi dan sesudahnya.

Ternyata tak mudah. Yoo Hye Jung kesulitan mengakses data pasien. Terpaksa Yoo Hye Jung minta bantuan dokter Hong Ji Hong, mantan gurunya di sekolah lanjutan, sekaligus orang yang disayangi dan menyayanginya.

Sebagai anak petinggi Rumah Sakit Guk Il, dokter Hong Ji Hong minta bantuan ayahnya sebab dia pun tak bisa mengakses informasi.

Sayang status pasien yang diperoleh dari ayah dokter Hong Ji Hong tidak berarti banyak. Ada yang ditutupi. Hal yang membuat Yoo Hye Jung semakin penasaran.

Di pihak lain, dokter Jin Myung Hoon, dokter yang mengoperasi nenek Yoo Hye Jung, tidak tinggal diam melihat kasusnya berusaha dibongkar.

Anak perempuan dokter Jin Myung Hoon, yaitu dokter Jin Seo Woo juga mengusik Yoo Hye Jung. Seo Woo tak terima Hye Jung lebih beruntung dan lebih disukai. Dia melakukan segala cara untuk menjatuhkan Hye Jung, persis seperti saat mereka masih di sekolah lanjutan.


Review Drama Korea Doctors

Bingung memilih antara dua, Park Shin-Hye atau Lee Sung-Kyung. Kedua aktris ini saya suka banget. Dalam drama Doctors, Park Shin Hye berakting protagonis, sedangkan Lee Sung Kyung mengambil peran antagonis.

Saya menonton akting Park Shin Hye sejak drama You’re Beautiful (2009), dia berperan sebagai perempuan yang menyamar jadi laki-laki untuk menggantikan saudara kembarnya. Di sini dia beradu akting dengan aktor papan atas, Jang Keun Suk.

Jauh sebelumnya, Park Shin Hye sudah berakting dalam Stairway to Paradise (2003) sebagai Han Jung Seo remaja. Dengan kata lain, soal akting  Park Shin Hye ini gak ada tandingannya.

 Dari belasan peran yang dilakoni, Park Shin Hye sudah mengantongi berbagai penghargaan.
Beda banget dengan Lee Sung Kyung yang baru muncul dalam drama ‘It’s Ok, This is Love (2014). Drama Doctors merupakan drama ke-4 sebelum drama ‘Weightlifting Fairy Kim Bok Jo yang melegenda.

Baca juga:
Weightlifting Fairy Kim Bok Jo, Bidadari yang Perkasa
It’s Ok, This is Love, Karena Anda Mungkin Juga Penderita Gangguan Jiwa 

Anehnya, nah ini dia, peran antagonis Lee Sung-Kyung mampu mengimbangi akting protagonis Park Shin Hye. Ditambah chemistry Park Shin Hye yang kurang ngeblend dengan Kim Rae-Won. Lengkap sudah kebingungan saya. 😀😢

Beruntung ada kisah Yoo Hye Jung dengan neneknya  yang mengharu biru banget. Huhuhu mau lho punya nenek yang sayang banget pada cucu perempuannya, seperti nenek Kang Mal Soon.

Juga ada adegan Yoo Hye Jung yang akhirnya bertemu dengan ayah dan ibu tirinya. Duh setelah belasan tahun, nggak mau tau anaknya hidup sendirian menimba ilmu kedokteran dengan uang warisan neneknya, eh setelah anaknya sukses mereka datang minta diakui.  

Hehehe bikin keki ya? Begitulah drama yang diracik penulis skenario agar penonton menangis, marah dan tertawa terbahak-bahak.

Jadi jika penonton kesel sesudah menonton drama ‘Penthouse’ berarti sukses tuh, team di belakang layar dan aktor/aktrisnya membuat emosi penonton bergejolak bak roller coaster

Hihihi.😀😀😀



Profile (asianwiki.com)

Drama: Doctors / Doctor Crush
Revised romanization: Doctorseu
Hangul: 닥터스
Director: Oh Choong-Hwan, Park Soo-Jin
Writer: Ha Myung-Hee
Network: SBS
Episodes: 20
Release Date: June 20 - August 23, 2016
Runtime: Monday & Tuesday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea


40 comments

  1. Saya suka nih mba sama park shhin hye dr dari dia duet sama Lee Min Ho di the Heirs. Drakor yg bertema dokter sellalu menarik untuk ditonton. 13 tahun berjuang agar bisa menjadi seorang dokter sungguh bukan perjuangan yg main main ya mba

    ReplyDelete
  2. Ceritanya menarik Ambu...Sukaaa, sayangnya saya bacanya harus bulak balik karena saya ga hapal nama-namanya jadi pabaliut ...hahaha nasib bukan penyuka drakor, semua namanya bikin bingung.

    ReplyDelete
  3. Park Shin Hye memang memerankan tokoh bisa mendalam, dan ekspresinya itu bikin makin unyu. Yang ini memang belum nonton sih

    ReplyDelete
  4. Itulah kehidupan pelajaran berharga dimana anak nakal jadi dokter. Kemungkinan ia tidak nakal tapi kreatif terlaluan sehingga ia bisa jadi dokter

    ReplyDelete
  5. Iya mba, memang menarik drama Korea yg bertemakan kedokteran ini. Dengan begini kita lebih mengerti tentang ilmu kedokteran yg dibahas dalam film tersebut, dibandingkan membacanya. Oia, sebagai seorang alumni keperawatan dan pernah praktek di RS, kecemburuan sosial antar dokter itu memang benar adanya, bahkan antar sesama perawat juga begitu yang membuat kita muak melihatnya.

    ReplyDelete
  6. Gurunya ganteng beut... makanya jadi naksirr.
    Aku belum nonton nih yg ini kayaknya. tengkyu reviewnya mbaak

    ReplyDelete
  7. aku sih belum nonton film drakor ini, etapi dari review ambu sangat menarik loh ... !!! jadi penasaran pengen nonton deh ... cus ah berangkat

    ReplyDelete
  8. Cerita tentang para dokter selalu menarik, jadi inget dulu ibuku punya koleksi buku novel Marga T kalo ga salah isinya tentang para dokter

    ReplyDelete
  9. Oalah, perjalanan menjadi dokter dan tantanganya bisa menjadi cerita inspiratif sebagai potret kehidupan dan bisa diangkat menjadi film.

    ReplyDelete
  10. Ceritanya bagus sepertinya. Apalagi saya sedang memburu drakor, jadi punya referensi baru nih, hehehe. Nama Park Shin Hye juga familiar, cantik orangnya. Saya tak tahu banyak bintang Korea, tapi nama Park Shin Hye ini cukup familiar.

    ReplyDelete
  11. kalau yang main udah Park Shin Hye emang pasti bagus sih drama nya, dan pasti banyak yang nonton juga jadi pasti rame. apalagi drakor tuh kayak niat banget shooting nya ya jadi bagus-bagus film atau drama nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak.
      Shin Hye memang keren aktingnya dan mendalami karakter dengan sangat detail

      Delete
  12. Tugas dokter itu mulia ya dan kalau di buat cerita film jadi menarik sekali untuk ditonton karena penuh nilai kemanusiaan. Baik dari diri sendiri maupun interaksi dengan orang lain. Pastinya kisah nya mengharubiru ya Ambu

    ReplyDelete
  13. Pagi ambu,Drakor kali ini cukup menggemaskan ya ceritanya.Terkadang orang dalampun tidak bisa membongkar kecurigaan Malpraktek seperti yang dialami Yoo Hye Jung yang juga seorang dokter. Saya ingat kejadian operasi usus buntu yang dialami saudara dimana ada alat untuk operasi tertinggal di perutnya.Hal itu membuat saudara kesakitan terus menerus pasca operasi.Setelah diselidiki waduh dibutuhkan waktu yang lama saling lempah melempar untuk dapat siapa pelakunya.Menyedihkan memang ketika ada kasus Mal Praktek banyak pihak yang melempar tanggungjawab

    ReplyDelete
  14. Park Shin Hye memang keren dalam memerankan tokoh.
    Walau daku gak mengikuti tiap drama maupun filmnya, tetapi suka dengan style dan aktingnya

    ReplyDelete
  15. Suka dengan aktingnya Park Shin Hye di drakor ini emang kece bangets deh. Ceritanya menarik dan bikin banyak merenung

    ReplyDelete
  16. Ku sempat berharap dapat suami atau anak dokter, Ambu
    karena kalau ada dokter, minimal tuh kalo sakit kita bisa langsung mendeteksi dengan jelas dan ilmiah ya

    nonton serial dokter juga aku hobi, karena banyak pengetahuan loh di dalamnya, kayak drakor Doctors ini, mengangkat sisi lain dokter tapi tetap banyak ilmu ya

    ReplyDelete
  17. hanya drama ini dramanya Park Shin Hye yang berhasil saya tamatkan, biasanya gak pernah betah nonton si eneng ini. Dramanya oke dan udah lumayan lama saya tonton sekitar 4 tahun lalu

    ReplyDelete
  18. Ini kan drama lama banget ya kak. Aku juga nonton sampai akhir loh. yang park shin hye suka sama gurunya sendiri kan?

    ReplyDelete
  19. Setuju, Ambu. Saya juga banyak mengenal seputar dunia kedokteran dari aneka kisah drama. Selain menghibur kita jadi tambah wawasan ya...seneng deh
    Dari Doctors ini misalnya, enggak cuma pengetahuan kedokteran, kita juga bisa dapat pesan moral, bahwa seseorang pernah berantakan di masa lalu bisa terketuk hatinya karena sebuah peristiwa hingga membuat pilihan yang tepat dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  20. Oalah, drama tahun 2016 ya pantes Park Shin Hye masih kelihatan imut-imut banget. Aku belum sempet ngikutin nih, dan 20 episode tapi kayaknya sih gak ngebosenin ya meski agak panjang

    ReplyDelete
  21. Aku udah nonton drakor ini beberapa tahu lalu, aku juga suka shin hye sejak dia masih remaja dan menurutku Doctors adalah drama yang warming heart ambu heheh

    ReplyDelete
  22. Drama Korea mengenai kehidupan dokter memang menarik ya Ambu. Di drama ini kelihatan banget yang berperan mengantarkan park shin hye adalah sang nenek. Menarik untuk ditonton sampai habis ini drakornya

    ReplyDelete
  23. Drakor genre medis risetnya selalu matang jadinya berasa real nontonnya.

    Park Shin Hye peran jadi apapun selalu eksekusi sempurna. Termasuk disini.. sekian tahun berlalu ketemu lagi fix jodoh dtgguin hahaha

    Ughh sekarang dah muw jadi ibu aja park shin hye😍

    ReplyDelete
  24. Wah salah satu drama bertema medis yang aku sukai. Pokoknya gemes banget dan aku suka pertemanan mereka. Terutama Shin-Hye dan Sung Kyung

    ReplyDelete
  25. Aku belom nonton drama ini. Padahal suka deh dengan drama dengan tema kedokteran seperti ini. Kebetulan deh sekarang baru ke luar drama Ghost Doctor. Rain dan Kim Bum begitu memesona. Hehehehe. Nanti abis beres, nonton Doctors ah. :D

    ReplyDelete
  26. Lagi bagus membaca cerita review dari ambu, namun beberapa kali saya tidak fokus mengikuti karena sering lola mengikuti perkembangan dalam hal ini

    ReplyDelete
  27. Banyak kisah menarik yg bisa diangkat dari dunia kedokteran ya.
    Kelebihan drakor salah satunya pada detail cerita, selalu cermat.

    ReplyDelete
  28. Tulisan Mba ini bikin saya senyum-senyum. Suka banget sama drama ini dan udah berapa kali nonton, nggak bosan sama sekali. Drama ini juga bikin saya semangat, kalau kita nggak perlu membalas orang yang meremehkan kita dengan kata-kata yang nggak berguna, cukup diam dan berusaha keras, kita buktikan bahwa kita bisa lebih baik dari versi kita yang sebelumnya.

    ReplyDelete
  29. Seru ya Mbak kalau punya anak yang sudah pada besar-besar dan bisa mengutarakan sendiri ketertarikannya kuliah di bidang apa. Memang sebagai orang tua harus demokratis. Dulu saya mau kuliah minta ditentukan lagi sama ortu karena polanya sudah seperti itu dari kecil, ortu yang memutuskan, akhirnya merasa salah jurusan, heheheee.
    Btw, drakor ini saya belum nonton karena memang baru-baru ini saja mulai nonton drakor, karena saya penggemar dracin dinasti, tapi Lee Sung Kyung itu kayak familiar, cuma lupa di drakor apa.

    ReplyDelete
  30. Aku sudah nonton drakor Doctor dan terkesan banget sama profesi dia sebagai dokter. Suka juga sama lawan mainnya Park Shin Hye, sekarang lagi nonton Ghost Doctor nih jadi suka dengan tema dokter keren yaa

    ReplyDelete
  31. suka dengan chemistry Kim Rae Won dan Park Sin Hye di drama ini. Salah satu drama korea bertema kedokteran yang layak ditonton

    ReplyDelete
  32. Aku belum nonton drama Park Shin Hye yang ini nih bolak balik sliweran karena sering nonton drakor tema dokter boleh nih masuk wishlist

    ReplyDelete
  33. Intrik di dunia kedokteran ini ya. Persaingan pribadi yang dibawa ke ranah pekerjaan, jadinya kerja juga nggak bisa profesional karena ada sentimen pribadi.

    Yoo Hye Jung, si anak badung, yang berkat bimbingan neneknya mau berubah menjadi anak manis, bahkan bisa menjadi dokter. Saya malah penasaran gimana trik si nenek untuk menyadarkan Yoo Hye Jung

    ReplyDelete
  34. Wah iya, si pengantin baru ya Ambu
    Cantik banget Park Shin-hye pas wedding
    Btw aku juga nonton drama Doctors ini
    Bagus emang ceritanya

    ReplyDelete
  35. Baru pertama kali baca review film drakor bertema kedokteran, Shin-Hye dan Sung Kyung ternyata pertemananan mereka asyik dan gemes, mau nonton juga ah ...

    ReplyDelete
  36. Aq suka banget kalo dramanya dibintangi oleh park sin hye, soalnya aktingnya bagus trus wajahnya awet imut jadi seneng aja liatnya

    ReplyDelete
  37. wah mantap sekali ini. Tp jujur saya belum nonton film ini. Dari pemaparannya sih sepertinya sangat bagus

    ReplyDelete
  38. Wah, barusan aja uri Park Shin Hye menikah, eh baca review ini. Kayaknya drama lama ya ambu. Udah lama juga gak lihat Kim Rae Won. Terakhir kayaknya di film Itaewon apaaa gitu aku nontonnya. Senang banget lihat aktor aktris korea lama main bareng lagi.

    ReplyDelete
  39. Yang membuat saya tertarik menonton Drama Korea karena tema kedokterannya ini lho. Selalu saja ada tema menarik utk dijadikan cerita menurut saya.

    ReplyDelete