True Beauty, Ada Apa Dengan Wajah Jelek?




True Beauty, Ada Apa Dengan Wajah Jelek?


“Karena kamu jelek!”  Pfftt …. Benarkah ada pelajar yang dibully karena wajahnya jelek? Bukankah wajah merupakan anugerah Allah yang gak bisa diganggu gugat? Mana bisa kita nego dengan Allah?

Bullying “Karena kamu jelek,” dialami Im Ju Kyung dalam drama Korea ‘True Beauty’. Percaya nggak percaya ada bullying sesadis itu, ya harus  percaya. 

Bila mau menelisik penyebabnya, Negara Korea yang punya doktrin “ Negara kita miskin sumber daya alam, jadi kamu harus berprestasi!”, penduduknya memang harus bersaing ketat.  

Anak-anak Korea Selatan mesti belajar hingga malam hari. Dipaksa untuk sukses, tidak hanya disebabkan miskin kekayaan alam, juga ancaman pihak luar.Selama berabad mereka mempunyai musuh bebuyutan: China, Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Utara. 

Stres akibat tekanan dari segala penjuru. Ditambah norma agama yang mendukung. Maka wajah cantik/tampan menjadi salah satu syarat, agar bisa keluar sebagai pemenang di segala sektor. 

Serem ya? 

Tema yang diangkat sinetron/film dan drama serial merupakan cermin kehidupan sosial budaya ekonomi dan politik negara yang bersangkutan. Gak heran banyak drama Korea yang berkisah tentang perempuan jelek berubah wujud jadi cantik seperti Birth of Beauty, My Id is Gangnam Style. 

Baik Birth of Beauty maupun My Id is Gangnam Style mengangkat kisah perempuan berwajah jelek jadi cantik jelita, sedangkan drama ‘True Beauty” berkisah tentang riasan wajah yang mampu membuat tokoh perempuan menjadi cantik.

 Baca juga: 

Birth of Beauty, Metamorfosis Perempuan Korban Pelakor 

 My ID is Gangnam Beauty, Kisah si Buruk Rupa vs si Cantik Jelita

Bullying menjadi benang merah. Akibat dibully, tokoh perempuan terpaksa mengubah wajahnya. Dampak bullying besar banget lho. Tidak hanya menyebabkan hilangnya kepercayaan diri, si korban kerap terdorong melakukan bunuh diri. 

Korea Selatan menjadi satu dari 5 negara dengan tingkat bunuh diri di dunia. Negara lainnya adalah Jepang, Rusia, Guyana, dan Lithuania (sumber)


Mun Ka-Young sebagai Im Ju Kyung    

Anak kedua keluarga Im yang berwajah tidak cantik. Akibatnya, sejak kecil Ju Kyung kerap mengalami bullying. Semakin parah ketika Ju Kyung masuk sekolah lanjutan.  

Bencana berubah menjadi keberuntungan sewaktu ayah Im Ju Kyung tertipu ratusan juta rupiah. Keluarga mereka harus kembali menempati rumah lama dan Ju Kyung harus pindah sekolah. 

Riasan wajah membuat wajah Ju Kyung berubah 180 derajat menjadi sangat cantik. Di sekolahnya yang baru, Saebom High School,  Ju Kyung mendapat banyak pujian. Dengan cepat, Ju Kyung juga dikelilingi banyak teman. 

Tak terduga, Ju Kyung ternyata satu sekolah dengan Lee Soo Ho, pemuda idola Saebom High School. Lee Soo Hoo lah yang menolong Ju Kyung dari aksi bunuh diri akibat bullying di sekolah lama, Yongpa High School. 

Tak disangka pula, 8 tahun lalu mereka berdua pernah berteman. Sama-sama pembaca komik yang setia di ‘Pangeran Komik’.


Cha Eun Woo sebagai Lee Soo Ho

Pemuda tampan, kaya raya, dan anak tunggal pemilik Move Entertainment.
Selalu menjadi juara pertama, Lee Soo Ho yang tampan menjadi idola di Saebom High School. 

Namun dia selalu murung. Lee Soo Ho hidup terpisah dari ayah yang dianggapnya berkhianat pada ibunya. Di hari kematian sang ibu, Lee Soo Ho melihat ayahnya selingkuh. 

Lee Soo Ho sempat merasa bahagia saat membentuk grup band bareng Han Seo Joon dan Jeong Se-Yeon. Sayang tak lama, Jeong Se Yeon bunuh diri. Lee Soo Ho mengira ayahnyalah penyebab karibnya bunuh diri.


Hwang In Yeop sebagai Han Seo Joon

Bersama Lee Soo Ho dan Jeong Se Yeon, Han Seo Joon pernah membentuk grup band, Han Seo Joon sebagai vokalis. Saat Jeong Se Yeon bunuh diri, dia menuduh penyebabnya adalah Lee Soo Ho dan ayahnya. 

Han Seo Joon terpikat pada Im Ju Kyung, karena kecantikan dan kebaikan hatinya. Im Ju Kyung pernah membantu adik perempuan Han Seo Joon dari perundungan. Im Ju Kyung juga yang mendukung sang adik tampil di panggung sekolah.


Park Yoo Na sebagai Kang Soo Jin

Juara kedua yang selalu membayangi Lee Soo Ho, sang juara kelas. Berteman dengan Lee Soo Ho selama sepuluh tahun membuat Kang Soo Jin merasa sudah seharusnya Lee Soo Ho menjadi pacarnya. 

Sayang, Lee Soo Ho lebih memilih Im Ju Kyung, anak baru yang tidak pintar dan tidak cantik.


Sinopsis Drama Korea True Beauty    

Pernah mencoba bunuh diri gara-gara bullying terhadap wajahnya yang tidak cantik, Im Ju Kyung merasa bahagia di sekolah baru, Saebom High School. 

Berkat riasan wajah, wajah Im Ju Kyung menjadi sangat cantik. Semua memuji dan berlomba menjadi sahabatnya. Hanya satu orang yang tetap dingin dan cuek. Dia adalah Lee Soo Ho, pemuda tampan nan jenius yang mendapat julukan Dewa Soo Ho. 

Selepas jam sekolah, Im Ju Kyung bertemu lagi dengan Lee Soo Ho di tempat penyewaan komik, ‘Pangeran Komik’. Apesnya, Im Ju Kyung sedang tidak memakai make up, sehingga dia mengira Lee Soo Ho mengetahui rahasianya.  

Padahal mah nggak. Justru Im Ju Kyung sendiri yang membuka kedoknya. Untung Lee Soo Ho seorang gentleman, bukan pemuda comel yang suka bongkar rahasia. Bahkan berkat Lee Soo Ho, Im Ju Kyung kerap terselamatkan dari kejadian yang hampir membongkar rahasianya. 

Pertemanan mereka yang unik berubah menjadi hubungan sepasang kekasih. Kondisi yang tidak menguntungkan Im Ju Kyung. Lee Soo Ho adalah idola banyak perempuan, sehingga bisa dipastikan Im Ju Kyung akan menjadi sasaran amarah dan kebencian pelajar perempuan di sekolahnya. 

Benar saja. Malah lebih parah. Pelaku kebenciannya Kang Soo Jin, sahabat Im Ju Kyung. Kang Soo Jin merasa harusnya Lee Soo Ho menjadi kekasihnya, karena hanya Lee Soo Ho yang perhatian padanya dan mengenalnya selama 10 tahun. 

Dilanda kemarahan dan kebencian, Kang Soo Jin mengunggah wajah lama Im Ju Kyung di web komunitas sekolah. Akibatnya Im Ju Kyung menjadi korban olok-olok. 

Kali ini, apa langkah Im Ju Kyung? Pindah sekolah lagi?



Review Drama Korea True Beauty

Pngin nangis! 

Tepatnya pingin nangis di episode 13, sewaktu ibu Im Ju Kyung melihat anaknya dibully hanya gara-gara wajahnya jelek. Hiks, gak ada ibu yang rela anaknya dibully. 

Sayangnya hanya di episode tersebut drama True Beauty mendapat point, selebihnya boring. Nggak heran, seorang teman mengeluh di media sosial: “True Beauty, membosankan!” 

Penyebabnya mungjkin premis drama True Beauty yang sederhana ya? Tentang gadis yang mengalami bullyan kemudian memutuskan mengubah wajahnya dengan riasan wajah sehingga terlihat cantik. 

Selebihnya hanya tempelan. Seperti kisah asmara kakak Im Ju Kyung. Dikisahkan sebagai gadis tomboy, sang kakak menikah dengan wali kelas Im Ju Kyung dengan cara yang tidak biasa. Nggak lucu, walau maksudnya mungkin merupakan adegan komedi. 

Demikian juga Lee Soo Ho dan persahabatan dengan personil grup bandnya yang membuat trauma. Semua cuma sepintas dan terkesan seperti selotip yang ditempelkan begitu saja. 

Serta kisah klise second lead,  perempuan cantik (beneran cantik, bukan hasil oplas atau riasan wajah) yang keukeuh ingin dicintai tokoh utama pria. Dan pria ganteng lainnya yang jatuh cinta pada tokoh utama perempuan. 

Mengapa nggak dikembangkan kisah yang lebih mendalam, misalnya antara Im Ju Kyung dan kakak perempuaannya. Bisa aja kan sang kakak mendukung proses metamorfosis Ju Kyung. Tapi tetap merahasiakan dari ibu mereka yang punya beban begitu berat. 

Serta kisah-kisah persahabatan dan persaudaraan yang lebih intens, terkait dengan kasus wajah kurang rupawan Im Ju Kyung, yang menjadi inti kisah drama True Beauty. 

Ya sudahlah, beruntung  True Beauty dibintangi Cha Eun Woo. Atau memang sengaja dipilih agar  punya nilai jual? Penyabet 2 penghargaan sewaktu berakting di Rookie Historian Goo Hae Ryung  ini nampaknya spesialis drama perempuan berubah jadi cantik. 

Baca juga:
Rookie Historian Goo Hae Ryung, Sejarah (Bukan) Milik Penguasa 

Backstreet Rookie, Eh Si Eneng Naksir Duluan!   

Banyak penonton yang jatuh cinta pada Hwang In Yeop yang berperan sebagai Han Seo Joon. Kisah second lead lain yang dicintai penonton. Seperti nasib Han Ji Pyeong dalam Start Up. 

Nah jika Anda sudah menonton True Beauty, pilih siapa? Lee Soo Ho atau Han Seo Joon. Anehnya kali ini saya memilih Han Seo Joon, si second lead. Hehehe ….. 😉😉

Profile (sumber: asianwiki.com)
Drama: True Beauty
Revised romanization: Yeoshingangrim
Hangul: 여신강림
Director: Kim Sang-Hyub
Writer: Yaongyi (webcomic), Lee Si-Eun
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: December 9, 2020 - February 4, 2021
Runtime: Wed. & Thu. 22:30
Language: Korean
Country: South Korea

23 comments

  1. Oalaaaahhh..iya yach orang2 Korea itu buanyaaak sekali yang oplas maupun dengan riasan canggih wajah jelek jadi cantik dan rupawan. Kasian deh ga kebayang seandainya cewek baik hati buruk rupa dibully teman2 sekolahnya begitu. Kalau riasannya luntur atau gimana2 malah tambah serem dong ketahuan wajah aslinya.

    ReplyDelete
  2. TRUE BEAUTY ini rameee banget, dan as usual banyak yg mendukung second lead :D
    Aku nonton beberapa episode aja sih, soalnya setting drakornya kan jaman SMA.
    terlalu "jauh" buatku wkwkwk.
    Aku cari drakor yg setting udah bapak2/ibu2 aja dah :D

    ReplyDelete
  3. Bullying karena wajah yang tidak dilawan menjadi inspirasi drama maupun film ya, semoga bisa menjadi tuntunan agar nggak terjadi lagi

    ReplyDelete
  4. Wah drama Korea true beauty ini aku juga ngikutin mbak seru banget kisah-kisah anak sekolahan gini. Masih on going pun kubela-belain nonton

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah menonton drakor ini. Tetapi, pernah nonton reality show asal Korea tentang oplas. Ternyata memang separah itu bullyingnya. Sampai mereka ingin banget operasi plastik

    ReplyDelete
  6. Saya selalu tergelak-gelak saat menyaksikan banyak adegan lucu tentang gaya pacarannya Ju-kyung dan Soo-ho. Ada aja lucunya. Terutama saat mereka berusaha menyimpan rahasia hubungan mereka. Overall drakor ini bagus menurut saya. Tema ceritanya sederhana tapi bisa menghadirkan banyak adegan yang bermakna.

    ReplyDelete
  7. team seojun in here! aku tim seojun gara2 HIY meraninnya bagus. padahal masih rookie. XD
    sempet merasa kesel soalnya banyak kisah yang bolong gitu. seperti kisahnya sujin, alasan kenapa seojun dikejar preman.
    yaudah lah ya. sudah lewat juga. kalau boleh kasih nilai drama yg katanya "adaptasi" webtoon ini saya beri nilai 4 dari 10.

    ReplyDelete
  8. Kemungkinan besar, kita udah dijejelin tokoh Betty La fea, lalu tokoh Princess diary, nah itu semua kan sama, dari cewek jelek diubah jadi cewek cantik banget

    Dan itu semua... bullsh*t karena yaah masak sih fake face itu jadi penentu kesuksesan seseorang?

    ReplyDelete
  9. aku udah nonton ini sampai habiiss.
    Lumayan allur ceritanya.
    Agak beda dengans ebelum2nya yg dari jelek tetiba cantik, atau dari gemus jadi kurus.
    Kali ini pakai make up ya.

    ReplyDelete
  10. Keyword bullying dalam cerita review k drama menjadi entry point dalam kehidupan dan psikologis dampak akibatnya

    ReplyDelete
  11. Lucu sekali scene yang masih malam udah mojok buat dandan, hiburan banget tapi sarat makna

    ReplyDelete
  12. Belum nonton, tapi sempat tau juga kalau drama ini rame banget karena pemerannya. Kalau dengan make up jadi cantiknya oke juga temanya, yg udah2 ada yg krn parfum atau minum kopi ajaib, eh sy malah nonton drakor yg temanya ajaib2 gini, hehe*.

    ReplyDelete
  13. wah, orang-orang korea memang top, serasa dan bermimpi semoga suatu saat nanti bisa mengunjungi negara ini bersama keluarga. Aamiin.

    ReplyDelete
  14. Salah satu drama favorit tahun ini bahkan sampe rela nungguin tayang on going (padahal biasanya nunggu tamat dulu)
    Tiap episodenya begitu menarik, meski adaptasi dari webtoon tapi ga membosankan. Aku Tim Lee So Hoo saat itu tapi suka juga sih sama karakter Han Seo Joon

    ReplyDelete
  15. Aku senang nonton drama True Beauty ini
    Ini romcom paling menghibur menurutku
    Ceritanya juga relatable sama kehidupan saat ini

    ReplyDelete
  16. Musuh bebuyutan Korsel adalah negara2 yg maju disegala bidang kecuali negara pecahannya itu :D Gak heran kalau mereka mesti bersaing ketat dan merasa harus lebih terdepan dari yang lain itu, sampai ke soal "Prestasi Kecantikan" pun harus mengangkasa kalo bisa, karena dunia film/drama, musik, fashion membutuhkan orang2 good looking dan jago akting.

    True Beuaty salah satu drama top yang di masa penayangannya menyedot banyak perhatian dan jumlah penonton. Ceritanya ringan tapi menarik dan menghibur. Aku suka sama Hwang in Yeop di sini :D

    ReplyDelete
  17. Kupikir cuma aku yg bosen nontonnya. Untung banyak lucu2nya yaa...
    Btw, serem juga ya aturan dan budaya disana. berasa tertekan gitu jadi wrga negara Korsel...

    ReplyDelete
  18. ini drama nya bagus dan lucu lho, saya juga nonton serial ini. ini penulis weebton nya juga cantiik banget lho menurut aku lebh cantik dari pemain utamanya hihihi

    ReplyDelete
  19. Ini drakor yang topiknya bagus banget secara byk orang insecure ya sama standar beauty yang ada di masyarakat nih, jd pengen nonton ah selengkapnya

    ReplyDelete
  20. Saya beberapa kali pernah nonton drakor bertema gini, ternyata itulah salah satu alasan juga disana banyak oplas akibat dari tingginya bullying terhadap paras wajah ya mba, ini True Beauty harus masuk list deh suka tema begini ada sedihnya ada bangkitnya bikin semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kak, dah musim nih, orang oplos wajah yang jelek (menurut tafsiran mereka) untuk tampil lebih wah. Itulah pentingnya kita bersyukur dalam kondisi apapun.

      Delete
  21. Aku senang nonton drama Korea True Beauty ini
    ceritanya relatable sama kehidupan saat ini
    Tapi aku lebih suka sama second lead male nya🤭

    ReplyDelete
  22. So jin masuk sad girl yg melegenda hehe.. pinter, cantik, baik.. tetep aja kalah ama yg be ajah.. gak dapetin cintanya so hoo padahal dah baik bgt. Wajarlah so jin baper.

    Tapi ari so jin aku belajar terobsesi bikin hidup jadi gak sehat, mending ikhlasin aja mending senangin diri, kalo jodo gakan kemana wkwkwk...

    ReplyDelete