Transformasi Digital, Senjata Perempuan UMKM Mengantar Anak ke Gerbang Sukses

 

sumber: danone indonesia, freepik.com

Berhasil diterima di salah satu fakultas ITB, merupakan suatu prestasi bukan?

Terlebih, jika seorang anak sukses berkat sang ibu yang berjualan kue di sekolah, pengajian serta kemanapun kaki melangkah.

Kebetulan teman pengajian saya melakukannya. Suaminya bekerja sebagai makelar, sehingga nafkah bulanan tidak menentu. Bahkan kerap tidak ada sepeserpun.

Tak mau berpangku tangan, teman saya menyingsingkan lengan, membuat snack seperti risoles, lemper, pastel, terkadang telur asin. Setiap pagi dia berangkat bersama anaknya. Saat sang anak sudah masuk kelas, dia menjajakan kuenya ke orang tua murid lain.

Terkadang langsung habis. Kali lainnya baru habis sesudah dibawa ke tempat ibu-ibu berkumpul,  pengajian misalnya.

Demikian berlangsung sejak anaknya TK hingga lulus SMA. Sesudah anaknya diterima di ITB dia memilih menerima pesanan. Biasanya untuk arisan, pengajian atau katering. Ada yang pesan 500 buah, terkadang mencapai 2.000 buah. Semua dikerjakan sendiri.

Paska anaknya meraih postdoc dari Jerman dan bekerja, teman saya lebih banyak di rumah, mengurus ibunya yang sudah sepuh. Dia nggak bingung lagi mencari sesuap nasi karena ditanggung anaknya.

Nggak terbayang andai sekarang, di saat pandemi Covid 19,  dia masih berjualan ya? Tidak ada lagi orang tua yang datang ke sekolah. Peraturan physical distancing juga memaksa ditiadakannya resepsi dan pengajian secara offline.

Paling tidak itulah yang terjadi di sekitar rumah saya. Sekolah tutup. Aktivitas belajar berlangsung online. Otomatis pemilik kantin daan PKL makanan di sekitar sekolah tidak bisa berjualan lagi.

Berimbas pada toko/grosiran bahan makanan yang berlokasi di sekitarnya. Mereka mengeluh, tidak ada lagi pembeli dalam jumlah banyak seperti sebelum pandemi.

Isi:

Saat Perempuan Sejahtera Semua Sejahtera

UMKM, Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

Womenwill, Transformasi Digital Bagi Perempuan Indonesia

WAS dan AHS Untuk Perempuan Indonesia

Perempuan UMKM dan Bonus Demografi

 

sumber: makasar.tribunnews.com

UMKM, Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

Ternyata saya salah, pandemi bukan berarti bisnis harus tamat. Jumat, 18 Desember Danone Indonesia bersama Google Indonesia (Womenwill) menggelar webinar bertopik “Perempuan Pelaku UMKM: Berkembang dengan Memanfaatkan Teknologi Digital”, dengan 4 narasumber, yaitu:

  • Destry Anna Sari – Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
  • Vera Galuh Sugijanto - Vice President General Secretary Danone Indonesia
  • Dora Songco – Product Marketing Manager for Brand & Reputation Google Indonesia
  • Jonathan End - Digital & Growth Consultant

Dilihat dari narasumbernya, bisa disimpulkan materinya “berdaging” semua. Mengupas tuntas sisi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Sebab, saat Indonesia menyongsong 5 raksasa dunia, maka sektor UMKM harusnya paling berkontribusi, sekaligus mendapat banyak manfaat.

Baca juga: Indonesia Menuju 5 Raksasa Dunia Dengan GESID

Sesuai data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI pada 2017, pangsa pasar UMKM sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia, dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional. (sumber: femina.co.id)

Pada 2018 tercatat UMKM yang dikelola perempuan sebanyak 64,5% dari total UMKM Indonesia, atau mencapai 37 juta UMKM, dengan kontribusi pendapatan sebesar 36,7 %.

Selanjutnya secara terperinci disebutkan kontribusi UMKM yang dikelola perempuan terhadap PDB sebanyak 9,1 persen. Sedangkan kontribusi terhadap ekspor lebih dari 5 persen.

Sangat kecil bukan?

Penyebabnya, 51 % usaha yang dimiliki perempuan adalah usaha kecil. Hanya 34 % yang mempunyai bisnis ukuran menengah. Sehingga terjadi jurang kesenjangan ekonomi.

Bagaimana cara mempersempit kesenjangan?

Dengan teknologi tentu.

Aprilia Melissa Kristiawan Tarigan (source: womenwill indonesia)

Womenwill, Transformasi Digital Bagi Perempuan Indonesia

Jangan takut pada keterbatasan, karena banyak keterbatasan yang akan kita hadapi. Tapi kita bisa menyeimbangkannya. (Aprilia Melissa Kristiawan Tarigan)

Google melakukan riset dan menemukan fakta bahwa teknologi bisa mempercepat pertumbuhan suatu usaha hingga 80 %. Karena itulah Google menginisiasi program Womenwill.

Womenwill membantu perempuaan melakukan transformasi digital dalam aktivitasnya. Programnya meliputi training, networking, sharing session untuk perempuan bekerja.termasuk memanfaatkan teknologi untuk mengurus rumah tangga dan pengasuhan anak.

Salah satu kisah sukses yang tercantum dalam web Womenwill adalah Aprilia Melissa Kristiawan Tarigan. CEO Papyrus Photo ini membangun bisnis dengan suaminya pada tahun 2003 di Bandung, Jawa Barat.

Mereka memulai bisnis dari sebuah garasi, kini berkembang menjadi beberapa usaha, yaitu resto Italia Celebrate, toko es krim & Let's Go Gelato, dan yang teranyar adalah Family Frame Work.

Seperti bisnis lainnya, April mengalami pasang surut. Bahkan hampir tutup pada tahun 2008. Kemudian mereka mencoba teknik pemasaran baru, diantaranya menggunakan dunia digital dan media sosial. Ternyata berhasil!

Akses internet yang semakin mudah juga membantu. Saat terjadi kendala dengan pemasok bingkai foto, Aprilia dan suaminya browsing kemudian belajar membuat bingkai sendiri, termasuk membeli  peralatan yang diperlukan.

Selain membagikan kisah sukses, Aprilia juga memberikan kiat, yaitu

“Jangan pernah mengambil jalan pintas. Awalnya mungkin terasa mudah, tapi setelah itu akan jadi lebih sulit,”


WAS dan AHS Dari Danone Untuk Perempuan Indonesia

Kemajuan perempuan pelaku UMKM di Indonesia sangat terkait dengan komitmen Danone Indonesia sesuai kontribusinya dalam SDGs 2030:

  • Pembangunan sosial, yaitu tanpa kelaparan, hidup sehat dan sejahtera serta kesetaraan gender
  • Pembangunan ekonomi, yaitu energi bersih dan terjangkau, serta industri, inovasi dan infrastruktur.
  • Pmbangunan lingkungan: akses air bersih dan sanitari, menjaga ekosistem laut, menjaga ekosistem darat, serta konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Salah satu perwujudannya dengan membangun mitra mikro bisnis AQUA Home Service (AHS) dan ibu kantin Warung AnakSehat (WAS)

Dukungan yang diberikan pada AHS:

  • Mendukung pertumbuhan AHS melalui AHS Akademi yang bermitra dengan Umar Usman Business School. Untuk pelatihan, pembinaan dan modul ketrampilan bisnis dasar seperti pemasaran, penjualan serta hubungan pelanggan.
  • Peningkatan kompetensi AHS mengenai pentingnya hidrasi sehat. Sebagai duta kebaikan memberikan rangkaian konten edukasi dan pelatihan sejak 2019.
  • Memastikan kesehatan dan keselamatan AHS: menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk seluruh AHS yang berjumlah 7.500 APD.

Sedangkan dukungan Danone Indonesia bagi WAS;

  • Peningkatan kompetisi ibu-ibu kantin tentang pengetahuan kesehatan dan gizi. Serta ketrampilan dan pelatihan jajanan gizi sehat.
  • Bantuan pendampingan terus  menerus.
  • Bekerja sama dengan Danone Ecosystem Fund dan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia, Danone SN Indonesia menyalurkan bantuan lebih dari 1 milyar dalam bentuk bantuan langsung tunai serta sembako berupa e-voucher.

Seperti telah disinggung di atas, banyak pengusaha gulung tikar, terlebih pegiat warung/kantin sekolah. Agar mereka tetap dapat berusaha, Danone Indonesia melakukan kolaborasi dengan Google Indonesia memberikan serangkaian pelatihan digital pada WAS dan AHS.

Materi yang diberikan terkait pemanfaatan teknologi digital untuk optimalisasi bisnis, membangun kesiapan mental berwirausaha dan penguatan business mindset.

Contoh sukses adalah Ibu Ida pemilik kantin sekolah di Lombok. Walau kantinnya harus tutup saat pandemi, berkat kolaborasi Danone Indonesia dan Google Indonesia yang memberi pelatihan daan pendampingan, Ibu Ida bisa berjualan snack via online.


Perempuan Pelaku UMKM dan Bonus Demografi

“Pembangunan manusia harus bagus,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy terkait bonus demografi. (sumber: kompas.com)

Yang dimaksud bonus demografi adalah fenomena penambahan jumlah penduduk usia kerja yang membawa keuntungan bagi perekonomian.

“Pada saat jumlah penduduk usia produktif jauh lebih banyak dari total penduduk, maka harus ada perencanaan yang baik agar Indonesia mendapatkan keuntungan dari bonus demografi itu,” kata Muhajir, “mulai dari proses 1.000 hari kehidupan sampai SMA/SMK hingga perguruang tinggi terhindar dari jebakan-jebakan,”

Yang dimaksud jebakan-jebakan oleh Muhajir adalah anak putus sekolah.

Keberhasilan perempuan pelaku UMKM menjadi penentu. Terlebih saat pandemi. Mereka diuji. Anak-anak mereka terancam putus sekolah. Apakah dapat melaluinya dengan mulus?

Jawabannya ada pada materi yang diberikan Vera Galuh Sugijanto dari Danone Indonesia. Vera mengungkapkan, meski saat pandemi Covid 19  sekitar 50 % UMKM menutup usahanya, cara berbelanja fisik menurun hingga 50 %, namun secara fantastis aktivitas belanja online meningkat hingga 400 %.

Wow pisan bukan?

Ternyata pintu sukses berwirausaha tetap ada, hanya berpindah tempat. Yang diperlukan kemudian adalah semangat perempuan pelaku UMKM untuk melewati pintu sukses tersebut.

Seperti yang dikatakan Aprilia Melissa Kristiawan Tarigan:

Perempuan bisa berkompetisi dengan baik dalam arena internet karena memiliki akses pada informasi melalui teknologi.

Yuk perempuan Indonesia, kamu pasti bisa!

Baca juga: Mau Usaha Kuliner Saat Pandemi? Simak 5 Langkah Awalnya!

 

34 comments

  1. "Jangan takut pada keterbatasan".
    Aku kadang-kadang merasa takut, Ambu. Tapi alhamdulillah terkalahkan pada keyakinan bahwa Allah akan selalu ada, selalu memberi jalan terbaik.

    ReplyDelete
  2. Terjadi peningkatan hingga 400% itu memang fantastis sekali ya, ambu. Semacam rejeki di tengah bencana. Bukan maksud ngarep ada bencana terus biar tetap terjadi peningkatan, tapi makna yang ada di baliknya, di mana peluang itu ada jika dicari, karena meski dilanda bencana, tetap ada orang berduit yang belanja berbagai kebutuhan.

    ReplyDelete
  3. Kita bisa menyeimbangkannya, memang ya yang namanya wanita itu selalu bisa multitasking, bahkan merasa diri nggak bisa kayak saya, misalnya, tetep aja ujung-ujungnya dipaksain multitasking dan Alhamdulillah memang bisa sih.

    Dan untuk itu, perempuan memang kudu berjuang dalam persaingan teknologi :)

    ReplyDelete
  4. Program Womenwill ini bisa membantum perempuaan melakukan transformasi digital dalam aktivitas aplg jika umkmnya sudah digitalisasi ya mba bisa berkembang

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah.. cerita mengenai si ibu hebat banget mbak.. sebagai perempuan memang harus memiliki semangat juang tinggi

    ReplyDelete
  6. Jangan takut pada keterbatasan, karena banyak keterbatasan yang akan kita hadapi. Tapi kita bisa menyeimbangkannya.

    Sukaaa banget dgn quote ala mba Aprilia ini
    Sangat menyemangati dan menginspirasi para pejuang UMKM digital.
    Semangaatt, semuanyaaaa
    makasii Danone karena berkontribusi optimal utk pemberdayaan UMKM di Indonesia

    ReplyDelete
  7. seneng aku ambu kalo liat banyak program pemberdayaan perempuan terutama mereka yang bergerak di umkm kaya gini, penting tuh edukasi digital karena memang sekarnag trendnya serba digital

    ReplyDelete
  8. Kolaborasinya keren nih. Salut untuk program yang sudah dicanangkan oleh DANONE INDONESIA dan GOOGLE INDONESIA. Semoga semua visi dan misi yang sudah dicanangkan berjalan dengan baik dan bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Utamanya bagi UMKM yang benar-benar bermodalkan minim dan butuh banyak sentuhan bantuan.

    ReplyDelete
  9. Wah inget Women Will jadi inget tahun lalu sebelum pandemi sempet ikutan pelatihannya di hotel berbintang. Bagus banget ini untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM, dengan ibu yang berdaya secara finansial, insyaallah anak2nya akan sukses

    ReplyDelete
  10. Mantap semangant memberdayakan ekonomi dengan kreatifitas yang bisa menjunjung diri dan keluarga dengan usaha. Digital sekarang menopang itu

    ReplyDelete
  11. Setuju banget nih kalo setiap perempuan wajib melek digital apalagi dalam berbisnis. Salut sama program acaranya Danone yang selalu peduli untuk memberdayakan semuanya. Tema acaranya wow banget tentang Perempuan Pelaku UMKM, Berkembang dengan Memanfaatkan Teknologi Digital.

    Memberikan semangat buat kaum hawa yang sedang menjalankan usaha , go digital..

    ReplyDelete
  12. untuk menghadapi lonjakan bonus demografi ini memang harus dipersiapkan kalo gak bisa jadi masalah juga tuh ya, dengan memberdayakan perempuan pelaku umkm semoga bisa menjadi salah satu solusinya dengan edukasi digital utk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi

    ReplyDelete
  13. halo kak maria,
    wah ceritanya inspiratif sekali. jadi terinspirais buat terus semangat nih nyari cuan buat anak - anak. insyaallah ya kalau niat nya buat masa depan anak - anak di lancarkan jalannya sama Allah. memang suami pencari nafkah utama, tapi gak ada salahnya kita sebagai istri juga ikut bantu ya. siapa tau ternyata rezekinya lebih lancar malah lewat tangan para istri.

    ReplyDelete
  14. Salut sekali dengan WAS dan AHS Dari Danone Untuk Perempuan Indonesia. Program yang mengangkat derajat ekonomi perempuan Indonesia. Bravo semoga program ini berkesinambungan dan tetap bisa menjangkau semua pesertanya.

    ReplyDelete
  15. Saya percaya UMKM Indonesia bisa jadi semakin majudan berkembang lagi, jika perempuan-perempuan hebat dpat mengaplikasikan hasil sharring dari pakar ini. Bukan tidak mungkin terlebih 2030 akan ada bonus demografi. So semangaaaat...!! ;)

    ReplyDelete
  16. pandemi sekarang bikin kita harus lebih cepat adaptasi berubah ya.. aku mupeng mbak pengen ikut acara-acara Danone :)

    ReplyDelete
  17. Kolaborasinya bagus mbak, dan perjuangan para UMKM ini hebat-hebat banget dan sangat menginspirasi untuk calon UMKM atau pengusaha bisnis

    ReplyDelete
  18. salut buat para ibu yang terus berusaha membangun ekonomi keluarga hingga mengiringi kesuksesan sang buah hati 😭😭

    ReplyDelete
  19. Perhatian Danone agar para perempuan berdaya patut diapresiasi, karena program yang berkelanjutan sehingga dapat berdampak baik juga untuk perekonomian

    ReplyDelete
  20. women in tech sekarang ini perlu banget, kita perlu berani belajar ttg teknologi juga, melawan stigma bahwa perempuan lemah sama teknologi harus dilawan dengan kemampuan kita sndiri yaa. Semoga sukses untuk bisnisnyaa, perempuan berdaya perempuan berkaryaa.

    ReplyDelete
  21. Memberikan para perempuan kesempatan untuk belajar berusaha menggunakan platform digital adalah sebuah ide keren yang bisa membantu perekonomian secara signifikan dan nyata. Lanjutkaan

    ReplyDelete
  22. Masya Allah perjuangan seorang ibu ya memang. Pasti bangga sekali anaknya, I pun bangga pada anaknya. Kupikir jumlah pelaku UMKM perempuan udah banyak banget ternyata kalo disurvei terbilang sedikit ya

    ReplyDelete
  23. Paling salut klo ada kisah anak yg berhasil dgn usaha keeas ortunya apalagi ibu, alhamdulillah skrg byk "wadah" yg memfasilitasi umkm ya mba

    ReplyDelete
  24. Senanh banget bacanya, berkat kolaborasi danone dan google akhirnya bisa jualan online. Di masa sekarang harus pintar juga cari peluang dan ikut pelatihan

    ReplyDelete
  25. Ditengah kesulitan pasti ada jalan masalahnya maukah kita mencari jalan tersebut? Semoga dengan berjalannya waktu lebih bnayk individu yng tercerdaskan dengan kemampuan beradaptasi dengan platform digital untuk menjalankan kegiatan sehari-harinya ya

    ReplyDelete
  26. UMKM tapi emang sektor usaha yang paling tahan banting ya mba, dari krismon 97 juga UMKM sih yang bertahan. Apalagi sekarang jaman online bisa makin memperluas pemasaran. Wah ternyata ada y program AHS sama WAS, dari Danone, jadi CSR mereka pun bisa memberdayakan UMKM kan jadinya :)

    ReplyDelete
  27. Ibu-ibu memiliki andil dan kunci kesuksesan dalam rumah tanggan bahkan dalam sekala negara. Tentu tidak akan ada manusia cerdas dan sukses tanpa lahir dari ibu. UMKM dengan ibu-ibu sangat lekat. Pembinaan serius membawa dampak pada perbaikan ekonomi masyarakat yang bertahan dari krisis

    ReplyDelete
  28. Betul bgt mba, digital marketing skrg ini kunci survival. Saya jg lagi belajar bgt mbaa

    ReplyDelete
  29. nah ini dia yang diperlukan bagi mereka yang mau memulai usaha. digital marketing menjadi hal yang penting

    ReplyDelete
  30. Sekarang ini banyak UMKM yang dimana semuanya perempuan ya mba. Dan digital ini banyak membantu banget ya untuk perkembangan UMKM.

    ReplyDelete
  31. pandemi ini juga bikin lebih kreatif ya mak ibu-ibu berusaha buka usaha yang disukainya untuk menambah penghasilan. aku pun pasang surut usaha :") tapi pasti bakal terus meningkatkan umkm

    bismillah

    ReplyDelete
  32. Aku setuju sama tulisan ini dan aku juga mendukung perempuan melek digital dan mau bertransformasi biar bisnisnya semakin maju

    ReplyDelete
  33. Keren bgt ya Indonesia nih UMKM nya terus maju lhooo.. luar biasa semangat dan kreatifitasnya ;)

    ReplyDelete
  34. Selalu salut sama perempuan-perempuan yang melek digital sehingga bisa berkontribusi memenuhi kebutuhan keluarga. Semoga sukses juga untuk bu Maria dan seluruh UMKM di Indonesia yang sudah go digital. BERSAMA KITA BISA!!

    ReplyDelete