The Secret Life of My Secretary, Derita Cinta Penderita Prosopagnosia


Kenal Brad Pitt?

Itu lho aktor tampan, mantan suami Angelina Jolie.

Nah, jangan tersinggung kalo Brad Pitt ngga nyapa ketika bertemu di jalan atau di mall.  Bahkan tersenyumpun, tidak. Bukan berarti si Brad Pitt sombong, tapi dia menderita prosopagnosia atau tidak mampu mengenali wajah.

Diidap oleh 1 dari 50 penduduk AS, prosopagnosia yang juga dikenal sebagai “face blindness”, berasal dari bahasa Yunani.  “Prosopon” berarti wajah, sedangkan “agnosia” berarti ketidak tahuan.  

Penderita prosopagnosia tidak hanya sulit mengenali wajah orang laijn, juga wajahnya sendiri. Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan.

Faktor keturunan menjadi debatable ketika banyak ahli mengemukakan bahwa setiap orang memiliki faktor pembawa penyakit. Perawatan kedua orang tuanya yang akan menentukan, apakah seseorang akan menderita kelainan  tersebut atau tidak.


Bagaimana jika seorang pengidap prosopagnosia jatuh cinta?
Nah, ini yang bikin rame. Sebelum jatuh cinta kan umumnya melihat wajah pasangannya, cantikkah? Gantengkah?

Mungkin malah kebetulan ya? Punya pasangan yang ganteng dan cantik ngga menjamin kehidupan rumah tangga akan rukun bahagia. Bentuk fisik akan berubah. Si cantik dan si ganteng akan berubah peyot, kulitnya bergelambir dan nggak menarik lagi. Sementara cinta sejati harusnya tidak terpengaruh perubahan fisik.

Challenge akankah cinta tetap bersarang di dada, walau wajah kekasih menjadi buruk rupa, bisa dilihat dalam drama Korea:


yang berkisah mengenai Seo Do Jae, penderita prosopagnosia yang jatuh cinta pada Han Se Kye, aktris cantik pemilik fenomena aneh, setiap bulan  berubah bentuk. Mulai bentuk wajah biasa hingga tampilan mengerikan.

Drama “The Secret Life of My Secretary” nggak seekstrim itu. Lebih natural. Tentang bagaimana seorang sekretaris yang ingin mencoba kemewahan hidup kaum the haves, ternyata keasyikkan, susah berhenti.

Hukum ekonomi berlaku ya? Seorang individu akan mudah menyesuaikan diri ketika penghasilannya bertambah, namun akan kesulitan sewaktu pendapatannya menurun drastis.

Secara keseluruhan “The Secret of My Secretary” recommended banget jika butuh hiburan di akhir minggu, atau tatkala boring, pingin nonton yang segar, nggak pakai mikir.

Terlebih bertaburannya aktor ganteng dan aktris cantik di drama ini yang bikin betah. Aktor Kim Young Kwang beradu peran dengan Jin Ki Joo. Dan Koo Ja Sung, aktor tampan yang kerap bikin meleleh, beradu akting dengan si cantik Kim Jae Kyung.


Sayang, di negara pembuatannya, “The Secret of My Secretary” kurang sukses mendulang penonton. Dapat dilihat dari ratingnya yang cukup rendah. Maklum persaingan di sana cukup ketat, setiap waktu muncul karya baru, ide baru, yang terus terang bikin saya iri, dan ngedumel:

“Kapan ya dunia hiburan tanah air sekompetitif Korea Selatan?”



Kim Young Kwang sebagai Do Min Ik, pewaris perusahaan “T&T Mobile”, yang mengalami prosopagnosia usai mengalami musibah, membuatnya terikat pada sekretarisnya, Jung Gal Hee.

Gara-gara dikhianati sekretaris lama. Do Min Ik memiliki kebiasaan setiap tahunnya mengganti sekretaris.  Paska musibah, kebiasaan ini sulit dilaksanakan, karena hanya Gal Hee yang bisa mendampingi dan memahaminya.



Jin Ki-Joo sebagai Jung Gal Hee, sekretaris Do Min Ik, sekretaris  serba bisa yang terancam tidak diteruskan kontraknya.  Hingga suatu kesempatan, Gal Hee berpura-pura sebagai Veronika Park, putri konglomerat yang dijodohkan dengan Do Min Ik.

Situasi berubah menjadi crowded setelah kebohongannya terungkap.



Kim Jae Kyung sebagai Veronika Park, putri konglomerat sekaligus pengusaha hiburan yang sukses, namun berkarakter sombong, ucapannya pedas dan gemar gonta-ganti pacar.

Perburuannya mencari laki-laki terhenti ketika Veronika Park kasmaran  pada Ki Dae-Joo.



Koo Ja-Sung sebagai Ki Dae Joo, sebagai sahabat Do Min Ik sejak kecil. Diplot sebagai sosok yang harus dicurigai di awal kisah. Namun penonton akan kecewa sekaligus menghembuskan nafas lega di akhir episode.

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Berkisah mengenai asmara antara Do Min-Ik (Kim Young-Kwang) dan Jung Gal-Hee (Jin Ki-Joo).
Do Min-Ik, seorang direktur tim media 1 seluler di T&T, sangat cerdas dan luar biasa dan kompeten.
Do Min-Ik kerap melakukan hal-hal kekanak-kanakan pada sekretarisnya, Jung Gal Hee, ngerjain Gal-Hee hingga sekretarisnya ini ngga punya waktu istirahat.
Jung Gal Hee mengerjakan semua tugas tanpa mengeluh dan menyembunyikan sisi tangguhnya.

source: dramabeans.com

Review:
Mampu mengenal Jung Gal Hee dari jarak jauh bahkan kala Jung Gal Hee berada dikerumunan, seperti itulah hubungan Do Min Ik, seorang direktur perusahaan seluler dengan sekretarisnya, Jung Gal Hee.

Kemungkinan terbesar, penyebabnya adalah kemanapun pergi  Gal Hee selalu menggunakan cardigan merah. Sehingga Do Min Ik mengenali sosoknya, bukan wajahnya.

Sosok Gal Hee menjadi sangat penting bagi Do Min Ik ketika suatu musibah membuatnya mengalami prosopagnosia, ketidak mampuan melihat wajah. Kelemahannya membuat posisinya sebagai direktur dipertaruhkan. Lawan Do Min Ik, yang tak lain pamannya sendiri, terobsesi untuk menyingkirkannya.

Berkat Gal Hee, Do Min Ik mampu melewati semua rintangan. Hingga terjadi hal tak terduga. Dalam suatu kencan yang diatur, Gal Hee tergelincir berpura-pura sebagai Veronika Park, putri konglomerat yang dijodohkan dengan Do Min Ik.

Veronika Park tidak datang karena sedang naksir dan mengejar-n gejar  Ki Dae-Joo, sahabat Do Min Ik sejak kecil. Dia tak peduli Ki Dae Joo bukan pria kaya. Pria tampan berwajah chiilddish ini kemana-mana naik sepeda.

Kekisruhan bertambah parah ketika ibu Do Min Ik sepakat dengan ibu Veronika Park untuk meresmikan hubungan anak mereka. Para ibu ini tidak mengetahui bahwa terjadi ketidak sinkronan antara fakta dan anggapan.

Do Min Ik sukses pacaran dengan Jung Gal Hee, bukan Veronika Park.   Demikian juga Veronika Park yang sedang menjalin hubungan panas dingin dengan Ki Dae Joo, bukan Do Min Ik.

Bagaimana kelanjutannya? Benarkah dugaan bahwa Ki Dae Joo musuh dalam selimut?

Hasil akhirnya dapat diduga, walau terjadi beberapa konflik yang membuat “panas” setiap episodenya. Terasa janggal disana-sini, beruntung ke- 4 pemain (lead actor dan second lead-nya) memiliki chemistry kuat sehingga mampu mendominasi dan menutup kelemahan.

Kim Young-Kwang yang tampil cemerlang dalam “Lookout”,  menunjukkan kepiawaiannya berakting sebagai Do Min Ik. Pria labil yang sekuat tenaga berusaha memperoleh kepercayaan dari ibu tirinya.

Juga Jin Ki-Joo, setelah mendapat omelan panjang lebar gara-gara aktingnya yang mengundang protes di Misty,  berhasil berperan mulus sebagai Jung Gal Hee. Seolah penulis skenario membayangkan Jin Ki Joo ketika sedang menyusun “The Secret Life of my Secretary”.


Demikian juga si centil Veronika Park yang diperankan dengan mulus oleh Kim Jae-Kyung, yang mampu menutup beberapa kelemahan pasangannya, Koo Ja-Sung. Karena rupanya aktor tampan yang berperan sebagai tangan kanan Go Hye Ran dalam Misty ini, belum cukup makan asam garam dunia akting.

Bicara drama, memang nggak hanya mengandalkan skenario dan aktor/aktris ganteng/cantik. Namun juga peran departemen lain, seperti sinamatografi dan penata rias. Serta pastinya sutradara. Karena film merupakan kerja bareng. Penonton cuma lihat hasil akhirnya, kemudian berkomentar panjang pendek. 😄😄

Profile
Drama: The Secret Life of My Secretary (English title) / I Loved You From The Beginning (literal title)
Revised romanization: Chomyune Saranghabmida
Hangul: 초면에 사랑합니다
Director: Lee Gwang-Young
Writer: Kim A-Jung
Network: SBS
Episodes: 32
Release Date: May 6 - June 25, 2019
Runtime: Monday & Tuesday 22:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea

Comments