The Beauty Inside, Kala si Mimikri Bertemu si Prosopagnosia

Ketika Han Se Kye berubah sosoknya secara ekstrim

Pernah membayangkan wajah dan bentuk tubuhmu, tiba-tiba berubah?

Buat perempuan, mungkin nggak akan keberatan jika berubah menjadi secantik Song Hye Kyo. Tapi jika berubah menjadi pria tua, botak, wajah menggelambir dengan tubuh yang nggak banget, ya ngga mau lah.

Berbeda dengan manusia, hewan memiliki kemampuan berubah-ubah seperti itu.

Yes, mimikri. Ngga ekstrim hingga berubah banget sih. Hanya terjadi perubahan warna tubuh, sesuai dengan lokasi. Tujuannya agar predator mengira calon mangsa sebagai daun/tanah, sehingga selamatlah nasib sang hewan.

Manusia tidak memiliki kemampuan mimikri.

Jika punya, asyik banget ya? Atau malah menakutkan? Kan bisa digunakan manusia jahat untuk melakukan tindakan kriminal.

Ups, daripada berandai-andai, langsung aja kita ke topik drama, yaitu tentang Han Se Kye yang punya kelainan. Setiap bulan selama seminggu lamanya, tubuhnya berubah. Suatu waktu berubah menjadi seorang housewive/ahjumma, bulan berikutnya tanpa terduga menjadi seorang anak laki-laki berusia 10 tahun.

Yang bikin apes, profesinya sebagai aktris dan model, tidak mentolerir perubahan tersebut. Maka terjadilah serangkaian peristiwa yang tidak mengenakkan dan memunculkan banyak rumor.

Fenomena aneh yang terjadi pada Han Se Kye tentu saja hanya rekaan penulis skenario. Merupakan remake film Korea Selatan 2015, drama  "The Beauty Inside" mengisahkan seorang perempuan yang berubah bentuk tubuh. Sedangkan versi film, tokoh pria lah yang memiliki kemampuan mimikri.

Mungkin agar lebih greget lagi, penulis drama “The Beauty Inside” menyandingkan Han Se Kye dengan Seo Do Jae, seorang pengidap prosopagnosia atau face blindness. Yaitu ketidak mampuan mengenali wajah yang disebabkan kerusakan otak akut.

Diperkirakan 1-2 persen populasi manusia mengalami kelainan ini. Salah satunya pesohor tampan, Brad Pitt, mantan suami Angelina Jolie. Ketidak mampuan mengenali wajah membuat Brad Pitt dianggap sombong dan membuatnya lebih nyaman mengurung di dalam rumah.

Jika Han Se Kye yang harus menjalani rutinitas sebagai mimikri bertemu dengan Seo Do Jae, pengidap prosopagnosia, mungkin aman ya? Toh si pria tak bisa mengenali wajah.

Ternyata nggak juga, walau ngga mampu mengenali wajah, penderita prosopagnosia mampu mengenali orang dari bentuk tubuh, suara serta gestur lawan bicara.

Racikan drama “The Beauty Inside” tambah sedep karena pemeran pendukung turut mengambil bagian yang lumayan unik. Si cantik Lee Da Hee beradu peran dengan Ahn Jae Hyeon, mantan suami Ku Hye Sun, pemeran Geum Jan Di dalam “Boys Over Flowers”

Walau tak mampu mendongkrak rating di negara pembuatnya, drama Korea “The Beauty Inside” pas banget ditonton di saat week end. Selain sebagai hiburan, drama ini punya pesan kuat yaitu agar kita selalu bersyukur.

Bahwa senang sekali bisa melihat wajah – wajah di sekeliling kita. Ada yang sedang manyun, marah, mau nangis dan tersenyum dikulum. Semua mengendapkan kisahnya masing-masing. Dan manusia sesuai fitrahnya sebagai insan ciptaan Allah SWT, harus mampu beradaptasi dengan mereka.


Lee Min-Ki sebagai Seo Do Jae, CEO Sunho grup dan owner maskapai penerbangan yang menderita prosopagnosia. Di masa lalu Seo Do Jae pernah menyelamatkan hidup seorang nenek. Hingga alih-alih si nenek yang celaka, malah Seo Do Jae  terkena cedera otak dan mengalami propagnosia.
Ternyata si nenek adalah Han Se Kye yang sedang berubah bentuk. Keduanya bertemu beberapa tahun kemudian dalam situasi yang berbeda.



Seo Hyun-Jin sebagai Han Se Kye, seorang aktris dan model terkenal yang mengalami fenomena aneh dalam perjalanan karirnya.

Setiap bulan, selama seminggu lamanya, bentuk fisik Han Se Kye berubah. Bentuk perubahannya tidak dapat diprediksi. Bisa sangat menakutkan, bisa juga imut lucu nan menggemaskan. Atau terkadang berubah menjadi anak laki-laki/anak perempuan, yang membuat Se Kye digosipkan telah memiliki anak.


Lee Da Hee sebagai Kang Sa-Ra,  adik perempuan beda ayah dengan Seo Da Jae. Sa Ra memiliki kemampuan bisnis yang mumpuni, dan selalu berjuang mengalahkan kakaknya. Hingga terjadi peristiwa yang membuat kakak dan adik ini menjadi kompak.



Ahn Jae Hyeong sebagai Ryu Eun-Ho, sahabat masa kecil Han Se Kye. Bercita-cita ingin menjadi pastor, Eun Ho malah jatuh cinta pada Kang Sa Ra.
Kisah cinta mereka yang maju mundur, memberi bumbu penyedap drama “The Beauty Inside” hingga terasa gurih seperti kuah mie bakso. ^_^

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Han Se-Kye (Seo Hyun-Jin), seorang aktris papan atas, terkenal sebagai pembuat onar dan menimbulkan banyak rumor. Padahal sebetulnya dia amat menderita.

Han Se Kye mengalami fenomena yang tidak biasa. Setiap bulan, penampilannya berubah menjadi orang yang berbeda. Memaksa Han Se Kye harus hidup dengan penampilan berbeda selama seminggu.

Han Se-Kye bertemu Seo Do-Jae (Lee Min-Ki), seorang eksekutif sebuah perusahaan penerbangan.

Seo Do Jae nampak sempurna, cerdas dan memiliki penampilan menarik. Tapi sebetulnya dia memiliki kelainan prosopagnosia atau ketidakmampuan mengenali wajah. Dia menyembunyikan kecacatan ini dan berusaha keras untuk menghafal orang dengan kebiasaan dan tingkah laku mereka.

Satu-satunya wajah yang bisa dia kenali adalah Han Se-Kye. Hidup Seo Do Jae berubah setelah bertemu Han Se Kye.



Review:
Kisah “The Beauty Inside” dimulai dengan pemberian penghargaan bagi Han Se Kye dalam event  White Bear Film Festival.

Lolos red carpet, tiba-tiba Han Se Kye merasakan perubahan terjadi pada tubuhnya. Memaksa Se Kye berlari meninggalkan podium dan membuat publik gegap gempita.

Seperti umumnya aktris, hidup Han Se Kye dipenuhi rumor, kemalangan yang membuat tubuhnya berubah setiap bulan, menambah daftar rumor yang menimpa Han Se Kye.

Namun Seo Do Jae, CEO maskapai penerbangan yang mengontrak Han Se Kye sebagai brand ambassador, malah melihat rumor tersebut sebagai berkah. Berkat rumor, produk apapun yang menggunakan Se Kye sebagai modelnya, selalu laris manis di pasaran.

Mengingatkan kita pada almarhum Jupe dan Syahrini ya? Hidup keduanya penuh rumor, tapi tetep laris manis sebagai model iklan.

Han Se Kye tak bisa berlama-lama menyembunyikan mimikrinya. Seo Do Jae mengendus rahasia perubahan tubuh Se Kye. Beruntung Se Kye juga mendapati kelemahan Seo Do Jae yang tidak mampu mengenali wajah.

Mereka berdua membuat perjanjian rahasia, yang salah satu isinya adalah tidur bersama. Tentunya bukan untuk melakukan hubungan badan, tapi untuk menuntaskan keinginan tahu Seo Do Jae akan perubahan tubuh Se Kye.

Dan terjadilah perubahan tersebut. Se Kye berubah menjadi sosok anak SMA nan imut. Apes, ibu Seo Do Jae memergoki keberadaan Se Kye yang sedang mimikri dibalik selimut Seo Do Jae.

Pastinya terjadi salah sangka. Ibu Seo Do Jae shock, mengira anaknya seorang gay.

Akibatnya bisa diduga, sang ibu yang awalnya hanya mau bermenantukan orang terpandang, akhirnya mengizinkan Se Kye menjadi kekasih Do Jae.

Apa yang dilakukan Se Kye ketika sedang mimikri? Ternyata banyak. Dia bisa berjalan-jalan dengan bebas tanpa ketahuan. bahkan bisa melakukan perbuatan baik. Salah satunya membantu seorang remaja putri yang kerap dibully karena miskin.

Han Se Kye ketika berubah menjadi pelajar SMA nan imut

Dengan sosoknya sebagai remaja pria imut nan ganteng, Han Se Kye menjadi pangeran berkuda putih bagi sang gadis. Juga ketika berubah menjadi seorang anak berusia 10 tahun, Se Kye membantu seorang ibu yang depresi setelah anaknya meninggal dunia.

Hidup memang begitu ya? Malang atau tidak, tergantung persepsi. Jika menganggap nasibnya sebagai kemalangan, maka yang dilakukan paling hanya menangis dan meratap.

Tapi jika melihat dari sudut keberuntungan, maka kemalangan bisa diubah menjadi berkah. Ngga hanya menolong satu dua orang, tapi juga bisa membantu banyak orang.

Nah siapakah kamu?

Si malangkah? Atau justru si beruntung?


Profile
Drama: The Beauty Inside
Revised romanization: Byooti Insaideu
Hangul: 뷰티 인사이드
Director: Song Hyun-Wook
Writer: Im Meari
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: October 1 - November 20, 2018
Runtime: Mon & Tue 21:30
Language: Korean
                      
Country: South Korea

Comments

Jiah said…
Aku sempat gak move on sama drama ini saking sukanya. Menurutku remake dari filmnya sangat berhasil. Romcom terlengkap versiku pada zamannya. Humor ada, deg2 gan dan bikin mewek juga. Setiap Han Se Gye berubah, selalu ada cerita dan alasan tersendiri
Sissy said…
Aku asli ngakak pas ibunya DoJae mergokin anaknya in bed sama cowok kinyis-kinyis. Film ini bikin aku ngefans berat sama LeeDaHee, cantik banget.
Dyah said…
Ide ceritanya menarik juga. Walau tidak ilmiah, tapi yang penting pesan moralnya. Tapi saya sendiri nggak suka nonton film drama berseri karena males panjangnya. Jadi biasanya saya cuma denger dari cerita temen yang penggemar film Korea.
Ambu Langit said…
Kok sama kita @Jiah, padahal awalnya males nonton
Lho kok ternyata rame 😁😁