Misty, Terbongkarnya Rahasia Sang Suami




Kukira itu cinta
Sehingga aku percaya diri
Kukira pada akhirnya aku bisa mengubahmu
Bagaimanapun perasaanmu padaku
Tapi seiring berjalan waktu
Kamu pergi jauh dariku
Aku makin menderita
Aku tak bisa menahan perasaan itu
Aku sangat menderita karena ketidak pedulianmu
Kenapa kita menjadi seperti ini?

Kabar perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo menyentak jagat Hallyu. Banyak hati yang patah. Menjerit pilu.  Idolanya tak bersatu lagi.
Apa sebab?

Konon perbedaan karakter yang jadi biang kerok. Lha, bukannya orang menikah untuk menyatukan perbedaan ya?

Song Hye Kyo walau nampak rapuh, sebetulnya perempuan berprinsip kuat dan tegas. Ambisius dalam berkarir. Terlihat dari bagaimana dia “mengelola” tubuhnya hingga lebih amazing dibanding ketika masih berusia 20 tahunan. Hye Kyo menyadari tubuhnya adalah asset. Karena itu dia berjuang keras. Tentunya tidak mudah.

Film dan drama seri yang dibintangi Hye Kyo juga selalu sukses mendulang penonton. Tidak setiap tahun dia mengambil peran, Hye Kyo sangat selektif. Tak heran, ngga hanya rating tinggi yang berhasil diraihnya, juga sederet penghargaan.

Beristrikan perempuan seperti Hye Kyo, pastinya membutuhkan banyak toleransi dan komunikasi intens agar bahtera rumah tangga bisa melaju hingga tujuan. Hal yang nampaknya tak sanggup dilakukan Song Joong Ki, pria kekanakan yang kerap bertindak impulsif.

Salah satunya ketika melamar Hye Kyo setelah hubungan percintaan yang lumayan singkat. Bisa langgeng sih jika Joong Ki mau melepas impian tentang istri idaman. Karena nggak ada yang sempurna. Kedua belah pihak harus mau mengalah. Terkadang pihak istri, lain kali suamilah yang banyak mengalah.

Paling tidak, itulah resep pernikahan bahagia ala Ronald Reagan (mantan presiden USA/aktor film)  – Nancy Davis,  yang bersama-sama mengarungi pernikahan selama 52 tahun (1952 – 2004).  Atau berpisah setelah Ronald Reagan meninggal. Sungguh, hanya maut yang memisahkan mereka.

Banyak drama Korea yang berkisah mengenai pernikahan. Yang paling mirip dengan kasus Song Song couple adalah “Misty”, yang berkisah mengenai lika liku pernikahan Go Hye Ran, Anchor News Nine terkenal dengan Kang Tae Wook, seorang pengacara HAM.

Ranjang yang mendingin, istri cantik yang sukses dengan karir, kurang lebih demikian kasus pernikahan Go Hye Ran dan Kang Tae Wook. Didramatisasi dengan kehidupan Go Hye Ran yang cantik nan beken yang jadi idola perempuan dan fantasi liar kaum pria, maka “Misty” recommended banget untuk ditonton dan dikoleksi.

Ditambah kepiawaian penulis skenario dan sutradara menggarap kisah. Penonton seolah melihat sebaran puzzle yang perlahan-lahan dirangkai hingga terbentuk kronologisnya yang bikin terperangah. Wow,  ternyata ....

Nilai  9/10 untuk “Misty”. Kedua pemeran utamanya langganan award, sehingga kebayang kan bagaimana mereka berdua bermain watak? Pemeran pendukungnya juga nggak kalah oke. Bahkan seorang reviewer drama Korea menahbiskan “Misty” dengan satu kata, yaitu “grande!"

Hmm ...setara outstanding ovation  ya?


 Kim Nam Joo sebagai Go Hye Ran, seorang perempuan yang dikenal publik sebagai tokoh sukses, anchor “News Nine” dengan penghargaan 5 kali bertutut-turut.


Memiliki suami yang berasal dari golongan elit, membuat Go Hye Ran menjadi pujaan publik. Mereka tak tahu bahwa Hye Ran meraihnya dengan penuh liku. Dia meninggalkan kekasih untuk menikahi pria mapan.

Dia juga terpaksa harus melakukan aborsi demi audisi pewarta “News Nine”, dengan alasan, kesempatan tidak datang setiap waktu. Akibatnya hubungan dengan sang suami, Kang Tae Wook, memburuk.



Ji Jin Hee sebagai Kang Tae Wook, pria mapan yang berasal dari keluarga terpandang. Walau sejak awal  Hye Ran bilang bahwa dia punya kekasih,  dan dia tidak mencintai Tae Wook.

Namun Tae Wook keukeuh. Penggalan puisi di paragraf awal merupakan curahan hatinya. Dia berpikir, seiring waktu Hye Ran akan mencintainya. Sayang, komunikasi mereka memburuk ketika Hye Ran memutuskan untuk aborsi. Padahal tujuan Hye Ran aborsi adalah agar diterima ayah mertuanya  sebagai menantu.

Harapan Hye Ran menjadi kenyataan. Paska menjadi anchor News Nine, ayah mertuanya mulai menghargai Hye Ran. Walau itu berarti bara bagi rumah tangganya.


Go Joon sebagai Kevin Lee. Sebelum sukses sebagai pegolf internasional, Kevin Lee bernama Lee Jae Young dan merupakan kekasih/suami tanpa surat nikah Go Hye Ran.

Go Hye Ran meninggalkannya untuk menikah dengan Kang Tae Wook. Membuat Kevin Lee bertekad balas dendam dengan menjadi sosok sukses.


Jeon Hye Jin sebagai Seo Eun Joo, istri Kevin Lee. Sebetulnya dia adalah teman sekelas Go Hye Ran dan Ha Myung Woo sewaktu masih sekolah lanjutan.

Selama 10 tahun dia mendampingi Kevin Lee hingga menjadi sosok yang sukses. Selama itu pula dia menelan kepahitan mengetahui suaminya bolak balik selingkuh. Dan yang terakhir dituduhnya berselingkuh dengan suaminya, adalah Go Hye Ran.



Im Tae Kyung sebagai Ha Myung Woo, cinta pertama Go Hye Ran.

Sewaktu mereka masih sekolah lanjutan,  Myung Woo menusuk orang  karena salah paham.  Orang tersebut berjanji memberi pinjaman uang dengan imbalan layanan seksual, namun Gye Ran menolak dan berhasil lolos. Andaikan Myung Woo mau mendengar penjelasan Hye Ran, pastinya dia tidak akan membunuh orang yang mengakibatkan Myung Woo harus masuk hotel prodeo selama 19 tahun.

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Go Hye-Ran (Kim Nam-Joo) adalah pembawa berita populer untuk acara berita utama. Hye Ran bekerja keras untuk meraih kesuksesan.

Suatu hari, Go Hye-Ran menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan. Pengacara yang membantunya tak lain adalah suaminya sendiri, Kang Tae-Wook (Ji Jin-Hee), seorang mantan jaksa yang alih profesi menjadi pembela HAM.

 Pernikahan mereka sedang diujung tanduk, dan kasus pembunuhan membuat mereka saling jatuh cinta lagi.


Review:
Penonton “Misty” disuguhi tontonan erotis pada episode-episode awal. Menggambarkan kebutuhan seksual perempuan berusia produktif yang dicuekin suami.

Kemudian disusul komunikasi buruk antar suami istri yang melahirkan prasangka dan berujung tragedi. Tak salah Ha Myung Woo menegur Tae Wook dengan  kalimat: 
“Andaikan kamu lebih sabar, bencana tak akan terjadi”. 
Karena kasusnya mirip dengan kasus pembunuhan 19 tahun silam, yang membuat banyak orang berprasangka buruk pada Hye Ran.  

Peristiwanya sendiri sebetulnya biasa aja. Go Hye Ran berhasil mewawancarai sosok terkenal, Kevin Lee, seorang pegolf internasional, yang tak pernah mau menerima tawaran wawancara media lain. Ternyata Kevin Lee tak lain dan tak bukan adalah Lee Jae Young, mantan kekasih Hye Ran yang dicampakkan karena miskin.

Kehadiran Kevin Lee seharusnya tak jadi masalah, jika tak ada kasus perselingkuhannya dengan Han Ji Won. Anchor berita pagi yang mengincar kursi Go Hye Ran.

 Saling serang foto ala paparazzi pun terjadi. Ditambah miskomunikasi antara Go Hye Ran dan suaminya, membuat Kevin Lee bisa masuk dan “menggosok” Kang Tae Wook agar berprasangka buruk pada istrinya.

Pada episode awal pula dikisahkan bahwa Hye Ran dituduh membunuh Kevin Lee yang ditemukan tewas dalam mobil yang ditumpanginya. Penyebabnya, polisi menemukan bros milik Hye Ran di mobil Kevin Lee.

Bros tersebut sering digunakan Hye Ran, hadiah dari Tae Wook atas kehamilannya. Namun karena Hye Ran memilih aborsi, dia menganggap bros merupakan hadiah atas keberhasilan diterima sebagai pewarta News Nine.

Bros itu pula yang digunakan Kevin Lee untuk menghasut Tae Wook. Hasutan yang tak akan mempan jika komunikasi Tae Wook dan istrinya lancar.

Komunikasi menjadi inti pernikahan yang  sukses. Seperti Song Hye Gyo yang merasa tertampar ketika Song Joong Ki tidak memberitahu akan menceraikannya. Jika sudah begini, aneh juga mencari kambing hitam “perbedaan karakter” sebagai sumber perceraian.

Yang benar adalah ketidak mampuan untuk mengalah. Ada waktunya suami harus mundur selangkah – 2 langkah,  tanpa takut dianggap “nggak macho”. Kali lainnya, sang istrilah yang mundur, mungkin selangkah, atau mungkin juga 2 langkah. Luruhkan perasaan sok jaim. 

Karena pernikahan bukan soal menang atau kalah, melainkan kedewasaan untuk meleburkan diri.

Hingga ketika ada yang bertanya: “Apakah kamu bahagia? Maka jawabannya adalah:
“Ya, saya bahagia”.
Bukan jawaban ragu-ragu nan berkabut yang dilontarkan Go Hye Ran ketika mendapat pertanyaan serupa.

Penasaran pingin nonton "Misty"? Bisa banget diintip disini:
5 Situs Download Gratis Drama Korea yang Recommended Banget 

Profile
Drama: Misty
Revised romanization: Miseuti
Hangul: λ―ΈμŠ€ν‹°
Director: Mo Wan-Il
Writer: Je-In
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: February 2 - March 24, 2018
Runtime: Friday & Saturdays 23:00
Language: Korean
Country: South Korea

Comments

antung apriana said…
wah saya suka banget sama karakter go hye ran di drama ini. memang sih dia kesannya picik tapi kalau soal idealisme jurnalistik dia benar-benar memegang teguh prinsipnya
Lelly said…
itu mereka cerai gara-gara apa sih? joong ki impulsif? itu cepet banget lho ya mereka cerainya. baru juga 1,5 tahun.
Tira Soekardi said…
wah ibu suka dengan yang bernau2 koreakah
Jiah said…
Aku belum nonton ini tp udah tahu waktu ngomong2 sama Mbak Ira. Next deh dicoba
Tally Syifa said…
Ambu... Banyak sekali nasihat di dalam tulisannya. Terima kasih, Ambu. Salam sayang. Semoga kapan-kapan bisa bertemu lagi.

Setuju pakai banget pas sampai di bagian in:

"... ada waktunya suami harus mundur selangkah – 2 langkah, tanpa takut dianggap “nggak macho”. Kali lainnya, sang istrilah yang mundur, mungkin selangkah, atau mungkin juga 2 langkah. Luruhkan perasaan sok jaim!"

Meski sudah mau memasuki usia 26 tahun jadi pasutri, aku juga masih banyak harus belajar.
Yup, no doubt!