The Legend of Shen Li, Kisah Romeo dan Juliet ala Wuxia

  
maria-g-soemitro.com

The Legend of Shen Li, Kisah Romeo dan Juliet ala Wuxia

Pandemi Covid-19 telah berlalu, namun pastinya masih teringat rasa mencekam yang ditimbulkan. Serba was-was dan takut akan virus yang menyebar antar manusia secara langsung, maupun tidak langsung (melalui benda atau permukaan yang terkontaminasi).

Ketakutan akan “sesuatu” yang tidak kasat mata sebetulnya bukan kali ini terjadi. Malah sebelum bakteri ditemukan pertama kali oleh Anthonie van Leeuwenhoek (1676), serta virus pada 1876 oleh Adolf Meyer, ketakutan berubah jadi horror.

Orang zaman dulu hanya bisa menebak-nebak penyebab datangnya bencana penyakit. Salah satunya disebabkan “miasma”. Menurut beberapa sumber, miasma (Μίασμα, Yunani Kuno: "polusi") merupakan sejenis "udara buruk" yang jadi penyebab penyakit seperti kolera, chlamydia, atau Maut Hitam diakibatkan oleh miasma (Μίασμα, Yunani Kuno: "polusi").

Disebutkan pula Miasma adalah penyakit kiriman dewa yang disebabkan oleh pembunuhan yang belum ditebus, sehingga harus dilakukan ritual penyucian yang tepat. Jika tidak, miasma akan terus menyebar dan menyebabkan kematian penduduk suatu kota.

Istilah “miasma” muncul ketika saya menonton drama Cina The Legend of Shen Li. Serial drama yang diadaptasi dari novel "Yu Feng Xing" (与凤行) by Jiu Lu Fei Xiang (九鹭非香) ini berkisah tentang keheroikan pemeran utamanya: Zhao Li Ying dan Lin Geng Xin dalam membasmi miasma.

Seperti apa keseruannya? Yuk kita bahas:

Baca juga:

Oh My General, Kala Jendral Hamil Maju ke Medan Perang

The Legend of Jin Yan, Putri Kok Oon?

 

maria-g-soemitro.com

Zhao Li Ying sebagai  Shen Li / Lord Bi Cang

Siapa yang mau menikahi perempuan ksatria sepertinya

Perempuan keras kepala, tak punya kelemahan dan aura feminine

Demikian kata Dewa Fu Rong tentang Shen Li, perempuan perkasa dari alam spiritual yang untuk tujuan aliansi politik, dijodohkan dengannya.

Mendapat julukan Lord Bi Cang. Shen Li memang bukan perempuan biasa. Ibunya Liu Yu , merupakan murid dari Liu Ming , Demon Emperor yang menciptakan seorang monster bernama Feng Lai.

Tanpa terduga, karena “tresno jalaran seko kulino”, Feng Lai dan Liu Yu saling jatuh cinta dan lahirlah Shen Li, bayi perempuan yang lahir dengan mutiara laut biru di mulutnya

Tak lama setelah dilahirkan, Shen Li menjadi yatim piatu. Ibunya, Liu Yu meninggal dunia dengan kesedihan yang mendalam, setelah ayah Shen Li mengorbankan diri menjadi segel Kolam Xutian

Diadopsi Shen Mu Yue, kakak seperguruan ibunya yang dikemudian hari menjadi penguasa alam spiritual, Shen Li dibersihkan dari ilmu sesat dan dididik menjadi pendekar sejati.

Hasilnya sungguh membanggakan. Shen Li sukses menaklukan 4 lautan dan bertarung di berbagai penjuru dengan tombak perak. Rakyat alam spiritual sangat menyayangi  Shen Li yang selalu membawa pulang kemenangan.

  

maria-g-soemitro.com

Lin Geng Xin sebagai  Xing Zhi | Xing Yun

“Berhati dingin dan tidak berperasaan,” umpat Rou Ya tentang Dewa Agung Xing Zhi

Umpatan Rou Ya, asisten rumah tangga Shen Li, ada benarnya. Sebagai satu-satunya dewa kuno yang masih hidup, dia seperti Maha Kuasa yang kekuatan dan keahliannya mengungguli semua mahluk yang hidup di 3 alam: alam dewa, alam spiritual dan alam fana

Dewa Agung Xing Zhi menjadi tumpuan ketika ada masalah yang tak bisa diatasi Kaisar Langit. Demikian pula kala Kolam Xutian bergolak dan mengancam keberlangsungan hidup 3 alam. Hanya kesaktian Dewa Agung Xing Zhi yang mampu menyegel Kolam Xutian.

Tanpa teman, Xing Zhi hidup sendirian di langit luar langit. Akibatnya dia merasa bosan dan kesepian. Ketika akhirnya dia memutuskan pergi ke alam manusia, tanpa terduga Xing Zhi menemui peristiwa yang mengubah jalan hidupnya.

  

maria-g-soemitro.com

Xin Yun Lai sebagai Mo Fang

Tumbuh besar bersama Shen Li, Mo Fang sebetulnya musuh dalam selimut. Dia diselundupkan ke alam spiritual untuk menjadi mata-mata bagi Fu Sheng [Demon Lord] yang bertekad menaklukan 3 alam, dan menghidupkan kembali ayah Mo Fang yaitu Liu Ming (Demon Emperor)

Sebagai salah satu jenderal, dengan mulus Mo Fang berhasil mencuri strategi dan mengetahui seluruh kegiatan angkatan perang alam spiritual.

Hingga akhirnya Mo Fang dihadapkan dua pilihan, tetap setia pada misi Fu Sheng dan ayahnya yang berarti harus membunuh Shen Li, atau melepaskan Shen Li yang diam-diam dicintainya, dengan risiko dibunuh perempuan cantik tersebut.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Cina “The Legend of Shen Li”

Setelah ribuan tahun saling ber-syak wasangka, akhirnya penguasa alam langit dan penguasa alam spiritual sepakat untuk membentuk aliansi pernikahan politik. 

Shen Mu Yue, penguasa alam spiritual menetapkan Shen Li, anak asuhnya sebagai calon pengantin. Shen Li perempuan pilihan yang sangat membanggakan. Tidak hanya cantik, dia juga mendapat julukan Lord Bi Cang atas prestasinya memenangkan berbagai pertempuran.

Beda halnya dengan Kaisar Langit. Dia tak punya kandidat yang cocok. Dalam kebingungan, dia minta pendapat Dewa Agung Xing Zhi untuk memilih calon. Sang dewa kuno yang sedang bergegas menuju alam manusia, secara sembarang menunjuk nama, dan ternyata jatuh pada cucu ke-33 Kaisar Langit, Dewa Fu Rong.

Alasannya sangat sepele,  Dewa Agung Xing Zhi merasa nama Fu Rong sangat bagus dan cocok dengan nama Lord Bi Cang!

Dewa Agung Xing Zhi tak tahu bahwa sebagai cucu Kaisar Langit, karakter Dewa Fu Rong sangat buruk. Dia senang mempermainkan perempuan dan gemar melakukan tindakan tak terhormat lainnya. 

Kecewa dijodohkan dengan dewa yang berperangai buruk, Shen Li menolak keras. Terjadi pertarungan hebat antara Shen Li dan para jenderal perangnya. Mo Fang, salah satu jenderal memberi pukulan telak yang membuat Shen Li terluka dan jatuh ke alam manusia.

Di alam manusia, Shen Li berubah menjadi seekor ayam yang kehilangan kekuatan spiritualnya. Sungguh malang, keamanannya sangat rentan. Manusia yang menemukannya bisa saja memotong dan memasaknya untuk sup.

Beruntung Dewa Agung Xing Zhi mendeteksi keberadaan Shen Li. Tidak saja menyelamatkan, sang dewa agung juga mengobati luka-luka Shen Li dan secara berangsur mengembalikan kekuatan spiritual perempuan perkasa tersebut. 

Berbagai kejadian di alam manusia membuat kedua insan tersebut menjadi sangat dekat. Keduanya saling jatuh cinta. Hal yang tentu saja terlarang. Shen Li sudah terikat perjodohan aliansi politik dengan Dewa Fu Rong.

Selain itu, sebagai dewa agung, Xing Zhi diharapkan hidup selibat yang hanya mementingkan keamanan dan kesejahteraan tiga alam. Terutama dari ancaman mereka yang ingin menguasai 3 alam dengan menghancurkan Kolam Xutian. Selama ini hanya Dewa Agung Xing Zhi yang mampu menyegel Kolam Xutian.

maria-g-soemitro.com

Review The Legend of Shen Li Chinese Drama (2024)

Mendapat rating 8,8 dari Mydramalist, sebagus apa drama Cina The Legend of Shen Li?

Jawabnya: Drama yang berbahaya! Nyandu banget. Sesudah nonton episode pertama pingin segera menonton episode berikutnya. Begitu seterusnya. Bertambah bahaya karena drama Cina The Legend of Shen Li berjumlah 39 episode!

Beruntung saya menonton ongoing, jika tidak, bisa-bisa begadangan deh. 😀😀

Pasangan aktris/actor  Zhao Li Ying dan Lin Geng Xin jadi alasan awal saya menonton drama Cina The Legend of Shen Li. Sebelumnya, dalam drama Cina Princess Agents keduanya berhasil membuat penonton nangis bombay dengan kasih tak sampai.

Dalam drama Cina The Legend of Shen Li, pasangan aktris dan aktor yang sama-sama berusia 36 tahun ini mengulang sukses dengan chemistry yang bikin penonton susah move on.

maria-g-soemitro.com

Tentu saja kali ini happy ending. Kecerdikan penulis scenario menyusun adegan patut diacungi jempol. Salah satunya adegan Zhao Li Ying dan Lin Geng Xin melarikan diri, dan terjebak di kolam emosi milik siluman naga, eh malah saling mengutarakan perasaan dan berhubungan intim!

Hehehe … fantasi penulis yang bikin klepek-klepek.

Fantasi lain yang bikin penonton tersenyum adalah ilmu sihir Dewi You Lan. Dia punya ilmu yang mampu melihat isi pikiran adiknya, Dewa Fu Rong. Caranya bak di era digital, Dewi You Lan  menggulir ingatan demi ingatan milik Dewa Fu Rong,  seperti kita memilih file video, kemudian membuka file tertentu untuk dilihat isinya.

Kisah yang dituturkan secara runut, plot twist yang bikin penonton terperangah, serta soundtrack yang “nendang”, nampaknya membuat reviewer Mydramalist dengan senang hati memberi rating tinggi untuk drama Cina The Legend of Shen Li 

Jadi, walau ada sedikit bolong pada drama yang diadaptasi dari novel "Yu Feng Xing" (与凤行) by Jiu Lu Fei Xiang (九鹭) ini, tertutup dengan kelebihan yang oke banget. Recommended untuk dinikmati. Suer deh. 😊😊

Baca juga:

Princess Agents, Hasil Jiplakan Yang Sukses Besar

Princess Silver, Gara Gara Dendam Sang Ratu



Profile

Drama: The Legend of Shen Li

Native Title: 与凤行

Also Known As: Legend Shen Li , Yu Feng Xing , Yu Feng Xing Guan Wei , 與鳳行 , 与凤行官微 , 本王在此

Director: Deng Ke

Executive Producer: Zhao Li Ying

Original Creator: Jiu Lu Fei Xiang

Country: China

Episodes: 39

Aired: Mar 18, 2024 - Apr 5, 2024

Original Network: Hunan TV, Mango TV, Tencent Video

Duration: 45 min.

Genres: Romance, Wuxia, Drama, Fantasy


3 comments

  1. Jangankan cewek perkasa seperti Shen Li, saya aja juga pasti kecewa kalau dijodohkan dengan seseorang yang berperangai buruk. Apalagi ini keturunan dewa

    Salut pada Shen Li yg menolak keras. Ga apa terjadi bentrokan sengit juga ya, hehe...

    ReplyDelete
  2. Kalau OST nya aja berkesan, biasanya sih dramanya juga bakalan gereget disimak. Efek keinget sama dracin yang dibintangi Zhao Wei OST nya asik² dan jalan ceritanya pun asik

    ReplyDelete
  3. Wuxia tuh yah kalau menampilkan karakter yang kuat dan digdaya, selalu menampilkan sang tokoh sebagai orang yang begitu sakti. Saya membayangkan karakter Shen Li ini begitu kuat tanpa tanding. Apalagi dengan rating 8.8. Lumayan tinggi itu ya Mbak. Publik pasti begitu jatuh cinta sama serial ini.

    ReplyDelete