Blossoms in Adversity, Kala Mulan Menjadi Kepala Keluarga

  
maria-g-soemitro.com

Blossoms in Adversity, Kala Mulan Menjadi Kepala Keluarga

Istilah  “Sandwich Generation” mendadak viral seiring gencarnya konten management keuangan. Sebetulnya istilahnya aja yang baru dikenal, pelaksanaannya sih udah lama bahkan dianggap biasa.

Menurut beberapa pakar, yang dimaksud sandwich generation atau generasi roti lapis adalah generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

Beberapa pakar keuangan lainnya menganjurkan untuk tidak melahirkan generasi roti lapis, atau ungkapan “sadis”nya, jangan menjadikan anak sebagai ATM yang wajib memenuhi kebutuhan orangtuanya atas nama “berbakti pada orangtua”.

Salah satu caranya dengan berinvestasi atau mengambil polis asuransi sehingga di masa tua kelak gak merepotkan anak-anaknya.  Atau bisa juga mencari income yang bisa dilakukan sesuai usia, seperti menjadi blogger, atau usaha lain secara online.

Obrolan tentang   “Sandwich Generation” mendadak muncul tatkala menonton drama Cina “Blossom in Adversity”. Drama ini berkisah tentang Hua Zhi (diperankan oleh Zhang Jing Yi)  seorang gadis bangsawan yang tiba-tiba harus menanggung beban keluarga (ibu, bibi, adik, keponakan dan saudara sepupu).

Diadaptasi dari web novel web novel "Xi Hua Zhi" (惜花芷) by Kong Liu (空留),  drama Cina Blossoms in Adversity mendapat rating 8,7 di Mydramalist. Keren kan ya? Jarang banget reviewers Mydramalist memberi penilaian setinggi ini.

Sebagus itukah? Yuk atuh kita kupas:

Baca juga

Who Rules the World, Tentang si Tampan dan si Cantik dari Dunia Wuxia

Destined, Kala Mulan Menjadi Ibu Rumah Tangga

maria-g-soemitro.com

Zhang Jing Yi sebagai Hua Zhi

Hua Zhi, cucu pertama keluarga Hua yang mendapat pendidikan out of the box dari kakeknya, perdana menteri ketrajaan Danqing.  Sejak kecil dia diperbolehkan ngintilin (mengikuti) kemana pun kakeknya pergi.

Hua Zhi juga mendampingi kakeknya menulis buku-buku, sehingga kecerdasannya di atas rata-rata perempuan bangsawan pada masanya.

Walau demikian, Hua Zhi paham akan kewajibannya sebagai perempuan bangsawan ketika usianya memasuki usia pernikahan, dan dia dipinang Shen Qi, cucu pertama keluarga Shen.

 

maria-g-soemitro.com

Hu Yi Tian sebagai  Gu Yan Xi

Bukan tanpa sebab sejak kecil Gu Yan Xi menjauhi ayah dan ibu tirinya. Dia selalu berpikir mereka berdua menjadi penyebab ibu kandungnya meninggal dalam kebakaran, dan berakibat adik perempuannya berperilaku aneh.

Gu Yan Xi kecil banyak menghabiskan waktu dengan pamannya, Kaisar Daqing,  yang menyayangi dan menggemblengnya sebagai ksatria yang mahir berbagai ilmu. 

Setelah beranjak dewasa, Gu Yan Xi diutus ke wilayah utara. Ketika  pulang kembali ke Kerajaan Daqing Gu Yan Xi mendapat tugas sebagai Komandan Departeman Qixiu, suatu biro yang mendapat tugas khusus dari kaisar.

maria-g-soemitro.com

Lu Yu Xiao sebagai  Shao Yao

Shao Yao adik perempuan satu-satunya dari Gu Yan Xi. Hidupnya tidak senormal anak perempuan lainnya, selain karena Shao Yao merupakan anak Raja Ling, atau keponakan Kaisar Daqing, Shao Yao juga punya trauma.

Semasa kecil, bersama ibunya Shao Yao pernah terjebak dalam kebakaran hebat. Ibunya tewas, sementara Shao Yao selamat berkat selir Raja Ling/ibu tiri Shao Yao.

Akibatnya mengalami guncangan hebat, ibu tiri  Shao Yao mendapat alasan untuk menguncinya dalam salah satu bagian istana. Tempat yang nyaman bagi Shao Yao untuk mempelajari berbagai pengobatan Tiongkok.

maria-g-soemitro.com

Caesar Wu sebagai  Shen Qi

Betapa bahagianya Shen Qi, cucu pertama keluarga Shen, ketika mengetahui perempuan yang dijodohkan dengannya adalah Hua Zhi, perempuan cantik cucu pertama keluarga Hua.

Sayang kebahagiaannya tak bertahan lama. Ayah dan kakeknya membatalkan pernikahan setelah keluarga Hua dijatuhi hukuman karena dianggap melawan kaisar. Seluruh anggota keluarga pria Hua diasingkan, harta kekayaannya disita.

Kekukuhan Shen Qi memihak keluarga Hua berujung hukuman fisik dan secara tak sengaja terjebak tipu muslihat ayah dan kakeknya.  Akhirnya Shen Qi memutuskan keluar dari rumah karena ayah dan kakeknya lebih mementingkan kekuasan dibanding etika dan moral.

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Blossoms in Adversity Chinese Drama (2024)

Jujur itu mahal harganya, terbukti gara-gara menjawab pertanyaan kaisar dengan jujur, Hua Yi Zheng, Perdana Menteri Kerajaan Daqing, dihukum dan diasingkan ke kawasan utara. 

Tidak hanya Hua Yi Zheng, seluruh pria keluarga Hua termasuk cucunya yang telah berusia lebih dari 10 tahun turut diasingkan. Selain itu, harta keluarga Hua disita kerajaan, sehingga semua anggota keluarga perempuan (termasuk pelayan), harus angkat kaki dari rumah yang segera disegel oleh Departemen Qixiu.

Seolah belum cukup, bak jatuh tertimpa tangga, mantan murid Hua Yi Zheng bukannya membantu, malah menipu dengan mengumpulkan harta tersisa anggota keluarga perempuan dan menghabiskannya di meja judi.

Beruntung Hua Yi Zheng menggembleng Hua Zhi sejak masih kecil. Cucu perempuan pertamanya ini selalu ikut kemana pun Hua Yi Zheng pergi. Ke istana untuk menemui pejabat, maupun melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kapal laut.

Menyadari kekayaan keluarganya habis, Hua Zhi merintis usaha membuat dan menjual manisan buah sanca, sejenis buah dari pepohonan yang tumbuh liar. Hal yang tidak mudah, keluarga Hua merupakan keluarga bangsawan, bahkan Nyonya Besar, nenek dari Hua Zhi, adalah sahabat ibu suri kaisar. 

Untuk memenuhi kebutuhan SDM, Hua Zhi memerdekakan para pelayan dari status budak. Mereka diberi kesempatan untuk pulang ke keluarganya, atau ikut berjuang memajukan bisnis dan mendapat persentase keuntungan yang sesuai.

Ketika omzet penjualan meningkat, Hua Zhi memutuskan mendirikan restoran dan sukses! keberhasilan Hua Zhi dalam berbisnis membuatnya dijuluki  “Dewi Kekayaan Giok Putih”.  

Sebetulnya bukan tanpa sebab Hua Zhi begitu berambisi mengumpulkan uang. Dia bertekad menebus kemerdekaan kakek, ayah, paman serta anggota keluarga pria Hua yang diasingkan ke wilayah utara. Dan jumlah uang yang dibutuhkan sangat banyak.

Sambil berbisnis, Hua Zhi mendirikan sekolah bagi anak-anak keluarga Hua. Hua Zhi tak ingin kemalangan membuat pendidikan anggota keluarganya menjadi terabaikan. Mereka harus secerdas Hua Yi Zheng, kakek mereka yang kepakarannya dikenal melalui tulisan-tulisannya yang bernas.

Apa yang dikerjakan Hua Zhi sungguh tidak mudah. Beruntung neneknya yang bijaksana selalu mendampingi dan memberi banyak wejangan:

Tidak peduli mengendalikan kuda, orang atau masalah

Harus mengamati  situasi

Harus fleksibel

Kekuatan kuda itu besar, sedangkan kekuatanmu kecil

Kamu harus bisa meminjam kekuatannya

Untuk mendapatkan hasil maksimal

Beruntung pula Hua Zhi mengenal Gu Yan Xi. Semula Hua Zhi tidak mengetahui bahwa Gu Yan Xi adalah putra Raja Ling, anggota keluarga kaisar yang mengusir keluarga Hua ke wilayah utara dan menyita harta mereka.

Namun seiring waktu, tanpa disengaja keluarga Hua banyak hal yang membantu keluarga kaisar. Mulai dari menerima Gu Shao Yao, adik perempuan Gu Yan Xi yang dikunci ibu tirinya dalam bagian istana khusus. Serta menyelamatkan keturunan ke-6 (anak bungsu) kaisar dari kejaran kakaknya yang kejam dan ingin membunuhnya. 

Seiring waktu pula terjalin kasih antara Hua Zhi dan Gu Yan Xi. Jalinan kasih yang sulit diwujudkan karena kaisar membenci keluarga Hua.

maria-g-soemitro.com

Review Blossoms in Adversity Chinese Drama (2024)

Ingatlah, mengikuti arus

Tak semudah melawan arus

Sebagus apa drama Cina Blossoms in Adversity hingga berhasil mendapat rating 8,7 di Mydramalist?

Idenya cerdas. Sebelumnya, banyak banget drama Cina yang mengusung  sosok “Mulan” sebagai tokoh utama, seperti menjadi jendral di medan perang, pendekar perempuan dengan kesaktian sama bahkan lebih dari jagoan pria, dan masih banyak lagi.

Drama Cina Blossoms in Adversity justru berkisah tentang keheroikan perempuan di wilayah domestik. Latar belakangnya lebih membumi.

Karena jangankan ke medan perang, di era tersebut  kaum perempuan terbelenggu system sosial patriarki. Perempuan bangsawan “tabu” untuk keluar rumah. Hidup mereka “dipersembahkan” untuk menyenangkan kaum pria. Bahkan, agar nampak cantik dan disukai suami, kakinya diikat hingga mengecil dan sulit berjalan.

Perbudakan juga lazim terjadi. Kaum perempuan non bangsawan yang terbebas dari kewajiban mengecilkan telapak kaki, dijual dan bekerja sebagai budak. Kekayaan suatu keluarga bangsawan dapat diukur dari jumlah pelayan, atau jumlah budak yang berhasil mereka beli. 

Penulis scenario berhasil mengolah latar belakang tersebut dengan  kisah kekinian seperti merintis bisnis, membangun sekolah dan tindakan demokratis membebaskan budak menjadi tontonan yang menarik.

Ditambah kepiawaian penulis scenario dalam meramu konflik dan mengisahkannya secara runut, chemistry pemeran utama (bahkan pemeran pendukung) serta music yang bagus, saya setuju banget dengan komentar reviewer ini:

un expected....this drama so great....the story, the cast, even the ost are perfect match...

jadi, jika ada yang bertanya tentang rekomendasi drama Cina 2024, maka saya akan menyebut  drama Cina Blossoms in Adversity sebagai salah satunya.

Baca juga:

Oh My General, Kala Jendral Hamil Maju ke Medan Perang

Jiu Liu Overlord, Tentang Perempuan Ketua Geng yang Dicintai 2 Pangeran Tampan


Profile

Drama: Blossoms in Adversity

Native Title: 惜花芷

Also Known As: The Story of Hua Zhi , Xi Hua Zhi

Director: Chu Yui Bun

Screenwriter: He Fang, Luo Xuan

Genres: Historical, Business, Romance

Country: China

Episodes: 40

Aired: Apr 2, 2024 - ?

Original Network: Youku

Duration: 45 min.


7 comments

  1. Ide cerita yang membumi seperti ini lebih menarik bagi saya karena lebih relate juga dengan kita meskipun setting waktu dan tempatnya beda tetapi masih cukup dekat untuk ditarik kepada keseharian perempuan pada umumnya.

    ReplyDelete
  2. Wah bagus nih reviewnya drama Blossoms in Adversity. Mengangkat tema perjuangan sosok perempuan yang dari kecil, mengamati dan mempelajari apa yang dilihat dan dilakukan oleh kakeknya. Menjadi pilar penjaga keluarga saat semua keluarga lelaki di asingkan

    ReplyDelete
  3. Ga terlalu ngikutin drama china ini, tp sempat denger klo Zhang Jing Yi aktingnya cukup ini mengesankan, ceritanya juga terbilang kompleks dimana seorang perempuan harus berjuang mengembalikan reputasi keluarga

    ReplyDelete
  4. Dari beberapa ulasan tentang dracin dari Mbak Maria, saya menarik kesimpulan bahwa wanita-wanita Cina ini memang tangguh ya Mbak. Mereka sesungguhnya adalah "pejuang". Baik untuk urusan domestik (keluarga, dll.), mereka juga bisa loh menjadi pemimpin, penasihat, bahkan bekerja dengan resiko dan manajemen yang patut diacungi jempol.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah nonton serial drama Cina Blossoms in Adversity ini. Tapi kalau menurut Ibu rekomendasi wah saya juga jadi makin penasaran
    Jadi pengen tahu bagaimana selanjutnya akhir kisah dari drama ini

    ReplyDelete
  6. Cuma gegara jujur jadi dimutasiin ke kawasan utara, huaaa.. Gak dimana² perkara jujur ini kalau udah terkesan kayak merugikan ynag berkepentingan, ya udah si jujur kudu siap menerima risiko. Entah sampe kapan begitu terus ya?

    ReplyDelete
  7. Jing Yi cakep banget buset. Wah rating drama chinanya tinggi juga ya ambu, menarik nih buat ditonton. Keknya Hua Zhi/Jing Yi generasi sandwich paling parah. Tanggungannya buanyak beeet sampe ke bibi dan keponakan juga

    ReplyDelete