Princess Silver, Gara Gara Dendam Sang Ratu



Princess Silver, Gara Gara Dendam Sang Ratu 

Pernah dengar kisah “pakde” di zaman orba?

Bernama asli Muhammad Siradjudin, pakde berprofesi sebagai guru spiritual. Salah satu muridnya adalah Dietje, peragawati ternama nan ayu di zamannya.

Malang sekali nasib pakde, dia dijadikan kambing hitam saat Dietje ditemukan tewas akibat tembakan di kepalanya. Pakde dijebloskan ke penjara dan divonis seumur hidup.

Padahal konon, Dietje dihabisi nyawanya gara-gara berani jadi selingkuhan salah satu anggota penguasa orba. Dietje dan pakde sama apesnya ya?

Kisah lainnya terjadi pada seorang aktris ternama. Kali ini langsung terkait dengan istri sang penguasa. Menduga suaminya main mata dengan si aktris cantik, sang istri memerintahkan mobil tinja untuk membuang hasil sedotannya di depan rumah si aktris.

Hihihi …serem banget kalau perempuan membalas dendam ya?

Ups, nggak ada niatan untuk mendiskreditkan gender tertentu. Urusan balas dendam mah, laki-laki atau perempuan sama aja. Apalagi jika yang bersangkutan punya kekuasaan, bakal makin panjang ceritanya.

Seperti drama Cina “Princess Silver” yang berkisah tentang aksi balas dendam seorang ratu. Kekuasaan yang dipunyai sang ratu membuat balas dendamnya nggak nanggung. Bersama tangan kanannya dia membentuk geng Tianchou/ the Hate of Heaven.

Targetnya cuma satu, menghancurkan sang mantan! Mantannya ratu pasti raja atau kaisar kan ya? Nah kaisar Northern Lin lah targetnya.

Fu Yuan, nama sang ratu, sakit hati karena disingkirkan kaisar Northern Lin ke istana dingin. Bukan tanpa alasan sang kaisar memutuskan demikian. Fu Yuan ini memang kejam banget. Dia tega mengambil seorang bayi baru lahir dari dekapan ibunya. Dia juga sampai hati memperalat anak kandungnya demi mencapai tujuan.

Diproduksi tahun 2019, Princess Silver (Tionghoa: ; pinyin: Bai Fa) mengadopsi novel berjudul Bai Fa Wang Fei (Tionghoa: 皇妃; pinyin: Bai Fa Wang Fei, lit: Selir Kerajaan Berambut Putih ) oleh Mo Yanshang.

Judul Princess Silver beraroma click bait, seperti banyak drama Cina lainnya. Si princess rambut putih baru muncul di tengah cerita. Dikisahkan pemeran utama perempuan terkena racun kalajengking yang membuat rambutnya berubah putih. Di episode-episode akhir, rambutnya kembali hitam.

Ada ada aja ya? 😀😀



Sophie Zhang  sebagai Rong Le / Man Yao / Qin Man

Seorang gadis malang. Paska keluarganya dihabisi, Qin Man anak sulung perempuan dari menteri Qin Yong, diculik dan diperalat untuk melampiaskan balas dendam Fu Yuan.

Fu Yuan merupakan mantan istri kaisar Northern Lin yang berhasil melarikan diri dan  menjadi ratu/ibu suri di kerajaan Western Qi. Fu Yuan pula biang kerok kematian keluarga Qin Yong.

Ingatan  Qin Man dimanipulasi Fu Yuan. Semula Qin Man dilatih bela diri dalam sekte Tianchou. Saat melarikan diri, Qin Man ditangkap dan diplot sebagai Putri Rong Le, putri Kerajaan Western Qi yang harus menikah dengan Wu You, pangeran ke-7 Kerajaan Northern Lin.

Selama di Kerajaan Northern Lin, Rong Le menjalankan misi lainnya, yaitu mencari kitab “Mountains and Rivers Tome” karangan Qin Yong, ayah kandungnya. Untuk memuluskan misi, Rong Le menyamar sebagai Man Yao.





Aarif Rahman sebagai  Zong Zheng Wu You

Anak Kaisar Yun He dari Northern Lin, yang paling cerdas dan paling disayang ayahnya.

Namun Wu You justru membenci sang ayah. Dia mengira ayahnya menjadi penyebab kematian ibunya. Pada saat kejadian, dia melihat ayahnya bersimbah darah di depan jenazah sang ibu.

Wu You tetap membenci ayahnya walau Kaisar Yun He telah membangun makam mewah  untuk memperingati istri yang sangat dicintai.

Kemarahannya semakin menjadi ketika dia dipaksa menikahi Putri Kerajaan Western Qi, Rong Le. Wu You mbalelo dengan mencintai Man Yao, pemilik tempat minum teh. Wu You tidak menyadari bahwa Man Yao adalah Rong Le.



Jing Chao sebagai Fu Chou / Wu Chou

Jenderal besar Northern Ling yang menjadi pion utama Fu Yuan.

Begitu lahir, Fu Chou direngggut dari dekapan ibunya, permaisuri Yun, istri tersayang Kaisar Yun He dari Northern Ling. Otomatis Fu Chou dipisahkan dari saudara kembarnya, Wu You.

Menyangka dirinya anak kandung Fu Yuan, Fu Chou patuh diplot sebagai tuan muda sekte Tianchou dan menjalankan misi membalas dendam Fu Yuan.

Salah satunya dengan menikahi Rong Le dan menguasai kerajaan Northern Lin.

Diluar rencana, Fu Chou jatuh cinta pada Rong Le.



Leo Luo sebagai  Rong Qi

Putra tunggal Fu Yuan yang terlahir dengan racun yang diturunkan ibu kandungnya.

Sangat tergantung pada racikan obat buatan ibunya, Rong Qi sebagai Kaisar Western Qi hanya menjalankan apapun yang diperintahkan Fu Yuan.

Sadar tidak bisa mempertahankan Qin Man sebagai kekasihnya, Rong Qi berjuang untuk memastikan Qin Man/Rong Le tetap hidup, walau tindakannya sering disalahpahami.

Demi menyelamatkan hidup sang kekasih pula, Rong Qi rela mempertaruhkan nyawa dengan melakukan transfusi darah. Karena darah Rong Qi  satu-satunya penawar racun di tubuh Rong Le.



Sinopsis Princess Silver

Kisah berawal saat Rong Le mendapat instruksi menikah dengaan pangeran Wu You, pangeran ke-7 dari kerajaan Northern Lin. Sebagai putri kerajaan Western Qi, dia harus mendukung aliansi tersebut untuk memperkuat posisi kerajaannya yang lemah.

Rong Le tidak menyadari bahwa dirinya hanya pion yang digunakan Fu Yuan untuk  membalas dendam. Nama aslinya Qin Man, dan dia anak menteri Qin Yong dari Northern Li.

Menteri Qin Yong dan keluarganya dihabisi Kaisar Northern Lin atas hasutan Fu Yuan

Terlambat menyadari kejahatan istrinya, Kaisar Yun He menghukum Fu Yuan dengan pengasingan di istana dingin.

Ketika istana dingin terbakar, Fu Yuan berhasil melarikan diri ke Kerajaan Western Qi dan menjadi permaisuri yang melahirkan Rong Qi.

Dendam pada mantan suaminya, Fu Yuan mendirikan sekte Tianchou yang mempunyai target menghancurkan Northern Lin. Dua anak menteri Qin Yong, yaitu Qin Man dan adiknya Qin Xiang dijadikan pion Fu Yuan dengan memanipulasi ingatannya.

Seiring waktu, Qin Man dan Rong Qi menjadi sepasang kekasih, namun Fu Yuan tidak peduli. Dia memplot Qin Man sebagai adik Rong Qi, dengan nama baru: Rong Le.

Sebagai putri dari Kerajaan Western Qi, Rong Le mendapat 2 tugas, yaitu menikahi Wu You, pangeran ke-7 dari Kerajaan Northern Lin.

Tugas kedua,  selama di Northern Lin dia harus mencari kitab “Mountains and Rivers Tome” karangan Qin Yong. Untuk memuluskan tugasnya, Rong Le menyamar sebagai Man Yao, pemilik rumah teh.

Saat akhirnya Rong Le dan Wu You saling jatuh cinta, Fu Yuan memisahkan keduanya dengan memasukkan pion berikutnya: Fu Chou, yang menikahi Rong Le. Sehingga muncul permusuhan sengit antara Wu You dan Fu Chou, tanpa menyadari mereka sebetulnya saudara kembar.

Namun memutus ikatan saudara kembar hanyalah sebagian kecil dari skenario. Target utama Fu Yuan adalah menghukum Kaisar Yunhe dan menguasai atau malah menghancurkan Northern Lin.



Review Princess Silver

Pernah jatuh hati pada second lead yang kebetulan sosok antagonis?

Dalam Princess Silver, penonton akan jatuh hati pada Jendral Fu Chou dan berharap dia berjodoh dengan Rong Le, tokoh utama.

Harapan yang sia-sia tentunya. Tokoh utama pria pasti berjodoh dengan tokoh perempuan, baik sad ending maupun happy ending. Tak ada harapan untuk second lead. Keberadaannya cuma ngeramein.

Penonton juga jatuh cinta pada Rong Li, sosok ketiga yang mencintai Rong Le. Anehnya, penonton malah nggak suka pada Wu You, tokoh utama pria,  yang diperankan Aarif Rahman.

Paling tidak, seperti itulah mayoritas isi komen yang masuk ke mydramalist.com dan channel Youtube, tempat saya menonton drama Princess Silver secara utuh.

Para reviewer membandingkan Princess Silver dengan “Three Lives, Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms” dan “Ashes of Love”, yang menurut mereka sangat bagus.

Saya setuju dengan pendapat mereka, kisah yang terjalin dalam drama Princess Silver bak potongan puzzle yang tidak tepat peletakannya. Mungkin penulis skenario ingin membuat kejutan-kejutan di episode akhir. Sayang kurang sukses.

Beda banget dengan “ Three Lives, Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms” yang juga berkisah tentang anak kembar, keduanya mencintai perempuan yang sama. Bahkan lebih rumit karena menyangkut 3 kehidupan dan 3 dunia.

Baca juga: Three Lives, Three World, Ten Miles of Peach Blossoms, Kisah Romeo and Juliet ala Mitologi Tiongkok

Plot twist drama “ Three Lives, Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms” terasa nyaman, andai dianalogikan naik kendaraan, pengemudi piawai memainkan persneling, rem dan gas. Mulus.

Sedangkan “Princess Silver” bikin pusing, karena seperti naik kendaraan dengan supir yang sedang mabuk. Eh lewat jalan gronjalan pula.😀😀

Jadi, mari kita kesampingkan plot kisah yang seharusnya bisa jadi tontonan bagus ini. Penikmat drama Princess Silver akan terhibur dengan akting 3 aktor  idolanya, yaitu Leo Luo, Jing Chao dan Aarif Rahman.

Gara-gara menonton Princess Silver, saya menyukai aktor kerempeng berwajah tirus, Leo Luo. Unik ya? Bikin saya mereka-reka, aktor lain yang kurus seperti Leo Luo. Baik di dalam maupun luar negeri.

Belum nemu! Ada ide?

Berikut drama Leo Luo lainnya:

Love is Sweet, Perjuangan Cinta si Penderita Alergi Air Mata

Ashes of Love, Ayah Berulah Anak Kena Tulah

 O iya, saya menonton drama Princess Silver (lengkap) di channel Youtube

 

Drama: Princess Silver

Country: China

Episodes: 58

Aired: May 15, 2019 - Jun 26, 2019

Aired On: Wednesday, Thursday, Friday, Saturday

Original Network: iQiyi, Youku, iQiyi

Duration: 45 min.

Content Rating: 13+ - Teens 13 or older


7 comments

  1. Wah, review yang manis nih, mbak Maria hehehe... Nama2 orang Cina iru susah ya karena ga terbiasa. Btw film2 kejahatan isteri pengusaha maupun kekaisaran ini gemesin. Iya sih, kalau posisi kita seperti itu, ga mungkin diam saja kan. Apalagi ditambahn intri perseteruan akibat hasutan orang lain, makin rumit deh perasaannya. Iya tuh, aktor di Princess Silver, mukanya tirus bener.

    ReplyDelete
  2. Bening-bening gitu ya mbak Maria. Gumush deh! Paling suka sih sama darama kolosal, cuma aku masih jarang nonton drama Cina. Kayaknya menarik setelah baca sinopsis. Drama kolosl sih gak jauh-jauh dari perjodohan antar kerajaan. Kadang putri atau pangeran harus merelakan kebahagiaannya karena perintah Raja atau Kaisar.

    ReplyDelete
  3. Cerita Princesa silver penuh kejutan ya, jdi kita ga bisa bisa ditebak. Nontonnya makin penasaran dong. Saya suka pemain2nya apalagi liat princesa silver rambutnya jd hitam kembali hehe

    ReplyDelete
  4. Hyaaa aku pusing sendiri bacanya!
    Gimana yang nonton ya!

    Aku kok lebih senang kalau baca sinopsis dulu baru baca ke atas, oh si ini namanya A yang berjodoh dengan B dst

    Aku biasanya semua dibuat menggunakan mind mapping dulu baru ngerti (anaknya rada ga mudheng)

    ReplyDelete
  5. AARIF RAHMAN SEBAGAI ZONG ZHENG WU YOU

    Ambu, itu beneran namanya Aarif Rahman? Kok kayak nama orang Indonesia/Melayu?
    DraChin makin menariiikk banget.
    Konfliknya, plotnya, akting pemerannya juga top markotop!

    ReplyDelete
  6. Saya belum menonton ini Mbak. Kayaknya mau mandek nonton dulu beberapa lama. Hihihi
    Saya kalau telanjur nonton meski plotnya mbingungi juga tetep nonton. Itu susahnya. Wajib tamat

    ReplyDelete
  7. Makin banyak ya drama yang mengangkat kisah balas dendam, nggak pun di Indo atau pun Korea, kurang lebih sama aja. Mudah2an saja yang nonton nggak ikut2an balas dendam bila pernah disakiti.😁

    ReplyDelete