Wonderland of Love, Kisah Sepasang Merpati di Tengah Kobaran Perang

maria-g-soemitro.com

Wonderland of Love, Kisah Sepasang Merpati di Tengah Kobaran Perang

Politik itu kotor! Contoh kasusnya baru aja terjadi. Jokowi yang diusung PDIP menjadi walikota, kemudian diusung lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta dan akhirnya sebagai presiden RI 2 kali periode, eh tega-teganya menikam PDIP. 

Tanpa malu, Jokowi pindah haluan dengan mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024. Dia juga menitipkan anaknya yang masih culun sebagai calon wakil presiden.

Selama menonton drama Cina “Wonderland of love”  yang diadaptasi dari novel “Le You Yuan” (乐游原) by Fei Wo Si Cun (匪我思存), mau gak mau saya teringat dengan pilpres yang baru saja usai, serta beberapa peristiwa politik lainnya.

Dalam drama Cina “Wonderland of love” , tokoh antagonis tanpa malu-malu berkhianat dan menyerang pemeran utama, padahal sudah berulangkali dibantu sampai lolos dari maut.

Drama ini juga berkisah tentang bagaimana seorang menteri (jabatan politik) yang baik dan berani melawan kezaliman, eh  tiba-tiba berubah menjadi “ular pembunuh”  demi keuntungan pribadi.

Seseru apa drama Cina “Wonderland of love”?

Yuk atuh kita kupas:

Baca juga

Love Like the Galaxy, Kala Cinta Harus Memilih

Jiu Liu Overlord, Tentang Perempuan Ketua Geng yang Dicintai 2 Pangeran Tampan

maria-g-soemitro.com

Xu Kai sebagai Li Ni / Shiqi Lang

Dalam kehidupan ini

Ikuti saja arusnya

Dan jangan menyesal 

Demikian kata Consort Xiao pada Li Ni yang sedang bimbang.

“Ni, artinya cerdas dan berani. Aku mendapat nama dari menteri kekaisaran, dia berharap aku menjadi orang pintar. Namun ibu asuhku memberiku nama Shiqi,” kata Li Ni, cucu kaisar ke-17 pada kekasihnya, A Ying.

Sayang nasib Li Ni  tidak seindah cucu kaisar lainnya. Ibu kandung Shiqi yang hanya merupakan pelayan sederhana membuatnya kerap dibully kakak-kakaknya.

Ayahnya, Raja Liang juga tak berpihak padanya. Dia menganggap Shiqi anak nakal yang harus hilang dari pandangan matanya, sehingga Raja Liang membuang Shiqi yang masih berusia 13 tahun ke perbatasan.

Tak terduga, beranjak dewasa Shiqi berhasil memimpin Pasukan Perbatasan Barat yang ahli berperang. Tatkala kudeta yang dilakukan Pemimpin Militer Sun Jing Zheng berhasil merebut kekaisaran dan membunuh seluruh marga Li, Shiqi yang mendapat gelar Raja Qin berhasil merebut kembali kekuasaan.

maria-g-soemitro.com

Jing Tian sebagai  Cui Lin / A Ying

“Pada malam kelahiranku, seekor kunang-kunang masuk dari jendela dan hinggap di samping bedungku. Jadi ibuku memberi nama kecil yang berkerlip-kerlip itu,” kata A Ying tentang nama panggilannya, selain nama resmi Cui Lin.

Sebagai anak Jendral Cui Yi, pemimpin pasukan yang harus mendukung keamanan dan kehormatan kekaisaran, posisi Cui Lin sangatlah rentan.  Kaisar pasti akan menyuruh Cui Yi menikah lagi andai tahu bahwa anaknya adalag perempuan.

Karena itu Cui Yi melapor pada kaisar bahwa anaknya laki-laki,  dia adalah Liu Cheng Feng yang menyamar sebagai Cui Lin. Sedangkan Cui Lin asli menyamar sebagai Komandan He, penasihat utama sang kakak angkat.

Namun, ada satu sosok yang tidak bisa ditipu. Dia adalah  Shiqi atau cucu kaisar yang menempati urutan ke-17. Berulangkali bertemu dalam peristiwa yang unik dan berkesan, keduanya saling jatuh cinta.

maria-g-soemitro.com

Gao Han sebagai Liu Cheng Feng

Lemah dan sakit-sakitan, Liu Cheng Feng diangkat anak oleh Cui Yi, karena jendral besar pemimpin pasukan Cui ini tidak punya anak laki-laki. Sehingga jadilah, Liu Cheng Feng menyamar sebagai Cui Lin, yang diakui sang jendral sebagai satu-satunya anak laki-laki.

Sementara Cui  Lin yang asli, seorang perempuan, dikenal kemudian sebagai Komandan He.

Keputusan yang tepat, karena Cui Li, saudara sepupu Cui Lin yang tak tahu penyamaran ini, berambisi menjadi kepala pasukan Cui dengan berulangkali berusaha mendongkel kepemimpinan Cui Lin gadungan.

Malang, Liu Cheng Feng selain lemah fisik, karakternya plin-plan. Berulangkali nyawanya diselamatkan  oleh Li Ni, cucu kaisar ke 17, berulangkali pula dia berkhianat. 

Penyebabnya dia jatuh cinta pada Cui Lin, bahkan obsesif pada adik angkatnya. Berbagai cara busuk dilakukannya, termasuk bekerja sama dengan kelompok Jieshuo, kelompok yang pernah membunuh ibu kandung Cui Lin dan kini menjadi musuh pasukan Cui.

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Cina  Wonderland of Love

Kudeta yang dilakukan Pemimpin Militer Sun Jing Zheng berhasil merebut tampuk kekuasaan kerajaan. Sun Jing  menghabisi Kaisar Li  yang tengah bertahta, termasuk putra mahkota. Dalam kekacauan tersebut, cucu pertama kaisar berhasil melarikan diri dengan bantuan Jendral Han.

Namun ada kerabat kaluarga Li yang dibiarkan hidup. Mereka adalah Raja Liang dan anak-anaknya.  Sun Jing membiarkannya hidup karena Raja Liang lemah dan bodoh. Begitu pula kedua anak laki-lakinya yang sok tahu dan naif.

Tidak demikian halnya, Li Ni anak ketiga Raja Liang, yang juga merupakan cucu kaisar ke-17. Li Ni yang dianggap bandel dan kerap melanggar aturan selamat, bisa selamat karena sedang memimpin Pasukan Perbatasan Barat, tempat dia diasingkan.

Keluarga kekaisaran tak menyadari, Li Ni bersikap demikian karena cerdas. Dia memberontak kala melihat dan mengalami ketidak-adilan. 

Mengetahui kehancuran Dinasti Yu, Li Ni segera bergerak menuju ibu kota untuk merebut kembali kekuasaan dan mendudukkan cucu pertama kaisar pertama, atau anak tunggal putra mahkota

Dari dalam istana, Li Ni dibantu Putri Mahkota yang selamat dari pembantaian Sun Jing. Putri Mahkota berhasil menjadi gendak/cem-ceman Sun Jing, agar bisa memantau gerakannya dan meracuni pemberontak tersebut ketika saatnya tiba.

Dari luar istana, Li Ni melakukan strategi agar bisa bekerja sama dengan pasukan Cui yang dipimpin Jendral Besar Cui Yi, serta pasukan Cui yang dipimpin Cui Lin, anak laki-laki Jendral Cui Yi dan Komandan He, seorang perempuan yang gagah berani.

Karena sering berinteraksi dengan Komandan He, keduanya saling jatuh cinta. Hingga Li Ni menyadari bahwa Komandan He sebetulnya adalah anak tunggal Jendral Cui, sedangkan orang yang dikira banyak orang sebagai Cui Lin ternyata anak angkat yang bernama Liu Cheng Feng.

Yang paling disesali Li Ni, dia gagal mendudukkan cucu pertama kaisar sebagai kaisar berikutnya, karena justru ayahnya, Raja Liang menjadi pengganti kaisar yang mangkat.

Di pihak lain, Li Ni menjadi salah satu kandidat putra mahkota dan berpotensi membawa Kerajaan yang mampu melindungi dan menyejahterakan penduduknya.

maria-g-soemitro.com

Review Drama Cina Wonderland of Love

Banyak yang memuji drama Cina “Wonderland of Love” bahkan tak segan merekomendasikan dengan: “Must watch 2023 drama..” Bikin saya penasaran, sebagus apa drama yang dibintangi Xu Kai ini?”

Dan ternyata beneran bagus! Bromance-nya keren, penulis novel (drama Cina “Wonderland of Love”  diadaptasi dari novel “Le You Yuan” (乐游原) by Fei Wo Si Cun (匪我思存), berhasil merangkai keseruan hubungan Li Ni (Xu Kai), si cucu kaisar dengan sejumlah bandit gunung yang akhirnya menjadi tangan kanan yang setia.

Mereka punya lagu yang kerap dinyanyikan sambil menari mengelilingi api unggun:

Ada 18 kelok di Sungai Laolan

Kelok pertama adalah dangkalan pohon pinus

Ikan di dangkalan pohon Pinus gemuk-gemuk

Tidak seindah mata gadis itu

Sumpah bikin nangis! Mereka kompak banget, dalam susah maupun senang. Termasuk ketika berjuang sampai titik darah penghabisan untuk melindungi nyawa Li Ni, huhuhu heartwarming parah.

Keunggulan lain adalah chemistry antara Li Ni dan  Cui Lin (diperankan Jing Tian) huhuhu so sweet! Dengan cerdas penulis melukiskan hubungan romantisme yang manis. Seperti ketika keduanya saling berantem, putus nyambung. Serta sewaktu kedua sepasang kekasih ini bertaruh, Cui Lin tiba-tiba melakukan kisseu yang membuat  Li Ni lengah dan taruhan pun dimenangkan Cui lin. 😀😀

Sinematografi yang indah menjadi keunggulan berikutnya. Musiknya pun mengasyikan, cocok untuk drama perang

Namun tentu saja plot kisah yang mumpuni jadi kekuatan utama drama Cina “Wonderland of Love”. Setiap tokoh, termasuk peran pendukung, disajikan detail. Adegan demi adegan berlangsung mulus, dengan bridging dan plot twist yang tepat, bak story teller sedang berkisah  dan pendengarnya asyik mendengarkan sejak awal sampai akhir.

Ada satu pesan dari drama Cina “Wonderland of Love”, yaitu ketika ketemu orang yang bodoh tapi ngeyelan, hindari saja! Orang seperti ini bikin kita darah tinggi dan ikutan bodoh.

Sayangnya, dalam drama ini orang bodoh tersebut adalah seorang kaisar, yang konon dipercaya sebagai keturunan dari langit dan harus ditaati perintahnya. Kumaha atuh ya?  😀😀

Baca juga:

Oh My General, Kala Jendral Hamil Maju ke Medan Perang

Ni Chang, Tentang Perempuan Cina Perkasa Lainnya

Profile

Drama: Wonderland of Love

Native Title: 乐游原

Also Known As: Le You Yuan , Wonderland to Love , 樂遊原 , 永遇乐 , 与君归

Director: Steve Cheng

Screenwriter: Fei Wo Si Cun

Country: China

Episodes: 40

Aired: Nov 6, 2023 - Nov 24, 2023

Original Network: Tencent Video

Genres: Historical, Romance, Drama, Political


13 comments

  1. Seting kerajaan is my pavourite. Tambah pula Sinematografi katanya oke, waah masuk daftar list ini, sih... Saya bayangin ada panorama pegunungan dan klenteng2 cantik...
    Tapiii, kok 40 episod? Untuk saya kebanyakan ini, takut begadang karna penasaran hihiii

    ReplyDelete
  2. Setuju, kalau ketemu orang ngeyelan, hempaskan! Bikin darah tinggi dan kita pun sama nampak bodohnya dengan dia. Lha tapi kalau itu raja yang berkuasa yang ngeyel gimana...hm
    Wonderful of Love terinspirasi dari drama di negeri ini atau gimana ya hihi

    ReplyDelete
  3. Kayaknya dalam kehidupan nyata mungkin aja nih ada yang seperti Liu Cheng Feng. Udah ditolong, eh malah berkhianat.. Kan gak asik banget jadinya

    ReplyDelete
  4. Waduh...40 episode, aku sanggup ga ya? Tapi seru nih, kalau nonton jadi keinget hasil pemilu kemarin. Jadi dunia nyata itu meniru film, atau film itu sebenarnya reka ulang dari dunia nyata. BTW...ada silat-silatnya ga ya? Bakalan memesona kalau ada...Belum lagi soal intrik-intrik...

    ReplyDelete
  5. Mantap 40 episode, dracin lebih banyak episodenya ya. Belom pernah nonton dracin si. Oke nih buat ditonton

    ReplyDelete
  6. Sepertinya cerita dari Wonderland of love ini begitu menarik ya, apalagi temanya politik begini pasti seru dengan banyak konflik di dalamnya. jadi pengen nonton juga, karena saya suka drama bertema kerajaan seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Whaa aku telat nih drama tahun lalu padahal ya kak, wajib banget nonton drama Wonderland of love ini deh sepertinya baguuus banget.

    ReplyDelete
  8. Wah menarik tampaknya Mbak. Jadi pengen nonton saya. Apalagi kisah tentang kekuasaan dan konflik pribadi (termasuk soal orang-orang bodoh dan tak beretika) terselip di dalamnya. Memang mirip sama "seseorang" di negara konoha ya hahahaha.

    Banyak teman yang bilang kalau Wuxia itu cinematography nya keren. Belum lagi pakaian yang dikenakan. Indah luar biasa. Duh penasaran jadinya. Nonton ah.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya seru nih ya, politik, perang, cinta, drama keluarga.. Penasaran pengen nonton. Masuk list dulu lah.

    ReplyDelete
  10. Bagiku, nonton drama Cina memang ngasih sensasi yang beda. Apalagi cerita mengenai politik begini. Alurnya pasti bikin pengen nonton terus. BTW, aktor Cina ternyata ganteng-ganteng banget ya, jadi salfok. hehe

    ReplyDelete
  11. Sepakat, Ambu. Nggak ada gunanya debat dengan orang bodoh tapi ngeyel.
    Btw, itu Cui Lin untu hngidup di Cina ya. Bayangkan kalau di Indonesia.....

    ReplyDelete
  12. Bener, Ambu. Nggak ada gunanya debat sama orang bodoh tapi ngeyel. Nggak akan menemukan solusi apa-apa,
    Btw, itu Cui Lin untung hidup di Cina ya. Bayangkan kalau di Indonesia.....

    ReplyDelete
  13. Kadang ambisi jadi mengalahkan norma yang ada yaa..
    Kelaziman itu jadi bergeser dan dengan banyaknya pendukung, orang jadi menganggapnya itu benar.
    Wonderland of love menggambarkan pengkhianatan dengan berakhir indah.

    ReplyDelete